1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Torrent = ?

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by linkinmaniac, Sep 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    linkinmaniac Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +31 / -0
    Torrent tuh apa sih bro?

    kalo ada orang bilang download lewat torrent, artinya gmn?
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,558 / -2
    Toreent tuh emg bner Downloader ...

    tp dy jg ada Web khusunya ...

    disitu dy nyedian smua Link buat Di-Download ...

    tp itu termasuk Link luar ...
     
  4. Offline

    leluwik Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    267
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +448 / -0
    aku juga kagak tau nii
    kalo abis download bingung mbukanya
    pake apa sih?
     
  5. Offline

    bilabong Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 22, 2008
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +183 / -0

    intinya Speed donlot lo di pengaruhi peer,leech,seed.
    1.Pertama lo donlot clientnya(kalo kgk salah) di situs torrent.
    2.Habis itu lo instal program torrent.(semacem utorrent)
    3.Habis itu dari tuh program lo add aja clientnya.

    4.start download
    Cmiiw.
     
    Last edited: Sep 22, 2009
  6. Offline

    smilefamily Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +634 / -0
    mau nanya juga . gw download game dari torrent tp klo mau pergi komputer dimatiin dan itu yg lagi download di pause , bisa di start lg kan ? tp pas beres ko file nya ga bisa dibuka yah
     
  7. Offline

    jaacoozee Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,477
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,656 / -0
    berikut definisinya..

    mudah2an jelas ya hehe

    Gua sebenernya masih sedikit bingung dengan teknologi Torrent, mungkin karena gua gak terlalu tau proses sebenernya ketika kita berinteraksi, baik itu upload maupun download melalui salah satu dari sekian banyak protocol peer-to-peer (P2P) ini. Oleh karena itu gua mencoba mencari tahu informasi perihal torrent ini. Tulisan berikut ini sebenernya merupakan catatan gua tentang torrent. Sengaja gua post di blog ini, jika mungkin ada yang masih bingung terutama dengan istilah-istilah di aplikasi bittorrent client yang sedikit banyak cukup membingungkan :) gua intisarikan dari beberapa website yang alamatnya bisa dilihat dibagian akhir tulisan ini.

    Tentang File Sharing Protocol
    Seringkali kita mendownload sebuah file via protocol torrent ini, namun mungkin kadang-kadang kita tidak terlalu memahami apa dan bagimana sebenarnya torrent ini. Terutama pada istilah-istilah khusus yang ada di torrent, seperti "peers", "seed", "seeding", dan apa arti dari istilah-istilah tersebut, dan apa faktor yang terpengaruhi dan mempengaruhi istilah-istilah tersebut.

    Sebelum bergerak lebih jauh, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu secara sangat singkat perihal teknologi torrent. Sebenarnya istilah "torrent" mengacu pada sebuah jenis file container ".torrent" yang menggunakan teknologi peer-to-peer yang dinamakan BitTorrent. Seperti halnya sharing protocol yang lain, seperti Gnutella, eDonkey2000, FastTrack, dll, BitTorrent juga merupakan protokol yang berbasis sharing community, yang artinya, semua file yang ada di dunia protokol BitTorrent ini merupakan ’sumbangan’ dari user (peer) yang dengan sengaja ‘berbagi’ sebuah file dengan cara memberikan akses publik melalui file container .torrent. Pada saat kita akan mendownload sebuah file di protokol BitTorrent, kita hanya perlu mendapatkan sebuah file .torrent (lihat definisinya di bagian berikut tulisan ini) yang ukurannya tidak terlalu besar, sebagai ‘pemandu’ kita menuju file yang kita ingin download.

    Sebagai gambaran perbandingan jenis sharing protocol, Limewire menggunakan protokol Gnutella sebagai basis protokolnya (namun support juga ke protokol BitTorrent), bukan menggunakan protokol BitTorrent. Sedangkan Azureus atau BitTorrent menggunakan protokol bittorrent sebagai basis protokol peer-to-peer sharing-nya.

