1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Tidak Ada Kiamat tahun 2012

Discussion in 'Science and Technology' started by Raika94, Nov 29, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Raika94 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    999
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +120 / -0
    Sebelumnya maaf gan kalo :repost: :idwspiss:

    Soalnya msh nubie gan!!!
    Langsung aj ya gan...

    Hmm … sepertinya banyak juga ya penggemar kiamat 2012. Ada apa sebenarnya, sehingga manusia sangat tertarik dan percaya dengan mudah pada isu-isu seperti ini?

    Katanya, dunia akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012! Runutan angka yang menarik yang membuat Anda langsung terperangah dan menggumam, “Ah benar juga … pasti bener nih beritanya”. Lantas, tanpa telaah lanjut, Anda pun berkata kiamat tinggal 3 tahun lagi. Atau kalau Anda tak percaya teori kiamat, Anda langsung berkomentar, “Cuma Tuhan yang tahu kapan kiamat”, “Ah kamu musyrik …”, atau “Itu info disebarkan oleh orang tak beragama”. Sekali lagi, semua informasi hanya ditelan tanpa ditelaah.

    [​IMG]
    Piramida peninggalan suku Maya. kredit : whoyoucallingaskeptic.wordpress.com

    Nah, karena dunia akan kiamat sebentar lagi, berhentilah merencanakan hidup, karier Anda, tak usah lagi berpikir untuk punya rumah, segeralah menikah sebelum kiamat, dan pastikan Anda bisa bersenang-senang menikmati hidup sebelum kiamat. Atau, segeralah bertobat. Jangan sampai saat kiamat Anda malah belum bertobat. Tiga tahun lagi lho!.

    Kata sebagian orang, mungkin ini pembahasan yang aneh. Hampir setiap saat kita mendengar tentang berbagai teori kiamat … dan kenyataannya kita masih ada di sini. Belum ada satu teori pun yang kebenarannya terbukti. Tapi, kenapa 2012 begitu penting?

    Katanya, kalender Maya akan berhenti tahun 2012, dan kemudian jadi semacam agama dan kepercayaan baru, mengalahkan kepercayaan yang ada di masyarakat. Mengabaikan semua alasan saintifik dan pada akhirnya membawa masyarakat pada kekhawatiran baru. Lupakan Nostradamus, Y2k, dan semua prediksi kiamat lainnya, karena sekali lagi menurut ramalan 2012, planet X akan kembali dan menghancurkan Bumi.

    Ok … kita berhenti dulu di sini dan mari kita telaah setiap alasan yang muncul tentang kiamat 2012 ini. Dan bagi Anda para penggemar nubuat Kalender Maya, saya punya berita buruk untuk Anda semua. Tidak akan ada kiamat di tahun 2012 … dan ini alasannya, silakan disimak.

    Kalender Maya

    [​IMG]


    Apa itu kalender Maya? Ini merupakan kalender yang disusun oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan nama Maya pada kisaran 250-900 M. Bukti kehadiran peradaban Suku Maya ini bisa dilihat dari sisa kerajaannya di hampir semua bagian selatan Meksiko, Guatemala, Belize, El Savador, dan sebagian Honduras.

    Dari bukti-bukti sejarah, masyarakat suku Maya memang memiliki kemampuan menulis yang baik dan juga kemampuan untuk membangun kota dan perencanaan kota. Dalam hal membangun, Suku Maya terkenal dengan bangunan piramida dan berbagai bangunan besar lainnya. Tak hanya itu, dalam kebudayaan, peradaban suku Maya memberi pengaruh yang sangat besar pada kebudayaan Amerika Tengah. Pengaruh itu bukan hanya dalam hal peradaban namun juga dalam hal populasi pribumi di area tersebut. Sampai saat ini, sejumlah Suku Maya masih tetap ada dan meneruskan tradisi mereka yang telah berumur ribuan tahun itu.

    Suku Maya dalam kehidupannya menggunakan beberapa kalender berbeda. Bagi mereka, waktu merupakan penghubung dengan lingkaran spiritual. Kalender memang digunakan untuk hal-hal praktis seperti untuk kehidupan sosial, pertanian, perdagangan dan berbagai keperluan administratif. Namun dipercaya ada elemen religi yang besar di dalamnya yang memberi pengaruh. Bagi suku Maya, setiap hari memiliki ruh pelindung yang berbeda sehingga setiap hari memiliki fungsi yang berbeda pula. Sangat berbeda dengan kehidupan modern dengan kalender Gregorian yang hanya menetapkan kalender sebagai waktu yang terkait dengan hal-hal administratif, kehidupan sosial dan keperluan ekonomi.

