1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Ubi Jalar Pangan Sederhana, Kaya Manfaat

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by kiefs, Dec 29, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    kiefs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    BANYAK orang memandang remeh ubi jalar atau sweet potatoes (Ipomoea batatas).
    Padahal, ubi ini mengandung beragam zat gizi yang sangat baik bagi tubuh. Ubi jalar menyimpan khasiat yang lebih dahsyat untuk menjaga kesehatan tubuh.
    Ubi jalar yang di beberapa daerah disebut telo rambat atau huwi boled, merupakan sumber karbohidrat yang cukup penting dalam sistem ketahanan pangan kita. Kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Jenis paling umum adalah ubi jalar putih. Selain itu, ada juga yang ungu maupun merah atau tepatnya kekuningan hingga jingga alias oranye. Di tatar Sunda kita mengenal ubi cilembu yang terkenal manis dan dagingnya bertekstur lembut.

    Sumber karbohidrat
    Ubi jalar selain sebagai sumber karbohidrat yang baik, juga sebagai sumber serat pangan yang sangat diperlukan tubuh. Karbohidrat yang dikandung ubi jalar masuk klasifikasi low glycemix index (LGI, 54), artinya ubi ini sangat cocok untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya sederhana. Mengonsumsi ubi jalar tidak secara drastis menaikkan gula darah, berbeda dengan sifat karbohidrat dengan glycemix index-nya tinggi, seperti beras dan jagung.

    Keistimewaan ubi ini juga terletak pada kandungan seratnya yang sangat tinggi. Serat sangat baik untuk mencegah kanker saluran pencernaan dan mengikat zat karsinogen penyebab kanker di dalam tubuh. Serat yang terdapat pada ubi jalar merah termasuk serat larut yang menyerap kelebihan lemak/kolesterol darah sehingga kadar lemak “jahat” dalam darah tetap aman terkendali. Serat alami oligosakarida yang tersimpan dalam ubi jalar ini sekarang menjadi komoditas bernilai dalam pemerkayaan produk pangan olahan, seperti susu. Selain mencegah sembelit, oligosakarida memudahkan buang angin. Hanya pada orang yang sangat sensitif oligosakarida mengakibatkan kembung.

    Betakaroten tinggi
    Ubi jalar mengandung betakaroten yang tinggi. Betakaroten merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar putih misalnya mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi jalar merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2.900 mkg (9.675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9.900 mkg (32.967 SI). Makin pekat warna jingganya. makin tinggi kadar betakarotennya. Bahkan, dibandingkan dengan bayam dan kangkung, kandungan vitamin A ubi jalar merah masih setingkat lebih tinggi
    Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50.000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli. Proses perebusan ubi jalar hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven dapat merusak betakaroten hingga 20%. Namun, penjemuran dapat menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Artinya, dengan menyantap seporsi ubi jalar merah kukus/rebus sudah dapat memenuhi kecukupan vitamin A 2.100 - 3.600 mkg sehari.

    etakaroten sebagai provitamin A pada ubi jalar merah berkhasiat sebagai "obat mata". Manfaat lain ubi jalar merah mengendalikan produksi hormon melatonin yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak. Melatonin merupakan antioksidan andal yang menjaga kesehatan sel dan sistem saraf otak, sekaligus mereparasinya jika ada kerusakan. Keterbatasan produksi melatonin berbuntut menurunkan produksi hormon endokrin sehingga sistem kekebalan tubuh merosot. Kondisi ini memudahkan terjadinya infeksi dan mempercepat laju proses penuaan.

    Ubi jalar merah yang berlimpah vitamin A dan E dapat mengoptimalkan produksi hormon melatonin. Dengan rajin makan ubi jalar merah, ketajaman daya ingat dan kesegaran kulit serta organ tetap terjaga. Yang unik, kombinasi vitamin A (betakaroten) dan vitamin E dalam ubi jalar merah bekerja sama menghalau stroke dan serangan jantung.

    Kandungan betakaroten pada ubi jalar dapat juga berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan yang tersimpan dalam ubi jalar merah mampu menghalangi laju perusakan sel oleh radikal bebas. Betakarotennya mencegah stroke, sementara vitamin E mencegah terjadinya penyumbatan dalam saluran pembuluh darah sehingga munculnya serangan jantung dapat dicegah.

    Kaya antosianin
    Keberadaan senyawa antosianin pada ubi jalar yaitu pigmen yang terdapat pada ubi jalar ungu atau merah dapat berfungsi sebagai komponen pangan sehat dan paling lengkap. Pigmen antosianin pada ubi jalar lebih tinggi konsentrasinya dan lebih stabil bila dibandingkan dengan antosianin dari kubis dan jagung merah.
    Hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Balitbang Pertanian, menunjukkan antosianin bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat berfungsi sebagai antioksidan, antihipertensi, dan pencegah gangguan fungsi hati, jantung koroner, kanker, dan penyakit-penyakit degeneratif, seperti arteosklerosis.
    Antosianin juga mampu menghalangi laju perusakan sel radikal bebas akibat Nikotin, polusi udara, dan bahan kimia lainnya. Antosianin berperan dalam mencegah terjadinya penuaan, kemerosotan daya ingat dan kepikunan, polyp, asam urat, penderita sakit maag (asam lambung). Selain itu, antosianin juga memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah (antihiperglisemik).