    Tentang BitTorrent
    BitTorrent adalah sebuah protokol peer-to-peer yang memperbolehkan user untuk terhubung secara langsung dengan user lain untuk mengirim atau menerima bagian dari sebuah file, melalui sebuah server sentral yang dinamakan "tracker". Tracker ini tidak memiliki atau mengandung informasi tentang sebuah file. Tracker hanya mengatur dan mengkoordinasikan sebuah koneksi diantara setiap peer.

    Untuk mendownload sebuah file yang berada di protokol BitTorrent, pertama kita harus memiliki aplikasi BitTorrent client yang berfungsi sebagai torrent downloader. Daftar aplikasi bittorrent client ini bisa dilihat di halaman wikipedia berikut ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_BitTorrent_software

    Apa itu torrent?
    Setelah mencari tahu lewat Wikipedia, sebenarnya tidak ada istilah "Torrent", melainkan ".torrent", dengan sebuah titik (dot) didepannya, yang mengindikasikan bahwa istilah tersebut mengacu kepada ekstensi sebuah file. File .torrent prinsipnya adalah sebuah file "container" yang berisi informasi tekstual yang diperlukan untuk men-download sebuah file. Informasi yang terkandung dalam sebuah file .torrent antara lain besar ukuran file, nama file, alamat track URL, komentar, dan lain-lain.

    Beberapa istilah dalam Torrent

    Seed/Seeder
    Adalah orang yang telah memiliki full copy dari sebuah file torrent. Kategori seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai men-download sebuah file dan secara otomatis meng-upload-nya. Logikanya, makin banyak jumlah seeders, maka presentase keberhasilan download sebuah file makin besar.

    Leecher
    Adalah orang yang baru saja men-download sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file. "Peer" juga masuk ke dalam kategori Leecher sebagai user yang sama sekali belum memiliki sebagian atau keseluruhan file.. Istilah "Peer" juga bisa diartikan sebagai "user" atau "client".

    A-hit-and-runner
    Adalah seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, namun tidak meng-seed file tersebut sampai rasio mereka mencapai 1.0. Tentu saja ini adalah sebuah perilaku yang tidak menyenangkan. ‘A-hit-and-runner’ ini sering juga disebut atau sama saja dengan Leechers, yang dikategorikan seperti sebuah parasit. Walaupun istilah yang digunakan sama dengan seseorang yang baru saja akan men-download sebuah file, tapi untuk istilah ini, lebih berkonotasi negatif, dan merupakan perilaku yang buruk.

    Swarm
    Secara sederhana bisa disebut sebagai "ekosistem", keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi men-download sebuah file.

    Apa itu "Ratio"?
    Perbandingan antara jumlah upload dan download disebut: Rasio. Bit Torrent adalah sebuah protokol berbagi, jadi tentu saja, berbagi menjadi suatu keharusan. Sistem rasio ini digunakan untuk memantau jumlah pengiriman dan penerimaan yang dilakukan.

    Berapa jumlah Rasio yang baik?
    1.0 atau lebih. Ini berarti kita telah meng-upload lebih dari yang kita download. Sikap seperti ini sangat penting bagi ‘komunitas berbagi’ ini. Walaupun seringkali kita sangat berat dan enggan untuk melakukan seed dari file yang telah kita download, namun usahakan hal tersebut dilakukan.

    Mengapa proses download torrent lambat?
    Ada beberapa faktor mengapa proses download via torrent sangat lambat.
    1. Cek bandwidth internet anda.
    Tentu saja jika bandwidth internet anda kecil, maka proses download menjadi lambat.

    2. Peers/seeds yang tidak mencukupi.
    Seeds yang banyak jelas akan mempercepat proses download, namun faktor banyaknya jumlah leechers juga akan mempengaruhi kecepatan download. Mungkin kita telah memilih file yang telah banyak berhasil di download, namun jika terdapat banyak sekali Leechers, maka kecepatan download pun akan terbagi-bagi kepada tiap Leechers tersebut.

    3. Cek Firewall.
    Jika firewall di komputer anda dalam keadaan aktif, maka hal tersebut akan membatasi jumlah peers yang dapat terkoneksi dengan komputer anda. Walaupun anda dapat terkoneksi ke luar, namun anda tidak akan bisa melakukan koneksi ke luar. Set port dari program torrent downloader anda, dan anda akan mendapatkan koneksi yang lancar.

