1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Nongkrong Taman Nasional Margasatwa Ujung Kulon

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by andrum, Mar 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    andrum Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -1
    Ujung kulon, mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita-kita... badak bercula satu merupakan binatang langka yang dilindungi di ujung kulon...

    untuk mencapai ujung kulon tidak dapat melalui jalur darat karena jalur darat hanya bisa dicapai hingga desa ujung jaya (desa yang terdekat dengan ujung kulon) kemudian berjalan kaki 2 hari 1 malam untuk mencapai ujung kulon. jalur laut bisa mencapainya, namun harus punya kapal atau memiliki kapal. (disarankan memakai kapal yang berpengalaman dalam turis dikarenakan waktu saya pergi ada yang ditinggal kapal karena menyewa kapal yang digunakan penduduk setempat untuk nelayan sehingga ditinggal di ujung kulon dengan kondisi yang kelaparan dan kehausan)

    Penginapan di ujung kulon ada 3 alternatif:
    1. Penginapan CIPUTIH
    2. Penginapan UJUNG KULON di Pulau Peucang
    3. Penginapan Pulau UMANG
    disarankan memakai penginapan no.1 dan no. 2 karena terjangkau dan harganya 1 jt kebawah per malam, sedangkan no 3 harganya 1 jt keatas. untuk no. 2 mobil dititipkan di kampung sumur yang terdapat penitipan mobil untuk turis.

    penyewaan kapal rata-rata 2 juta dan kapal terdapat di pelabuhan kampung sumur (kapal untuk turis). karena untuk mencapai ke wilayah ujung kulon ditempuh dengan 2 jalur yaitu darat dengan memakan waktu 2 hari 1 malam dengan berjalan kaki atau jalur laut.

    (pengalaman pribadi)
    hari sabtu datang di ciputih, hotelnya bagus, pelayanannya sangat memuaskan dan tarifnya terjangkau 500rb per malam. sangat menyenangkan bermalam di ciputih. keesokan harinya pagi hari jam 7 pagi ke ujung kulon dengan rute: pulau pucang, cibom, cidaun, handelem. menyewa kapal dengan tarif 1,7 jt. dengan perbekalan mie (untuk makan pagi dan siang) dan minum secukupnya (yang pasti jangan kurang). sampai di P.Peucang jam 10 pagi, disana membayar biaya masuk dan sandar kapal. biaya masuk 40rb/org dan sandar kapal 100rb (biaya sudah semua). setelah itu pergi ke cibom, disana kita berlabuh dan berjalan kaki sepanjang 1 km (30 menit sekali tempuh) hingga ke mercusuar peninggalan belanda. diperjalanan dilihat ada banyak jejak kaki binatang yang dilindungi. setelah itu ke cidaun yang hanya melihat-lihat tempat penggembalaan hewan. setelah ke cidaun ke handelem, di handelem cuma sebentar tetapi di handelem terdapat sungai yang membelah wilayah ujung kulon, dan di handelem dapat melihat hewan-hewan dan (terutama) jejak kaki badak bercula satu yang menandakan bahwa diujung kulon masih terdapat badak bercula satu. karena sampai handelem sudah sore maka pulang ke ciputih, kemudian check out untuk pulang ke jakarta.

    Rute ciputih dr jakarta:
    jakarta - Jalan tol Jkt merak - anyer - carita - labuan - cibaliung - kampung sumur - ciputih

    Restoran yang enak dideket ciputih dan kampung sumur ada RESTORAN RHINO. masakannya sangat enak n harganya pas.... mantab dah...

    (untuk petanya saya tidak tahu klo disini cara uploadnya...) medingan bisa dilihat di google search...

    yang pasti rating (bagi saya) untuk wisata ke ujung kulon termasuk penginapannya adalah 8,5/10
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.