1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other World War 2 Warship

Discussion in 'Science and Technology' started by Lyco, Jul 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    Index

    [​IMG]
    Kriegsmarine - Germany
    -Pocket Battleship Admiral Graf Spee
    -German Battleship Bismarck
    -German Battleship Tirpitz

    [​IMG]
    Imperial Japan Navy - Japan
    -IJN Battle carrier Ise
    -IJN Battlecruiser Kongo
    -IJN Super Battleship Yamato
    -IJN Super carrier Shinano

    [​IMG]
    Royal Navy - United Kingdom
    -HMS Hood
    -HMS King George V
    -HMS Prince of Wales
    -HMS Repulse

    US NAVY - United States
    -USS Arizona
    -USS Missouri

    [​IMG]
    Regia Marina - Italy
    -Battleship Vittorio Veneto
     
    Last edited: Jul 15, 2010
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    Pocket Battleship Admiral Graf Spee

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]


    Admiral Graf Spee adalah cruiser dari kelas Deutschland namun sering disebut sebagai pocket battleship - battleship ukuran kecil. Jerman sendiri berhasil membuat tiga buah kapal kelas pocket battleship yakni : Admiral Graf Spee, Deutschland, dan Admiral Scheer. Masing-masih memerlukan biaya pembuatan senilai 82 juta Reichsmark.

    Setelah perang dunia pertama, angkatan laut Jerman tidak boleh mempunyai kapal perang yang lebih besar dari 10.000 ton dan persenjataan utamanya tidak boleh lebih dari 280mm (11 inchi)-(Treaty of Versailles ). Tapi Jerman sendiri pada tahun 1930 mulai membuat pocket battleship (panzer kreuzer) saat itu diprdiksi beratnya lebih dari 12.000 ton, persenjataan utamanya enam meriam 280cm. Kalau bertempur satu lawan satu pocket battleship ini bisa mengalahkan heavy cruiser.

    Pocket battleship Admiral Graf Spee ini menggunakan teknik las dibanding rivet, yang memungkinkan penghematan berat sebanyak 550 ton, sehingga pocket battleship Graf Spee dapat membawa meriam utama setara dengan battleship. Memang terhadap battleship Inggris seperti Nelson class, Queen Elizabeth class dan Royal Sovereign class, pocket battleship Admiral Graf Spee kalah dalam hal persenjataan utama dan ketebalan baja yang dipakai, namun dalam hal kecepatan, pocket battleship Admiral Graf Spee unggul. Jika suatu saat berhadapan dengan battleship musuh, pocket battleship Admiral Graf Spee dapat meloloskan diri dengan kecepatannya.

    [​IMG]

    Pada tanggal 21 Agustus 1939, pocket battleship Admiral Graf Spee diperintahkan berlayar di Atlantik selatan dengan tugas sebagai permburu kapal dagang Inggris. Tiga hari kemudian pocket battleship Deutschland menyusul. Kapal supply Altmark ikut membantu pocket battleship Admiral Graf Spee di lautan, sehingga pocket battleship Admiral Graf Spee tidak perlu sering-sering kembali ke Jerman untuk mengisi muatan.

    Tanggal 30 September, pocket battleship Admiral Graf Spee berhasil menenggelamkan kapal dagang inggris, Clement (5050 ton). Beberapa hari kemudian yakni pada tanggal 5 Oktober, kapal dagang Newton (4650 ton) berhasil direbut dan dijadikan kapal pembawa tawanan. Tanggal 7 Oktober, kapal dagang Ashlea (4222 ton) ikut menyusul tenggelam. 10 Oktober, kapal dagang Huntsman (8196 ton) berhasil direbut dan dijadikan kapal pembawa tawanan yang baru. Pocket battleship Admiral Graf Spee menggunakan radio kapal Huntsman untuk mengirimkan pesan palsu bahwa kapal dagang Huntsman diserang oleh kapal selam di lokasi yang berbeda. Kapal Huntsman akhirnya ditenggelamkan 17 Oktober setelah seluruh tawanannya dipindahkan ke kapal Altmark. Tanggal 23 Oktober, pocket battleship Admiral Graf Spee menembaki kapal dagang Inggris, Trevanion, yang berusaha mengirimkan pesan darurat.

