1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

[tanya] cara memilih susu formula

Discussion in 'Lifestyle' started by cccynthia, May 31, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    cccynthia Members

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    gmn ya caranya kita memilih susu formula utk balita kita agar tidak terjadi kegemukan krn kandungan gulanya yg berlebih ?
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    taniatania Members

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    coba di cek aja di kandungannya...
    ada mengandung gula tambahan gak...
    ati2 tuh kalo milih susu formula... jangan sampe coba2 ke anak..
     
  4. Offline

    yuanit4 Members

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    cara ceknya gmn mom??

    gula tambahan tu yg seperti apa ya mom??
     
    Last edited by a moderator: May 31, 2011
  5. Offline

    cintalove Members

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    cara ngechecknya gimana bun?kode2 nya kl itu gula apa yaaaanama nya share`dong

    bunda emangnya kl anak obesitas itu gara2 kandungan gula nya dalam susu terlalu tinggi yahh? atau faktor lain juga menentukan?
     
    Last edited by a moderator: May 31, 2011
  6. Offline

    Hhmm Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,092
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,016 / -0
    ngutip dari NOVA

    SESUAIKAN USIA

    "Tentunya yang pertama-tama harus diperhatikan adalah usia si bayi," kata Mohamad Harli. Sebagaimana diketahui, susu formula dibagi dalam 2 golongan usia, yaitu untuk bayi usia 0-6 bulan yang umumnya disebut susu formula awal dan untuk bayi usia 6-12 bulan atau susu formula lanjutan. "Perbedaan ini disebabkan pencernaan bayi usia 6 bulan ke bawah belum sempurna". Lain hal dengan bayi usia 6 bulan ke atas, "umumnya sudah mulai lebih baik."

    Bukankah bayi usia ini juga sudah mulai diberi makanan tambahan? Jadi, kandungan gizi dalam susu formulanya pun disesuaikan kemampuan pencernaan bayi usia ini. Disamping itu, lanjut Harli, "kebutuhan zat gizi untuk bayi usia 6 bulan ke bawah tak sama dengan bayi usia di atas 6 bulan," terangnya. Perbedaan paling jelas terdapat pada kalori. "Untuk bayi usia di bawah 6 bulan, kalori yang dibutuhkan per harinya sebesar 560 Kkl. Sedangkan bayi usia di atas 6 bulan membutuhkan 800 Kkl per harinya."

    Soalnya, energi bayi usia 6 bulan ke atas sudah lebih banyak karena pertumbuhan usia dan berat badannya bertambah. Jadi, kalori yang dibutuhkan juga lebih banyak. Dalam bahasa lain, kandungan gizi pada susu formula, baik yang awal atau lanjutan, selalu disesuaikan dengan usia dan kemampuan pencernaan bayi, serta kebutuhan gizi setiap pertambahan usianya. Bahkan, juga dengan berat dan tinggi badan bayi. Tentunya, yang dijadikan patokan adalah ukuran untuk bayi normal.

    ADA 3 JENIS

    Susu formula juga dibedakan berdasarkan tingkat alergi bayi terhadap susu. Dalam kaitan ini, ada 3 jenis susu formula, yaitu susu formula biasa, susu kedelai dan susu elemental. Jika bayi Ibu-Bapak dapat menerima susu formula dengan merek apa saja yang sesuai usianya, berarti ia tak alergi. Jadi, ia bisa mengkonsumsi susu formula biasa yang terbuat dari susu sapi dan sudah difortifikasi (ditambah) dengan bermacam-macam zat gizi.

    Lain hal jika bayi Ibu-Bapak tak cocok mengkonsumsi susu formula biasa, biasanya dokter akan menganjurkan agar si bayi diberi susu yang terbuat dari kacang kedelai. Pasalnya, terang Harli, "bayi-bayi ini memiliki pencernaan yang sangat peka terhadap lemak dalam susu sapi." Tapi jika bayi Ibu-Bapak bermasalah dengan susu sapi maupun susu kedelai, maka alternatif lainnya adalah susu elemental atau susu formula hidrolisa kasein.

    "Susu elemental merupakan susu formula yang kandungan lemaknya diperkecil namun zat gizi lainnya diperbanyak," terang Sarjana Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga dari IPB ini lebih lanjut. Nah, untuk mengetahui bayi Ibu-Bapak bermasalah atau tidak dengan susu formula biasa, menurut Harli, tak sulit, kok. Antara lain, bayi senang mengkonsuminya dan enggak mencret atau sering menangis karena sakit perut. "Kalau enggak cocok, biasanya bayi tak mau mengkonsumsinya dan setelah dicoba beberapa kali akan timbul masalah seperti mencret-mencret," tuturnya.

    MENDEKATI ASI

    Mengenai kandungan gizi susu formula, tentunya yang terbaik adalah mendekati ASI. "Susu formula itu, kan, disebut juga sebagai susu pengganti ASI," ujar Harli. Tapi jangan salah, lanjutnya, bukan berarti susu formula lantas bisa disamakan dengan ASI. "Bagaimanapun, tak ada susu formula yang bisa menyamai ASI," tandasnya.

    Jadi, Bu, ASI tetap merupakan makanan yang paling baik untuk bayi karena semua zat gizi yang dibutuhkan terkandung di dalamnya. Sekalipun susu formula tersebut mengandung tambahan zat gizi tertentu, misalnya, DHA, menurut Harli, tetap tak bisa menyamai ASI. "Asam lemak esensial seperti DHA maupun asam linoleat atau Omega-6 hanya sebagai tambahan saja karena sebenarnya, tanpa ditambah DHA dan Omega-6 pun, zat gizi sudah terpenuhi," terangnya.

