1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips Sehat Angka 3

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by gusrus, Jun 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gusrus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,429 / -0
    Salam bahagia semua….

    Tips sehat angka 3 secara garis besar dikelompokkan menjadi dua, yaitu 3 x 30 detik dan 3 x 30 menit.

    Tips pertama ini lebih pada kebiasaan kita bangun pagi.

    Saat kita baru saja melek pertama kali bangun pagi, maka sebaiknya kita tidak langung berdiri dan meloncat dari tempat tidur. Beberapa indera tubuh kita seperti mata, mulut, pendengaran, dan kulit harus beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar.

    Setelah mata kita terbuka dan mulai bisa melihat jelas, berturut-turut yang kita lakukan adalah:

    30 detik pertama: tetaplah berbaring
    Saat ini adalah waktu kita untuk menjernihkan penglihatan, pendengaran, dan pikiran. Pada fase ini kita masih dalam keadaan berbaring, dan mungkin melihat langit-langit kamar. Bersyukurlah, dengan ucapan atau bentuk apapun, karena kita kembali diberi napas untuk memulai hari. Kita juga bisa merasakan perubahan respon tubuh, apakah semakin segar atau justru beberapa persendian terasa pegal.

    30 detik kedua: bangun dan duduk di tempat
    Sebelum beranjak dari tempat tidur, ambil waktu untuk duduk dan merasakan persendian. Pada fase ini biasanya bagian tubuh yang sering terasa perubahannya adalah kepala. Pening atau segar. Selain itu, biasanya bagian tubuh yang ikut merespon adalah perut. Bernapas dalam beberapa kali saat duduk ini membantu kita dalam mengetahui kondisi pencernaan.

    30 detik ketiga: berdiri sebelum melangkah
    Mungkin kita pernah melihat adegan film orang barat yang bangun tidur namun tidak langsung melangkah. Kebiasaan mereka adalah justru berdiri diam di tepian ranjang dulu sejenak. Hal ini juga bisa kita lakukan dengan tujuan untuk memberi kebebasan bagi tubuh kita untuk mengidentifikasi secara keseluruhan struktur dan aktivitasnya berjalan normal atau tidak. Seringkali orang mengetahui ia menderita anemia karena pada saat bangkit dari tidur atau duduk ia merasakan penglihatan kabur seperti mau pingsan. Tips 30 detik ketiga ini bisa membantu kita dalam hal tersebut.

    Berikut uraiannya.

    30 menit pertama: olahraga
    Tips yang satu ini sudah umum. Bahwa kebiasaan olahraga dalam bentuk apapun disesuaikan dengan kondisi tubuh kita, minimal 30 menit setiap harinya bisa membantu menjaga kondisi tubuh kita fit.

    30 menit kedua: jalan kaki setelah makan malam
    Waktu malam bagi sebagian orang adalah saat istirahat, jadi tubuh harus disiapkan segar sebelum beristirahat menghimpun lebih banyak tenaga. Jalan kaki sekitar 30 menit setelah makan malam akan membantu mengurangi potensi diabetes dan juga membuat pencernaan lebih fleksibel. Di Italia bahkan hal ini menjadi kebiasaan dan tradisi masyarakat. “Saya punya Honda CRV, tapi abis makan malam ya jalan kaki pake sandal jepit di gang kompleks, sambil melihat mahasiswi-mahasiswi pulang”, demikian Pak Hani menggambarkan kemudian disambut riuh tawa dan siul dari teman-teman di kelas pagi itu.

    30 menit ketiga: napping
    Kebiasaan ini juga sudah umum walaupun belum banyak yang menjadikannya kebiasaan. Setiap hari kerja, kita dianjurkan (juga oleh dokter) untuk memanfaatkan 30 menit untuk tidur sejenak (napping). Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah sesaat sebelum waktu Dzhuhur, atau sekitar pukul 11 hingga 11:30. Jika dilakukan dengan benar, maka manfaat yang diperoleh adalah mengembalikan kondisi fit jika saja kita ada masalah jam tidur malam, dan juga menyiapkan tubuh kita menyambut makan siang. Waktu makan terbaik adalah saat perut benar-benar lapar, bukan? Jadi napping ini membantu tubuh kita untuk terasa lapar tepat pada waktunya.

    "morning person" adalah istilah yang bermakna lebih luas, yaitu orang yang tahu cara menjaga kondisi fit tubuhnya, sejak ia bangun tidur hingga kembali terlelap.

    www.kompasiana.com
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.