1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tentang NYAMUK dan faktanya...

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by raia2122, Mar 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    raia2122 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    356
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,936 / -0
    [​IMG]

    Hampir semua orang tua yang mempunyai anak balita, terlebih bayi, pasti menginginkan rumahnya terbebas dari nyamuk. Sayangnya, tamu tak diundang ini tidak siang maupun malam selalu saja berkunjung ke rumah kita. Terlebih bila di rumah banyak terdapat pepohonan rimbun dan tempat air tergenang.
    Menurut Soeroto Atmosoedjono, analisis bakteriologi lulusan Eijkman Institute, yang telah bergelut meneliti nyamuk lebih dari 60 tahun. “Nyamuk mengisap darah orang atau binatang untuk kelangsungan hidupnya. Selain untuk makan, bagi yang betina juga untuk dapat memproduksi telur. Oleh karena itu nyamuk betina mencari makan dengan cara menggigit, sementara nyamuk pejantan bisa mendapatkan zat-zat makanan dari alam, semisal dari sari-sari bunga.”
    Menurut peneliti yang pernah mendapat beberapa penghargaan dari dalam dan luar negeri ini, 2-3 hari setelah menggigit, nyamuk akan bertelur. Lalu beberapa hari kemudian telur-telur itu akan menetas di air menjadi jentik-jentik halus. Dari jentik lalu berkembang menjadi kepompong, sampai akhirnya menjadi nyamuk melalui proses metamorfosis.

    Nyamuk Anopheles
    [​IMG]

    Sering orang mengenalnya sebagai salah satu jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria. “Nyamuk malaria banyak terdapat di rawa-rawa, saluran-saluran air, dan permukaan air yang terekspos sinar matahari. Ia bertelur di permukaan air.”
    Nyamuk ini hinggap dengan posisi menukik atau membentuk sudut. Sering hinggap di dinding rumah atau kandang. Warnanya bermacam-macam, ada yang hitam, ada pula yang kakinya berbercak-bercak putih. Waktu menggigit biasanya dilakukan malam hari.
    Banyak jenis nyamuk Anopheles yang bisa menyebabkan penyakit malaria. Ada Anopheles sundaicus yang banyak terdapat di air payau, seperti di Kepulauan Seribu. Nyamuk ini berkembang biak di lingkungan yang banyak ditumbuhi ganggang. Ia akan meletakkan telurnya di ganggang hijau yang banyak reniknya, sehingga begitu menetas, jentiknya langsung mendapat makanan renik yang hidup di antara ganggang tersebut.
    Ada lagi Anopheles maculatus dan Anopheles balabacensis yang banyak terdapat di perbukitan, seperti di Bukit Manoreh, Yogyakarta. Biasanya nyamuk ini bertelur di mata air, di air rembesan, atau di sungai yang tak deras airnya, seperti di antara bebatuan sungai. Ada lagi Anopheles aconitus yang banyak hidup di daerah pesawahan atau saluran-saluran air yang ada rumputnya. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi jenis Anopheles lainnya. Menurut Soeroto ada sekitar 70 jenis nyamuk ini.
    Penyakit malaria yang ditimbulkan pun jenisnya bermacam-macam, tergantung jenis parasitnya. Semisal, ada malaria falsiparum, vivak, ovale, dan malariae. Selain itu, nyamuk Anopheles bisa juga menyebabkan penyakit kaki gajah.

    Nyamuk Aedes aegypti
    [​IMG]

