1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Zona All About Story sedang membutuhkan bantuanmu, segera daftarkan diri kamu di open recruitment: moderator AAS
  3. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  4. Yuk tanyakan apa saja tentang operasi plastik yang bisa membuatmu lebih cantik, lebih ganteng, tampil maksimal dan percaya diri melalui thread ini: Tanya Jawab Soal Plastic Surgery Bareng Klinik Wonjin.
  5. Game Point Blank Indonesia sudah bisa kamu mainkan lagi lho, Garena Indonesia secara resmi akan merilis game Point Blank Indonesia, informasinya ada di sini:Point Blank Garena Indonesia kini sudah bisa di download!
  6. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Tips [Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Aug 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    carlos_roy_fajarta Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,185
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +696,221 / -1

    Read Rules, FAQ, and Disclaimer First, U Have Been Warned!
    :oii::lempar::voodoo::piso::pistol::cambuk::cerutu::merah::ogcambuk::ogmarah::ogmerah::ogpanda::ogglek:
    Junker & New Bie Quote Image & One Liner Post = BRP (No Warning)


    Go Forward IDWS!!! Be Safety On The Road Boys!!!



    [Info] Peraturan Terbaru Undang-Undang Lalu Lintas​


    Mulai Januari 2010 ini, UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 akan efektif berlaku, menggantikan UU Nomor 14 Tahun 1992. Banyak peraturan baru yang harus dicermati jika tak mau disemprit ketika berkendara.

    Sebab, hingga saat ini tak sedikit yang tak mengetahui aturan-aturan baru yang diberlakukan UU ini. Sanksi pidana dan denda bagi para pelanggarnya pun tak main-main. Jika dibandingkan UU yang lama, UU Lalu Lintas yang baru menerapkan sanksi yang lebih berat.


    Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diketahui oleh para pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat/lebih:



    • Kenakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)
    Jangan lagi kenakan helm batok. Gunakanlah helm SNI. Selain karena alasan keselamatan, menggunakan helm jenis ini sudah menjadi kewajiban seperti diatur dalam Pasal 57 Ayat (2) dan Pasal 106 Ayat (8). Sanksi bagi pelanggar aturan ini, pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 291). Sanksi yang sama juga akan dikenakan bagi penumpang yang dibonceng dan tidak mengenakan helm SNI.

    • Pastikan Perlengkapan Berkendara Komplet
    Bagi para pengendara roda empat atau lebih, coba pastikan kelengkapan berkendara Anda. UU Lalu Lintas No 22 Tahun 2009, dalam Pasal 57 Ayat (3) mensyaratkan, perlengkapan sekurang-kurangnya adalah sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm, dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat/lebih yang tak memiliki rumah-rumah dan perlengkapan P3K. Bagaimana jika tak dipenuhi? Sanksi yang diatur bagi pengendara yang menyalahi ketentuan ini akan dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000, seperti diatur dalam Pasal 278

    • Tak Punya SIM? Denda Rp 1 Juta
    Ketentuan yang satu ini mungkin harus menjadi perhatian lebih. Jika selama ini denda bagi pengendara yang tak punya SIM hanya sekitar Rp 20.000, UU Lalu Lintas yang baru tak mau memberikan toleransi bagi pengendara yang tak mengantongi lisensi berkendara. Sanksi pidana ataupun denda yang diterapkan tak lagi ringan. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak memiliki SIM, akan dipidana dengan pidana kurungan empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

    • Konsentrasi dalam Berkendara
    Pasal 283 UU Lalu Lintas mengatur, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750.000

    • Perhatikan Pejalan Kaki dan Pesepeda
    Para pengendara, baik roda dua maupun roda empat/lebih, harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan Pasal 106 Ayat (2) ini, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000

    • Lengkapi kaca spion dan lain-lain
    - Pengemudi sepeda motor
    Diwajibkan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban (diatur Pasal 106 Ayat (3)). Sanksi bagi pelanggarnya diatur Pasal 285 Ayat (1), dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

    - Pengemudi roda empat/lebih
    Bagi pengendara roda empat/lebih diwajibkan memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, dan penghapus kaca. Pasal 285 Ayat (2) mengatur, bagi pelanggarnya akan dikenai sanksi pidana paling lama dua bulan kurungan atau dendan paling banyak Rp 500.000.

