1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Physics and Chemistry Teleportasi

Discussion in 'Science and Technology' started by Shuichi, Jul 3, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,772 / -2
    Apakah manusia dapat melakukan TELEPORTASI yang sekarang masih menjadi misteri ???

    ad 21 kemungkinan akan jadi gerbang penemuan teknologi-teknologi yang mencengangkan. Ketika kapasitas komputer telah membesar, kecepatan pengiriman sinyal informasi meninggi, dan cetak biru manusia telah terpetakan, teleportasi pun tak menjadi sesuatu yang mustahil.

    Akan tetapi tunggu dulu, sebelumnya apa yang dimaksud dengan teleportasi itu sendiri? Bagi sebagian besar kita, ‘benda’ yang satu ini memang pasti belum familiar. Maklum, selain perancangannya belum final, rangkaian peralatannya hanya ada di laboratorium khusus yang biasa digunakan untuk menguji masalah-masalah fisika kuantum di sebuah universitas di Amerika, yakni di Universitas Innsbruck.

    Sesuai dengan susunan suku-katanya, benda yang satu ini memang tak lain dari sebuah konsep moda transportasi jarak jauh. Akan tetapi berbeda dengan moda transportasi jarak jauh konvensional seperti jet komersial long-haul Boeing 747, Airbus A340, atau B777 sekalipun; ajaibnya moda transportasi ini tak bermedium. Lalu? Kedengarannya memang mengada-ada: dia tak perlu lagi medium karena benda atau orang yang diantarnya akan lebih dulu dilebur hingga tingkat atomik/kuanta untuk kemudian ‘dikirim’ lewat sinyal elektromagnetik, dan segera dibentuk kembali sesuai ujud semula berikut sifat-sifat aslinya di tempat tujuan dengan teknik yang tak kalah canggih. Itulah sebabnya, jangan kaget bila peralatan ini bisa mengantar muatannya dalam waktu yang begitu singkat. Kabarnya, untuk jarak hingga 40.000 kilometer, dia bisa menuntaskannya hanya dalam beberapa detik!

    Sama sekali tak ada yang menyalahkan jika untuk sementara ini Anda mungkin hanya tersenyum tak percaya karena gambarannya yang begitu absurd. Namun yang jelas di Innsbruck, moda transportasi yang sarat peralatan canggih dan sepenuhnya tergantung fenomena alam ini masih terus-menerus disempurnakan enam ilmuwan pilihan yang direkrut dari sejumlah institusi yang juga pilihan. Sebaliknya, mereka nampak begitu optimis karena semua prinsip teknologi yang akan digunakan untuk membangun moda transportasi ajaib ini telah berhasil ditemukan.

    Diantaranya adalah: komputer kapasitas tinggi yang paling tidak telah sanggup merekam seluruh detil tiga dimensi tubuh manusia (seluruhnya mencakup 10 Gigabytes atau setara dengan 10 CD ROM); teknik pemecahan sandi (enkriptografi); peralatan NMR (nuclear magnetic resonance) dan ESR (electron spin resonance) yang bisa digunakan untuk men-scan sebagian besar atom atau nukleus dari tubuh manusia; transmiter via satelit yang sanggup mengirim ribuan Gigabytes data hingga ke tempat terpencil seperti yang kini bisa kita saksikan dalam teknologi internet; dan lebih spesifik lagi berkat jasa Albert Einstein-Boris Podolsky-Nathan Rosen pada tahun 1930-an dunia telah berhasil mengetahui jeroan setiap zat atau benda lewat teori mekanika kuantum. (Teori ini menjelaskan perilaku unit-unit zat yang paling kecil, yakni kuantum energi berikut partikel-partikel sub-atomnya seperti elektron, proton, dan quark. Pemahaman atas perilaku partikel-partikel yang sangat kecil ini serta-merta membuka cakrawala pandang baru ke dalam hukum-hukum fisika atom.)

    Keenam ilmuwan yang tengah mempertaruhkan reputasinya itu, adalah Charles Bennett dari Pusat Riset IBM, New York; Gilles Brassard dari Universitas Montreal; Claude Crepeau dari Laboratorium Informatika de l’Ecole Normale Superieure, Paris; Richard Jozsa dari Universitas Montreal; Asher Peres dari Institut Teknologi Haifa, Israel; dan William K. Wootters dari Williams College, Massachusetts.

