1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Vitamin D Bantu Tangkal Flu dan Serangan Asma

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jaacoozee, Apr 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    jaacoozee Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,477
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,656 / -0
    Dalam sebuah studi di sekolah dasar Jepang, suplemen vitamin D yang dikonsumsi selama musim dingin dan awal musim semi membantu mencegah flu musiman dan serangan asma.

    Ide untuk studi berawal dari kepala studi Dr. Mitsuyoshi Urashima. Ia terlibat dalam studi sebelumnya yang mempelajari apakah vitamin D dapat mencegah penyakit pengeroposan tulang osteoporosis. Peneliti dalam studi itu menyatakan bahwa orang yang minum vitamin tiga kali lebih cenderung terhindar dari gejala flu dan demam.

    Hal tersebut menuntun Urashima dari Universitas Farmasi di Tokyo dan koleganya untuk secara acak menyetujui sebuah grup yang terdiri dari anak berusia 6-15 tahun mengkonsumsi suplemen vitamin D3 (1200 unit internasional tiap hari) dan obat sintetis yang tidak aktif selama musim demam dan flu.

    Vitamin D3 atau cholecalciferol, lebih mudah diserap oleh tubuh dan lebih kuat daripada vitamin D2 atau ergocalciferol, bentuk yang seringkali ditemukan dalam multivitamin.

    Selama studi yang dilakukan antara Desember 2008 hingga Maret 2009, sebanyak 31 dari 167 anak mengambil obat sintetis untuk mengatasi influenza A, bentuk virus paling umum, dibandingkan dengan hanya 18 dari 167 yang mengambil vitamin D.

    "Grup vitamin D ternyata sebanyak 58% lebih bisa mengatasi influenza A," lapor peneliti dalam jurnal Amerika untuk Nutrisi Klinis.

    Vitamin D juga digunakan untuk menekan serangan asma pada anak. Dua orang anak mengambil vitamin D selama studi, dibandingkan dengan 12 anak yang menggunakan obat sintetis. Urashima mengakui sedikit mengejutkan dengan temuan tersebut dan berharap akan mengkonfirmasi dalam percobaan acak dengan target anak dengan asma.

    Dr. Adit Ginde dari Universitas Farmasi Denver Colorado yang tidak terlibat dalam studi mengatakan, "Ini adalah pertama kali sebuah studi yang dilakukan secara mengejutkan menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat mengurangi risiko dalam percobaan yang didedikasikan secara klinis.”

    Sementara dalam stud Jepang, suplemen vitamin D tidak mencegah influenza tipe B, yang cenderung muncul kemudian di musim flu daripada varietas flu A.

    Ginde mengatakan tidak ada penjelasan solid mengapa vitamin D mencegah influenza A dan bukan influenza B. “Sistem kekebalan melawan virus yang berbeda dengan cara yang berbeda pula. Temuan tersebut butuh eksplorasi lebih dalam,” katanya.

    Code:
    inilah.com
     
  2. Offline

    patuan Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 1, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +101 / -0
    thread nih bermanfaat nih... thanks ya gan....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.