1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips agar tidak sombong

Discussion in 'Lifestyle' started by mantaaba, Jul 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    mantaaba Members

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    no repost gan, ini ane sendiri yang nulis, rusan ane up ke facebook ane.
    maap kalo salah 2x ya gan, soalnya ini posting pertama ane di idws setelah bertahun 2x jadi member pasif (donglot pelem doang)

    filosofi "tai dan kepet"

    Banyak yang sudah tau, apa itu tai, apa itu kepet. Tai adalah sesuatu yang keluar dari anus manusia / hewan sebagai sisa - sisa pencernaan yang tidak terpakai. Tapi kepet ?, kepet adalah sisa-sisa tai yang tidak dapat atau terlupa atau tidak tahu bahwa tai yang sudah dibersihkan ternyata masih tersisa di pantatnya. kata singkatnya, kepet adalah tai yang tidak ikutan dibersihkan / tertinggal ketika membersihkan tai dari tempat keluarnya.

    Fenomena kepet ini sangat unik. Tak jarang seseorang yang punya tai tau kalau tainya sudah jatuh ke WC, namun tak tau kalau ternyata ada kepet yang masih tersisa di pantatnya. satu-satunya jalan untuk mengetahui seseorang kepeten atau tidak adalah dengan teliti melihat anusnya dengan menggunakan cermin, atau lebih baik jika diraba sendiri, kemudian tangannya dicium, berbau atau tidak. Atau setidaknya seseorang tersebut berbesar hati agar kepetnya dilihat oleh orang lain, sehingga orang lain tersebut mau memberi tahu kalau dia kepeten. mungkin ini yang dimaksud "gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di ujung jauh justru terlihat"

    tidak hanya orang kecil saja yang sering kepeten, bahkan orang besar atau keturunan raja-raja, bangsawan, kiyai atau entah apalah itu juga sering kepeten. Tai sudah dibersihkan, tapi tidak tahu kalau masih ada kepet yang masih menempel di anusnya, "nggembol" kepet kemana-mana, tapi dia tidak menyadari kalau dia kepeten, malah tersinggung jika diberi tahu atau mungkin mengelak "ini bukan kepet, memang bokongku sudah kuning, coba dicium sekali lagi, pasti wangi" (hoek...!). Beberapa yang agak tinggi hati dan keras hati, justru mencari kambing hitam orang lain bahwa matanya "picek" sehingga salah melihat pantatnya.

    Sadarlah wahai saudaraku, kita ini manusia, siapapun diri kita, apapun kita, Dia lah yang akan menilai kita sesuai dengan derajad kita, seperti kita sendiri mengetahui seberapa tinggi kualitas diri kita, seberapa sering kita bermaksiat. Mengaku dan jangan sombong tentang seberapa banyak kesalahan yang pernah kita lakukan.

    Saya hanya merenung, cuma orang yang mau menerima penjelasan orang lain, dan mengakui keteledorannya saja yang bisa mengetahui kalau dirinya kepeten, atau jika mau dilebihkan, bersuci dari kepet. bukan malah menyalahkan orang yang memberi tahu itu atau justru menyalahkan orang lain yang juga ikut mengamati bahwa seseorang tersebut kepeten.

    Butuh kerendahan hati untuk mengakui bahwa kita ini kepeten. Jika seorang yang kepeten, mengajar kepada orang lain tentang akhlaq, niscaya yang diajarkan pun juga ikut berakhlaq, namun masih kepeten. Bagai mana tidak, "lha wong" gurunya yang di anut juga kepeten.
    (sing ngajar dan belajar akhlaq saja kepeten, sing liyane... ...?)

    Maka itu saudaraku, jangan "sombong". Berapa sih harga dari kata "oh ya, maafkan aku, aku yang salah" betapa tiap seseorang yang mendengarkan kata-kata itu akan mengakui, bahwa engkau berjiwa ksatria. jangan justru mencari kambing hitam lain yang tak ada kaitannya. Jika seseorang mau mendengarkan kata-kata orang lain yang berada di sekitarnya dan merasa tidak nyaman dengan kelakuannya kemudian mau koreksi diri dan meminta maaf, atau bahkan membersihkan diri dari sifat sombongnya niscaya orang seperti ini lah yang akan terbersihkan dari kepet, apalagi tahi.

