1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tidur Cukup, Tapi Kok Masih Lelah?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by soulhunter, Feb 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,940 / -0
    [​IMG]
    KOMPAS.com - Setiap hari Anda terjebak dalam aktivitas rutin yang melelahkan. Berangkat pagi-pagi, tiba di rumah kembali biasanya pukul 21.00. Setelah mandi dan makan malam, Anda masuk ke kamar tidur. Anda berharap bisa istirahat dengan cukup, supaya dapat memulihkan tenaga dan siap menghadapi tugas-tugas yang baru esok pagi.
    Namun yang terjadi, Anda selalu merasa kurang energi. Tubuh terasa lemas dan loyo, konsentrasi pun jadi berkurang.
    Sebenarnya, memang ada beberapa hambatan yang membuat diri kita kurang berenergi. Kenali apa yang terjadi pada diri Anda, dan segera cari solusinya.
    "Saya sangat lelah, tapi malah tidak bisa tidur"
    Ada dua hal yang bisa menyebabkan kita sulit tidur: biologis dan psikologis. Menurut Dinastuti, MSi, psikolog, kita perlu memastikan dulu penyebabnya. Caranya? Berkonsultasilah pada dokter dan psikiater. Jika ternyata setelah diberi obat tetap tidak bisa tidur, mungkin gangguannya bersifat psikologis. Kalau demikian, sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog klinis.
    Untuk mengatasi gangguan psikologis, kita dapat mengikuti terapi atau konseling. Di saat masalah psikologis sudah teratasi, gejala sulit tidur akan hilang dengan sendirinya. Hal lain yang juga bisa menyebabkan adalah kondisi dan situasi tempat kita tidur. Coba periksa lagi. Apakah kamar dan/atau tempat tidur kita sudah cukup nyaman? Apakah sudah bersih dan terhindar dari kebisingan? Kombinasi dua faktor di atas atau lebih bisa menyebabkan kita sulit tidur.

    "Saya sudah cukup tidur, tapi saat bangun masih lelah"
    Ada baiknya Anda memeriksa kelenjar tiroid atau kadar zat besi. Hormon tiroid yang turun pada wanita usia di atas 50 praktis akan menyurutkan level energi, kata Lynne Kirk, MD, dari American College of Physicians. Sebanyak 5 persen dari wanita berusia di atas 50 tahun memiliki gangguan pada hormon tiroid mereka. Tetapi, sayangnya masalah ini sering tidak terdeteksi. Atasi dengan melakukan pemeriksaan hormon tiroid. Jika Anda masih berada di fase pra-menopause, coba cek untuk melihat adanya gangguan anemia. Problem ini sering menyebabkan kelelahan pada wanita usia muda.

    "Stres menguras habis tenaga saya"
    Stres memang bisa membuat kita merasa begitu lelah, kata William Boggs, MD, direktur medis di Center of Integrative Medicine, University of Maryland. Resep untuk mengatasinya adalah dengan megnubah berbagai aktivitas rutin yang sering kita lakukan sebagai latihan relaksasi. Setiap kali kita mengambil segelas air, misalnya, jangan langsung diteguk. Berhentilah sejenak dan ambil nafas dalam-dalam beberapa menit.
    "Ini akan membuat tekanan menurun," kata Boggs. "Dan selanjutnya membuat Anda akan lebih mampu menghadapi situasi penuh tekanan lainnya.
    (Jessie Knadler/Irene J Meiske/Prevention Indonesia)


    Code:
    http://female.kompas.com/read/xml/2010/02/16/11344694/Tidur.Cukup.Tapi.Kok.Masih.Lelah
    artikel terkait
    VIVAnews - Kurang tidur merupakan penyebab rasa lelah yang paling umum. Namun, sering kali lelah tetap melanda walaupun waktu tidur malam mencukupi. Selain kurang tidur pada malam hari, berikut beberapa hal di balik kelelahan.

    #1 Gangguan Pernapasan
    Walaupun memiliki waktu tidur cukup, sebagian orang merasa lelah setelah bangun di pagi hari. Gangguan selama tidur berupa pernapasan yang berhenti sebentar berkali-kali selama tidur malam (Sleep Apnea). Setiap gangguan terjadi, Anda akan terbangun meskipun tak menyadarinya. Hasilnya, Anda kurang tidur walaupun menghabiskan delapan jam di tempat tidur.

    Cara mengatasi dengan menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan, berhenti merokok, dan tidur dengan bantuan perangkat pernapasan untuk membantu menjaga jalan napas bagian atas terbuka pada malam hari.

    #2 Jumlah Asupan Makanan
    Makan terlalu sedikit atau pola makan salah merupakan penyebab kelelahan. Jika Anda memulai hari Anda dengan donat atau makanan manis lainnya, gula darah anda akan meningkat tajam, menjadikan gerakan Anda lamban yang akhirnya memicu kelelahan.

