1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips Memulai Usaha di Tengah Pemukiman Warga

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by dwisusanti, Oct 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    dwisusanti Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 13, 2011
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    Salah satu lokasi usaha yang tidak terlalu ramai namun cukup potensial adalah kawasan pemukiman warga. Banyaknya jumlah penduduk yang tinggal disuatu pemukiman warga tentunya membutuhkan produk ataupun pelayanan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Kondisi inilah yang membuat lokasi pemukiman warga dijadikan sebagai salah satu tempat yang cukup potensial untuk menjalankan sebuah usaha.

    Meskipun begitu, memulai usaha di tengah pemukiman warga ternyata tidaklah semudah yang kita kira. Ada berbagai faktor yang perlu kita perhatikan untuk bisa sukses menjalankan usaha di lokasi tersebut. Mulai dari faktor geografis, demografis, minat konsumen, hingga gaya hidup masyarakat sekitar sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis yang Anda jalankan.

    Berikut ini beberapa kiat memulai usaha ditengah pemukiman warga yang perlu Anda perhatikan.:TKP:

    1. Pemukiman warga sepi pada hari kerja
    Sebagian besar warga kita memiliki rutinitas harian sebagai karyawan pabrik atau toko, pegawai kantoran, pedagang, pelajar, sampai mahasiswa. Sehingga pada jam-jam tertentu khususnya pada hari kerja, aktivitas pemukiman warga tidak seramai pada sore hari atau pada waktu libur. Karena itu bagi Anda yang ingin memulai usaha di lokasi ini, pilihlah peluang bisnis yang banyak dicari warga di sela-sela waktu sibuknya.

    2. Pilih komoditas yang banyak dibutuhkan konsumen
    Sebelum memulai usaha, perhatikan gaya hidup dan perilaku konsumen yang ada di lokasi pemukiman tersebut. Hal ini penting agar Anda tidak salah pilih produk atau jasa apa yang akan Anda tawarkan kepada calon konsumen. Biasanya komoditas yang cukup berpotensi adalah produk atau jasa yang berhubungan dengan kebutuhan utama warga, seperti usaha toko kelontong, warung makan, isi ulang pulsa, jasa laundry, isi ulang air, agen gas elpiji, klinik kesehatan, bengkel motor atau mobil, salon potong rambut, dan lain-lain.

    :semangat:3. Berikan layanan delivery order (pesan antar)
    Tingginya kesibukan warga membuat sebagian besar dari mereka enggan untuk pergi keluar rumah setelah lelah seharian bekerja. Namun menghadapi keadaan seperti itu, Anda tidak perlu takut dan mengurungkan niat untuk memulai usaha. Karena permasalahan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang cukup potensial, yakni dengan memberikan layanan delivery order (pengiriman pemesanan) untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

    4. Atur jarak antar pemain bisnis
    Kawasan pemukiman padat penduduk menjadi salah satu target pasar yang cukup potensial bagi para pelaku usaha. Jadi tidaklah heran bila dalam sebuah lokasi pemukiman warga terdapat beberapa pemain bisnis yang mencoba menawarkan berbagai macam produk atau jasa yang banyak dibutuhkan para konsumen. Untuk mengurangi resiko tersebut sebaiknya atur jarak antar pemain bisnis, misalnya saja mengatur jarak dalam radius 500 meter dari pemain bisnis lainnya. Sehingga peluang pasar yang Anda miliki masih terbuka lebar dan prospek bisnisnya pun masih cukup menjanjikan.

    5. Perhatikan akses lalu lintas warga
    Selain di tengah pemukiman penduduk, Anda dapat menjalankan usaha di sekitar jalan yang digunakan warga sebagai akses lalu lintas utama. Namun sebelum memilih lokasi usaha, perhatikan lalu lalang kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Hindari pemilihan lokasi di ruas jalur cepat, karena rata-rata kendaraan melaju dengan kencang dan kurang tertarik untuk singgah membeli produk atau jasa yang ditawarkan di sepanjang jalan tersebut. Lebih baik cari lokasi usaha di sepanjang jalan yang sering dilewati warga sebelum masuk pemukiman.

    Semoga Bermanfaat !!!
    :bye::bye:
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    sumardy Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Thanks for share
     
  4. Offline

    adam10 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 28, 2009
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kayak gini nih yang patut di caba....
     
  5. Offline

    dwisusanti Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 13, 2011
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
  6. Offline

    dwisusanti Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 13, 2011
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    :genit: :cinta: :malu2:
     
  7. Offline

    himegami Beginner Members

    Joined:
    Jul 7, 2009
    Messages:
    384
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +1,315 / -0
    bagus juga tuh bang

    mau tanya gmana caranya kita tau kebutuhan konsumen?
     
  8. Offline

    alexapatis Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 20, 2011
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    wah bisa dicoba nih kapan2.. hehe
     
  9. Offline

    dwisusanti Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 13, 2011
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    gak perlu susah2 gan...langsung survey sekitar tempat tinggal aja!!! :yahoo:
    misalnya agan tinggal dilingkungan padat penduduk, biasanya kebutuhan yg sering dicari ya produk sehari-hari, seperti sembako (toko kelontong), pulsa (buka konter pulsa), isi ulang air minum (bisnis galon), jasa laundry (buka laundry), dl. semisal tinggal di dekat lingkungan kampus, bisa dicoba tu bisnis kost-kostan, bisnis foto copy, rental komputer, warnet, dll.
    Yang penting sesuaikan dengan lingkungan sekitar aja gan!!! Good luck :genit:
     
  10. Offline

    dwisusanti Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 13, 2011
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    Yup..selamat mencoba gan!!! :semangat:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.