    Pocket battleship Admiral Graf Spee kemudian bergerak ke lautan India tanggal 28 Oktober dan menenggelamkan sebuah kapal tanker Africa Shell tanggal 15 November. Selanjutnya tanggal 2 Desember, sebuah kapal dagang kembali ditenggelamkan, kali ini bernama Blue Star liner. Tanggal 3 Desember, kapal dagang Tairoa (7983 ton) ditenggelamkan karena berusaha mengirimkan pesan darurat, begitu pula kapal Streonshalh tanggal 9 Desember berhasil ditenggelamkan.


    Battle of the River Plate
    [​IMG]

    Inggris kemudian membuat delapan grup pemburu untuk bertugas di lautan Atlantik dan satu grup pemburu untuk bertugas di lautan India. Total kekuatannya terdiri dari tiga battleship, dua battlecruiser, empat kapal induk dan enam belas cruiser.

    Pada tanggal 13 Desember 1939, pocket battleship Admiral Graf Spee ditemukan oleh grup pemburu Inggris yang terdiri dari cruiser HMS Exeter, light cruiser HMS Ajax dan light cruiser HMS Achilles. Satu cruiser dan dua light cruiser melawan satu pocket battleship. Pocket battleship Admiral Graf Spee berhasil memberikan kerusakan fatal ke cruiser HMS Exeter, sebuah turret meriam utamanya hancur. Pocket battleship Admiral Graf Spee sendiri menerima peluru 6 inci dari kedua light cruiser, namun tak sampai menembus lapisan baja kapal. Cruiser HMS Exeter kemudian mundur dari pertempuran. Light cruiser HMS Ajax sendiri kehilangan dua turret meriamnya. Namun pocket battleship Admiral Graf Spee juga menerima kerusakan fatal dari peluru 8 inci cruiser HMS Exeter, sehingga mngundurkan diri dari pertempuran menuju ke pelabuhan netral Montevideo, Uruguay. Pocket battleship Admiral Graf Spee sendiri hanya diberi waktu 72 jam untuk memperbaiki kapal dan meninggalkan Montevideo atas desakan Inggris kepada pemerintah Uruguay. Kapten Langsdorff kemudian menghubungi Berlin dan mendapat jawaban pribadi dari Hitler.

    "Attempt by all means to extend time in neutral waters in order to guarantee freedom of action as long as possible. Fight your way through to Buenos Aires, using remaining ammunition. No internment at Uruguay. Attempt effective destruction of ship if scuttled."

    Perintah berlayar ke Buenos Aries di Argentina yang netral namun pro-Jerman. Kalau tidak ada jalan lain, karamkan kapal.

    Kapten Langsdorff sendiri merasa tidak mungkin melakukannya, selain pocket battleship Admiral Graf Spee marih rusak, ia juga mendengar kabar bahwa armada Inggris berada di laut di sekitar pelabuhan Montevideo. Merasa hal itu mustahil, kapten Langsdorff kemudian memberi perintah untuk menenggelamkan pocket battleship Admiral Graf Spee. Kapten Langsdorff sendiri kemudian bunuh diri tiga hari kemudian.

    Sumber :
    -Perang Eropa jilid I oleh P.K. Ojong
    -Warship and Submarines of WW II oleh Peter Darman
    -Wikipedia
     
  4. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    German battleship Bismarck

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    Kapal tempur Jerman, Bismarck adalah salah satu kapal tempur yang paling perkenal pada perang dunia kedua. Nama Bismarck diambil dari German chancellor Otto von Bismarck.