    Nyamuk inilah yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Pada tubuhnya tampak bercak hitam-putih. Bila dilihat dengan kaca pembesar, di sisi kanan-kiri punggungnya tampak gambar dua buah arit berwarna putih. Paling sering hinggap di baju-baju yang menggantung dan berada di tempat-tempat gelap, seperti di bawah tempat tidur. Selain juga suka bertelur di air yang bersih, seperti di tempayan, bak mandi, vas bunga, dan lainnya. Ia bertelur dan menetas di dinding bejana air. Telur atau jentik nyamuknya bisa bertahan selama 2-3 bulan.
    Nyamuk ini menggigit di pagi dan sore hari, antara pukul 08.00 – 12.00 dan 15.00 – 17.00. Bila nyamuk ini sudah menggigit orang atau binatang, pada hari ketiga nyamuk tersebut akan bertelur, dan dua hari kemudian menetas. Setelah 8 hari, jentik tersebut sudah jadi nyamuk. Selama itu, 2 hari sekali nyamuk bertelur, sehingga si betina akan mencari darah lagi. Jadi, kalau nyamuk itu menggigit seorang penderita demam berdarah, maka kurang lebih dalam 10 hari nyamuk tersebut sudah infektif atau mengandung virus demam berdarah. Bila menggigit orang, virusnya akan masuk ke tubuh orang yang digigit. Virus demam berdarah akan ada selama nyamuk itu hidup. Karena setiap 2 hari sekali dia menggigit, maka virusnya bisa masuk ke orang lain lagi. Demikian terus penyebarannya.
    Menurut Soeroto, paling jauh nyamuk ini terbang dalam radius kurang lebih 50-100 meter ke kanan-kiri sekitar rumah. Jadi telur nyamuk demam berdarah bisa berada sekitar itu. “Oleh karena itu, bila sudah ada kasus demam berdarah di sekitar rumah kita, segeralah dilakukan pengasapan. Maksudnya, untuk membunuh nyamuk yang mengandung virus/nyamuk yang infektif, supaya tak ada penularan demam berdarah.”

    Nyamuk Aedes albopictus
    [​IMG]

    Spesies ini juga bisa menularkan demam berdarah. Nyamuk ini biasanya banyak terdapat di kebun atau di halaman rumah. Cirinya hampir sama dengan Aedes aegypti, yaitu bercak-bercak putih di badan. Bila dilihat dengan kaca pembesar tampak di median punggungnya ada garis putih.
    Waktu menggigitnya pun sama dengan Aedes aegypti, yaitu di pagi dan sore hari. Bertelurnya di air tergenang, misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang menampung air hujan di halaman rumah. Pada musim penghujan, nyamuk ini banyak terdapat di kebun atau halaman rumah karena di situ terdapat banyak tempat yang terisi air.

    Nyamuk Culex fatiqans
    [​IMG]

    Nyamuk rumah ini menggigit di malam hari. Hinggapnya di mana saja, entah itu di pakaian yang tergantung maupun di dinding rumah. Warna nyamuknya bermacam-macam, ada yang hitam, ada juga yang cokelat. Telurnya mengelompok, seperti membentuk rakit. Jentiknya menggantung di air. Ciri nyamuk ini, saat hinggap posisi tubuhnya tidak menukik tapi mendatar.
    Ia lebih banyak ditemui di air keruh atau tempat yang banyak mengandung material organik atau bahan makanan, seperti di got.
    Nyamuk ini bisa menjadi perantara penyakit kaki gajah atau filariasis. Penyakit ini penyebabnya adalah cacing Wuchereria bancrofti yang berada dalam darah seorang penderita. Bila nyamuk mengisap darah penderita yang mengandung bibit filariasis, maka cacing dari penderita tersebut bisa terbawa dan ditularkan pada orang lain lewat gigitannya.

    BEBERAPA HAL YANG HARUS AGAN KETAHUI TENTANG NYAMUK
    1. Nyamuk itu sebenarnya enggak gigit tapi menghisap.
    2. Jenis nyamuk itu ada lebih dari 2500 jenis. Kebanyakan bergerak aktif pada waktu dini dan malam hari.Tapi ada juga jenis nyamuk yang menghisap ditengah hari.
    3. Bukan Cuma manusia aja yang suka tempat gelap, tapi nyamuk juga suka tempat gelap,seperti dipohon, rumput”an.
    4. Nyamuk lebih suka menghisap darah manusia yang memakai baju warna terang daripada yang warnanya gelap.
    5. Bukan Cuma manusia juga yang punya selera, tapi nyamuk juga. Ada nyamk yang suka darah manusia, kerbau, burung, kura-kura dsb
    6. Nyamuk bisa kimpoi di udara dalam 15 detik ini udah termasuk pedekate.
    7. Nyamuk jantan adalah pemakan sayuran alias vegetarian. Kenapa nyamuk betina enggak?? Soalnya dalam darah itu terdapat protein yang mereka butuhkan untuk menghasilkan telur.
    8. Nyamuk mendeteksi manusia lewat helaan nafas kita, terutama waktu kita tidur dan olahraga.
    9. Nyamuk juga merupakan salah satu distributor penyakit buat manusia. Contoh : malaria.
    10. Goresan dikulit akibat gigitan nyamuk merupakan reaksi alergi terhadap liur nyamuk yang disuntikkan ke tubuh kita guna mencegah pembekuan darah.

