1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology Virus Tak Dikenal Ditemukan Dalam Gletser Yang Menguap

Discussion in 'Science and Technology' started by blacksheep, Sep 25, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,943 / -0
    Seiring dengan semakin meningkatnya tren pemanasan suhu global yang kian parah, gletser di berbagai belahan dunia juga mulai meleleh, selain mengundang bahaya besar karena makin tingginya permukaan air laut, juga mungkin akan membawa ancaman bahaya virus yang misterius yang berasal dari zaman dahulu kala. Ditemukan Virus Tak Dikenal Yang Masih Hidup Tersimpan 140 Ribu Tahun Lamanya
    Berdasarkan laporan dari sebuah harian pagi, Profesor Scott Rogers dari Universitas Brooklyn, Ohio, Amerika Serikat, selaku tokoh peneliti mikro organisme inti es daerah kutub sekaligus tokoh perancang dan pembentuk riset, dalam laboratoriumnya tersimpan bongkahan inti es yang berasal dari berbagai danau es maupun gunung es untuk diteliti mikro organisme yang hidup di dalamnya.
    Dalam risetnya terhadap salah satu bongkahan inti es yang diambil dari sebuah gletser, telah ditemukan sejenis virus tak dikenal yang tersimpan selama 140 ribu tahun dalam es di kutub.
    Profesor Roger mengatakan, virus jenis ini telah bertahan hidup di dalam lapisan es selama hampir 140 ribu tahun lamanya. Mikro organisme semacam ini akan dapat bertahan hidup di dalam es yang sesuai dengan karakter dan hidupnya, inti bongkahan es merupakan lingkungan yang sangat baik bagi perkembangan mereka.
    Profesor Roger beranggapan, meskipun metode penyebaran virus ini belum pernah ada dalam catatan atau literatur mana pun sepanjang sejarah perkembangan manusia, namun kita juga tidak dapat memastikan bahwa ia tidak akan terjadi, sekarang ini masih belum dapat dipastikan kapan mikro organisme ini akan memicu terjadinya masalah lingkungan yang serius atau penyakit menular yang menakutkan.
    Tersimpan Jenis Virus Yang Kompleks di Dalam Lapisan Es Tua
    Para peneliti menemukan bahwa di dalam lapisan es berusia tua tersebut terdapat virus dari berbagai jenis yang sangat kompleks, seperti berbagai jenis virus influenza menular yang aneh, virus sum sum, virus lepra dan lain-lain, selain itu masih ada lagi banyak jenis virus yang belum pernah ditemukan jenisnya. Di dalam lapisan es di Siberia bahkan telah ditemukan virus influenza tipe A yang usianya belum genap 1 tahun.
    Berdasarkan penemuan ini Roger dan koleganya memperkirakan bahwa virus-virus ini sedang menunggu datangnya inangnya, atau mahluk air, atau mahluk lainnya, begitu virus-virus ini menemukan inang yang kurang baik sistem kekebalan tubuhnya, maka mikro organisme ini akan berkembang dengan sangat pesat, dan akan terus menyebar di dalam kelompok inang yang ditempatinya tersebut.
    Gen Virus Tua Dikhawatirkan Akan Dilepaskan Sewaktu-Waktu
    Profesor Zhang Xin Fang yang meneliti mikro organisme di pusat riset lingkungan dan teknik daerah dingin dan panas dari Institut Ilmiah Tiongkok menemukan, di gletser yang terdapat di daerah dataran tinggi Tiongkok, juga terdapat virus yang berbentuk butiran, virus-virus yang masih berupa teka-teki ini sewaktu-waktu dapat dilepaskan dari lapisan es tersebut akibat memanasnya suhu bumi.
    Profesor Stamor dari Universitas New York menyatakan, “Walaupun masih belum dapat dipastikan akan ada berapa banyak virus zaman dulu ini kembali lepas ke masyarakat modern ini, juga masih belum dapat dipastikan berapa di antara virus-virus ini yang akan mengancam lingkungan dan kesehatan manusia, namun seiring dengan semakin meningkatnya suhu di bumi, semua ini dipastikan akan terjadi.”
    Profesor Zhang Xin Fang berpendapat, menghadapi virus yang bermutasi dan menimbulkan virus jenis baru, kekebalan tubuh manusia sangat sulit dipastikan dapat menghadapi ancaman dari virus-virus ini.
    Virus Muntaber di Daerah Pesisir Pantai Berasal dari Virus Yang Terpendam Di Dalam Gletser
    Pakar peneliti virus Universitas Oregon, Profesor Garwenn, sama sekali tidak meragukan lagi akan bahaya yang mengancam yang diakibatkan oleh virus-virus yang terpendam di dalam gletser ini, beliau berpendapat, “Sistem mekanisme kekebalan tubuh manusia sendiri, tidak dapat mengenali lagi virus-virus yang telah hilang selama ribuan tahun dari masyarakat manusia itu ketika virus tersebut muncul kembali, oleh karena itu daya tahan tubuh manusia terhadap virus ini sangatlah lemah, begitu terjadi penularan, akan menyebabkan merebaknya wabah penyakit dalam skala luas.”
    Untuk menjelaskan kemungkinan terjadinya bahaya ini, Garwenn memberi contoh virus yang menyebabkan Muntaber, virus jenis ini setiap beberapa puluh tahun muncul sekali di daerah pesisir pantai, dan tempat berkembang biaknya adalah di dalam gletser yang terdapat di kutub utara dan selatan.
    Pakar peneliti dan Dekan Geologi Institut Ilmiah Tiongkok, Qin Da He, menyatakan bahwa jika dibandingkan 350 tahun yang lalu, jumlah gletser di Tiongkok telah berkurang ¼, hingga tahun 2050 nanti akan berkurang ¼ lagi. “Kotak Pandora Es” ini begitu terbuka, virus purba dalam jumlah besar yang terpendam di dalam lapisan es mungkin akan mengancam kehidupan berbagai negara, termasuk juga di antaranya Tiongkok.
    Karakteristik dari virus ini belum diketahui orang, begitu virus ini meletus dalam skala besar, bahaya yang ditimbulkan akan sulit untuk diprediksi, dan semua ini diperkirakan pasti akan terjadi, cepat atau lambat.
    Code:
    http://lelosusilo.wordpress.com/2009/09/22/virus-tak-dikenal-ditemukan-dalam-gletser-yang-menguap/
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Kiddo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,141
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +665 / -1
    global warming seh gara2nya :XD:
     