    Kebanyakan kalender Maya memiliki rentang waktu pendek.
    Kalender Tzolk’in berakhir dalam 260 hari
    Kalender Haab’ memberi perkiraan 1 tahun Matahari yakni 365 hari.

    Suku Maya kemudian menggabungkan kedua kalender ini membentuk “Calendar Round”, siklus yang akan berakhir setelah 52 Haab (sekitar 52 tahun atau kisaran panjangnya satu generasi). Di dalam “Calendar round” terdapat Trecena ( siklus 13 hari) dan Veintena (siklus 20 hari). Tampaknya, sistem siklus ini berlaku dengan mempertimbangkan jumlah hari dalam 52 tahun adalah 18980 hari.

    Untuk bangsa Maya, sains dan agama adalah satu. Mereka membangun sistem matematika dan astronomi yang cukup impresif, terkait dengan kepercayaan mereka. Pencapaian dalam hal matematika bisa dilihat pada notasi posisi dan penggunaan angka nol. Dalam astronomi, mereka secara akurat menghitung tahun Matahari, melakukan kompilasi tabel posisi bulan dan Venus, serta memprediksi Gerhana Matahari. Suku Maya juga memiliki penanggalan untuk “siklus Venus” yang cukup akurat. Kalender Venus ini dibuat berdasarkan lokasi Venus di langit malam. Hal yang sama tampaknya juga dilakukan pada planet-planet lainnya.

    Sistem “Calendar Round” ini memang sangat baik untuk mengingat hari kelahiran atau periode keagamaan. Namun, untuk merekam sejarah, kalender ini tak bisa dijadikan patokan karena tak dapat merekam kejadian yang lebih tua dari 52 tahun.

    Akhir Perhitungan Panjang = Akhir Dunia?

    [​IMG]
    Alam semesta menurut suku Maya. Kredit : edwardtbabinski.us

    Karena tak bisa merekam kejadian sejarah yang lebih tua dari 52 tahun, Suku Maya punya solusi lain. Dengan metode yang cukup inovatif, mereka bisa memperluas jangkauan “Calendar Round” yang tadinya cuma 52 tahun itu.

    Sampai di titik ini, kalender Maya akan tampak sangat kuno, bahkan bisa dikatakan dibuat hanya berdasarkan kepercayaan religi, siklus bulan, kalkulasi matematika dengan siklus atau unit 13 dan 20 sebagai dasar perhitungan disertai campuran kepercayaan mitologi. Satu-satunya prinsip kalender yang memiliki korelasi dengan kalender modern hanyalah Haab yang mengenali panjang tahun Matahari yakni 365 hari. Sebagai jawaban atas penanggalan yang lebih panjang, Suku Maya membuat sistem penanggalan “Long Count” atau “Perhitungan Panjang”, kalender yang akan berakhir setelah 5126 tahun.

    Sistem penanggalan Maya untuk “Long Count” ini memang menarik, dan secara numerik dapat diprediksi dan bisa dengan akurat menunjuk pada penanggalan dalam sejarah. Penanggalan ini bergantung pada basik perhitungan dengan unit 20. Kalender modern saat ini menggunakan dasar perhitungan dengan unit 10.

    Nah bagaimana perhitungannya?

    Tahun dalam “Long Count” kalender Maya, dimulai dari 0.0.0.0.0. Tiap angka 0 merepresentasikan angka 0-19, dan setiap angka merepresentasikan perhitungan hari-hari suku Maya.

    Untuk hari pertama, kalendernya akan seperti ini : 0.0.0.0.1 dan pada hari ke-19 akan menjadi 0.0.0.0.19. Jika mencapai angka 20, kalendernya akan jadi : 0.0.0.1.0. Perhitungan ini akan menunjukkan 0.0.1.0.0 untuk satu tahun dan 0.1.0.0.0 untuk kisaran 20 tahun dan 1.0.0.0.0 utuk kisaran 400 tahun. Maka, penanggalan 2.10.12.7.1 akan melambangkan penanggalan untuk hari ke-1 di bulan ke-7 dan tahun 1012.