    PENYEBAB NYAMUK MEMILIH KORBANNYA
    Nyamuk menyerang manusia yang tubuhnya menghasilkan kelebihan asam-asam tertentu, seperti asam urat. Unsur ini dapat merangsang sensor pembau pada nyamuk, menggerakkan mereka untuk mendarat dan mencurigai calon korban-korbannya. Nyamuk dapat “mencium” bau makan malamnya dari jarak yang luar biasa, yakni 50 meter.

    Selain itu gas karbondioksida juga menarik bagi nyamuk, bahkan dari jarak yang jauh, demikian penjelasan Conlon. Nyamuk lebih menyukai orang dewasa dibanding anak-anak karena kecenderungan gas karbon dioksida yang dihasilkan lebih banyak. Wanita-wanita hamil juga beresiko lebih tinggi, karena sebab yang sama. Gerakan dan suhu panas tubuh juga menarik bagi nyamuk.

    Oleh sebab itu, jika anda ingin menghindari serangan gencar nyamuk pada malam hari, hindari kegiatan yang menimbulkan banyak gerakan, nafas terengah-engah sehingga menghembuskan banyak gas karbon dioksida, dan jangan berkeringat karena asam laktat dalam keringat merupakan daya tarik kuat bagi nyamuk untuk menggigit anda.


    sumber


    mohon kiranya agan menggerakan kursor mouse ke tanda jempol
    yang disebelah kiri n klik.. :hihi:
     
    • Like Like x 20
    • Thanks Thanks x 20
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    sunsphoenix ~Super Cool~ Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,735
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,174 / -0
    susah gan klo g berkeringat, meski dikit tetep aja berkeringat, >>> kdu rajin2 mandi deh :piss:
     
  4. Offline

    jampanx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    1,031
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +504 / -0
    klo gw emang paling sering digigit nyamuk dibandingkan dengan anggota keluarga yg lain...
    selama ini nganggepnya mungkin karena darah ane emang manis [sedikit mengandung bahan kimia] kali....sebab ane tuh ngga merokok n jarang makan obat klo sakit..

    mungkin ngga yah karena hal2 tsb??? soalnya kerabat yg merokok atau anggota keluarga yg klo sakit sedikit langsung minum obat tuh nggak/ jarang digigit nyamuk....
     
  5. Offline

    akhfauzan Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    Nice info gan...
    denger2, kmaren ada progie yang bisa buat ngusir nyamuk pake Computer/laptop, tapi kurang efisien mengingat masa tiap malem laptop di panjer hidup terus....kankasian lapienya....

    Agan agan semua, kalo berkenan tolong posting cara membuat perangkap nyamuk yang mudah, simple, murah juga efisien untuk membasmui nyamuk....
    thanks ya gan...
     
  6. Offline

    valr1st Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +181 / -0
    pantesan yah kalo abis mandi nyamuk boro2 yang datang tapi setelah beberapa lama lagi pas kita udah agak keringetan lagi nyamuk datang lagi ... hmmm


    ditambah 1 gan itu kalo pake anti nyamuk itu nyamuk benci wanginya atau nyamuk ga suka bahan yang kita oleskan ke kulit
     
  7. Offline

    king_of_love The True Noblesse Gatotkaca

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +46,772 / -0
    Kalau nyamuk bisa seperti ini, gak ada tempat aman lagi dong buat manusia. Kita pasti berkeringat, bahkan ketika kita hanya bergerak sedikit. Ckckck... Kayaknya pakai obat nyamuk bakar juga percuma ya
    :yareyare:
     
  8. Offline

    NuRaider Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,866
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,511 / -0
    Pantesan nyamuk seneng sama yang berkeringet keringt yah.. :hehe:

    Nice info..
     
