1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips aman naik pesawat

Discussion in 'Lifestyle' started by blacksheep, Jul 31, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,963 / -0
    SIAPA bilang pesawat adalah alat transportasi paling aman? Buktinya, beberapa waktu belakangan ini sering terjadi kecelakaan. Mulai dari pesawat tergelincir, tidak keluar roda belakang saat akan mendarat, hilang kendali di udara, sampai kecelakaan pesawat yang menyebabkan pesawat hilang. Kecelakaan, khususnya pesawat, jatuhnya korban jauh lebih parah dibanding dengan korban kecelakaan lainnya. Potensi korban yang meninggal pun lebih banyak, mengingat pesawat yang jatuh dari ketinggian dan kecepatannya. Sampai saat ini, jarang sekali ditemui korban selamat dari kecelakaan pesawat sudah error dalam perjalanannya. Meski demikian, bukan berarti perjalan udara menjadi menakutkan. Kecelakaan pesawat adalah contoh kecelakaan yang terjadi pada salah satu sektor transprotasi. Namun, meskipun risikonya besar, pesawat sangat membantu mobilitas manusia. Coba bayangkan kalau saat ini tidak ada pesawat. Ke manapun pergi, hanya ada pilihan transportasi. Darat dan laut. Tidak masalah kalau Anda hanya bepergian sejauh puluhan kilometer. Tapi bagaimana kalau Anda harus melakukan perjalanan lintas benua? Apakah Anda tetap akan memilih perjalanan melalui laut dengan waktu tempuh berminggu-minggu, sementara Anda dikejar waktu?
    Jika kita mendengar dan melihat begitu banyaknya kecelakaan, tidak ada jalan lain selain berhati-hati dan waspada saat memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Dengan begitu, setidaknya Anda memberikan yang terbaik untuk diri sendiri. Perkara apa yang akan terjadi nanti, biarkan Tuhan yang memutuskan. Lantas, apa saja yang perlu kita lakukan? Berikut tip yang bisa anda jalankan sebelum menggunakan jasa transportasi udara.
    Rute tanpa transit
    Kecelakaan pesawat terjadi akibat prosesi penerbangan yang melalui banyak tahap. Tahapan tersebut antara lain proses take off dan landingtake off dan landing sekali saja. Dengan begitu, kemungkinan kecelakaan karena proses perjalanan dapat diminimalisir. yang rentan dengan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah rute penerbangan yang langsung tanpa transit. Sehingga pesawat yang Anda tumpangi cukup melakukan
    Pilih pesawat dengan kapasitas penumpang lebih dari 30 orang
    Mengapa demikian? Karena pada pesawat terbang dengan kapasitas penumpang di bawah 30 orang, rancangannya tidak diperlukan aturan keras serta urusan sertifikasi yang juga tidak terlalu ketat. Pesawat dengan kapasitas lebih dari 30 orang kerap disebut dengan pesawat berbadan besar. Pada pesawat yang berbadan besar, secara statistik memiliki sistem keamanan yang lebih baik jika suatu saat terjadi kecelakaan serius.
    Perhatikan penempatan pintu darurat
    Bagi Anda yang sering menggunakan jasa pesawat, bisa jadi instruksi preflight adalah informasi ulangan dan membosankan. Padahal apa yang disampaikan sangatlah penting bagi penumpang, seperti letak pintu darurat. Kalau tidak tahu letak pintu darurat, yakinlah 100 persen Anda akan kocar-kacir ketika harus evakuasi diri karena pesawat oleng. Oleh sebab itu, mulai sekarang perhatikanlah letak pintu darurat. Apakah berada di depan atau di belakang tempat duduk Anda? Kemudian, perkirakan berapa langkah jarak yang harus ditempuh? Jadi, Anda tidak akan kebingungan lagi kalau pilot menginstruksikan harus evakuasi diri.
    Tenang dan selalu gunakan sabuk pengaman
    Sebelum pesawat melakukan penerbangan, sebenarnya pihak bandara telah bekerja sama dengan bagian terkait dalam rangka pengaturan rute perjalanan. Tentunya, dengan dibantu data yang akurat, faktor yang mendukung seperti cuaca, ketinggian dan yang lainnya mutlak memiliki berpengaruh besar terhadap penerbangan.
    Faktor tersebut sifatnya alamiah, sehingga konsistentinya tidak bisa diprediksi. Jangan heran kalau tiba-tiba langit menjadi mendung saat pesawat take off. Padahal, sebenarnya cerah tak berawan. Hal semacam inilah yang terkadang tak bisa diduga. Mungkin kalau kejadiannya masih di bandara jam penerbangan bisa di tunda.
    Tapi kalau Anda sudah terlanjur di atas awan, mau bagaimana lagi? Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap tenang di tempat duduk dan sesedikit mungkin melakukan mobilitas. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman agar ada perlindungan ekstra. Apalagi kalau pesawat mengalami pergolakan karena perubahan cuaca.
    Bawa barang secukupnya
    Barang-barang apa saja yang boleh masuk ke bagasi pesawat, semuanya sudah ada peraturannya. Itu semua bisa dilihat dalam tiket pesawat Anda. Jangan sesekali Anda memasukkan benda tajam ke pesawat atau benda-benda gas. Pisahkan barang yang akan ditaruh dibagasi atau yang akan dibawa sampai kabin pesawat.
    No alkohol
    Ehmm! Ini satu lagi yang sangat susah dihindari, apalagi kalau Anda adalah pecandu alkohol. Kenapa tak boleh ada alkohol saat Anda terbang? Tekanan udara atau atmospir di dalam kabin hampir sama dengan ketinggian Denver. Yang pasti, alkohol yang anda konsumsi akan mempengaruhi sampai pada tingkat yang lebih rendah. Hal tersebut akan membuat Anda mabuk berat. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin hal-hal negatif dari pengaruh alkohol bisa keluar. Termasuk mengamuk di dalam pesawat lantaran panik dan tertekan.
    Tetap dalam kesadaran
    Kondisi darurat menjadi keadaan yang sangat tidak diinginkan kala kita menggunakan jasa pesawat. Kalau itu terjadi, proses evakuasi haruslah dilakukan segera melalui pintu darurat. Nah, pada keadaan seperti itu banyak sekali orang yang hilang kesadaran dan yang ada rasa panik berlebihan. Ini sangatlah mungkin terjadi dalam keadaan yang serba tidak menentu. Semua ingin bergegas menyelamatkan diri. Tapi bukan begitu cara yang baik dan benar! Seharusnya saat keadaan darurat, Anda harus tetap dalam kesadaran. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan dan mengikuti arahan kru pesawat.



