1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info Tips Mengolah Daging Sapi Menjadi Empuk

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by indahfida, Aug 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    indahfida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,705 / -0
    [​IMG]

    Jika hendak menyantap hidangan olahan dari daging sapi, kita selalu mengharapkan untuk mendapatkan daging sapi yang lezat dan tentunya empuk. Tetapi apa daya, untuk orang-orang yang awam mengenai kwalitas daging sapi, tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkan.

    Beruntung ada beberapa tips dan trik warisan turun temurun untuk mengempukkan daging sapi
    • Membungkus daging sapi yang akan diolah dengan daun pepaya selama beberapa waktu.
    • Memasukkan pecahan kaca (beling) ke dalam air rebusan daging sapi.
    • Memasukkan sendok ke dalam air rebusan daging sapi.
    • Mencampurkan b*dr*x (sejenis obat sakit kepala) ke dalam rebusan daging sapi.

    Bagaimana tips dan trik itu bekerja ?. Apakah hal tersebut adalah ulah iseng nenek moyang kita yang kemudian mewariskan teknik tersebut secara turun temurun?. Setelah ditelaah, ternyata hal-hal tersebut diatas dapat dijelaskan secara logis/ilmiah, yang intinya adalah karena adanya proses kimia dan atau proses fisika.


    • Proses Kimia

    Pada dasarnya, daging sapi terdiri atas lemak dan protein yang membentuk ikatan. Ikatan-ikatan protein (peptida) inilah yang berperan membentuk serat-serat daging dan membuat daging menjadi alot. Dengan proses kimiawi dan atau proses fisika, ikatan protein (peptida) ini dapat dihancurkan atau disebut dengan “degradasi”. Dengan hancurnya ikatan protein ini maka daging sapi dengan sendirinya akan menjadi lebih empuk.

    Ada beberapa macam cara untuk memecahkan ikatan protein ini, salah satunya adalah menggunakan “enzim Papain“. Papain ini secara alami ada di dalam daun pepaya (Carica papaya). Itulah sebabnya, nenek moyang kita sejak jaman dahulu menggunakan daun pepaya sebagai salah satu kiat untuk mengempukkan daging sapi.


    • Proses Fisika

    Ikatan peptida yang membuat daging sapi menjadi alot dan kenyal (keras), selain dapat dipecahkan dengan cara kimiawi dapat juga dengan menggunakan proses fisika,yaitu menggunakan temperatur yang tinggi. Daging sapi yang direbus dengan suhu tinggi otomatis akan lebih empuk karena pecahnya ikatan peptida ini. Sayangnya, air, yang biasa digunakan untuk merebus, mempunyai keterbatasan dalam hal titik didihnya, yaitu hanya dapat mencapai suhu 100 derajat celcius. Prinsipnya, semakin tinggi suhu, akan semakin mudah untuk memecah ikatan peptida pada daging sapi.

    Secara fisika, jika kita mencampurkan suatu zat ke dalam air, hal tersebut akan mempengaruhi titik didih air (melebihi 100 derajat celcius). Hal ini secara langsung dapat menjelaskan, mengapa secara turun temurun “B*dr*x”, dipercaya dapat mengempukkan daging.

    Lantas, apakah pencampuran air rebusan dengan B*dr*x ini tidak berbahaya ?. Ternyata zat-zat aktif dalam B*dr*x akan rusak karena suhu tinggi, dan tidak berpengaruh kepada tubuh manusia.

    Bagaimana dengan cara lain mengempukkan daging dengan memasukkan beling atau sendok ke dalam air rebusan daging ?. Menurut teori fisika, adanya zat-zat padat di dalam air, bisa mengurangi “efek bumping”(keluarnya gelembung udara).

    Udara bukanlah konduktor, maka jika air mendidih dan menghasilkan banyak gelembung air, panas yang dihasilkan tidaklah maksimal. Dengan memasukkan zat padat, gelembung udara yang dihasilkan kecil-kecil dan hanya berkonsentrasi di sekitar zat padat,yang ujung-ujungnya akan menaikkan titik didih juga.

    Teknik lain untuk menaikkan titik didih kemudian diterapkan ke dalam panci tekan (presto). Masih secara fisika, makin tinggi tekanan udara di permukaan air, maka makin tinggi pula titik didihnya, yang efeknya, suhu air akan meningkat melewati titik didih normalnya.

    Sumber

    ================================================================
    Nambahin aja dari saya mengenai point no. 4 tentang efek samping penggunaan obat sakit kepala untuk mengempukkan daging.
    Paracetamol Used in Food Preparation?

    Food vendors in and around the Accra metropolis have been asked to desist from the practice, whereby the paracetamol drug is being used as a food additive.

    The drug, after an in-depth testing at the laboratory of the Foods and Drugs Board (FDB), has been proved to be very harmful to human health if used for the wrong reasons, especially for cooking, other than it serving as a pain killer.