    Cara mengatasinya: Selalu sarapan yang baik dengan memasukkan protein dan karbohidrat kompleks, seperti telur dan roti gandum. Kombinasi ini menciptakan energi yang berkelanjutan selama seharian.

    #3 Anemia
    Anemia adalah penyebab utama kelelahan pada wanita. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ. Anemia mudah didiagnosis dengan tes darah.

    Mengatasinya: Pengobatan untuk anemia tergantung pada penyebabnya. Umumnya, kekurangan zat besi diperbaiki dengan minum suplemen zat besi dan makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, hati, kerang, kacang-kacangan dan sereal.

    #4 Depresi
    Depresi bukan saja merupakan sebuah gangguan emosional, tetapi menyebabkan banyak gejala fisik. Kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum. Jika merasa lelah selama lebih dari dua minggu, periksakan diri ke dokter.

    Cara mengatasi: Depresi dapat ditangani dengan bantuan psikoterapi dan atau pengobatan..

    #5: Hypothyroidism
    Tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher yang mengendalikan metabolisme tubuh mengubah makanan menjadi energi. Apabila aktivitas kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, akibatnya Anda akan merasa kelelahan.

    Cara mengatasi: Jika tes darah menegaskan hormon tiroid rendah, dokter akan menyarankan menambah hormon sintetis untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

    #6 Kelebihan Kafein
    Sebagian besar kita menganggap kopi adalah menghilangkan kelelahan. Berlebihan mengkonsumsi minuman satu ini bisa berakibat sebaliknya. Kafein dalam dosis moderat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun penelitian menunjukkan konsumsi kafein menyebabkan kelelahan.

    Saran: Hindari minuman mengandung kafein sebanyak mungkin seperti kopi, teh, cokelat, minuman ringan, dan obat-obatan yang mengandung kafein.

    #7 Infeksi Saluran Kemih
    Jika Anda pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Anda mungkin akrab dengan rasa sakit dan terbakar. Namun ISK tak selalu identik dengan gejala diatas. Dalam beberapa kasus, penderita ISK menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Tes urin akan memastikan adanya ISK.

    Cara mengatasinya: Antibiotik adalah obat untuk ISK. Setelah ISK diobati, rasa lelah akan hilang dalam waktu seminggu.
    Code:
    http://kosmo.vivanews.com/news/read/124574-7_penyebab_rasa_lelah
     
    Last edited: Feb 17, 2010
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    wind_rider Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +153 / -0
    ^
    aku banget nih boss,
    harus ada stress manajemen :(
    apalagi yg sering berkutat di depan komputer..
    tidur lewat jam 12 malem 24% cenderung depresi
    kecanduan internet juga..
    :hahai:

    Pertamax kah?? :hahai:
     
  4. Offline

    kidjaisy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    pastinya....
    alesan internet mah yg paling utama....
     
  5. Offline

    nitho Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +722 / -0
    sama....
     
  6. Offline

    4w4n2 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    1,117
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,980 / -0
    iya bro...saya juga merasakan hal yang sama...padahal istirahat saya sudah cukup kok masih sering ngantuk...:???:

    mungkin saaya setres ya bro..:((
     
  7. Offline

    GondrongEdan Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +380 / -0
    saya selalu tidur diatas jam 12 malam, dan waktu tidur saya sekitar 6-7 jam. tp gw tetep segar gan. :haha:
    karena tidurnya nyenyak banget :tidur:
     
  8. Offline

    bosscha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    909
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,297 / -0
    jam berapun tidurnya gue selalu bangun jam 1/2 6 pagi.

    kalo tidurnya telat bakalan kerasa ngantuk, kalo tidurnya pas bakalan kerasa seger.

    ada artikel yang bilang kalo kita tidur larut malam maka kerja tubuh untuk mengeluarkan toksin akan terhambat.
     
  9. Offline

    ippayajus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    221
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,192 / -0
    kl gw tidur ya :tidur: aja..
    ga mau mikirn mcm2 biar otak cpt rileksnya..
     
  10. Offline

    junojuno Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    gw kalo tidur kadang nyenyak, kadang enggak loh.
    bisa tidur berjam jam tapi pas bangun masih ngantuk juga, tapi kadang tidur cuma setengah jam juga pas bangun langsung seger.
    kalo itu kenapa yaa?
     
