1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology Wah, Otak Manusia Modern Ternyata Semakin Kecil

Discussion in 'Science and Technology' started by ghombalz, Jun 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    [​IMG]
    Otak manusia modern ternyata lebih kecil dibandingkan nenek moyang mereka (Ilustrasi: Google image)


    LONDON - Sejumlah ilmuwan di Cambridge University mengklaim manusia modern bukan saja lebih kecil dan pendek dibandingkan leluhurnya, tapi juga memiliki otak lebih kecil.

    Para ilmuwan menjelaskan dalam kurun 10 ribu tahun terakhir struktur fisik manusia modern menjadi lebih kecil dan lebih pendek 10 persen dibandingkan nenek moyang mereka. Hal ini terutama disebabkan oleh pertanian, pola makan yang kian ketat serta proses urbanisasi yang bisa membahayakan kesehatan serta berujung pada penyebaran penyakit.

    Teori ini muncul dari beberapa studi tentang sejumlah fosil manusia yang ditemukan di Afrika, Eropa dan Asia. Ahli evolusi manusia Dr Marta Lahr menjelaskan 10 ribu tahun lalu manusia memiliki bobot rata-rata 77 hingga 83 kilogram. Namun saat ini manusia memiliki berat rata-rata 69 kilogram hingga 75 kilogram.

    "Kita bisa melihat bahwa manusia terus mengalami evolusi, tapi perubahan ukuran tubuh ini tidak terjadi secara signifikan sebelum 10 ribu tahun lalu. Jadi pertanyaannya adalah mengapa hal ini terjadi," papar Dr Lahr sebagaimana dikutip Daily Mail, Senin (13/6/2011).

    Menurut Dr Lahr perubahan gaya hidup dari berburu menjadi bertani, yang dimulai sekira 9 ribu tahun lalu, menjadi pemicu awal. Di satu sisi kehidupan bertani memastikan manusia memiliki cukup makanan, namun karena hanya terpaku dengan sejumlah kecil makanan bisa mengakibatkan manusia kekurangan vitamin dan mineral sehingga menghambat pertumbuhan mereka.

    Lebih lanjut, Dr Lahr juga menjelaskan bahwa volume otak manusia mengalami penurunan secara signifikan. Otak pria 20 ribu tahun lalu diketahui mencapai 1.500 centimeter kubik. Namun otak pria modern rata-rata hanya mencapai 1.350 centimeter kubik. Jika diukur, volume yang 'hilang' dari otak pria modern memiliki ukuran sama seperti bola tenis. Wanita juga diketahui mengalami penurunan volume otak dengan proporsi yang sama.

    Meski demikian, fakta ini bukan berarti menggambarkan manusia modern lebih bodoh ketimbang pendahulunya. Sebaliknya, kini manusia telah belajar memaksimalkan apa otak mereka dengan lebih efisien.

    "Dalam proses evolusi terjadi penghematan energi besar-besaran yang menjadikan otak semakin kecil tapi lebih efisien. Sama halnya seperti yang kita lihat terjadi pada prosesor komputer," pungkas Dr Lahr.
    (van)

    ga nolak :thx: :grp:
    Sumber : okezone
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Alovera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,573 / -0
    Wah kirain manusia sekarang lebih bodoh, tapi enggak...:hahai:

    Emm tapi Maksudnya efisien gimana nih ? Trus atas dasar apa para ilmuwan mengatakan kalau otak manusia sekarang lebih maksimal daripada manusia jaman dulu ?

    Bingung Euy...Btw nice info...
     
  4. Offline

    princessvie Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2011
    Messages:
    394
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +44 / -0
    smakin modern manusia smakin mengecil ya, gimana di masa depan nanti (misalkan sblm kiamat) mungkin manusia2 di dunia cebol2 kali yah.
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Wah volumenya mengecil.
    Gw kirain volumenya nambah, secara manusia sekarang lebih banyak pikiran daripada manusia jaman dulu.
    Mungkin juga karena faktor efisiensi yah jadi volumenya ngecil meskipun informasi yg disimpan lebih banyak :top:
     
  6. Offline

    crimeson Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 8, 2011
    Messages:
    1,227
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +19,406 / -0
    :fufufu: mungkin otak manusia makin kecil makin cangih.
    kaya gadget jaman sekarang makin kecil, makin tipis.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.