1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

True Story Wajib BACA : Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by kyozu, Jun 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    kyozu Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    183
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    Zhang Da, Kisah Seorang Anak Teladan dari Negeri China
    Seorang anak di China pada 27 Januari 2006 mendapat penghargaan tinggi dari pemerintahnya karena dinyatakan telah melakukan “Perbuatan Luar Biasa”. Diantara 9 orang peraih penghargaan itu, ia merupakan satu-satunya anak kecil yang terpilih dari 1,4 milyar penduduk China.

    [​IMG]

    Yang membuatnya dianggap luar biasa ternyata adalah perhatian dan pengabdian pada ayahnya, senantiasa kerja keras dan pantang menyerah, serta perilaku dan ucapannya yang menimbulkan rasa simpati.

    Sejak ia berusia 10 tahun (tahun 2001) anak ini ditinggal pergi oleh ibunya yang sudah tidak tahan lagi hidup bersama suaminya yang sakit keras dan miskin. Dan sejak hari itu Zhang Da hidup dengan seorang Papa yang tidak bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan.

    Kondisi ini memaksa seorang bocah ingusan yang waktu itu belum genap 10 tahun untuk mengambil tanggungjawab yang sangat berat. Ia harus sekolah, ia harus mencari makan untuk Papanya dan juga dirinya sendiri, ia juga harus memikirkan obat-obat yang yang pasti tidak murah untuk dia. Dalam kondisi yang seperti inilah kisah luar biasa Zhang Da dimulai.

    Ia masih terlalu kecil untuk menjalankan tanggung jawab yang susah dan pahit ini. Ia adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus menerima kenyataan hidup yang pahit di dunia ini. Tetapi yang membuat Zhang Da berbeda adalah bahwa ia tidak menyerah.

    Hidup harus terus berjalan, tapi tidak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggungjawab untuk meneruskan kehidupannya dan Papanya. Demikian ungkapan Zhang Da ketika menghadapi utusan pemerintah yang ingin tahu apa yang dikerjakannya.

    Ia mulai lembaran baru dalam hidupnya dengan terus bersekolah. Dari rumah sampai sekolah harus berjalan kaki melewati hutan kecil. Dalam perjalanan dari dan ke sekolah itulah, Ia mulai makan daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui.

    [​IMG]

    Kadang juga ia menemukan sejenis jamur, atau rumput dan ia coba memakannya. Dari mencoba-coba makan itu semua, ia tahu mana yang masih bisa ditolerir oleh lidahnya dan mana yang tidak bisa ia makan.

    Setelah jam pulang sekolah di siang hari dan juga sore hari, ia bergabung dengan beberapa tukang batu untuk membelah batu-batu besar dan memperoleh upah dari pekerjaan itu. Hasil kerja sebagai tukang batu ia gunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk papanya.

    Hidup seperti ini ia jalani selama 5 tahun tetapi badannya tetap sehat, segar dan kuat. Zhang Da merawat Papanya yang sakit sejak umur 10 tahun, ia mulai tanggungjawab untuk merawat papanya.

    Ia menggendong papanya ke WC, ia menyeka dan sekali-sekali memandikan papanya, ia membeli beras dan membuat bubur, dan segala urusan papanya, semua dia kerjakan dengan rasa tanggungjawab dan kasih. Semua pekerjaan ini menjadi tanggungjawabnya sehari-hari.

    Zhang Da menyuntik sendiri papanya. Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi semua ini. Sejak umur sepuluh tahun ia mulai belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli.

    Yang membuatnya luar biasa adalah ia belajar bagaimana seorang suster memberikan injeksi / suntikan kepada pasiennya. Setelah ia rasa mampu, ia nekat untuk menyuntik papanya sendiri. Sekarang pekerjaan menyuntik papanya sudah dilakukannya selama lebih kurang lima tahun, maka Zhang Da sudah terampil dan ahli menyuntik.

    Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis dan orang terkenal yang hadir dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepada Zhang Da, pembawa acara (MC) bertanya kepadanya,
    "Zhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, dan apa yang kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu? Berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah?

    Besar nanti mau kuliah di mana, sebut saja. Pokoknya apa yang kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, dan orang terkenal yang hadir.

    Saat ini juga ada ratusan juta orang yang sedang melihat kamu melalui layar televisi, mereka bisa membantumu!"

    Zhang Da pun terdiam dan tidak menjawab apa-apa. MC pun berkata lagi kepadanya, "Sebut saja, mereka bisa membantumu."

    Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar ia pun menjawab,
    "Aku mau mama kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama kembalilah!"

    Semua yang hadir pun spontan menitikkan air mata karena terharu. Tidak ada yang menyangka akan apa yang keluar dari bibirnya. Mengapa ia tidak minta kemudahan untuk pengobatan papanya, mengapa ia tidak minta deposito yang cukup untuk meringankan hidupnya dan sedikit bekal untuk masa depannya?

    Mengapa ia tidak minta rumah kecil yang dekat dengan rumah sakit? Mengapa ia tidak minta sebuah kartu kemudahan dari pemerintah agar ketika ia membutuhkan, pasti semua akan membantunya.

    Mungkin apa yang dimintanya, itulah yang paling utama bagi dirinya. Aku mau Mama kembali, sebuah ungkapan yang mungkin sudah dipendamnya sejak saat melihat mamanya pergi meninggalkan dia dan papanya.

