1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  3. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
    Dismiss Notice
  4. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Zona MTV membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Zona MTV (West Series, Asian Drama, Tokusatsu).
    Dismiss Notice

Tips Mengatasi Alergi

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by blacksheep, Jun 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,610
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,622 / -0
    Tips Mengatasi Alergi



    Alergi dapat menyerang siapa saja baik itu balita, anak-anak maupun orang dewasa. Alergi timbul kapan saja dengan berbagai macam gejala pada tubuh penderita. Penyakit alergi lebih sering mengenai kulit yang memberikan gejala merah-merah seperti biduran. Pada saluran napas atas dengan gejala bersin, hidung tersumbat, ingusan dan pada saluran nafas bawah dengan gejala batuk menahun berulang sampai sesak nafas (asma).
    Meskipun alergi dapat menyerang semua usia tetapi gejala alergi lebih sering menyerang anak-anak dengan penyebab antara lain seperti makanan, debu rumah, bulu hewan.
    Lewat makanan :
    Berikan ASI ekslusif pada anak usia sampai dengan 6 bulan.
    Pencegahan yang bertujuan untuk menghambat sensitisasi terutama mencegah timbulnya antibody, yaitu dengan melakukan diet menghilangkan allergen pada ibu menyusui. Diet ibu menyurusui untuk mencegah alergi pada anak yaitu menghidari makan kacang tanah dan menghindari asap rokok.
    Makanan yang dapat menimbulkan alergi tetapi dapat ditoleransi atau diperkenankan untuk anak usia 6 bulan adalah gandum, daging, ayam, brokoli, kol, kentang, bayam, jagung, pisang.
    Makanan yang dapat diperkenalkan untuk anak usia 9 bulan adalah kuning telur (masak hingga matang), kacang kedele, kacang hijau, ikan air tawar.
    Makanan yang dapat menimbulkan alergi dapat diperkenalkan pada usia 12 bulan, makanan laut (udang, kepiting), putih telur, dan kacang tanah.
    Jika anak menderita alergi disebabkan karena susu sapi, maka anak dapat diberikan susu kedelai sebagai pengganti.
    Lewat Lingkungan :
    Jagalah selalu kesehatan tubuh dan lingkungan dari kotoran maupun debu.
    Pindahkan pernak pernik, buku, hiasan dinding, maupun barang apa saja yang dapat dijadikan sarang debu.
    Bila terjadi alergi karena bulu binatang, jangan biarkan binatang masuk ke dalam ruangan.
    Hindarkan kain yang terbuat dari wool dan bahan bulu, permadani atau gorden yang dapat menyimpan debu.
    Sebaiknya segera hubungi dokter jika gejala alergi terus terjadi
    Code:
    http://www.tipskeluarga.com/2009/03/16/tips-mengatasi-alergi/
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.


  3. Offline

    aquaphx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 25, 2007
    Messages:
    816
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,538 / -0
    saya alergi dgn kepiting. klo makan itu, tubuh saya berubah. dan harus diberikan inzidal.
    alergi itu tidak bisa diobati kan ya?
     
  4. Offline

    Satoru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    1,092
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +442 / -0
    ^
    ^
    Gw agak2 mirip.
    klo gw alergi ama udang.
    dulu waktu kecil, tiap makan udang dikit aja.
    badan gw langsung bentol2.
    tampangnya serem deh, bengkak gitu.
    tp utk penyembuhannya klo gw pake susu atw air kelapa muda.

    setelah udah gede, klo makan udang sedikit udah gak papa.
    tp klo kebanyakan ya, alergi lagi.
     
  5. Offline

    platinium Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    829
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +355 / -0
    kalo w kecil alergi sama telor..
    asal uda makan telor agak banyak
    bagian kaki semua gatal... dan garuk-garuk lama2 keluar nana..
    arghh untung g lagi >.<
     
  6. Offline

    Rein_Heartnet Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    Klo gw alergi kepiting n udang + cumi(dikit)...
    Cuman klo maw makan tu makanan biasa na 1 jam sblum na minum obat anti-histamin / anti-alergi (biar nda kluar reaksi alergi na / kluar na cuma dikit)...
    :haha::haha::haha::haha:

    Gw pernah baca klo alergi tu emang kurang lebih nda bisa disembuhin tapi bisa dikurangin reaksi na (sebagian alergi doank, nda semua bisa)...
    Cara na pake desensititasi : makan alergen (bahan yg mbuat alergi, klo gw udang/kepting/cumi) dalam porsi dikit yg nimbulin reaksi minimal(yg kecil2 ja misal na kerupuk udang tp udang na dikit bngt jd stelah makan nda terlalu gatal)
    Truz dilaku-in sehari sekali / 2 hari sekali (sekuat na), ntar diharapkan setelah bbrp tahun kemudian reaksi alergi na berkurang klo makan tu makanan...