  4. Offline

    Durenile Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    2,157
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +798 / -0
    ih serem ya, bisa aja seisi dunia jadi zombie gara-gara ini, wah parah
     
  5. Offline

    cblue Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +48 / -0
    sedikit2 global warming yg jadi kambing hitam....kasihan....
     
  6. Offline

    jack_hawkins Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 12, 2009
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,629 / -0
    :takut:serem banget kalo es pada mencair gak kebayang...
    kalo es di kutub mencair itu gak mustahil sih soalnya bumi:hot:
     
  7. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    wekekekke.. ternyata virus Muntaber... wew tersimpan 140 Ribu Tahun.. Kebayang.. :haha: wkekekekekkekek :apa:
     
  8. Offline

    gyula Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 13, 2008
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,569 / -0
    Woah, ngeri deh misalnya virus-virus purba menyebar gara-gara global warming.

    Moga-moga aja para peneliti di sana dan di sini segera menemukan obat penangkalnya... atooo paling nggak es di kutub sana ngga terburu-buru mencair. Kan mencegah lebih baik daripada mengobati. :piss:
     
  9. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    :kaget:
    berarti tidak menutup kemungkinan akan ditemukan virus2 yg lain seiring dengan penguapan gletser,:???:
    wah semakin banyak aja virus yg beredar di bumi ini:yareyare:
     
  10. Offline

    sugibara Beginner Members

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +29 / -0
    wew, mengerikan, dibalik es abadi yang mulai mencair akibat pemanasan glodal, menyimpan berbagai macam bahaya, salah satunya munculnya virus2 yang selama ini membeku di dalam es tersebut...
     
  11. Offline

    g9_vamps Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    662
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +57,414 / -0
    Wew...virus purba yang berbahaya...virusaurus... :takut:
     
  12. Offline

    sugibara Beginner Members

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +29 / -0
    wah, bahaya banget nih bisa habis manusia semuanya kayak di film scifi
     
  13. Offline

    shiluman Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 4, 2009
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +3,513 / -0
    bro mungkin ga sih ini smua tuh cm konspirasi??smuanya, mulai dari asal usul HIV/AIDS, planet nibiru, ramalan bangsa MAYA, global warming, sampe isu MASON company klo ga salah.

    pusing gan:pusing:
     
  14. Offline

    Cang_2 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    1,159
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +68,351 / -0
    serem gile... virus purbakala :(
     
  15. Offline

    soyuki Beginner Members

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +159 / -0
    berapa rb taun lagi smua orang kena virus gmn ya?? jadi kyk zombie d left 4 dead ? ? amid2 dah
     
  16. Offline

    vravae Beginner Members

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +17 / -0
    waduh..ntr kl jd ky resident evil gmn yah...serem aje...
     
  17. Offline

    darknetwork Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    1,763
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +8,405 / -0
    sumbernya dari blog yah? ada sumber lain gak?
     
  18. Offline

    escape Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    717
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,836 / -0
    jadi inged film i am legend...

    ngeriii
     
  19. Offline

    mellody Lurking Around Veteran

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    1,493
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,578 / -0
    Mutasi kah?

    Kayanya sih ini sebenarnya asalnya cuma organisme biasa, cuma mutasi o semcaemnya gitu mungkin? :???:

    Ah, beryukur aja masih sehat ini deh~ :lalala:
     
  20. Offline

    odie_jie Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 23, 2009
    Messages:
    287
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    perbanyak Amal aja deh Gan ... :panda:

    biar bagaimana .. ujung2nya mati juga ...:awas::awas::awas:
     
  21. Offline

    MiniMaximA Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Jangan sampe nyebar dulu ke indonesia.
    Biarin aja orang orang sana dulu yg ketularan, ntar kalo ilmuwan udah menemukan vaksinnya, biarin aja virus virus itu tetap disana.
    Jangan pernah ada yg bawa kesini, repot kita ntar.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.