    Code:
    http://adhymantovani.wordpress.com/2009/07/30/tips-aman-naik-pesawat/
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    erha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,387
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +937 / -0
    mungkin cocoknya kalo tiap maskapai menyediakan parasut, jd kalo pesawat rusak pas terbang dan genting para penumpangnya disuruh terjun HALO
     
  4. Offline

    nyt Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Tetep aja klo naik pesawat pasti rasanya deg2an. Klo pas take off ama landing muka gw pasti ampe merah saking tegangnya ..haha..
     
  5. Offline

    Sakutaro Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15 / -0
    naek pesawat...dengan doa....hati pun tenang...
     
  6. Offline

    zhenzhaa Silent Reader Members

    Joined:
    May 24, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    busedd dah mas......

    tapi bener juga yah jadi semua selamat...
    nyahahahha:haha:haha:
     
  7. Offline

    dickichan Silent Reader Members

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    Naik Pesawat takut jatuh, Naik Bis Ngeri Tabrakan, Naik Perahu ngeri karam di tengah laut.
    mendingan g naik apa2 deh,
    :bolakbalik: jalan kaki is de best
     
  8. Offline

    princedhe84 Members

    Joined:
    Jul 7, 2009
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0

    :taz: jalan kaki takut ketabrak :em1100:
     
  9. Offline

    l34rn1n6 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    transportasi paling aman jaman sekarang adalah
    ...........MBAH SURIP :top:
     
  10. Offline

    DAODANDOH Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +82 / -0
    HAHAHAHA..... mantap gan.... digendong maksudnye ye?
     
  11. Offline

    evancode Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    2,065
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,087 / -0
    ini terkecuali pesawat tempur donk, masa jet tempur yg konstruksinya begitu hebat buat nampung 30 org lebih
     
  12. Offline

    ghusesup Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    jalan kaki nanti kesrempet, lha wong yang enak2 didalam rumah aja diseruduk truk trus maot deh, wasalam tuh ...:onion-10:
    mendingan kita serahin aja ma yg diatas, OK boss......???:top:
     
  13. Offline

    christian_21757 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 28, 2009
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    paling aman ga usah naek pesawat lah:lol::lol::lol::lol:
     
  14. Offline

    tantri Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 9, 2009
    Messages:
    1,142
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,708 / -0
    thx ya infox???
     
  15. Offline

    amulet Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,280
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,028 / -0
    ha....pesawat emang ngeri..
    merpati aja yang bisa beneran ilang~!
     
  16. Offline

    platinium Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    819
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +356 / -0
    sekarang uda g bisa tak gendong lagi
    T_T
     
  17. Offline

    Hitam Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    Mending di gendong sama Mbah Surip.. :onion-03:
     
  18. Offline

    eflaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,322
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,705 / -0
    duh...
    baca nya ribet bener yak
    paragraf dan font nya...
    jd di lewat deh
     
  19. Offline

    poypoy17 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    wkwkwkw .. semua orang pasti takut kek gt apalagi dengan namanya kematian ..
    cz qta banyak dosa n msh pengen hidup lama didunia ..
    mendingan tiap hari baca buku aja di rumah gt ..
    wkwkwkwkwkw
     
  20. Offline

    experience27 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    8,566
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,765 / -0
    wkwkwk.. ngakak gw ada yg nulis paling aman ama mbah surip..
    tpi mbah surip telah tiada T-T
     
  21. Offline

    bibibi Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2008
    Messages:
    2,403
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,123 / -0
    mgkn lebih bagus dari pihak maskapai penerbangannya yg melakukan maintenance terhadap pesawatnya dan klo bisa pesawat yg dah tua diganti aja ama pesawat yg baru

    :smiley_beer:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.