    Begitu pun, ditengah segala kesan kecanggihannya, ide perancangan sang teleportasi ternyata luar biasa sederhana. Seperti diungkap Samuel L. Braunstein dalam situs schmuel @tangelo.phys. unm.edu, idenya hanya berangkat dari peralatan kantor yang begitu sederhana yakni mesin faksimili dan peralatan transporter dari sekuel fiksi-ilmiah Star Trek.

    Star Trek

    Jika Anda penggemar serial TV Star Trek, untuk memahami cara kerja atau kegunaan dari teleportasi tentunya memang akan lebih mudah. Dalam serial karya Gene Roddenberry yang dibangun dengan seting peradaban manusia pada abad 23 tersebut, peralatan ini biasa digunakan para awak starship (kapal bintang) untuk berpindah tempat dari kapal mereka ke tempat-tempat terpencil atau ke sesama kapal bintang. Jarak yang direngkuh biasanya mencapai puluhanribu kilometer.

    Cara kerjanya memang amat futuristik. Orang atau benda yang akan dipindah sebelumnya diurai dahulu hingga ketingkat kuanta. Selanjutnya dengan transmiter khusus, kuanta-kuanta ini dikirim dengan kecepatan cahaya menuju sebuah tempat yang posisi koordinatnya telah direkam. Di tempat inilah orang atau benda yang dikirim tadi disusun kembali sesuai ujud dan sifat semula. Seluruhnya dikendalikan dari mesin transporter di tempat pengiriman.

    Alkisah, peralatan tersebut adalah hasil karya ahli teknik Montgomery Scott, awak kapal ruang angkasa USS Enterprise NCC 1701D. Scott berhasil menuntaskannya pada tahun 2369. Peralatan ini bisa memindahkan benda apapun selama dalam perjalanannya tidak menghadapi perisai medan elektromagnetik. Dalam sekuel Star Trek yang lebih moderen, Lieutenant Commander Data, melengkapinya dengan teleporter portabel yang dikenal sebagai Pattern Enhancer.

    Namun kini pertanyaannya: akankah alat seperti ini bisa jadi kenyataan? Untuk saat ini memang belum ada seorangpun yang bisa memastikan. Namun dengan terkuaknya satu per satu fenomena alam dengan segala kekuatannya, adanya revolusi di bidang rekayasa bioteknologi, teknik informatika, serta kian dipahaminya prinsip-prinsip mekanika kuantum, paling tidak telah menekan derajad ‘kemustahilannya’. Bagi para ilmuwan sendiri, selama seluruh prinsip pembangunnya logis dan ilmiah, tak ada sesuatu yang tak mungkin. Toh, teknologi laser dan ponsel mungil yang sama-sama dikenalkan dalam serial ini, tanpa diduga kini telah menjadi ’sesuatu’ yang biasa-biasa saja.

    Hingga sejauh ini, Bennett dan kawan-kawannya sendiri paling tidak telah mengantungi sejumlah kesuksesan dalam eksperimennya. Diantara yang paling menakjubkan adalah lewat uji coba teleportasi kuantum yang dilakukan tiga tahun lalu. Kala itu, di Innsbruck, Bennett berhasil untuk pertama kalinya membuktikan bahwa moda teleportasi bukanlah sesuatu yang mustahil. Dalam uji-coba ini, mereka berhasil ‘mengirim’ sebuah foton ke suatu tempat. Dan, ditempat tujuan foton itu didapati dengan fisik dan sifat yang serupa.

    Dalam eksperimen ini (lihat bagan 1), persisnya, sebuah stasiun yang diberi kode nama ‘Alice’ ditugaskan mengirim ’sifat sebuah foton’ ke stasiun yang diberi kode nama ‘Bob’. Sifat tersebut adalah polarisasi dengan sudut 45 derajad yang selanjutnya diintepretasikan oleh mesin transporter. Ketika sifat berupa sudut itu dikirim, serentak mesin pulsa foton menembakkan dua foton. Satu ditangkap detektor 1 untuk diterjemahkan, sedang yang lainnya ditangkap detektor 2 untuk diisi sifat yang dikirim tadi. Rancangan mesin (lihat foto 1) Bennett dan kawan-kawan ternyata berhasil menjalankan misi inisial ini.