    • STNK, Jangan Lupa
    Setiap bepergian, jangan lupa pastikan surat tanda nomor kendaraan bermotor sudah Anda bawa. Kalau kendaraan baru, jangan lupa membawa surat tanda coba kendaraan bermotor yang ditetapkan Polri. Jika Anda alpa membawanya, sanksi kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 akan dikenakan bagi pelanggarnya (Pasal 288 Ayat (1)).

    • SIM Harus yang Sah Ya…
    Pasal 288 Ayat (2) mengatur, bagi setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dapat menunjukkan SIM yang sah dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan dan/atau denda paling banyak Rp 250.000.

    • Pengemudi atau Penumpang Tanpa Sabuk Pengaman, Sanksinya Sama
    Ini harus jadi perhatian bagi pengemudi mobil dan penumpangnya. Jangan lupa mengenakan sabuk pengaman selama perjalanan Anda. Selain untuk keselamatan, juga untuk menghindari sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 seperti diatur dalam Pasal 289.

    • Nyalakan Lampu Utama pada Malam Hari
    Saat berkendara pada malam hari, pastikan lampu utama kendaraan Anda menyala dengan sempurna. Bagi pengendara yang mengemudikan kendaraannya tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari, dipindana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 293).

    • Wajib Nyalakan Lampu pada Siang Hari
    Para pengendara motor yang berkendara pada siang hari diwajibkan menyalakan lampu utama. Sekarang, sudah bukan sosialisasi lagi. Bagi pelanggarnya akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.

    • Berbelok, Berbalik Arah, Jangan Lupa Lampu Isyarat!
    Setiap pengendara yang akan membelok atau berbalik arah, diwajibkan memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan. Jika melanggar ketentuan ini, Pasal 284 mengatur sanksi kurungan paling banyak satu bulan atau denda Rp 250.000

    • Jangan Sembarangan Pindah Jalur
    Para pengemudi yang akan berpindah jalur atau bergerak ke samping, wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, samping dan dibelakang kendaraan serta memberikan isyarat. Jika tertangkap melakukan pelanggaran, akan dikenai sanksi paling lama satu bulan kurungan atau denda Rp 250.000 (Pasal 295)

    • Stop! Belok kiri tak boleh langsung
    Ini salah satu peraturan baru dalam UU Lalu Lintas yang baru. Pasal 112 ayat (3) mengatur, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri. Bunyi pasal tersebut “Pada persimpangan jalan yang dilengkapi dengan alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau pemberi isyarat lalu lintas”.

    • Balapan di Jalanan, Denda Rp 3 Juta!
    Pengendara bermotor yang balapan di jalan akan dikenai pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 3.000.000 (Pasal 297)

    • Sesuaikan Jalur dengan Kecepatan
    Ketentuan mengenai jalur atau lajur merupakan salah satu ketentuan baru yang dimasukkan dalam UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, yang diatur dalam Pasal 108. Agar menjadi perhatian, selengkapnya bunyi pasal tersebut adalah
    (1) Dalam berlalu lintas pengguna jalan harus menggunakan jalur jalan sebelah kiri
    (2) Penggunaan jalur jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika
    a. pengemudi bermaksud akan melewati kendaraan di depannya; atau
    b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri
    (3) Sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan.
    (4) Penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bahi kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah atau mendahului kendaraan lain.



    Aturan-aturan baru yang diterapkan di UU Lalu Lintas yang baru ini harus menjadi perhatian bagi para pengendara. Selain demi keselamatan, tentunya juga untuk menghindari merogoh kocek cukup dalam karena ditilang. Sanksi denda yang dikenakan lumayan besar jika dibandingkan dengan UU yang lama. Selamat berkendara!






    Thread ini akan saya isi dengan kumpulan Artikel yang di rasa berguna bagi para Biker IDWS, supaya dapat berkendara Sepeda Motor dengan Aman dan Nyaman di Jalan Raya, serta akan membahas dan menggambarkan Tips & Trik Kendaraan, Safety Riding, Event Klub Motor, Info Modifikasi Motor Dan Artikel Yang Sedang Hot Yang Berhubungan Dengan Otomotif Tentunya.





