1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology Zinc, Mineral Peningkat Kekebalan Tubuh

Discussion in 'Science and Technology' started by Artanis, Jun 17, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    Berhubung sekarang lagi banyak isu soal penemuan unsur - unsur baru dalam dunia ilmu kimia,.
    Tidak ada salahnya kita lebih mengetahui tentang unsur/ senyawa yang sudah ada dan manfaatnya untuk manusia.

    Check it out !!!
    Sebelumnya :
    Thread ane beda ama yang ini..

    Silahkan dibaca dan dipahami ya maksudnya. :pusing: :haha:

    ====================================================================================================

    ZINC

    [​IMG]

    [​IMG]

    ZINC jarang dibicarakan meskipun sama pentingnya dengan mineral lain yang dibutuhkan tubuh. Zinc membantu pertumbuhan manusia dan meningkatkan imunitas. Tanpa zinc, ratusan enzim dalam tubuh tidak bisa berfungsi. Zinc yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai seng, dan dalam ilmu kimia dilambangkan dengan Zn, merupakan mineral penting yang terdapat dalam semua sel tubuh mahluk hidup, termasuk tubuh manusia. Lebih dari 300 macam enzim di dalam tubuh manusia memerlukan zinc sebagai kofaktor untuk menjamin optimasi fungsinya. Tanpa kehadiran zinc, semua enzim tersebut akan mogok kerja. Dapat dibayangkan apa yang bakal terjadi jika pemogokan besar-besaran pasukan enzim tersebut benar-benar terjadi.

    Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa banyak penduduk yang masih menderita defisiensi zinc. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya sistem imunitas (kekebalan) tubuh seseorang sehingga menjadi sangat mudah terserang berbagai penyakit (Smith, 1988).


    [​IMG]

    Zinc memiliki sebutan sebagai mineral penyembuh yang sangat mendukung fungsi sistem imunitas tubuh. Telah diteliti bahwa kecepatan penyembuhan luka lebih tinggi pada pasien yang tercukupi kebutuhan zinc-nya. Oleh karena itu, direkomendasikan agar pasien diberi zinc dalam jumlah cukup pada saat pra dan pasca operasi. Terapi zinc juga sudah direkomendasikan bagi pasien yang menderita infeksi pernapasan, luka bakar, pembedahan, berbagai luka traumatis akibat kecelakaan, dan penyakit lain yang sangat membutuhkan kinerja penyembuhan yang baik.

    Defisiensi zinc juga diduga sebagai komponen zat gizi utama yang berperan dalam penghambatan proses pertumbuhan dan pematangan seksualitas. Secara biokimia, zinc terlibat dalam biosintesis DNA (asam deoksiribonukleat) dan diduga sebagai aktivator enzim kolagen sintetase, yaitu suatu enzim yang berperan dalam biosintesis kolagen dan meningkatkan perbaikan jaringan.


    1. Jumlah yang Dibutuhkan

    Zinc adalah mineral esensial yang ditemukan pada hampir semua sel. Zinc dapat menstimulasi aktivitas 100 macam enzim dan terlibat sebagai kofaktor pada 200 jenis enzim lainnya. Zinc dinyatakan sebagai mineral yang berperan untuk meningkatkan reaksi biokimia di dalam tubuh. Mineral ini mendukung kinerja sistem imun yang diperlukan dalam penyembuhan luka, membantu memelihara fungsi indra penciuman dan pengecap, serta dibutuhkan dalam sintesis DNA. Zinc juga turut mendukung pertumbuhan yang normal selama kehamilan, masa kanak-kanak, dan dewasa.


    2. Sumber Zinc

    Zinc terdapat pada berbagai jenis bahan pangan. Tiram mengandung zinc dalam jumlah terbesar per takaran sajinya. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, daging dan unggas memenuhi mayoritas kebutuhan zinc karena lebih sering dikonsumsi. Sumber-sumber zinc lain yang dapat dikonsumsi adalah biji-bijian, kacang-kacangan, makanan laut, gandum-ganduman dan produk-produk susu.

    Di dalam tubuh, sistem penyerapan zinc yang berasal dari sumber hewani berlangsung lebih baik daripada yang berasal dari bahan nabati. Penyebab utama penghambatan penyerapan zinc dari bahan nabati adalah tingginya kadar asam fitat dalam gandum-ganduman, serealia, kacang-kacangan dan sebagainya. Asam fitat dapat bertindak sebagai antinutrisi, yang mekanisme kerjanya adalah menghambat penyerapan zinc dari bahan nabati.