    Meski sang foton tidak pindah secara fisik (hanya sifat dan perilakunya saja yang pindah), salah seorang kolega Charles Bennett bernama Curtis Barrett mengatakan, dengan teleportasi kuantumnya, keenam ilmuwan telah membuka pintu pengembangan ilmu dan teknologi masa depan. Apa yang dicapainya semakin menggenapkan keingintahuan manusia akan alam dan jagad raya, bahwa aplikasi yang terus-menerus dari fenomena fisika telah berkali-kali membuka cakrawala baru.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ark_beetle Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,189
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    Teleportasi.. untuk hal ini digunakan kepada benda mati wa optimis akan berhasil.. tapi untuk mahluk hidup terutama manusia wa masi pesimis.. karena struktur tubuh manusia itu jauh lebih rumit dan entah kenapa teknologi teleportasi yang katanya memecah tubuh dalam tingkat molekur terdengar menyeramkan bagi saia
     
  4. Offline

    agung242 Silent Reader Members

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    enak donk kalo bisa teleport..

    ke sekolah gk bakal telat..

    gk ada macet lagi..

    :lol:
     
  5. Offline

    hanimon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    1,928
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,196 / -0
    kalo benda dilebur jadi tingkat atomik, terus diteleport dan tiba ditujuan ada yang ketinggalan/gagal, hancur deh fisik benda tsb.
    kalo benda mati gpp, kalo benda hidup :onion-30:
     
  6. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,266 / -0
    itu namanya takdir...:onion-98:
     
  7. Offline

    agraemail Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    629
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +100 / -0
    denger kata2 tubuh manusia yg sbegitu kompleksnya mau dilebur sampai tingkat atomik dan dikirim lewat sinyal elektromagnetik serem jga. tpi gw sih lebih concern ke nasib sopir angkot, masinis, pilot dsb.
     
  8. Offline

    calcium Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +247 / -0
    akakakaa, mikrolet n bluebird ga laku lagi, airasia tiap hari obral tiket. LOL

    tapi kalau pengirimannya gagal, kira-kira efeknya bakal gimana ya? lenyap dari dunia atau berkelana selamanya dalam sinyal? download aja sering gagal.
     
  9. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,761 / -0
    Sebenernya si bukannya tidak mungkin. Ini adalah salah satu kegunaan rumus Einstein E=mc2 dimana massa (tubuh manusia) bisa dikonvert menjadi energi dan sebaliknya energi bisa dikonvert kembali menjadi massa. jadi saat akan ditransfer, massa diubah dahulu menjadi energi. kemudian energi ini akan ditransfer dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Proses transfer energi semacam ini pernah gua liat di Discovery saat ilmuwan mencoba menangkap energi sinar matahari dengan solar cell. kemudian dengan memakai parabola, gelombang ini dipancarkan ke parabola lain. untuk menguji apakah energi tersebut tertransfer atau tidak, receiver energi dihubungkan dengan sebuah charger HP. Dan ternyata HP mulai re-charge. Namun kerugiannya adalah jarak antar pemancar tidak bisa terlalu jauh, harus dekat. Dengan pemancar dekat pun tingkat efisiensi sangat kecil. Jadi banyak energi yang terbuang dalam proses transfer energi. Yang jadi persoalan adalah :
    1. badan kita kan dikonvert menjadi energi. nah berhubung pada saat transfer, ada energi yang terbuang, berarti yang terbuang itu bisa jadi kaki atau tangan ato kepala kita.:onion-92::onion-92:
    2. Jika sudah ditemukan cara mentransfer energi dengan efisiensi 100 % alias tak ada energi yang terbuang, ada satu masalah lagi. bagaimana cara menyusun kembali energi menjadi tubuh dengan teratur? kan lucu kepala jadi di pantat, trus ada kaki di kepala lu.:onion-11::onion-11::onion-11:

    kalo teleportasi yang hanya mentransfer satu atom saja, kayaknya uda berhasil de. cuman g lupa baca dimana. pengertian satu atom disini adalah misalnya air kan H20 --> 2 atom H dan 1 atom O. yang bisa diteleport cuman 1 atom H doang
     
  10. Offline

    RockD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    582
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +881 / -0
    hi... serem juga. klo misalnya terjadi kegagalan gimana?
    misalnya mau teleport manusia tapi setengah badan sampai ke tujuan dan setengahnya lagi nyasar ke ujung kulon sono.
     