    4. Anda tidak cukup banyak meng-upload.
    Ingat, bittorrent adalah protokol berbagi. Jika anda tetap keras kepala untuk di berbagi (upload), maka user lain pun tidak akan mau berbagi dengan anda. Beberapa klien bahkan akan memberitahu anda bahwa rasio download yang anda lakukan telah seimbang dengan yang anda upload. Hal ini sepertinya tidak menjadi masalah jika berada dalam swarm yang kecil, namun biasanya akan menajadi masalah bila diapliaksikan ke swarm yang besar. Untuk amannya, usahakan untuk melakukan proses berbagi dengan cara meng-upload file yang telah berhasil anda download sesering mungkin.


    sumber nya : http://rizalrenaldi.blogsome.com/2007/07/12/sekilas-tentang-torrent/

    intinya Bit Torrent adalah sofware yang menggunakan sistem P2P.
    Definisi peer-to-peer (P2P) adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu computer dan computer lain. Resource disini bisa berwujud memori, CPU time, disk storage , file dalam disc storage, informasi, dsb. Definisi lain yang lebih teknis tentang P2P adalah sistem komputerisasi client-server dimana suatu mesin (komputer) berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua computer secara langsung (real time) melalui internet.
    Jadi secara ringkasnya kamu bisa sharing data di dalam komputer orang lain di seluruh dunia (sesama pemakai Sofware). Disini kamu bisa mendownload lagu, musik, gambar, video, sofware, dll scr gratis (karena kamu mengambil resource yang ada pada komputer orang lain). Konsep kecilnya sama dengan "sharing" komputer biasa seperti sharing diantara satu komputer dgn komputer yang lain melalui via lan, bedanya Bit Torrent berskala lebih besar dan menggunakan via internet..

    jd yg penting punya client / downloader nya macam bitlord, bitcomet, dll
    client nya search aja d google hehehe
     
  8. Offline

    linkinmaniac Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +31 / -0
    tapi katanya suka banyak virus kalo dowhnload dari torrent ya kk? :panda:
     
  9. Offline

    RenX Post Hunter Moderator

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    4,288
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,912 / -1
    bandwidth lu kmngknan bisa di curi lewat torrent
    kek gw...
     
    • Like Like x 1
  10. Offline

    easy_company Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +170 / -2
    gw dah lumayan banyak donlot pake torrent...
    yg penting liat seeder n leechernya....kalo banyak pasti cepet speednya
    tapi kalo dikit doank mah...bisa ga kelar2 tuh donlotan
    kalo kita donlot lewat torrent, kita juga sekaligus upload....jadi sharing gitu...model2 kek limewire :top:
     
  11. Offline

    Durenile Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    2,157
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +798 / -0
    download lewat torrent itu pake sarana tersendiri, yang pastinya bisa dipause, semacam download manager gt, ceperti yang kakak easy company bilang, ada seed ama leechnya
     
  12. Offline

    bilabong Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 22, 2008
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +183 / -0
    biasanya kalo dari limeware pengalaman gw kalo nyari crack sama keygen sih rentan ama virus.
    Pokoknya yg namanya mencurigakan dah.
     
  13. Offline

    etaskusut Beginner Members

    Joined:
    Feb 1, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +999 / -0
    Oh gitu ya, gw lumayan ngerti sekarang...
     
  14. Offline

    jaacoozee Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,477
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,656 / -0
    ho'oh tp ga juga si..
    yg paling bikin kesel tu kalo torrent yg kita download hasilnya HOAX :beku: itu ngeselin bgt
     
  15. Offline

    jashinsamael Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,253
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,272 / -0
    dibilang banyak virus gak juga.... gw dah bertahun-tahun donlod lewat torrent tp aman2 aja tuh....

    cuma emang sih aliran data dari torrent itu masuk dan keluar dari berbagai sumber, karena lalu lintasnya yg kaya gitu apalagi kalo anda sering donlod banyak torrent sekaligus, hal ini agak kurang baik untuk kesehatan hardisk dan router anda..... tp tenang aja, selama anda masih bisa kira2 enggak ada masalah kok.....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.