    Lantas, apa hubungannya dengan akhir dunia?

    Suku Maya sangat terobsesi dengan waktu. Pemahaman dan prediksi berbagai siklus waktu akan memberi mereka kemampuan untuk mengadaptasinya dalam kehidupan di dunia. Menurut kosmologi bangsa Maya, dunia ini telah diciptakan 5 kali dan dihancurkan 4 kali. Dalam skala yang sementara, berbagai hari di dalam satu tahun dianggap cocok untuk aktivitas tertentu, sedangkan sebagian lainnya merupakan ketidakberuntungan.

    Nah, menurut kepercayaan suku Maya, sesuatu yang buruk akan terjadi jika kalender “Long Count” berakhir. Berbagai pembagian dilakukan para ahli, namun karena suku Maya mendasarkan perhitungan numerik pada siklus 13 dan 20, maka bisa jadi hari terakhir kalender mereka adalah 13.0.0.0.0. Kapankah itu? Angka 13.0.0.0.0 merepresentasikan 5126 tahun dan “Long Count” ini berawal pada 0.0.0.0.0 yakni 11 Agustus 3114 SM menurut penanggalan Gregorian.

    Nah, dengan demikian, kalender Maya akan berakhir 5126 tahun kemudian, yakni 21 Desember 2012. Inilah yang jadi dasar pemikiran tentang kiamat di tahun 2012.

    Akhir Dunia

    [​IMG]
    Ilustrasi tabrakan yang terjadi. Kredit : NASA

    Sepertinya, saat sesuatu itu berakhir, termasuk ketika perhitungan kalender kuno berakhir, masyarakat cenderung berpikir pada kemungkinan ekstrem bahwa peradaban juga akan ikut berakhir. Entah dengan cara apa dunia akan berakhir. Berbagai argumentasi bermunculan, antara lain Bumi akan ditabrak oleh sebuah planet, asteroid, atau entah bencana apalagi. Intinya, jika kalender ini berakhir maka Bumi akan tersapu dan hancur.

    Ahli arkeologi dan juga orang-orang yang keahliannya pada hal mitologi percaya bahwa akan ada era pencerahan yang muncul jika 13.0.0.0.0 tiba. Dan ini juga tidak berarti akan kiamat atau apa pun. Tidak ada bukti yang menunjukkan dunia akan berakhir. Bahkan, jika memang ada, maka suku Maya bisa dikatakan berhasil memprediksikan sebuah keajaiban religius.

    Mitos terus berkembang, bahkan film Indiana Jones and the Kingdom of Crystal Skull sepertinya dibuat berdasarkan mitos suku Maya. Dikatakan, 13 tengkorak kristal akan dapat menyelamatkan kemanusiaan dari kiamat. Mitos di film ini mengatakan jika ke-13 tengkorak kuno ini tidak diletakkan bersama pada waktu tertentu, Bumi akan bergeser dari sumbunya. Menarik memang untuk sebuah film, bisa meraih penontonnya yang mudah percaya pada mitos ….

    Tak hanya itu. Mitos yang berkembang mengatakan bahwa Bumi akan dihancurkan oleh tabrakan Planet X, tabrakan meteorit, dihisap lubang hitam, dibunuh oleh flare Matahari, Bumi hancur oleh ledakan sinar gamma dari sistem bintang, datangnya zaman es yang lebih cepat dan pergeseran kutub magnet. Bahkan setiap prediksi disertai bukti-buktinya sendiri. Dan pada akhirnya begitu banyak pengikut kiamat 2012 ini. Sayangnya tak satu pun argumentasi yang diberikan itu bisa dibuktikan kebenarannya.

    Fakta yang ada menyatakan Nubuat Kiamat Suku Maya murni berdasarkan kalender yang memang tidak didesain untuk menghitung penanggalan setelah 2012. Hal ini disebabkan karena suku Maya mendasarkan perhitungan pada siklus 13 dan 20.

    Arkeo-astronom Maya bahkan masih memperdebatkan masalah kalender “Long Count” ini. Pertanyaannya, apakah kalender ini akan kembali ke 0.0.0.0.0 setelah 13.0.0.0.0 atau akan terus berlanjut sampai 20.0.0.0.0 (sekitar 8000M) dan kemudian kembali ke 0.0.0.0.0?