    Di beberapa negara ubi jalar sudah merupakan produk komersial yang cukup diminati. Negara-negara maju telah lama memanfaatkan ubi jalar sebagai produk olahan bernilai gizi tinggi dan secara ekonomis memiliki peluang pasar yang besar. Pemanfaatan pati ubi jalar belum banyak dikembangkan di Indonesia, seperti halnya di Jepang, Cina, dan Korea Selatan. Bahkan di Vietnam, industri mi di sana sudah menggunakan tepung ubi jalar sebagai bahan bakunya. Pati ubi jalar juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri pangan (soun, bahan pengental, pengisi, pengikat, pemanis atau gula cair), kimia, kertas, tekstil bahkan sebagai bahan baku biodegradable plastic. Kini, saatnya kita mulai menjadikan ubi jalar sebagai pilihan berbuka puasa secara sehat. (Kabelan Kunia, PP

    K H A S I A T U B I J A L A R U N G U
    KANDUNGAN KIMIA

    Ubi jalar ungu (Ipomoea batatas var Ayamurasaki) biasa disebut Ipomoea batatas blackie karena memiliki kulit dan daging umbi yang berwarna ungu kehitaman (ungu pekat). Ubi jalar ungu mengandung pigmen anthosianin yang lebih tinggi daripada ubi jalar jenis lain. Pigmennya lebih stabil bila dibandingkan anthosianin dari sumber lain seperti kubis merah, elderberries, blueberries dan jagung merah.
    Kandungan nutrisi ubi jalar ungu lebih tinggi bila dibandingkan ubi jalar varietas lain, terutama kandungan lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%.
    Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).
    Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan antosianin bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

    KHASIAT

    1. PEWARNA MAKANAN ALAMI:
    Kandungan antosianin yang tinggi pada ubi jalar ungu serta mempunyai stabilitas yang tinggi dibanding anthosianin dari sumber lain, membuat tanaman ini sebagai pilihan yang lebih sehat dan sebagai alternatif pewarna alami. Beberapa industri pewarna dan minuman berkarbonat menggunakan ubi ungu sebagai bahan mentah penghasil anthosianin. Selain itu juga industri es krim, minuman beralkohol, pie dan roti. Ubi jalar ungu juga telah dikembangkan dalam bentuk produk es krim, sirup dan anggur asam.

    2. ANTIOKSIDAN, ANTIKANKER, ANTIBAKTERI:
    Antosianin ubi jalar ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi jalar ungu bisa menjadi anti kanker karena didalamnya ada zat aktif yang dinamakan selenium dan iodin dan dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi yang lainnya. Ubi jalar ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas

    3. Ubi jalar ungu juga baik untuk mendorong kelancaran peredaran darah.

    TIPS PENYAJIAN
    1. Ubi jalar ungu dikukus sampai matang, kemudian setelah dingin dikuliti dan langsung dikonsumsi.
    2. Ubi jalar ungu dibuat tepung kemudian diolah menjadi aneka produk makanan seperti bakpao, kue kukus dan mie ubi jalar.
    3. Filtrat ubi jalar ungu dijadikan minuman effervescent ubi jalar ungu untuk minuman supplemen kesehatan.
     
    Last edited: Dec 30, 2009
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    anakbingung Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +781 / -0
    org indonesia masi blm bisa manfaatin ini selama masi ada ketergantungan pangan pada beras...
     
  4. Offline

    ghusesup Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    klo dulu jamanya nenek moyang :ehem:
    katanya ubi jalar ama ubi kayu tuh dibuat makanan pokok, sejak kapan ganti ke beras ya ? :???:
     
  5. Offline

    ghusesup Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    dulu katanya nenek moyang tuh makanan pokoknya ubi jalar ama ubi kayu
    tp sejak kapan ya kita malah pindah ke beras :???:
     
  6. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    ubi mah enaknya dibakar, sampe gosong...

    baru dikupas kulitnya... rasanya gak kalah dengan olahan kukus, cuman lebih gurih...

    eh tapi ternyata banyak manfaatnya ya?
     
  7. Offline

    shinobi32 Forza Inter! Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,344
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +70,820 / -10
    tapi sayg pengolahan dan pengemasannya kurang bagus.
    jadi ngeliatnya pertama kali langsung males..
     
  8. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    heheh, kurang lebih sama tuh kayak tempe

    sama2 ernak dan bergizi tapi kurang diminati masyarakat luas
     
  9. Offline

    kzha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,868
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    kalo ubi nya di rebus atau di kukus,. makannya cepat eneg,. baru makan satu aja udah kenyang,. kadang baru ngeliat aja udah kenyang :haha:

    lebih enak kalo di olah jadi kripik, atau cake,.. tapi kalo udah diolah begini masih tetap sehat ga ya,.? :haha:
     
  10. Offline

    Laguchi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 27, 2007
    Messages:
    238
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +138 / -0
    emg rasanya juga enak sih, dlu waktu kecil sering bakar2 ubi dilapangan...
     
  11. Offline

    mm_nerv Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 30, 2008
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo mau beli ubi jalar enaknya dimana ya???
     
  12. Offline

    galdiate Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,037 / -0
    musti berusaha mengganti makanan pokok dari nasi > ubi dong.... :hahai:

    direbus, di makan waktu udara dingin.. pake madu... wuihhhh mak nyos :piss:
     
  13. Offline

    beautifulgarbage Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +29 / -0
    Selain itu ubi-ubian termasuk singkong juga, kandungan proteinnya kan lebih tinggi dari beras. Jadi dalam jumlah konsumsi sama (klo dibandingin ma nasi) kita dapet serat dan protein lebih. Harusnya si mendingan kita makan ubi aja..
    hahaha
     
  14. Offline

    nemesis007 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2009
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,703 / -0
    ubi bakar is the best
     
  15. Offline

    dewa901 Members

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ubi jalar dibikin effervescent .... gimana tuh ilmunya ...?
     
  16. Offline

    Haecked Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,606
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,605 / -0
    Tapi hati-hati dengan produksi gas yang berlebih :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.