    Panduan diet Amerika tahun 2000 telah menyarankan pola konsumsi gizi seimbang untuk memenuhi segala kebutuhan gizi tubuh. Tidak ada satu pun jenis pangan atau makanan yang mengandung seluruh zat bergizi yang berguna bagi tubuh. Dalam kaitannya dengan zinc, kombinasi konsumsi daging, unggas, makanan laut, gandum-ganduman, polong-polongan kering, kacang-kacangan, dan sereal yang telah difortifikasi merupakan pilihan yang paling baik.


    3. Hati-Hati Vegetarian

    Defisiensi zinc dapat terjadi apabila asupan zinc ke dalam tubuh tidak memenuhi kebutuhan harian tubuh. Sebab lain, daya cerna zinc yang buruk akibat kehadiran asam fitat sebagai antinutrisi. Penyerapan zinc juga diatur secara homeostatis, yaitu meningkat penyerapannya di saat tubuh mengalami defisiensi, dan menurun jika konsumsinya berlebih.

    Gejala-gejala defisiensi zinc adalah keterbelakangan pertumbuhan, kerontokan rambut, diare, penundaan pematangan seksual (hipogonadism), impotensi, ruam-ruam pada mata dan kulit (dermatitis) serta kehilangan selera makan. Gejala lainnya yang juga ditemukan adalah penurunan berat badan, masa penyembuhan luka yang lambat, abnormalitas indra penciuman dan pengecap akibat parakeratosis (penebalan ujung saraf sehingga tidak sensitif), serta kelesuan mental.

    Seseorang sering sekali tidak menyadari kalau dirinya mengalami defisiensi zinc. Hal tersebut disebabkan tidak spesifiknya gejala-gejala yang ditimbulkan oleh defisiensi zinc. Gejala-gejala yang sama juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat-zat gizi lainnya. Kelemahan lainnya adalah tidak tersedianya suatu metode khusus yang dapat mendeteksi defisiensi dan status gizi zinc pada manusia.

    Sebagai generalisasi, umumnya dokter akan menganjurkan konsumsi suplemen zinc pada penderita kekurangan energi, peminum alkohol berat, penderita penyakit saluran pencernaan, serta pertumbuhan abnormal pada balita dan anak-anak. Anjuran konsumsi diberikan sebagai antisipasi terhadap terjadinya defisiensi zinc.

    Vegetarian umumnya membutuhkan zinc dalam jumlah 50 persen lebih besar daripada kebutuhan zinc nonvegetarian. Hal ini mengacu kembali pada kandungan zat-zat antinutrisi bahan pangan nabati yang dapat menghambat proses penyerapan zinc dari jumlah yang dikonsumsi. Oleh karena itu, pada vegetarian sangat dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen zinc.

    Defisiensi zinc selama kehamilan dapat mengakibatkan pertumbuhan fetus yang lambat. Suplementasi zinc dapat memberikan antisipasi yang baik jika diberikan pada anak-anak yang memperlihatkan gejala keterbelakangan pertumbuhan yang belum terlalu parah. ASI tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan harian zinc pada balita usia 7-12 bulan. Oleh karena itu, anak sebaiknya diberikan juga makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) yang kaya zinc. Sebaliknya, ibu menyusui juga harus memenuhi kebutuhan zinc secara tepat, baik dari bahan pangan alami maupun suplemen.

    Kelompok lain yang juga rentan terhadap defisiensi zinc adalah peminum alkohol. Sekitar 30-50 persen peminum alkohol berat umumnya menderita defisiensi zinc. Peminum alkohol umumnya memiliki daya cerna dan daya serap yang rendah terhadap zinc. Oleh karena itu, umumnya zinc dalam jumlah besar akan ditemukan pada urin peminum alkohol (Smith, 1988). Defisiensi zinc pada peminum alkohol akan diperparah dengan kondisi umum mereka yang jarang mengasup makanan dengan kandungan gizi seimbang. Sebagian besar kebutuhan energi mereka terpenuhi dari alkohol.

