1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Wow, Masuk Kedokteran Unair Rp 800 Juta!

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by khuma_putry, Jul 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,696 / -8
    Berhubung Ane Membuat trid yang Nak, Urungkan Niatmu Jadi Sarjana... maka saya menjoba memadukan dengan Trid yang ini.


    SURABAYA, KOMPAS.com — Biaya masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Umum atau PMDK Umum atau non-prestasi tenyata benar-benar selangit. Di perguruan tinggi negeri sekelas Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, biaya masuk ke fakultas tertentu, seperti Fakultas Kedokteran Umum, bisa mencapai Rp 800 juta.

    Biaya sebesar itu disebut secara resmi sebagai sumbangan partisipasi pembangunan pendidikan (SP3). Padahal, biaya tersebut baru sebagai uang masuk.

    Untuk biaya kuliah per semester, mahasiswa jalur PMDK non-prestasi ini masih harus membayar lagi. Dalam pengumuman resmi di situs unair.ac.id, disebutkan bahwa minimal SP3 Fakultas Kedokteran Umum Unair adalah Rp 150 juta. Angka tersebut bisa meningkat sampai Rp 800 juta seperti yang disebut di atas karena SP3 ini diterapkan secara dinamis dengan mengikuti minat dan tren pendaftar.

    PMDK Umum adalah salah satu program Unair untuk menjaring mahasiswa baru melalui seleksi yang diadakan sendiri. Program ini sudah dilakukan beberapa tahun belakangan setelah program ekstensi dihapus.

    Menurut informasi, Universitas Airlangga (Unair) menyediakan dua gelombang untuk penerimaan mahasiswa lewat PMDK Umum. Gelombang pertama jalur ini sudah berlalu, yaitu pendaftaran hingga tes dilakukan pada 26 April sampai 1 Mei lalu. Ini berarti mendahului waktu seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan setelah PMDK Prestasi.

    Sementara itu, gelombang kedua akan dilangsungkan pada 26–31 Juli mendatang. Gelombang pertama sudah terpenuhi 30 persen dari jumlah pagu kursi yang disediakan di Fakultas Kedokteran Umum. Setiap gelombang menyediakan sekitar 90 kursi.

    Namun, meski dikenai biaya supermahal, Unair masih mensyaratkan tes untuk peserta PMDK Umum. Hanya, di program ini siapa pun—tentu yang punya uang banyak—boleh mendaftar dan mereka tidak dibatasi prestasi akademik.

    Ini berbeda dengan jalur PMDK Prestasi yang mensyaratkan bahwa pendaftarnya harus menempati ranking lima besar di sekolahnya (SMA). Di PMDK Umum, bahkan lulusan SMA tiga tahun sebelumnya, yakni tahun 2008, 2009, dan 2010, bisa mendaftar.

    “Pada PMDK Umum yang sudah berlangsung sebelumnya, dana SP3 telah menembus Rp 500 juta atau setengah miliar," kata sebuah sumber di Unair, Selasa (20/7/2010).

    Sumber yang bisa dipercaya itu menjelaskan, biaya masuk program PMDK Umum untuk studi kedokteran memang tergolong tinggi. Ia pun menganggap wajar kedinamisan biaya masuk PTN yang sudah menjadi badan hukum milik negara (BHMN) ini.

    “Biaya masuk PMDK Umum untuk program studi kedokteran memang tergolong tinggi, tapi kami tetap selektif. Tahun lalu ada yang mampu membayar Rp 800 juta. Tapi kami tolak karena siswanya tidak layak masuk kedokteran. Kasihan siswanya sendiri nanti jika dipaksakan,” kata sumber itu kepada Surya.

    Biaya bervariasi

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, besaran biaya masuk di masing-masing fakultas untuk program PMDK Umum ini bervariasi. Kedokteran Umum adalah yang termahal, diikuti Kedokteran Gigi dan Fakultas Farmasi.

    Untuk Kedokteran Gigi, SP3 minimal Rp 75 juta dan Farmasi Rp 25 juta. Adapun untuk jurusan sosial, yang mahal adalah Jurusan Akuntansi dengan biaya minimal Rp 22,5 juta. Sumbangan tersebut belum termasuk uang kuliah tiap semester. Berdasarkan sebuah keterangan, jalur PMDK Umum ini akan dikenai biaya kuliah antara Rp 3,5 juta dan Rp 6 juta per semester.

    Salah seorang calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima di Unair lewat PMDK Umum mengaku mencabutnya lantaran diterima melalui jalur SNMPTN.

    Hilal Mursyidi, siswa asal Gresik itu, semula dinyatakan diterima di Jurusan Farmasi Unair melalui PMDK Umum gelombang pertama. Meski begitu, dia masih mencoba mengikuti tes SNMPTN dan ternyata diterima di jurusan yang sama. Padahal, Hilal sudah membayar Rp 31 juta sebagaimana syarat minimal masuk Jurusan Farmasi.