    According to the acting head of the Drugs Division of the FDB, Mr. Jonathan Martey, who spoke to the Chronicle at his office yesterday, the drug could give severe kidney problems when heat is applied to it because it has a chemical compound which undergoes changes, depending on how it is handled.

    Mr. Martey was reacting to allegations that some food vendors and chop bar operators in the city centers had made it a habit of using paracetamol to tenderize meat to avoid the long hours of boiling in order to meet the increasing demands of their customers.

    Chronicle also gathered that when the drug is used for cooking, it breaks down into other forms which may not possess its original properties as a pain killer, and thus could lead to high acidity.

    Mr. Martey further explained that when this process occurs, the drug is hydrolysed into what he called 4-aminophenol, which is very toxic to the kidney.

    He said the extent of damage to the kidney could depend on how often the drug is used in cooking, whilst the damaging process may either be gradual or sudden.

    "I wouldn't be surprised if kidney problems reported in most hospitals may be as a result of this practice by chop operators," he noted.

    Asked whether the allegations were true or not, Mr. Martey remarked that FDB had received report on the issue and were still investigating to bring the perpetrators of such acts to books, adding that he did not know why people should use the drug in cooking, "looking at the health hazards it exposes consumers to."

    He therefore called on the general public to act as watchdogs to report any food vendor they find using the said drugs to face the full rigors of the law.

    In a related development, the public relations officer, Mr. James Y. Lartey, called on consumers to be wary of products they buy on the market and shops since some of them are expired and imitated.

    He said consumers should look out for batch numbers and should make sure that inscriptions on product labels are well written in English, adding that both local and foreign manufacturers should ensure that their products are registered with the board before they appear on the market.

    Sumbernya

    Parasetamol Digunakan dalam Penyiapan Makanan?

    Makanan vendor di dalam dan sekitar kota metropolitan Accra telah diminta untuk menghentikan praktek, dimana obat parasetamol digunakan sebagai aditif makanan.

    Obat, setelah pengujian yang mendalam di laboratorium Dewan Makanan dan Obat (FDB), telah terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika digunakan untuk alasan yang salah, terutama untuk memasak, selain itu menjabat sebagai sakit pembunuh.

    Menurut penjabat kepala Divisi Obat FDB, Mr Jonathan Martey, yang berbicara kepada Chronicle di kantornya kemarin, obat bisa memberikan masalah ginjal parah ketika panas diterapkan untuk itu karena memiliki senyawa kimia yang mengalami perubahan , tergantung pada bagaimana itu ditangani.

    Pak Martey bereaksi terhadap tuduhan bahwa vendor makanan dan memotong operator bar di pusat kota telah membuat suatu kebiasaan menggunakan parasetamol untuk melunakkan daging untuk menghindari jam panjang mendidih dalam rangka memenuhi peningkatan permintaan pelanggan mereka.

    Chronicle juga berkumpul bahwa ketika obat ini digunakan untuk memasak, itu terurai menjadi bentuk lain yang tidak mungkin memiliki sifat aslinya sebagai pembunuh rasa sakit, dan dengan demikian dapat menyebabkan keasaman tinggi.

    Mr Martey lebih lanjut menjelaskan bahwa ketika proses ini terjadi, obat ini dihidrolisis menjadi apa yang disebut 4-aminofenol, yang sangat beracun ke ginjal.

    Dia mengatakan tingkat kerusakan ginjal bisa tergantung pada seberapa sering obat yang digunakan dalam memasak, sementara proses kerusakan baik mungkin dilakukan secara bertahap atau tiba-tiba.

    "Saya tidak akan terkejut jika masalah ginjal dilaporkan di rumah sakit yang paling mungkin sebagai akibat dari praktek ini oleh operator memotong," katanya.

    Ditanya apakah tuduhan itu benar atau tidak, Mr Martey mengatakan bahwa FDB telah menerima laporan tentang masalah ini dan masih menyelidiki untuk membawa para pelaku tindakan tersebut untuk buku-buku, menambahkan bahwa ia tidak tahu mengapa orang harus menggunakan obat dalam memasak, "melihat bahaya kesehatan karena menghadapkan konsumen untuk."

    Karena itu ia meminta masyarakat umum untuk bertindak sebagai pengawas untuk melaporkan vendor makanan yang mereka temukan menggunakan kata obat untuk menghadapi kerasnya penuh hukum.

    Dalam perkembangan terkait, petugas hubungan masyarakat, Mr James Y. Lartey, meminta konsumen untuk berhati-hati terhadap produk yang mereka beli di pasar dan toko-toko karena beberapa dari mereka berakhir dan ditiru.

    Dia mengatakan konsumen harus melihat keluar untuk nomor batch dan harus memastikan bahwa tulisan di label produk yang ditulis dengan baik dalam bahasa Inggris, menambahkan bahwa baik lokal maupun produsen asing harus memastikan bahwa produk mereka terdaftar dengan papan sebelum mereka muncul di pasar.