    Bukan maksud saya kurang sopan menggunakan kata-kata kepet dan tahi, tapi jika anda adalah orang yang berhusnudzon kepada saya, renungkanlah apa yang saya tuliskan. Gantikanlah kata kepet dan tahi sesuai dengan kata-kata yang bijaksana, semoga kita kelak akan menjadi cikal-bakal orang yang bijaksana juga, Amin.

    Saya memang bukan seorang yang alim, bijaksana atau bahkan sholih. Biar Dia Yang Maha Tahu isi hati saya yang menilainya. Akhir kata saya masih meminta maaf jika saya menggunakan kata-kata kepet dan tai. Kata-kata itu tak lebih hanya untuk menarik minat anda untuk membaca tulisan saya yang kurang sopan ini.

    Mohon maaf jika saya menyinggung pembaca, tapi ketahuilah saudaraku FilLah, jika anda tersinggung membaca tulisanku ini, bisa dipastikan anda termasuk orang yang kepeten. Atau dalam kata lain anda bisa menggantikan kata kepeten dengan penyakit-penyakit yang susah ditambani (kadang kita sendiri tidak merasa kalau kita juga masih memiliki penyakit ini) , berupa sombong, iri dengki, sok benar, hasud, dusta.... dll.

    Satu yang ingin saya sampaikan disini hanyalah ajakan bagi diri saya yang kepeten dan bagi para pembaca sekalian yang bijaksana. Ajakan untuk selalu interospeksi diri, koreksi diri dan mawas diri. Jangan selalu merasa paling benar. Kebenaran hanyalah milik -Nya Yang Maha Bijaksana. Semoga belas kasih -Nya Yang Maha Pengampun bisa menghapus amarah orang yang sedang marah, dosa saya yang terlanjur banyak, dan kesombongan saya pribadi sebagai seorang yang sudah pasti masih kepeten.
     
    Last edited: Jul 21, 2010
    • Like Like x 5
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    senisiroycs Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    2,351
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,045 / -0
    hahahaha....:pusing:

    gag ngerti saya...apa hubungannya sombong ma t*i:???:

    :muntah:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    zettai_rony Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    Lihat Tulisan Sebanyak itu untuk sekedar tips......jd elfeel.;>
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    Ken Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,367
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +57,006 / -0
    terus terang judulnya menarik..
    tapi perumpamannya sangat membuat ga enak untuk di baca.. :muntah:

    apa ga ada perumpaan laen kk :???:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    gravitazy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +960 / -0
    jangan suuzon dulu Bro....
    maksud TS baik,,,hanya menggunakan kata2 yg lebih "ilmiah"....
    jadi agak sulit untuk menangkap inti sari apa yg ingin disampaikan,, disamping "kalimat" nya yang demikian banyak,,,
    sehinnga agak malas "membaca" lebih "dalam"...

    anyway,,, Thanks telah mengingatkan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    _Keep Writing,, Sharing, n Posting_
     
  7. Offline

    aabule Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    2,721
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,819 / -0
    tujuannya bagus, cuma analoginya itu... :muntah:, sehingga pengemasan terlihat kurang menarik, udah ilfil duluan jadinya..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    silverkhingz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    2,770
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +26,733 / -0
    :lol: perumpaannya ga enak dibaca

     
    Last edited: Jul 3, 2010
  9. Offline

    nayaxoe Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    mbok yo pake bahasa yang mudah dimengerti apalagi pake perumpamaan kayak gitu???? yang biasa2 aja
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    ich4n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +814 / -0
    :top: tulisan yang dalem sekali dan keren, perumpamaannya juga pas gak lebih gak kurang :sembah: kalo kata para pengkritis gaya bahasanya itu tegas, lugas serta jujur :hehe: walo emang hasilnya jadi terdengar kurang sopan dan banyak yang gak suka :lol: pertahankan :onfire:
    :ehem: makanya biar gak bau "wangi" kalo cebok yang bersih yah, pastikan pake sabun juga biar benar" bersih dan wangi :unyil: kalo emang perlu kasih kaca -seperti yg dikata silverkhingz- bawahnya biar bisa ngeliat udah bener bersih atw belum biar gak kopet/kepetan :hihi:
    terima kasih atas pencerahannya :maaf:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,264
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,906 / -1
    kalo sombong susah ilangnya gan kalo sifat itu bawaan [​IMG]
    sombong atau tidak orang itu sebenrnya lebih ampuh kalo dididik dari kecil
     