  11. Offline

    tivaro27 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,228
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,810 / -0
    Sama kayak wa masih pesimis. Masalahnya klo beda sedikit aja susunan molekularnya maka orang nyang di teleportasi gak akan berwujud manusia utuh lagi. Wa gak berani bayangkan deh! Misalnya diteleportasi tubuhnya dapat tersusun dgn baik tapi tulangnya ataw apalah tertinggal ditempat lain. Hiiii
     
  12. Offline

    Ryutaro8098 Members

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Menurut Gw sih ad cara lain buat teleport... Mungkin suatu saat manuasia bisa memanfaatkan smua fasilitas super canggih yang diberikan tuhan...
    ngapain coba melebur manusia jadi struktur subatomik klo manusianya bisa masuk daam kendaraan atw pake pelindung trus di kirim lewat lubang waktu..??


    atw g mungkin aja kan manusia bisa memanfaatkan otaknya yang 90% lagi buat teleport tanpa alat cukup pake kekuatan phsicyc (rada ngawur yah)!! hihihi
     
  13. Offline

    Sine Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +638 / -0
    Swt teleport aja kaya gt serem banget sih
    mending pk pintu kemana aja yg punya doraemon or yg ky d heroes
     
  14. Offline

    renkinjutsushi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    1,434
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,279 / -0
    kalo dipikir-pikir kayanya bisa aja manusia teleportasi, tapi logikanya sangat rumit, bisa aja asalnya A pas nyampe tujuan bentuknya jadi B, hhe. . . .
     
  15. Offline

    Anecdot Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20 / -0
    klo beneran terbukti jdny praktis donk kemana2 tinggal teleport tp apa klo teleport organ tubuh kita gk rusak y?
     
  16. Offline

    evancode Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    2,065
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,087 / -0
    intinya setiap benda di bumi ini terbentuk dari sel-sel atom yang saling mengikat satu sama lainnya, jadi klo sel-sel tersebut di uraikan dan dikirimkan kesuatu tempat lalu disuatu tempat lagi sel2 itu digabungkan. yang gak ngeti itu bagaimana caranya supaya sel2 itu bisa teruraikan dan melalui apa bisa terkirimkan? yang pastinya dibutuhkan sebuah sistem yg sangat kompleks yang hampir2 setara dengan Tuhan yang tau secara persis sistem tubuh mahluk hidup maupun benda mati.

    tapi sih denger2 udah dari tahun2 kemaren tuh NASA meneliti teleportal mungkin biar bisa ngirim awaknya ke luar angkasa kayak di startrex.

    tapi emang banyak hal2 mustahil dimasa lalu yang terbukti sekarang, dulu thomas alfa edison aja dikira gila cuma buat nemuin lampu, michael faraday yg menemukan energi elektromagnet (klo gak salah), trs alexander graham bell yg nemuin telepon.
    sekarang lampu siapa sih yg gak pernah liat, lalu motor yg asalnya dari medan elektromagnet, trs yg menjadi cikal bakal era informasi online yaitu telepon.

    jadi bukan gak mungkin nanti hal2 itu bakalan terwujud, Tuhan udah ngasih kita banyak keajaiban dan Tuhan sendiri yang berpesan bahwa hal2 yang dibuat manusia tidak akan gagal (selama Tuhan berkehendak tentunya).
     
    Last edited: Jul 9, 2009
  17. Offline

    on1ch1 Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo misalnya lg transport, trs lag mendadak gmn?? huehe..

    trs, klo transport 2 org ato lebih. kan kita physically di convert ke energi, nah klo pas disatuin lg, tp malah ngelebur gmn?? jd gabung dunk org2-nya, hue..
     
  18. Offline

    BackO Silent Reader Banned User

    Joined:
    Nov 8, 2008
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    wew teleport entar kek di film DOOM dong yang bagian atas kemana yang bawah kemana ehehe
     
  19. Offline

    Dunceney Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    515
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,654 / -0
    pas ditransport apa mnggak ada halangan? kayak jamming gitu?
     
  20. Offline

    diamaku Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 4, 2009
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    mustahil gw bilang...
     
  21. Offline

    greenteanovi211 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    Kalo bisa teleport kasian jasa transportasi...
    mending kayak gini aja.. biar macet tapi banyak keluarga yang dikasih makan (kenek bis, kenek angkot, tukang becak, dll)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.