    Sumbernya
     
    Last edited by a moderator: Oct 28, 2012
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    rangreng Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 24, 2011
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +17 / -0
    :glek: pake beling?
    TS nya dah nyoba blom ne?:bloon:
    bukannya semua daging klo direbus dengan air n garam akan empuk pada waktunya.:bingung::bingung:
     
  4. Offline

    strizki Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    3,604
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +25,090 / -2
    cuman ini yang pernah aku pake buat empuk in daging..
    kalo yang laen baru denger:kaget::apa::shock1::shock:
     
  5. Offline

    indahfida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,705 / -0
    Saya udah coba pake sendok, 5 biji saya masukin. kalo beling blm. Intinya itu biar didalam rebusan air ada benda padat lainnya.

    Ini teori fisikanya bro...

    Dan Prinsipnya, adalah semakin tinggi suhu, akan semakin mudah untuk memecah ikatan peptida pada daging sapi.
     
    Last edited: Sep 5, 2011
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    tokemania Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
     
  7. Offline

    gusmanov Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +1,391 / -0
    dari ke empat tips di atas, yg paling alami cuman pakai daun pepaya, sisanya mengandung resiko...

    ane pilih yg pake daun pepaya aja deh..

    thanks for your tips....
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    indahfida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,705 / -0
    Betul betul betul :top: tapi susah nyari daun paya :madesu:
     
  9. Offline

    tokidoki11 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    1,134
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +816 / -0
    :ohno:
    gw pikir dipukul2 gimana gitu:hmm:
    cma kalo sampe dikasih beling, kan ada bahaya jga tuh:takut:
    mungkin kalo pake balok kayu bisa kali ya?
    apa ga bisa?? kayu nyerap air?:bloon:
     
  10. Offline

    indahfida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,705 / -0
    Dipukul2 juga bisa bro. Itu tehnik masak orang bule.

    Beling saia blm pernah coba. Tapi sendok besi pernah. Kalo kayu kyknya ga direkomendasi dah, takutnya ancur dan serbuk kayunya nempel di daging :takut:
     
  11. Offline

    lecaleconxl Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +44 / -0
    berarti beling sm sendok bs diganti benda laen jg ya?

    pake presto aja lah yg plg aman
     
  12. Offline

    indahfida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,705 / -0
    Iyap pake panci Presto emang lebih aman. Tapi mayan juga harga pancinya. :hehe:
     
  13. Offline

    mistamoco Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +156 / -0
    coba pake pepaya muda deh.. saking bikin empuknya orang yg giginya ompong juga bisa makan

    itu juga kali ya kenapa orang yg lagi hamil muda ga boleh makan pepaya muda
     
  14. Offline

    atnishard Members

    Joined:
    Sep 14, 2012
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    melembutkan daging sapi

    ane share pengalaman pribadi pas lebaran 2012 kemarin. ane ngeracik sendiri daging sapi untuk sate dengan daun pepaya.
    Caranya kayak gini.

    1. Daun pepaya dipukul2 / dimemarkan agar getah nya keluar.
    2. Bungkus daging sapi tersebut kedalam 1 daun pepaya, kemudian di bungkus seperti pepes kecil2.
    3. Masukan bungkusan daun pepaya yang berisi daging sapi tersebut didalam wadah trus tutupi selama 30 menit.

    Done..

    kuncinya : daun pepaya dimemarkan, digunakan untuk membungkus daging kecil2 dengan asumsi getah daun pepaya tersentuh ke daging sapi

    ini udah ane coba dan daging empuk dan tidak pahit..
     
    • Thanks Thanks x 1
  15. Offline

    hnech Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    752
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +163 / -0
    Pake nanas yang sudah dilumat... tapi jangan kelamaan yah...
    Cocok buat yang mo masak dengan singkat...
     
  16. Offline

    zaqq Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 14, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    panci presto gan. langsung empuk
     
  17. Offline

    lamak Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +49 / -0
    wah bisa juga bro ya?? lebih mudash ini dari daun pepaya..secara nenas lebih mudah di cari
     
  18. Offline

    anstya Members

    Joined:
    May 2, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    kalau pakai nanas, daging nya tidak akan berubah rasa nya ya?
     
  19. Offline

    tseem Beginner Members

    Joined:
    Feb 21, 2010
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +348 / -0
    mending pake yang pertama aja deh, pake daun popeye..lebih aman + tinggal ambil di samping rumah...
    pake beling/pecahan kaca, kalo malah retak waktu direbus trus ketinggalan di dagingnya...bikin perkara ntar...

    kok kebalikan ma ane ya, mudahan popeye drpd nanas...
     
  20. Offline

    kulocaki Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,008
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,661 / -2
    yg bener pake daun ato buahnya sih?
    klo sejauh yang saya tau ya pake daunx

    mayan ni tips buat besok masak daging qurban.... :XD:
     
  21. Offline

    Raditshare Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    ane udah buktiin sendiri pake daun pepaya itu mantab sangadh
    pernah coba juga daging kambing juga lebih empuk
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.