  12. Offline

    mantaaba Members

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    untuk agan-agan sekalian, terimakasih atas kritik dan sarannya yaaa :)
     
  13. Offline

    eka23 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +1,630 / -0
    ts nya orang teologi ya....bahasanya berat bener apalagi perumpamaanya yang langsung....
    btw gaenak ane bacanya...tp keep posting aja deh....ane ga bisa komentar lagi......:hot::hot::hot:
     
  14. Offline

    mantaaba Members

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    bukan gan, ane orang Fisika. soalnya beberapa hari ini ane sering dengar kata-kata tai, kepet, dst sebagai bentuk kemarahan dan untuk menghujat orang lain. Sumpek ane dengernya.
    dari situ pas abis beol kmaren pagi, ane coba bikin nasehat yang berguna dari kata-kata itu, biar bisa di ambil hikmahnya, biar ga cuman jadi kata-kata gak berguna yang hanya digunakan untuk menghujat orang lain. Pa lagi hujatannya juga belum tentu benar kan gan ?
     
    Last edited: Jul 4, 2010
  15. Offline

    ich4n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +814 / -0
    ow orang fisika toh, yah fisika sama theologi nyrempet" lah :hmm:
    aku juga suka panas kuping kalo ada orang marah sambil ngucapin kata" tai dan saudara-saudaranya :oii:
    :top:kamar mandi emang tempat yang bagus untuk cari inspirasi, archimedes aja katanya dapet inspirasi pas di kamar mandi :haha: lanjutkan perenungan di kamar mandinya sapa tau aja dapet teori baru :top: sepertinya memang begitulah TSnya, orang yg apa adanya,
     
  16. Offline

    mantaaba Members

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    setuju gan, tapi bukan berati orang yang udah terlanjur punya sikap seperti itu pasti akan seperti itu selamanya kan ? usaha dikit-dikit lah hehehehe
     
  17. Offline

    mantaaba Members

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    sabar dolo gan, baca dengan teliti. ane ga bermaksud jelek kok gan
     
  18. Offline

    Yan_arah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 11, 2010
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,407 / -0
    :pusing:.
    masih g ngerti mksdny apa hubungan dari itu..:???:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  19. Offline

    rewolf Silent Reader Members

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    jadi tai dan kapet itu sombong ya, emang bisa hilangin sombong semudah tai dan kapet.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  20. Offline

    mantaaba Members

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    bukannya gitu maksudnya mas, sombong itu kan sangat "megeli" dan buruk to?,tidak ada orang yang suka liat "prejengan" orang yang sombong abis. Apa lagi jika yang punya sikap itu adalah orang-orang gedean. Apa lagi sampe nyebabkan pertengkaran yang gak kunjung usai. "Nggilani (menjijikkan)" to ?

    nah, maksud saya mengganti kata-kata sombong dengan ke**t juga menjaga diri, jangan-jangan saya juga menuliskan tulisan ini dengan penuh kesombongan. Harapannya, setelah membaca tulisan saya ini, setidaknya orang mau menilai sikap sombong yang buruk dan tidak disukai itu sebagai sesuatu yang menjijikkan. Nah, jika mind-setnya udah demikian, maka orang akan malu jika punya sifat sombong yang pada akhir kalimat saya sebut sebagai "ke**en", dari sini kemudian dia akan berusaha untuk membersihkan diri dari sombong karena rasa jijay. walaupun emang sulit.

    Yaaaa cara yang paling mungkin adalah dengan selalu bercermin, menilik kepribadian kita. Atau jika kita tidak sempat, dengarkanlah apa kata orang yang berada di samping kita. Saran dari mereka tentu merupakan sebuah masukan yang berharga bagi kita. Orang tidak selamanya benar, butuh dikoreksi juga.

    yaa maaf lah, kalau saya terlalu kasar memisalkannya.
    yang jelas saya menuliskan tulisan ini dengan niat yang baik :)
     
    Last edited: Jul 4, 2010
  21. Offline

    mantaaba Members

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +27 / -0
    liat penjelasan ane di atas ya gan, baca dengan cermat posting saya di page 1, dan jangan keburu Illfeel
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.