    Bismarck di desain pada permulaan 1930, mengikuti pengembangan kapal-kapal tempur Jerman lainnya seperti Pocket Battleship dan Battlecruiser. Bismack dibuat di galangan kapal Blohm and Voss' di Hamburg tanggal 1 July 1936. Kemudian diluncurkan pada tanggal 14 Februari 1939. Pada saat diluncurkan Bismarck adalah kapal tempur terbesar yang dimiliki Jerman. Bismarck kemudian bertugas mencegat konvoi sekutu di lautan Atlantik.


    Battle of the Denmark Strait

    Sabtu 24 Mei 1941 jam 05:30, battleship Bismarck dan battlecruiser Prinz Eugen bertemu dengan dua kapal Inggris yakni battlecruiser Hood dan battleship Prince of Wales. Battleship Prince of Wales sendiri adalah kapal yang benar-benar baru di lingkungan Navy Inggris.

    Saat itu masih sulit membedakan antara battleship Bismarck dan battlecruiser Prinz Eugen karena keduanya punya bentuk yang mirip.
    Terjadilah kesalahan besar, Holland yang berkedudukan di battlecruiser Hood memberi intruksi untuk memusatkan tembakan pada kapal yang salah, yakni menembaki battlecruiser Prinz Eugen (yang dikira Holland sebagai battleship Bismarck). Kapten kapal battleship Prince of Wales menyadari kesalahan ini dan menembaki battleship Bismarck yang asli.

    [​IMG]
    Battleship Bismarck

    [​IMG]
    Battlecruiser Prinz Eugen

    [​IMG]
    Battlecruiser Hood

    [​IMG]
    Battleship Prince of Wales

    Namun battleship Bismarck dan battlecruiser Prinz Eugen memusatkan tembakannya pada satu kapal Inggris yakni battlecruiser Hood. Tembakan meriam Jerman sangat akurat, dua menit pertama satu peluru kaliber 8 inci dari battlecruiser Prinz Eugen mengenai battlecruiser Hood. Battlecruiser Prinz Eugen sendiri terkena tiga tembakan. Pada jam 05:54 jarak antara kedua pihak hanya 20 km, pada jam 05:57 menjadi 17 km.

    Pada jam 06:00 battlecruiser Hood meledak dengan hebat setelah satu peluru 15 inci dari battleship Bismarck tepat mengenai gudang pelurunya. battlecruiser Hood patah menjadi dua bagian dan tenggelam perlahan-lahan ke dasar lautan bersama dengan 1.416 awaknya. Battleship Bismarck dan battlecruiser Prinz Eugen kini bersama-sama menembaki battleship Prince of Wales, dalam waktu singkat empat peluru 15 inci mengenai battleship Prince of Wales. Battleship Prince of Wales kemudian mundur dari medan perang.


    The chase

    Battlecuiser Hood telah dikaramkan oleh battleship Bismarck. Kini nyatalah bagi Inggris, bahwa angkatan laut Jerman walaupun kecil jumlahnya namun tidak bisa dipandang sebelah mata. Setelah menerima berita hancurnya battlecruiser Hood Inggris memerintahkan pengejaran battleship Bismarck. Cruiser London yang sedang mengawal konvoi kapal dagang Inggris dari Gilbatar ke Inggris diperintahkan meninggalkan konvoi dan mencari battleship Bismarck. Cruiser Edinburgh yang sedang berpatroli juga langsung ditugaskan memburu battleship Bismarck tidak peduli apakah saat itu bahan bakarnya cukup atau tidak. Battleship Ramillies yang sedang mengawal konvoi kapal dagang juga diperintahkan memburu battleship Bismarck. Total kapal yang dikerahkan untuk memburu battleship Bismarck tidak kurang dari 16 buah.