  9. Offline

    jayz91 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    507
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +66 / -0
    weis..infonya lengkap :top:
    kayanya smua jenis nyamuk yg dibahas diatas ada d sekitar rumah gw deh.. :hot:
     
  10. Offline

    royal_h Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,666 / -0
    ada tips nggak supaya nggak digigit nyamuk
    tapi kalo bisa yang gratis, alias nggak pake produk anti nyamuk:piss:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    wantek Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    1,050
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +274 / -0
    Tambahin, cara nyamuk ngecek targetnya emang dari zat kimia yg dikeluarin tubuh kita, trus ada yg namanya SELERA nyamuk, gara2 itu juga ada orang yg baru 10 detik keluar rumah dah abis bentol2 trus ada juga yg ampe 30 menit yg nyerang cuma beberapa ekor doank karena dari zat kimia yg dicium nyamuk tuh orang ngga appealing darahnya
     
  12. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    ada yg kurang... bukannya golongan darah O rasanya manis bagi nyamuk :???:
     
  13. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    masak sih :kaget:

    aye seh, gol. darah O... berarti aye manis donk :malu:
     
  14. Offline

    GORI Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,267 / -0
    di Kepulauan babel (tempat ane tinggal sekarang) sekitar tahun 2006-2010, ditemukan beberapa kasus demam berdarah dan filariasis yang ditularkan melalui nyamuk... parahnya lagi, meski sudah banyak kasus, pemerintah setempat tidak melakukan langkah prefentif yang optimal... hanya melakukan pengasapan saja alias fooging... pengasapan oleh pakar kesehatan tidak dapat membunuh nyamuk secara total, dia hanya bersifat "memingsankan" saja... karena jentik2 nyamuk di air dan selokan lebih berbahaya, karena dia bisa menjadi ribuan nyamuk dewasa jika tidak di basmi...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  15. Offline

    chicken_little Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,223
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,578 / -0
    dulu waktu sma gw penah digigit nyamuk pagi2 waktu olahraga, nyamuknya belang2 mencolok gitu.. wa kira nyamuk demam berdarah, takutnya kena demam berdarah juga.. tapi koq gak kenapa2 yah.. ato gw nya aja yg hebat anti penyakitan ato memang waktu itu gw belom sempet disuntik terus dihisap darahnya..
     
  16. Offline

    tertindas Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    4,017
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +30,770 / -0
    IMO.. itu tergantung daya tahan tubuh qt jg
    dulu dikosan ada 1 temen yg kena demam berdarah sedangkan temen yg lænya tidak
    usut punya usut katanya waktu itu temen q lagi stress karna lg punya mslh
    dan stres kan bisa mengakibatkan daya tahan tubuh qt turun :hmm:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  17. Offline

    chicken_little Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,223
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,578 / -0
    anehnya gw mudah sekali kena flu :hmm:
    oh iya btw, seingat gw dulu nyamuknya warnanya belang2 antara hitam putih dan ijo muda terang kek warna ijonya stabillo gitu.. keren sih tapi klo membawa virus berbahaya ngeri juga.. apalagi gw lihatnya lagi hinggap ditangan gw, mau gw tabok pake tangan satunya eh keburu kabur tuh nyamuk.. keknya belom sempet hisap darah deh, soalnya gw gak merasa gatal di daerah kulit tangan gw yg dihinggapi nyamuk tsb.. biasanya kan habis digigit nyamuk pasti kerasa gatal.. :hmm:
     
  18. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,726 / -1
    Wa kalo keringa ga bisa ditahan karena cuaca gimana :???:
    Pake parfum :???:
    Aneh juga masa nyamuk jantan doang yg menghisap daah :dead:
     
  19. Offline

    allucalt Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    1,075
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,640 / -0
    tau dari mana darah O manis???
    emang uda pernah dicoba ya??
    mang darah laen ga manis :???:
    btw.. ane darah O, pantes aja digigit nyamuk terus tiap hari :nangis:
     
  20. Offline

    deJeer Watching You Administrator

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    16,026
    Trophy Points:
    222
    Ratings:
    +30,091 / -1
    biasakan memakai lotion anti nyamuk...
    dan biasakan hidup bersih..
    pribadi maupun lingkungn...
    :sigh:
     
  21. Offline

    just_fluke Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    bener banget neh gan. kalo lagi dirumah ane jarang keringetan dan ga pernah di gigit nyamuk tuh hehehe
    tp kalo tidur di luar gitu. daerah gunung gt tetep aja gan di gigit nyamuk tuh walaupun ga keringetan. kenapa yach??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.