    [​IMG]


    Kisah di atas bukan saja mengharukan namun juga menimbulkan kekaguman. Seorang anak berusia 10 tahun dapat menjalankan tanggung jawab yang berat selama 5 tahun. Kesulitan hidup telah menempa anak tersebut menjadi sosok anak yang tangguh dan pantang menyerah.

    Zhang Da boleh dibilang langka karena sangat berbeda dengan anak-anak modern. Saat ini banyak anak yang segala sesuatunya selalu dimudahkan oleh orang tuanya. Karena alasan sayang, orang tua selalu membantu anaknya, meskipun sang anak sudah mampu melakukannya.

    Sumber :
    jujunjunaedi.multiply.com
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    salut!!! kadang harus belajar sama anak kecil yg walau dlm keadaan susah pun, hatinya tdk menjadi ikut susah tp tetap punya hati yg bagai malaikat
     
  4. Offline

    mr_ark Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    22,007
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +65,715 / -11
    kyaaa~h :terharu:
    anak yang sangat berbakti kepada orang tuanya...
    gak minta uang, cuman minta mamanya pulang...
    semoga sang mama mau kembali ke rumah
     
  5. Offline

    saidblue Beginner Members

    Joined:
    Dec 8, 2010
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    :madesu: seperti itukah hidup nya :madesu: jadi malu sama diri sendiri :panda:
     
  6. Offline

    shadowebster Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Bener-bener salut... mengharukan banget.. Patut dicontoh semangat anak ini.
     
  7. Offline

    saoyuan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +364 / -0
    cerita yg bagus nih, cocok buat dijadikan renungan hidup.apa yg kita lakukan saat ini tentu blm sebanding dgn apa yg dilakukan Zhang Da
     
  8. Offline

    agungjaelani Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 4, 2011
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    ane udah umur segini belum bisa berbuat apa2.
    inspirasi yang bagus bgt ini , thanks
     
  9. Offline

    vanz8989 Beginner Members

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -0
    salut banget ama nih anak..
    ane aja yang dha segini kg yakin ama diri ane..
     
  10. Offline

    lemon3d Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 6, 2011
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +11 / -0
    omg.. toyuching bgt..teernyata di dunia neh byk org susah .. tp sikap positifnya yg membawa berkah kepada anak ini.. salute
     
  11. Offline

    Aliveee Beginner Members

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    319
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +22 / -0
    cerita yang tetap menyentuh, padahal dulu gw pernah baca cerita ini, tapi tetep aja bikin terharu pas baca lagi:sedih:
     
  12. Offline

    roenha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 13, 2010
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +8,443 / -0
    Kisah yang mengharukan :tega:

    Mudah-mudahan mamanya kembali :terharu:
     
  13. Offline

    upin_cool Beginner Members

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,164 / -0
    kayanya ini cuman cerita rekaan deh,,,soalnya dr namanya uda aneh "zhangda"长大, yang artinya "dewasa"...apa cuman kebetulan ??
     
  14. Offline

    sikomo Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 1, 2010
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    keren banget uth bocah..
    sekarang sih udah gede kali ya tuh bocah..
     
  15. Offline

    ZeroCross Beginner Members

    Joined:
    Jul 1, 2008
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    Ceritanya menyentuh :terharu:

    kalo gw yg jadi tuh anak mgkn udah entah jadi apa :suram: :kecewa:
     
  16. Offline

    jatiwulung Lurking Around Members

    Joined:
    Jun 14, 2011
    Messages:
    596
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +54 / -0
    :terharu: luar biasa anak ini, mampu menghidupi ayahnya dan dirinya sendiri padahal dia masih 10 tahun. Emaknya jadi pulang ga tuh?

    :yareyare: beda banget ma yg di kelas kuliah gue ya, yg sukanya mamer-mamerin cowok2nya, berasa dia adalah princess bungsu paling segalanya di dunia ini. Ya iyalah, lah wong kakaknya juga dosen di salah satu universitas paling ternama di Indonesia, apalagi dia juga penyanyi kafe :hehe: besar kepala mumpung sempat :lol::lol::lol:
     
    Last edited: Oct 29, 2011
  17. Offline

    Setchi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 12, 2012
    Messages:
    468
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +976 / -0
    wua........:nangis:
    walau di tinggal mamanya selama 5 tahun
    walau harus merawat papanya yang sakit
    walau harus bekerja sebagai tukang batu
    Zhang Da tetap sabar menghadapi itu semua....
    :terharu: benar-benar anak yang baik :terharu:
     
  18. Offline

    Kyucha_Kazeinda Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 13, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    zhang da emng anak yg luar biasa... kira2 klu skrg umur'a brp yaa... smga ibu'a tau apa yg slama ni zhang da dah lakukan... ^^
     
  19. Offline

    jezzicutez Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    sob2 ... bener2 anak yg sayang sama ortu dan tabah..
    emang dibanding harta atau apapun, hidup dgn keluarga lebih baik ...
     
  20. Offline

    ahonks1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 28, 2009
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +200 / -0
    hmm gw udh umur segini tp msh blum bs ngasih ap" ke ortu gw, :panda:
     
  21. Offline

    djang Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    mamanya kurang ajar tak bertanggung jawab.......kalah ama anak kecil yang demi mamanya biar balik mati2xan mengurus papanya.....hiks
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.