    Jadi, jangan "termakan" oleh iklan, ya, Bu. Dengan kata lain, semua zat gizi yang terdapat pada semua jenis susu formula sudah memenuhi standar kecukupan gizi yang diperlukan bayi. Takaran masing-masing zat gizi pun sudah mendekati kandungan zat gizi ASI. "Jadi, tak ada yang harus lebih diutamakan," tandasnya. Justru kalau mengutamakan salah satu, misalnya, protein atau lemak saja,akan menganggu keseimbangan zat gizi lainnya.

    Supaya lebih aman ada baiknya bila Ibu-Bapak lebih dulu berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi anak. Terlebih lagi jika bayi Ibu-Bapak memiliki alergi pada jenis susu tertentu.
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    aMommy Members

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    iya yah bunda..jaman sekarang mau beli apa2 repot deh..banyak ketakutan2nya nih
    apalagi kalau baut anak yah..mesti ekstra hati2 deh...

    di susu formula itu kan ada labelnya tuh...klo gak salah gula itu nama di susu formula namanya laktosa/laktulosa

    Laktosa

    Laktosa, atau sering juga disebut sebagai gula susu, adalah bagian dari susu yang memberikan rasa manis dengan tingkat kemanisan lebih rendah dari sukrosa.
    Laktosa berfungsi untuk membantu penyerapaan natrium dan kalsium. Juga memberikan efek positif terhadap fisiologis usus, termasuk efek prebiotik, melunakkan kotoran dan membantu mengikat air.

    Laktulosa

    Laktulosa adalah gula sintetis yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, dan dapat membantu untuk pertumbuhan lactobacillus dan bifidobacteria dalam usus besar.
    Berfungsi untuk menyembuhkan atau mencegah konstipasi dan komplikasi hati.
     
  8. Offline

    xmas_merry Members

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah terimakasih nih infonya bunda...
    Tapi selama gak alergi susu sapi, lebih baik memang menggunaakan susu sapi yah. karena ada kandungan di susu sapi yang tidak dimiliki susu soya.
    hanya yah mesti pintar2 deh milihnya..jangan yang terlalu byk lemak atau gula..supaya anak gak obesitas
     
  9. Offline

    syaluna Members

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    bukan hanya dalam susu loh bunda.. kandungan gula tambahan juga banyak di makanan dan minuman anak2. aku juga kadang bingung kalo semua bahaya kita harus gimana lagi ngawasinnya kan? kita harus tau takaran yg tidak berlebih dari tabel dibalik kemasan makanan atau susu anak tsb.
     
  10. Offline

    cccynthia Members

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    iyakita hrs hati hati memilih nya apalagi yg ada tambahan zat gulanya
     
  11. Offline

    noviarini Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 1, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    iya apalagi susu yg rasanya sangat manis pasti banyak added sugarnya tp anakku tdk begitu suka manais
     
  12. Offline

    yanuta Members

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    sekedar informasi nih..zat2 yg biasanya disebut added sugar/gula tambahan : brown sugar,corn sweetener,corn syrup,dextrose,fructose,fruit juice concentrates,glucose,high-fructose corn syrup,honey,invert sugar,lactose,maltose,malt syrup,molasses,raw sugar,sucrose,sugar,syrup.
     
  13. Offline

    Intan88 Members

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    untuk mengurangi intake gula dalam susu formula..biasakan anak pakai susu dengan rasa plain..
     
  14. Offline

    rickykapri Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    740
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +8,337 / -0
    klo gw langsung tanya ibu atw abg gw..dua2nya kerja dibidang kesehatan jd pasti lbh ngerti..malah gw pernah di kasih susu yang punya resep sendiri dan ngak dijual sembarangan di pasaran. Mending tanya pakar kesehatan aja sesuai kebutuhan
     
  15. Offline

    karto_i Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    ada list susu yg baik tidak ?
    recomended nya susu apa? apakah yg mahal selalu lebih bagus, soal nya susu anak saya susu SGM murah meriah dah di rekomendasikan sarasecan
     
  16. Offline

    G4L3 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +3,331 / -0
    Dicek dulu kadar gula tambahannya ..bener tuh kita musti kudu ati2 milih2 susu formula..jangan sampe coba2 ke anak, ntar bisa2 obesitas..
     
  17. Offline

    cccynthia Members

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ada ga sie susu yang yang no added sugar ?
     
  18. Offline

    estevaniak Members

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    ada dong namanya anmum essential rasanya tetap manis tp ga terlalu manis krn tetap ada gula dr gula alami susu
     
  19. Offline

    Sandrav Members

    Joined:
    Jun 15, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    lalu gimana cara ngecek kadar gulanya ya?
     
  20. Offline

    capricia Members

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    biar bagaimanapun anak tetap perlu gula asal yg alami si oke" aja dan biasanya gula tambahan yg banyak pada makanan dan sufor yg bisa menyebabkan obes tapi sekarang kan ada anmum essential susu bernutrisi tanpa added sugar
     
  21. Offline

    syaluna Members

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    cek dibelakang kemasannya aja mom komposisinya. setau saya kalo yg bagus itu yg sugarnya rendah...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.