1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

teh hijau dan taichi untuk tulang sehat

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Jun 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Beberapa penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, risiko terkena penyakit degeneratif kronis, seperti penyakit jantung dan osteoporosis bisa dikurangi.

    Efek ini ternyata akan makin maksimal jika dipadukan dengan latihan tai chi. Seperti dilansir dari laman Times of India, Chwan-Li Shen, profesor di Institute Laura W. Bush, di Texas Tech University Health Sciences Center, menemukan bahwa minum teh hijau dan berlatih tai chi dapat meningkatkan kesehatan tulang serta mengurangi risiko peradangan pada wanita pasca menopause.

    Melalui penelitiannya ia melihat potensi teh hijau yang bekerja sinergis dengan tai chi dalam meningkatkan kekuatan tulang. Dengan teknik penelitian double-blind serta mengandalkan pil plasebo terkontrol, percobaan melibatkan 171 responden yang merupakan wanita pasca menopause.

    Para wanita memiliki tulang yang lemah tetapi tidak mengalami osteoporosis penuh. Penelitian pun dilakukan selama enam bulan.

    Profesor Shen lalu membagi responden wanita dalam empat kelompok. Kelompok pertama diberikan obat plasebo dan tidak melakukan tai chi, kelompok kedua diberikan pil teh hijau tapi tidak melakukan tai chi. Kelompok ketiga diberi pil plasebo tetapi mereka melakukan tai chi tiga kali seminggu, sementara kelompok keempat diberi pil teh hijau dan melakukan tai chi.

    Sampel darah dan urin responden lalu diteliti. Hal ini untuk mengetahui kekuatan otot para wanita. Hasil penelitian menunjukkan, dengan mengonsumsi 4 hingga 6 cangkir teh hijau setiap hari dan melakukan tai chi, kesehatan tulang meningkat dalam waktu tiga bulan.

    Efek yang sama juga ditemukan pada titik kekuatan otot dalam waktu 6 bulan. Konsumsi teh hijau dibarengi dengan tai chi diketahui bisa mengurangi tanda-tanda biologis stres oksidatif, pemicu utama peradangan.

    Responden yang melakukan tai chi juga diketahui mengalami peningkatan yang signifikan dalam kualitas hidupya. Bukan hanya kesehatan fisik tetapi juga emosional dan mental.

    Shen menyimpulkan bahwa ada efek menguntungkan dari konsumsi teh hijau. Yaitu mampu 'merenovasi' secara sederhana tulang pada pra-osteoporosis. Hasil penelitian dipresentasikan dalam bentuk poster di pertemuan Experimental Biology pada 10 April 2011 lalu. (eh)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/229773-teh-hijau-dan-tai-chi-demi-tulang-sehat
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    lubhbinka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +20 / -0
    ouuuu, jadi disamping mengkonsumsi teh hijau kita juga mesti ngelakuin taichi biar tulang kita sehat, yaa sama aja kayak minum susu harus diimbangi dengan jalan santai seribu langkah perhari
     
  4. Offline

    adi_bayumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,553 / -0
    oh pantas aja orang jepang walopun tua masih kuat aja jalan kaki... salah satunya karena teh hijau toh.....
     
  5. Offline

    roenha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 13, 2010
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +8,443 / -0
    Sayang Teh hijau warnanya kurang coklat...
    Kalau warnanya coklat rasanya malah pahit :hot:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.