    Tanggal 24 Mei 1941, beberapa pesawat pengebom torpedo Swordfish biplane dari satuan 825 Naval Air Squadron menjumpai battleship Bismarck, namun dari semua torpedo yang dilepaskan tidak satupun yang merusakkan battleship Bismarck.

    Pada tanggal 26 Mei 1941 sebuah pesawat Catalina menemukan battleship Bismarck. Tak lama pesawat-pesawat dari kapal Induk Inggris Ark Royal yang dikawal battlecruiser Renown dan cruiser Sheffield terbang untuk misi menyerang battleship Bismarck namun lagi-lagi terjadi kesalahan, pesawat-pesawat tersebut justru menyerang cruiser Sheffield yang merupakan kapal Inggris sendiri. Untunglah bagi cruiser Sheffield, dari 6 atau 7 torpedo yang dilepaskan tak satupun yang mengenainya.

    Sebenarnya pada tanggal yang sama di malam hari sebuah kapal selam Jerman U-556 tengah berada dekat kapal induk Royal Ark dan battleship Renown, tapi kedua kapal Inggris ini beruntung, U-556 sudah kehabisan torpedo sehingga tidak bisa melakukan apa-apa dan mundur ke pangkalan Jerman.


    Fate

    Pada jam 08:00 tanggal 27 Mei 1941, kapal Inggris battleship King George V bertemu dengan battleship Bismarck, saat itu battlecruiser Prinz Eugen sudah diperintahkan kembali ke Jerman. Battleship King George V adalah salah satu kapal tempur termodern yang dimiliki Inggris yang dapat menandingi battleship Bismarck. Masalah muncul saat kapal Inggris yang lain yakni battleship Rodney, heavy cruiser Norfolk dan heavy cruiser Dorsetshire ikut bergabung bersama battleship King George V. Ini berarti battleship Bismarck harus melawan empat kapal tempur Inggris sendirian.

    Jam 08:47 battleship King George V membuka tembakan pertama dan dibalas battleship Bismarck, pada jam 09:08 peluru dari battleship Rodney menghancurkan kedua turret depan battleship Bismarck, jam 09:21 satu turret belakang menyusul hancur dan turret terakhir battleship Bismarck hancur pukul 09:31. Namun bendera Jerman yang ada pada battleship Bismarck masih berkibar, setelah dihujani tembakan battleship Bismarck masih belum tenggelam. Battleship Bismarck akhirnya tenggelam setelah kapal heavy cruiser Dorsetshire meluncurkan tiga atau empat torpedo 533 mm dari jarak dekat.


    sumber :
    -Perang Eropa jilid 1 oleh P.K Ojong
    -Warship and Submarines of WW II oleh Peter Darman
    -Wikipedia
     
  5. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    [​IMG]

    [​IMG]
    [​IMG]

    Yamato dan Musashi adalah kapal tempur kebanggaan AL Jepang (Imperial Japan Navy), keduanya adalah kapal tempur paling besar dan paling kuat sepanjang sejarah yang pernah dibuat manusia, dengan bobot hingga mencapai 71.659 ton - 72.800 ton. Kapal tempur paling besar milik Amerika (Iowa class) cuma 45.000 ton. Dan kapal tempur Jepang ini dilindungi oleh baja yang tebal, antara 200 mm hingga 650 mm. Sering sekali orang tidak mengira bahwa orang Jepang yang pada waktu perang dunia kedua rata-rata bertubuh kecil justru memiliki kapal tempur terbesar di dunia, dengan meriam yang paling besar yang pernah dipasang di kapal tempur pula.