    Smoga bermanfaat...
    :onion-89::onion-89::onion-89:
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    Hell_Raiser Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,110
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,836 / -0
    ^^^^^^^^
    Bener, minum anti-hestamin sebelum makanan yang menyebabkan alergi

    Kalo aku alergi udang + kepiting, gak sampe bentol2 tapi kalo dah nyentuh lidah langsung gatel. Lha masak nggaruk2 lidah. Tapi kalo makan ikan laut, malah seluruh badan bentol2 dan perut rasanya mules banget
     
  8. Offline

    zutara Superstar Gatotkaca

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    10,048
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,039 / -0
    nice inpoh negh gan....

    kl alergi dingin ada obatnya ?? kek anti-hestamin atw ap gt ?? :???:
     
  9. Offline

    maniac_squall Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    2,185
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +16,298 / -0
    aw. alergi adalah salah satu kondisi yg menyebalkan bagi gw nih. (mungkin bagi anda2 jg)
     
  10. Offline

    Satoru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    1,092
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +442 / -0
    wah bener bgt tuh bro, gw juga dulu waktu kecil alergi udang.
    asal makan dikit aja muka & badan langsung bentol2 gatel.
    tp kata bokap gw "biar ilang, udah hajar aja" (maksudnya tetep makan udangnya)
    lama2 emang gw udah bisa makan udang tp yg ukuran kecil ampe menengah.
    klo yg ukuran besar, kmrn br nyoba, keluar lg reaksi alerginya.
     
  11. Offline

    Hell_Raiser Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,110
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,836 / -0
    alergi dingin = biduren?

    Kayaknya gak ada obatnya, kalo alergi dingin tuh paling tubuhnya belum terbiasa dengan suhu. Kalo sering tinggal di daerah dingin lama-lama ilang kok
     
  12. Offline

    pandawaltz Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 1, 2008
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +22 / -0
    gw koq lama tinggal di tempat dingin tapi nggak sembuh ya alerginya?
    biduren tuh apaan? yg bentol2 gede(mirip pulau)?
     
  13. Offline

    Hell_Raiser Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,110
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,836 / -0
    Aku aja butuh 2 tahun baru terbiasa, padahal gak sedingin bandung pinggiran. Dulu malah aku kadang2 menggigil sampai gemeteran banget, pake kaos kaki tebel sampai 2 lapis masih gemeteran.

    biduren = bentol2 gede nyebar di seluruh tubuh
     
  14. Offline

    lazuard Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    katanya kalo alergi nya gatel gatel karena makanan obatnya air kelapa,., lupa penjelasannya dulu:)
     
  15. Offline

    sushima Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 19, 2009
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +603 / -0
    kalo gw alergi udang. Dulu pernah minum kapsul cacing, alhasil beberapa bulan ga keluar alerginya. tapi setelah kena udang (walaupun sdikit) keluar lagi. Donor darah cari efektif untuk mengurangi antigen.
     
  16. Offline

    uzumakinovandi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    382
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +232 / -0
    bos, itu bukan ngatasin alergi... klo orang ngindarin apa yang jadi alergennya itu wajar... itu namanya ngatasin sakit karena alergi, bukan alerginya yang diatasin...
     
  17. Offline

    boku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,487 / -0
    keponakan gw tuh 2 orang, sejak pulang ke INA ampe skrg masih aja ga bisa nyesuaian diri ama kondisi di cuacanya.
    KAdang badannya gatal2 deh, cacar dh, alergi debu dh :sigh:
    padahal ASI dkk doloe lancar jaya tuh:tega:
     
  18. Offline

    erickstrad Senpai Veteran

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    7,534
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,446 / -0
    yup.. terutama kelapa hijau, kalau di daerah sya disebutnya kelapa obat atau degan... knapa? karena air dari kelapa tersebut berfungsi sbagai penetral racun yg dibangkitkan oleh alergi trsebut.. sehingga alergi trsebut bs brkurang ataupun sembuh :top:

    oh iya sama mw nambahin, selain air kelapa, susu juga brfungsi sbagai penetral racun.. ga cuma u/ alergi, bwt mengatasi keracunan yg lain juga bs pake air kelapa n susu kok :top:
     
  19. Offline

    kazzel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +248 / -0
    Saia dulu alergi :mimisan:...
     
  20. Offline

    prufessuer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,167
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,650 / -0
    tetep susah ngilangin alergi mah :hot:
     
  21. Offline

    gerry1990 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    emang alergi harusnya dicegah kok, kalo diobatin emang susah,soalnya prinsip obat alergi semacam antihistamin sperti itu kan mencegah agar histamin yang dihasilkan tubuh kita akibat paparan alergen tidak menyebar ke sel2 di tubuh, nah kalo uda terlanjur histamin itu menempel di sel2 tubuh kita,ya susah bisa disembuhin, kita cuma bisa nunggu mpe selesai efeknya deh,,
    lebih lengkapnya,baca di
    http://medicastore.com/penyakit/791/Reaksi_Alergi.html

    :piss: :piss: :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.