    “Karena saya pikir mahal, saya memilih ikut SNMPTN juga. Tetapi uang yang sudah dibayar tidak kembali sepenuhnya. Hanya bisa diambil kembali Rp 18,5 juta. Tetapi tak masalah karena masuk lewat jalur SNMPTN hanya dikenai biaya kuliah Rp 1,2 juta per semester. Digabung dengan biaya lainnya, total biaya masuk cuma sekitar Rp 2,2 juta,” kata Hilal didampingi ayahnya di kampus Unair, kemarin. (surya)

    Sumber : www.kompas.com
    __________

    Begitulah Kenyataan Yang terjadi di Negara kita, Pendidikan ibarat Air di Gurun Pasir :sigh:
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    lufia2000 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 23, 2008
    Messages:
    1,356
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,067 / -0
    udah jadi hal yg lumrah di negeri kita :sigh:

    yg jadi pertanyaan tuh, duit segepok gitu d pake buat apaan sih ma univ nya? :bogem:
     
  4. Offline

    wawan01 Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 19, 2008
    Messages:
    95
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    pantesan biaya pengobatan ke dokter tambah mahal, gara" biaya kulnya aja mahal... buset...
     
  5. Offline

    RE112 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 14, 2011
    Messages:
    3,499
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,076 / -0
    harganya udah kaya harga 2 mobil :shock1:
    kapan ya indonesia bisa punya harga yang murah di setiap perguruan tingginya :matabelo:
    satu-satunya harapan bagi para siswa yang kurang mampu hanya beasiswa :sigh:
     
  6. Offline

    aicanons Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    1,396
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,166 / -0
    wah klo d situ mah udah biasa sgitu...
    emang sh ada jalur bwt orang2 yg krang mampu...tp prosentasenya dikit bgt...g sbnding ma org yg punya duit...
    emang d indo pndidikan msih utk org brduit...gt kok pgn pndidikan d indo merata...
     
  7. Offline

    HoRny Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,818
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +704 / -0
    zzzz , duit segitu nyari darimana
    nyari Cendol aj butuh perjuangan :bogem::mentah:
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,696 / -8
    :lol::lol::lol::lol::lol::lol:

    bener juga mas bro, cari yang ijo2 butuh perjuangan, :lol:
     
  9. Offline

    crazy4fun Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,816 / -0
    Edan nih,cuma kalangan elit yg bisa bayar klo biaya segitu mah :sigh:
     
  10. Offline

    sunsphoenix ~Super Cool~ Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,735
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,186 / -0
    :swt:

    Duid segitu gue ga kuliah deeee...
    Gue buat modal usaha...........
     
  11. Offline

    Thunderbolt Beginner Members

    Joined:
    Sep 29, 2010
    Messages:
    301
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +672 / -0
    Gila dikira duit tinggal metik dari pohon apa, enak amad tuh tempat kuliahnya main kasih tarif 800 juta.
     
  12. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,696 / -8
    bisa jadi juga, bagi mereka duit tu tinggal petik di pohon :sigh:
     
  13. Offline

    kliver Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    1,050
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +509 / -0
    gak mikir apa duit segitu gmna dapatnya :swt:
    untuk kalangan tertentu mungki bisa tp bagaimana dengan yg pas"an :madesu:
    jadi bingung mau masuk mana kalo dah lulus sma :kecewa:
    harganya mahal" :sigh:
     
  14. Offline

    gunners_lovers Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,823 / -0
    gila :panda:
    duit dari mana tuh, padahal gaji ortunya belum tentu cukup untuk kuliah
     
  15. Offline

    florasia2010 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 17, 2011
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +31 / -0
    maka kelak jgn heran klu para dokter nantinya jadi matre...wajarlah mereka utk menempah ilmunya saja keluar biaya yg mahal....
    maka kelak klu merasa "miskin" n lagi ketimban sial "sakit" mendingan urungkan niat buat ke dokter mndgan ke ponari cs....hahahahaha :)
     
  16. Offline

    dyelewer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,040 / -0
    btw TS punya data mahasiswa disana ga ?? kira kira ada berapa banyak mahasiswa disana misalnya..
     
  17. Offline

    shinigamidika Superstar Moderator

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,009
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,198 / -0
    apun dah low kuliah harus bayar 500-800juta...:tega:
    mending nyari jurusan yg lain ja...
    uang dari mana tu...:dead:
     
  18. Offline

    estidi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    781
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +2,118 / -0
    Bah, kalo suruh bayar 800 juta mah mending cari universitas lain aja...
    Toh universitas yg punya kedokteran di indonesia gak cuma unair doang kan...
     
  19. Offline

    estidi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    781
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +2,118 / -0
    Bah, kalo suruh bayar 800 juta mah mending cari universitas lain aja...
    Toh universitas yg punya kedokteran di indonesia gak cuma unair doang kan...
     
  20. Online

    saoyuan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    wajar sih klo kedokteran mahal, prakteknya kan mereka sewa mayat buat belajar anatomi tubuh manusia.sisanya gak tau buat apaan
     
  21. Offline

    FirecubE Beginner Members

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    390
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +1,703 / -0
    Pendidikan jadi dokter emang terkenal mahalnya...gk main2 dah...masak bayarnya bisa sampe ratusan juta gitu...
    bahkan bisa sampe 800jt....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.