  11. Offline

    apple0093 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    42,686
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,365 / -0
    kadang ga hanya kurang tidur, bisa kurang minum, kurang gerak , kadar oksigen dalam darah jadi kurang, bawaanny pusing n ngantuk, plus lemes

    ato kurang darah

    CMIIW
     
    • Like Like x 2
  12. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,940 / -0
    Selain kurang tidur pada malam hari, berikut beberapa hal di balik kelelahan.

    saya tambahin y
    VIVAnews - Kurang tidur merupakan penyebab rasa lelah yang paling umum. Namun, sering kali lelah tetap melanda walaupun waktu tidur malam mencukupi. Selain kurang tidur pada malam hari, berikut beberapa hal di balik kelelahan.

    #1 Gangguan Pernapasan
    Walaupun memiliki waktu tidur cukup, sebagian orang merasa lelah setelah bangun di pagi hari. Gangguan selama tidur berupa pernapasan yang berhenti sebentar berkali-kali selama tidur malam (Sleep Apnea). Setiap gangguan terjadi, Anda akan terbangun meskipun tak menyadarinya. Hasilnya, Anda kurang tidur walaupun menghabiskan delapan jam di tempat tidur.

    Cara mengatasi dengan menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan, berhenti merokok, dan tidur dengan bantuan perangkat pernapasan untuk membantu menjaga jalan napas bagian atas terbuka pada malam hari.

    #2 Jumlah Asupan Makanan
    Makan terlalu sedikit atau pola makan salah merupakan penyebab kelelahan. Jika Anda memulai hari Anda dengan donat atau makanan manis lainnya, gula darah anda akan meningkat tajam, menjadikan gerakan Anda lamban yang akhirnya memicu kelelahan.

    Cara mengatasinya: Selalu sarapan yang baik dengan memasukkan protein dan karbohidrat kompleks, seperti telur dan roti gandum. Kombinasi ini menciptakan energi yang berkelanjutan selama seharian.

    #3 Anemia
    Anemia adalah penyebab utama kelelahan pada wanita. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ. Anemia mudah didiagnosis dengan tes darah.

    Mengatasinya: Pengobatan untuk anemia tergantung pada penyebabnya. Umumnya, kekurangan zat besi diperbaiki dengan minum suplemen zat besi dan makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, hati, kerang, kacang-kacangan dan sereal.

    #4 Depresi
    Depresi bukan saja merupakan sebuah gangguan emosional, tetapi menyebabkan banyak gejala fisik. Kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum. Jika merasa lelah selama lebih dari dua minggu, periksakan diri ke dokter.

    Cara mengatasi: Depresi dapat ditangani dengan bantuan psikoterapi dan atau pengobatan..

    #5: Hypothyroidism
    Tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher yang mengendalikan metabolisme tubuh mengubah makanan menjadi energi. Apabila aktivitas kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, akibatnya Anda akan merasa kelelahan.

    Cara mengatasi: Jika tes darah menegaskan hormon tiroid rendah, dokter akan menyarankan menambah hormon sintetis untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

    #6 Kelebihan Kafein
    Sebagian besar kita menganggap kopi adalah menghilangkan kelelahan. Berlebihan mengkonsumsi minuman satu ini bisa berakibat sebaliknya. Kafein dalam dosis moderat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun penelitian menunjukkan konsumsi kafein menyebabkan kelelahan.

    Saran: Hindari minuman mengandung kafein sebanyak mungkin seperti kopi, teh, cokelat, minuman ringan, dan obat-obatan yang mengandung kafein.

    #7 Infeksi Saluran Kemih
    Jika Anda pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Anda mungkin akrab dengan rasa sakit dan terbakar. Namun ISK tak selalu identik dengan gejala diatas. Dalam beberapa kasus, penderita ISK menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Tes urin akan memastikan adanya ISK.

    Cara mengatasinya: Antibiotik adalah obat untuk ISK. Setelah ISK diobati, rasa lelah akan hilang dalam waktu seminggu.
    Code:
    http://kosmo.vivanews.com/news/read/124574-7_penyebab_rasa_lelah
     
    • Like Like x 1
  13. Offline

    Apoooh Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    14,239
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +30,782 / -0
    stuju...kl stress gw ga bs tidur...jdna pas wktnya bgn msh ngantuk gt....kl kurang darah jg bs ga bs tdr jg
     
  14. Offline

    Kyo_MayC Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    hmmm.. gitu y bro...
    btw ane kadang sering aneh sendiri kayak kemaren lusa ane tidur 6 jam gitu tapi bgn msih capek beda sama tadi pagi yg cuma mlm tidur 3 jam tetapi bgn badan terasa seger.. itu kenapa y??
     
  15. Offline

    vioemoniac Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    95
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +81 / -0
    biasanya walaupun tdr lebih dr cukup tp masih lelah gara2 streess
     
  16. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,051 / -7
    gw banget:swt:...pantes kalo di kelas suka ngantuk gk jelas, apalagi kalo abis makan nasi :gigit:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.