1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips Aman Bergaul di Facebook

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Shuichi, Feb 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +151,914 / -2
    Jakarta - Jangan terlalu lengkap memasang profil diri dan foto di Facebook! Jangan terlalu gampang berteman di Facebook! Waduh, seruan tersebut tentunya tidak terlalu populer, atau cenderung diabaikan para Facebooker.

    Ya memang, karena dengan bergesernya konsep dan ide sebuah pertemanan, maka tak apalah pada kenyataannya kita hanya punya segelintir teman di dunia nyata sepanjang punya berjibun (ratusan, ribuan) teman di situs jejaring sosial.

    Seolah-olah dengan demikian keeksisan Anda adalah seberapa banyak teman yang dimiliki. Padahal dengan semakin banyak teman, yang kadang hanya teman sekadar kenal atau bahkan tak ingat lagi siapa dia atau bertemu dimana, maka semakin rentan terekspos data diri kita ke pihak-pihak di luar kontrol kita.

    Salah satu contoh kasus yang mengingatkan kita akan bahaya bergaul sembarangan di Facebook adalah peristiwa hilangnya seorang remaja bernama Marietta Nova Triani (14). Setelah sempat membuat uring-uringan keluarganya yang merasa kehilangan, ternyata Nova kabur dengan pacarnya Febriani alias Ari (18) yang dikenal melalui Facebook.

    Nova yang berasal dari Sidoarjo dibawa kabur pacarnya saat Nova bertamu di perumahan BSD, sejak tanggal 6 Februari 2010 lalu. Nova dan Ari ditemukan polisi di Jatiuwung, Tangerang.

    Mungkin Nova hanya satu dari sekian korban pergaulan 'kebablasan' yang bermula dari perkenalan di Facebook. Nah, agar kita tidak menjadi korban berikutnya maka ada baiknya langkah-langkah pencegahan berikut ini bisa dijalankan ketika di dunia Facebook:

    1). Jangan terlalu lengkap memasang profil atau data diri di Facebook. Tentunya semakin lengkap profil/data diri terpasang, semakin mudah mendapatkan teman. Tetapi di sisi lain, semakin berisiko pula data diri kita disalah-gunakan (abused)

    2). Jangan memasang foto-foto diri Anda yang sekiranya Anda sendiri tidak akan merasa nyaman apabila foto tersebut tersebarluaskan secara bebas. Ingatlah, walau foto tersebut "hanya" diposting di akun Facebook Anda, sebenarnya itu sama saja dengan menyebarlukaskan foto tersebut ke publik. Sekali terposting dan tersebar, maka sangat sulit (dan nyaris mustahil) Anda bisa mencabut foto Anda dari Internet. Maka, selektiflah dalam berpose dan memposting foto Anda.

    3). Jangan sembarangan 'add friend' atau melakukan approval atas permintaan seseorang untuk menjadi teman Anda. Cara memilah dan memilihnya mudah, yaitu lihat saja berapa jumlah "mutual friends" antara Anda dengan seseorang tersebut. Semakin sedikit "mutual friends"-nya, berarti semakin sedikit teman-teman Anda yang kenal dengan dirinya, yang berarti semakin berisiko tinggi. Pastikan Anda hanya menerima "pertemanan" yang "mutual friends"-nya cukup banyak.

    4). Jangan sembarangan menerima tag photo. Bolehlah kita "banci tagging", tetapi berupayalah lebih selektif. Artinya, sekali Anda terjun ke Facebook, rajin-rajinlah memeriksa "keadaan sekeliling". Karena kita kadang menemukan foto diri kita yang di-upload dan di-tag oleh orang lain, padahal kita tidak suka foto tersebut disebarluaskan. Segera saja kita "untag" diri kita dari foto tersebut dan kalau perlu minta teman kita yang melakukan upload foto tersebut untuk mencabutnya.

    5). Jangan tunda-tunda, ketika Anda menemukan data atau profil Anda digunakan oleh pihak lain untuk hal-hal di luar kontrol Anda, segeralah bertindak. Membiarkannya, justru akan membuatnya makin berlarut dan berdampak destruktif, setidaknya untuk kenyamanan diri sendiri. Laporkan langsung ke pengelola layanan untuk segera mencabut informasi aspal (asli tapi palsu) tersebut. Atau, mintalah bantuan pada orang atau pihak yang sekiranya bisa atau paham bagaimana mengatasi hal di atas.

    6). Jangan mudah termakan bujuk rayu orang yang baru Anda kenal di Facebook. Karena perlu Anda ingat bahwa seringkali orang menyamarkan identitas aslinya di dunia maya. Apa yang tampak di dunia maya seperti Facebook belum tentu cerminan asli perilaku diri di dunia nyata. Bisa jadi orang yang tampak baik, sopan di Facebook ternyata memiliki watak sebaliknya di dunia nyata. Oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dengan teman yang baru dikenal di dunia maya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    sangat sangat setuju dengan jangan maen add friend kalau gak kenal

    bahaya efeknya... udah ada remaja putri asal jatim yg dibawa lari lelaki yg dari bekasi, padahal keduanya kenal dari fesbuk, di dunia nyata gak kenal sama sekali
     
  4. Offline

    cim3nk Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +15 / -0
    yg ada di benak para 4L4y adalah makin banyak teman berarti makin exist and makin G403Lzzz itu yg musti di rubah cara pikirnya. jgn pernah naro contact person loe such as no hp dll.. kalo pun mo di taro jgn di lengkapin,tar toh kalo tmn lo butuh dia bisa pm. kalo bisa ampe ketipu lewat fb gw rasa itu mah emang pribadinya aja yg dodol. hari gini ketipu di fb? grow up kids. :hahai:
     
  5. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    setuju dengan banyak tips dari bro shuichi, saya saja friend cuman 40an karena cuma approve yang saya kenal saja, sisanya saya reject, sementara description cuman dikit2 dan umum, misalnya jenis kelamin dan negara saja. :angel: biarin dibilang kuper, yang penting safe.
     
  6. Offline

    tenzen Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +548 / -0
    jangan nge add guru kita
     
  7. Offline

    lovianckg Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    friendlist ane cmn 200an bro, kebanyakan temen real semua :D
     
  8. Offline

    novelate Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    701
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +260 / -0
    setuju bro! karena temen gua ada yang harus perang dingin dengan dosennya gara2 Si dosen di comment macem2 ama dia.
     
  9. Offline

    666666 Members

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    sangat setuju ... .. mendingan facebook, dipakai positif daripada negatif,, aslinya kalo dibuat positif banyak untungnya berguna sekali buat Qta & jauh dari masalah...:awas:
     
  10. Offline

    choli Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    10,805
    Trophy Points:
    186
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,210 / -2
    Cara yang paling aman sih: Ngapain facebook-an sih..
    Mending IDWS-an aja..
    Lebih bermutu..:hahai:
    :hahai::hahai::hahai:
     
  11. Offline

    lanankz Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    116
    Ratings:
    +2,452 / -0
    setubuh dengan tipsnya gan...
     
  12. Offline

    wibiesana Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    makasih untuk tipsnya gan
     
  13. Offline

    talvion Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +2 / -0
    betul tuh, trus jgn add bos kita
     
  14. Offline

    the_blacklist Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2008
    Messages:
    141
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +343 / -0
    nice post gan, ijin kasih link ke teman saya gan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.