    Mengutip kata-kata Karl Kruszelnicki dalam “Great Moments in Science“:

    “ … ketika Kalender mengakhiri siklusnya, ia akan berputar kembali ke siklus berikutnya. Dalam masyarakat modern, setiap tanggal 31 Desember tidak diakhiri dengan akhir dunia, namun dilanjutkan oleh siklus berikut yakni 1 Januari. Karena itu, 13.0.0.0.0 dalam kalender Maya akan diikuti oleh 0.0.0.0.1 atau 22 desember 2012, yang hanya menyisakan beberapa hari untuk berbelanja keperluan Natal.”

    Siklus kalender Maya boleh berakhir, namun siklus baru akan kembali berulang … dan membawa hari baru bagi penghuni Bumi.

    Sumber : langitselatan.com

    Bagi yang berkenan :thx:

    Dan jika salah ruang mohon bantuannya :sembah:

    Dan sekali lagi maaf kalo repost
     
    Last edited by a moderator: Nov 30, 2009
    • Like Like x 11
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ReaLz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +224 / -0
    Y lha... Jgn kiamat dolo dah.... Masi maw menikmati hdup ne...
     
  4. Offline

    kitajima Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ga ada yg bisa nentuin kiamat gan kira2 pun 99,99% ga tepat karena itu di tangan sang "Pencipta" jgn langkaui kuasaNYA lah Dia yang punya suka 2 Dia lah sama apa yg Dia punya
    ya kan gan!!!
     
  5. Offline

    yuuki Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +457 / -0
    masi tetap jd penganut 'kiamat itu rahasia Tuhan' kok
    thanks buat infonya :top:
     
  6. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    sebenarnya ada banyak bangsa selain bangsa maya bahkan sebelum maya yg meramalkan kiamad nyoo ~~!!

    and banyak di antaranya malah tak terjadi ( seprti kiamat thn 6 - 6 - 1666 dr bangsa yeorgigia ) semuanya hanya HOAX belaka nyoo ~~~!!

    ntar kalau gw ud banyak ketemu artikel gw buat tred nya
     
  7. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,762 / -0
    sebenernya bisa aja kiamat 2012, atau bisa jadi lebih cepat. gak ada yang tau. bukan karena berhasil menemukan kelemahan kalender maya, lantas 2012 tidak mungkin kiamat. Intinya, tebakin aja terus dari tahun sekarang ampe seterusnya. suatu saat pasti benar, kan? jadi kalo ada yang menebak tahun ini kiamat, terus gak terjadi, berusahalah lagi di tahun 2010, 2011, 2012 dan seterusnya. jangan menyerah. suatu saat pasti anda benar.
     
  8. Offline

    pandakadabra The Mechanix Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    1,662
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,265 / -0
    ^
    ^

    Gw 17 sama bro/sist chynthia.

    Mau ramalan suku maya, asmat & dani ato suku bunga bank...:haha:
    Kalo mau tebak2an, ke Las Vegas aja... pasti puas! :haha:

    Dalam ajaran Islam si ada 2 kiamat. Kiamat kecil & Besar
    Kalo bener kejadian, smg aja kiamat kecil.


    @Ayamgoreng: Ditunggu trit'y...:siul:
     
    Last edited: Nov 30, 2009
    • Like Like x 1
  9. Offline

    McRoof Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +23 / -0
    Kita memang harus percaya kiamat pasti akan datang. Tapi kita tidak boleh percaya kapan datangnya. Itu dlm ajaran agama saya. Lha wong Nabi aja nggak dikasihtau kapan kiamat dateng...
     
  10. Offline

    Modjoh Senpai Regional Leader

    Joined:
    May 20, 2009
    Messages:
    8,248
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,704 / -1
    easy going aja...


    yang terjadi besok diurus besok...
     
  11. Offline

    Exultate Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    409
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +225 / -0
    kalo gitu kita juga buat prediski baru aja
    kiamat 31 desember 9999 karena itulah akhir dari nilai tahun yg sekarang
    hehehe
    ayo kita buat skenario untuk novel dan film nya
    :piss:
     
  12. Offline

    rizzanr Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,801
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,412 / -0
    hanya Tuhan yg tahu :piss:

    kita mah cuman bisa beribadah serajin mungkin :maaf:
     
  13. Offline

    r2314 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 16, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    apa suku maya jadi agama baru ya?
    setelah ada nya ramalan ini jadi banyak orang yg percaya dan ikut2an...
     