    Jika bro/Sist ada ingin mengkomentari salah satu artikel di thread ini dan ingin berdiskusi mengenai artikel tersebut, silakan di bicarakan di thread [Lounge]Obrolan Seputar Otomotif (dengan cara menunjukkan link address post artikel yang di maksud atau di quote juga boleh pada thread di bawah ini - tapi yang ada gambarnya di hilangkan dulu kode img nya):









    Di larang Komentar di Thread ini, Hal ini di sarankan supaya thread Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Tetap Rapi dan Bersih Dari Komentar Junk dan OOT, dan akan segera di Index Artikel-Artikel Yang Sudah Ada, agar tidak terjadi Double Posting Artikel





    Index Artikel Kumpulan Tips, Trik, Info Berkendaraan Sepeda Motor:








    PAGE 1

    1. [Info] Undang Undang No. 14 Tahun 1992 Tentang : Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan
    2. [Info] Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang: Lalu Lintas & Angkutan Jalan
    3. [Info] Peraturan Terbaru Undang-Undang Lalu Lintas !
    4. Keep on the left track!
    5. Kumpulan Artikel Di Bundling
    6. Aman di sekitar perlintasan kereta
    7. Cara Jitu Memilih dan Merawat Sepatu
    8. Biar Aki Motor Gak Cepat Jadi Aki-Aki
    9. MASKER teman setia para BIKER

    PAGE 2

    10. Helm Apek? Jauh-Jauh Deh!
    11. No high heels, please
    12. Cara Bedain Helm SNI Asli atau Palsu
    13. Tattoo Helm
    14. Tas Aman Nyaman
    15. Glasses for Sun
    16. Helm Me!
    17. Gloves Up
    18. Tips irit
    19. Puasa Tetap Seger ala Anak Biker

    PAGE 3

    20. Fashion motor
    21. Riding In The Rain
    22. Bersihin Helm
    23. Dengerin Musik Bisa Bahaya
    24. Helms Deep
    25. Tips Aman Boncengan
    26. Menjalankan Motor dengan aman
    27. Cara Pengereman Yang Benar
    28. Safety Riding On The Rain [Helm]
    29. Tips Trick Menerjang Banjir

    PAGE 4

    30. Peraturan untuk berbelok
    31. Tips Untuk Biker
    32. Tindakan Pertama Pada Kecelakaan
    33. Tips Memilih helm
    34. Tips & Trick Menghadapi tanjakan dan turunan
    35. Safety Riding.. Apaan sih?
    36. Indahnya Saling Berbagi di Jalan
    37. Isi Oli Sesuai Anjuran
    38. Komparasi Resistansi Busi Motor
    39. Isi Bensin Apa, Ya?

    PAGE 5

    40. Bensin Nyaris Kosong? Nggak Perlu Panik
    41. Caliper Rem Rawan Maling!!
    42. Macet, Boros BBM
    43. Daftar SPBU Pasti Pas Pertamina
    44. Bikin Hi-Pass Beam
    45. Perpanjang Masa Pakai Accu
    46. Ban diisi N2 …apaan sih?
    47. Kekuatan Komunitas
    48. Masa Inreyen.. apaan sih?
    49. Mengenal Seluk Beluk Ban Mobil dan Motor

    PAGE 6

    50. Tetap Fit Selama Berkendara
    51. Tips Berkendara Dengan Motor Matic
    52. 7 Tips Bonceng Wanita dengan Motor
    53. Perempuan, Sepeda Motor dan Keselamatan Berkendara
    54. Tips Memilih Jaket Untuk Mengendarai Motor
    55. Tips Merawat Rantai Motor
    56. Tips Motor Aman dari Curanmor
    57. Tips Memilih Oli Untuk Sepeda Motor 4 Tak
    58. Tips Pengecekan Sepeda Motor
    59. Tips Praktis Merawat Mesin Sepeda Motor!

    PAGE 7

    60. Arti Warna Kabel Kelistrikan Sepeda Motor
    61. Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak
    62. Teknik Menyetel Karburator Langsam
    63. Cara Membersihkan Karburator
    64. Cara Setting Karburator Motor
    65. Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
    66. Tips Menghindari Sepeda Motor Terbakar
    67. Istilah Dasar Spesifikasi Sepeda Motor
    68. Lampu Sein Sepeda Motor
    69. Bikin Cahaya Lampu Motor Stabil

    PAGE 8

    70. Kompresi, Rasio Kompresi dan Tekanan Kompresi
    71. Rasio Kompresi dan Tenaga
    72. Siklus 4 Langkah
    73. Busi Panas dan Busi Dingin
    74. Perawatan Busi