    Kondisi tubuh lain yang dapat meningkatkan status defisiensi zinc adalah diare. Apabila seseorang menderita diare, kemungkinannya untuk mengalami defisiensi zinc menjadi lebih besar. Pada kasus diare, daya cerna zinc menurun sehingga menjadi lebih banyak yang dikeluarkan dari tubuh. Kondisi pascapembedahan, terutama pembedahan pada saluran pencernaan (usus buntu, penyakit Crohn), juga meningkatkan risiko defisiensi zinc.



    Kalo Berkenan :minta: :grp: :minta: :grp:

    NO HOOTS.. NO FLAMING.. NO SARA.. NO SMOKING AREA

    Ditunggu Partisipasi dari kawan - kawan semuanya
     
    Last edited: Jun 17, 2011
    • Thanks Thanks x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    cvx Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 9, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +2,626 / -0
    kalau dimakan berbatangan giman tu:hahai:
     
  4. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    bsa gan berubah, berubah jdi robocop gan.. :haha: :lol:

    ya, jelas ga bisa lah.. :rokok:
    cm bisa dimakan dalam bentuk lain, sperti dlm kandungan sebuah vitamin..
    itu jga jmlh kandungan nya gak smbarangan diminum,. brdasarkan kbutuhan Zinc dlm tubuh..
     
  5. Offline

    skrupp Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +7,990 / -0
    gk bisa gan.. :hahai:
    seperti kata ts diatas..
     
  6. Offline

    yuripuspita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,144
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +4,734 / -0
    cuma Wolverine aja yang bisa makan itu batangan :hahai:
     
  7. Offline

    fenser Silent Reader Members

    Joined:
    May 7, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wah, ane kira Zinc itu buat rambut. soalnya ada merek shampo yang make nama itu.
    :hahai:
     
  8. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    bisa juga buat rambut lebih tepatnya kulit kepala gan..
    bukan berarti mesti di konsumsi ajja.. :hoho:
     
  9. Offline

    hide_toyotomi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2008
    Messages:
    848
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,709 / -0
    zinc juga isa dipake buat mempercepat penyembuhan diare dan bikin ga gampang diare..
    makanya direkomendasiin buat yg kena diare..

    tapi sayangnya suplemen zinc rasanya amis banget..
     
  10. Offline

    oxygent Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 20, 2011
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    zinc itu kan merek sampo hehehehe
     
  11. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    yah korban iklan nih kek-nya.. :lol:
    mentang2 ada shampoo namanya zinc.. :swt:
     
  12. Offline

    GenocideR Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +674 / -0
    zinc shampo bs ningkatin kekebalan tbh jg??
    :hoho:
     
  13. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    kekebalan kulit kepala dari ketombe gan..
    masa di samain buat tubuh juga, kan beda peruntukannya.. :haha:
     
  14. Offline

    synx7 Beginner Members

    Joined:
    Feb 20, 2009
    Messages:
    260
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Nais inpo , baru tau ternyata zinc termasuk salah satu unsur penting yang harus ada buat kesehatan tubuh
     
  15. Offline

    HoRny Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,818
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +704 / -0
    klo makan batangan gmn tuh ? :haha:
    btw , kok kyk yg di sampo ya ?
     
  16. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    :lol:
    nanya makan batangan gimana di kira cokelat ya batangan.. :haha:
    Zinc yang di maksud adalah zinc berupa vitamin, cuma ane bingung pic-nya..
    jadi ya di kasih pic seperti ini deh.. :lol: :lol:
     
  17. Offline

    ibnumakshum Silent Reader Members

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    wah klo jadi robocop ane juga mau gan...
     
  18. Offline

    HiddenSkills Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,018
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +83 / -0
    Zink bagus ya buat kekebalan tubuh ?
    kirain cuma buat keramas :peace:
     
  19. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    dalam takaran yang bener Zinc sangat berguna untuk daya tahan tubuh..
    apalagi klo di tambah Vitamin-C, baik untuk kesehatan..
    perlu di ingat juga, jangan berlebihan mengkonsumsinya.. :elegan:
     
  20. Offline

    yuiii Beginner Members

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +1,226 / -1
    wakwkakwakw...klo shampoo pake zinc gmn thu nasib si rambut wlakakaka
     
  21. Offline

    shinchan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    745
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +74 / -0
    wow info yg bgs.
    berhubungan wa sering diare.
    jgn2 karna defisiensi zinc pula:swt:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.