  14. Offline

    electrofuq Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ane baru nonton 2012 td, hehehe ketinggalan, tp karena filmnya mengecewakan, ane jd ilang ketertarikannya sama ramalan 2012. Dari awal pasti 2012 ini bukan kiamat, cuman perubahan siklus.. mungkin titik awal baru evolusi manusia :)
     
  15. Offline

    Kazuya777 Beginner Members

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +18 / -0
    Klo saya sih mengenai kiamat lebih percaya ke kitab suci deh daripada ramalan2 orang, suku/bangsa tertentu.
    Bukan e Tuhan (Allah) yg tau hari dan tanggalnya, jadi manusia gak bakalan tau deh kan rahasiaNya.
    Klo sampe manusia tau berarti gak akan terjadi di hari itu, inget kan tahun 2000 awal2 pernah juga ada gosip seperti ini.
    Jadi film 2012 emang enaknya ditonton karena efek2 yg ada didalamnya bener2 nyegerin mata.
     
    • Like Like x 1
  16. Offline

    shadiixx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    635
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,277 / -1
    iya nih di kalender hp gw aja masih ada tahun2 setelah 2012. Jangan mudah percaya sama begini-gini, petinggi bangsa maya yg sekarang aja bilang bahwa ga ada kiamat tahun 2012 kok.
     
    • Like Like x 1
  17. Offline

    red_dog Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 24, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +198 / -0
    gw kagum am kebudayaan jaman dulu, terutama peradaban suku maya. Jaman dulu udah mengenal sistem kalenderisasi, butuh perhitungan astronomi dan matematika yang hebat dalam pembuatan kalender.

    penandaan tanggal 1 Januari pun terasa sangat sulit pada masanya, sedangkan mereka sudah membuat kalender sampai pada tahun 2012 :hmm:

    tapi gw ampe sekrang g percaya kalo tahun 2012 tu kiamat

    alasan gw

    1. Kiamat tuh cuman tuhan yang tahu, bahkan nabi sendiri tidak tahu hal itu, bagaimana seorang dari suku maya yang notabene nya bukan nabi bisa mengetahuinya?

    2. Kalenderisasi memang berkahir pada tahun 2012. tapi apa mungkin 2012 disebut sbgai tahun terkahir? mungkin pada jaman itu masih juga mempunyai keterbatsan ilmu pengetahuan atau memang pada saat akan lanjut ke 2013 bangsa maya sedang terkena suatu bencana, wabah, atau konflik yang menyebabkan suku maya tersebut tdak dapat melanjutkan kalenderisasinya

    :piss:
     
    • Like Like x 1
  18. Offline

    ghusesup Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    trims buat infonya, mungkin sebagian orang ada yg merasa aman dengan info ini.

    tpi semua kan tergantung ama yang menciptakan idup tuh... kiamat itu urusan Tuhan, Nabi aja gak tau urusan kiamat, tp katanya (bocoran dikit nih...) kiamat akan terjadi hari Jum'at tapi gak tau Jum'at kapan, tinggal kita aja banyak2 kin "sangu" klo kata rang Jawa gitu.. hehehe...

    BTW thanks for the info gan.... :semangat::sembah::cihuy:
     
    • Like Like x 1
  19. Offline

    lordcadaz Beginner Members

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    445
    Trophy Points:
    167
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,466 / -2
    Manusia Ga bisa nentuin kapan kiamat lho gan ...

    bisa aja siap ane post neh comment 1 menit kemudian kiamat :hot:
     
    • Like Like x 1
  20. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,728 / -1
    Klo aku netral.
    Aku percaya akan Tuhan. Manusia emang ga bisa nebak.
    Klo masalah Pembaharuan mungkin juga
     
    • Like Like x 1
  21. Offline

    Veda Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    156
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    satu yang pasti soal 2012..
    2012= gold vault.

    buku2+film dengan tema ini laris manis.. :hahai:
    ada yang mau ikut ambil kesempatan dalam histeria sesaat ini.. mayan nambah2 rekening bank.. :piss:

    kalo minjem kata2 the last samurai: "it's not about how we dead, but its about how we lived" :onion-86:
     
    Last edited: Dec 1, 2009
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.