    Yamato dan Musashi sering dinamakan super battleship dan monster battleship oleh pihak sekutu, Inggris yang waktu itu terkenal akan kekuatan Navynya bahkan tidak mempunyai satupun kapal yang setara dengan Yamato dan Musashi. Pembuatannya dimulai dari tahun 1937 hingga diluncurkan 8 Agustus 1940 dan selesai pada Desember 1941. Sebenarnya ada tiga buah kapal sejenis Yamato yakni Yamato, Musashi dan Shinano, hanya saja Shinano kemudian sebelum sempat selesai diubah menjadi kapal induk. Namun nasib Shinano cukup tragis, Shinano yang saat itu merupakan kapal induk terbesar didunia tenggelam 10 hari setelah melaut oleh kapal selam Amerika. Yamato dan Musashi terlibat dalam Battle of Midway dan Battle of Philippine sea.

    Dalam pertempuran di laut Filipina ini merupakan bencana bagi armada Jepang. Pada tanggal 23 Oktober formasi kapal-kapal ini Jepang diserang dua kapal selam Amerika, USS Darter dan USS Dace, mengakibatkan penjelajah berat Atago (10.000 ton) tenggelam. Penjelajah berat Takao (10.000 ton) juga terkena torpedo namun tidak sampai tenggelam. Penjelajah berat Maya (10.000 ton) ikut tenggelam setelah gudang mesiunya tertembus torpedo kapal selam Amerika.

    Tanggal 24 Oktober super battleship Musashi tenggelam setelah terkena 19 bom dan 17 torpedo oleh pesawat-pesawat Amerika yang diluncurkan dari kapal induk USS Essex. Yamato sendiri terkena 3 bom armour-piercing namun tidak tenggelam dan kembali ke Jepang dengan selamat.

    [​IMG]
    Yamato ketika diserang oleh pesawat

    [​IMG]

    Pada tanggal 7 April 1945, Yamato diperintahkan berlayar menuju Okinawa, namun di tengah perjalanan tepatnya pukul 12:32 siang, Yamato diserang oleh 280 pesawat terbang dari satuan Task Force 58 Amerika dan terkena dua bom dan satu torpedo. Tidak lama kemudian muncul serangan gelombang kedua oleh 126 pesawat yang terdiri dari 48 pesawat Hellcat, 25 pesawat Helldiver dan 53 pesawat Avenger. Pada jam 14.23 setelah terkena 10 torpedo dan 7 bom Yamato tenggelam bersama hampir 2.500 awaknya dan juga laksamana Ito.

    [​IMG]

    Armament

    Meriam-meriam utama Yamato dan Musashi yang masing-masing berjumlah sembilan buah dengan diameter 18,1 inci (45,974 cm) adalah meriam yang paling besar yang pernah digunakan kapal tempur. Meriam paling besar dari kapal tempur Amerika 16 inci (40,64 cm). Meriam utama ini dapat menembak peluru hingga jarak 42 km. Persenjataan lainnya adalah 6 meriam 6.1 inci (15,5 cm), 24 meriam 5 inci (12,7 cm), 162 senjata anti pesawat (2.5 cm) dan 4 senjata anti pesawat (1.32 cm)

    Senjata anti pesawat Yamato memang berjumlah banyak, terutama setelah Jepang menyadari bahaya akan serangan pesawat-pesawat dari kapal induk. Yamato yang bertubuh besar pastinya menjadi incaran yang mudah oleh pesawat musuh, walaupun Yamato sering kali dikawal secara kuat oleh kapal penjelajah dan kapal perusak namun pertempuran di Midway telah menyadarkan Jepang bahwa kapal induk adalah musuh yang paling berbahaya, sebelumnya angkatan laut dunia lebih menghargai kapal tempur dibandingkan kapal induk. Sebab sama seperti nasib Yamato dan Musashi, kapal tempur kebanggaan Inggris, Prince of Wales dan Repulse juga tenggelam di dekat Singapura 9 Desember 1941 juga disebabkan oleh pesawat-pesawat pengebom Jepang.




    sumber :
    -Perang Pasifik oleh P.K. Ojong
    -Warship and Submarines of WW II oleh Peter Darman
    -Wikipedia
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,466
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,399 / -0
    avada kedavra, open sesame.

    Regards,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.