1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Disease Talasemia

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by giganticskies, Nov 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,716 / -1
    PENGIDAP talasemia di Indonesia masih tertinggi di dunia :panda:. Dengan pengobatan yang memadai, penyakit keturunan ini bisa diatasi dan penderitanya bisa hidup normal kembali.

    Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk hidup sehat. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kesehatan. Mulai dari mengonsumsi makanan yang berkualitas ditambah olahraga teratur atau bahkan mengikuti diet ketat. Walaupun usaha untuk mendapatkan tubuh yang sehat telah dilakukan, tentu saja tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan kesehatan itu.

    Berbagai jenis penyakit bisa menyerang, mulai dari yang ringan hingga berat, walaupun kesehatan telah dijaga dengan serius. Salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap enteng ketika seseorang terserang adalah penyakit yang dikenal dengan nama talasemia. Penyakit ini merupakan penyakit turunan, maka kecil kemungkinan bagi anak-anak dengan orangtua pengidap talasemia untuk tidak mengidapnya juga.

    Data Departemen Kesehatan Indonesia (Depkes) menyebutkan, enam sampai sepuluh dari setiap 100 orang Indonesia membawa gen penyakit talasemia ini, yang kemudian diturunkan pada anak-anaknya. Kalau pasangan pengidap talasemia menikah, kemungkinan untuk mempunyai anak yang juga penderita talasemia berat kemungkinannya adalah 25 persen. Penyakit talasemia paling banyak diderita masyarakatdari dua negara yaitu Indonesia dan Italia.

    "Sebagai negara dengan jumlah pengidap talasemia yang tinggi, Indonesia seharusnya memberikan pendidikan kepada masyarakatnya tentang apa itu talasemia. Selama ini masyarakat hanya tahu anemia,"kata spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Gunawan Fajri, beberapa waktu lalu.

    Dia menuturkan, talasemia merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kelainan DNA dan menjadi penyakit turunan. Penyakit ini sebenarnya disebabkan jumlah zat besi yang masuk ke dalam tubuh (via transfusi) jauh lebih besar daripada jumlah zat besi yang dapat dikeluarkan tubuh. Lama-kelamaan akan terjadi akumulasi zat besi atau yang disebut juga dengan iron overload.

    Kemudian, zat besi yang tidak dapat dikeluarkan tersebut akan tertimbun dalam organ-organ di tubuh dan mengganggu fungsi organ tubuh, antara lain jantung. "Biasanya jika orangtua menderita talasemia, kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami penyakit yang sama, bahkan bayi ibu hamil akan ada kemungkinan bayinya meninggal di dalam kandungan," kata dokter separuh baya tersebut.

    Untuk mencegah penyebaran penyakit talasemia, hal yang terbaik, menurut dr Gunawan Fajri, adalah dengan melakukan tes pada setiap calon pasangan pengantin yang hendak melangsungkan perkawinan. "Jika ditemukan calon pasangan pengantin yang menderita talasemia, mereka harus berpikir ulang tentang masa depan mereka. Misalnya berpikir apakah mereka akan punya anak atau tidak," katanya.

    Walaupun istilah talasemia adalah istilah yang asing di telinga masyarakat awam, penyakit ini bukan tanpa gejala yang bisa diamati. Jika talasemia terjadi pada anakanak, gejala konkret yang bisa dilihat dengan kasatmata adalah anak selalu memiliki wajah yang sangat pucat. Anak menjadi pucat karena kekurangan darah. Talasemia juga bisa ditunjukkan dengan gejala seperti terjadinya pembengkakan pada perut.

    Selain itu, anak-anak yang mengidap talasemia akan mengalami gangguan pertumbuhan tubuh. "Jika anakanak normal pertumbuhannya cepat, maka anak dengan talasemia cenderung kurus, tidak terlalu aktif dalam kegiatan fisik dan selalu merasa capek," sebutnya.

    Walaupun talasemia merupakan penyakit yang membutuhkan perhatian khusus, pengidap talasemia yang mendapatkan pengobatan yang memadai dapat bertahan hidup normal di tengah masyarakat, bahkan hingga dewasa. "Kematian karena talasemia lebih sering disebabkan kegagalan fungsi jantung karena darah yang dipompa adalah darah yang tidak sehat," tuturnya.

    Sementara, untuk biaya pengobatan, dokter yang berdomisili di daerah Kemang tersebut mengaku kalau pengobatan talasemia masih sangat mahal. "Obat-obatan talasemia sangat mahal. Itu karena kebanyakan obat dibeli dari luar negeri," katanya.

    Tidak sampai di situ saja, pada penderita talasemia memiliki daya tahan tubuh dari serangan malaria valsiparum. Hal ini menyisakan kelompok- kelompok masyarakat yang membawa kelainan bawaan talasemia dan memperbesar angka pembawa genetik talasemia di beberapa belahan dunia.

    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    chubuchubu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,131 / -0
    ini penyakit yang katanya hemoglobinnya bentuk bulan sabit tu bukan yah?
    katanya penderitanya darahnya gak bisa mengental..begitukah :???:
     
  4. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,264
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,893 / -1
    ini penyakit darah keturunan atau penyakit yang disebabkan oleh sesuatu bos :???:
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,161 / -0
    bukan, kalo itu namanya anemia sel sabit (sickle cell anemia)
    beda lagi itu

    ini keturunan kk....
    yg jelas penyakit ini disebabkan oleh gangguan pembentukan hemoglobin.
    penjelasan ilmiahnya agak rumit dan panjang, ada perbedaan derajat anemia yg berkaitan dengan gangguan formasi rantai globin yg terkena.

    buat yg ingin lebih memahami talasemia, bisa donlot PDF-PDF ini.
    Klik saja untuk donlot filenya.

    alpha-thalassemia
    beta-thalassemia

    Referensi
    Informasi lebih lanjut
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    aldehida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    1,979
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +16,329 / -0
    wah baru tau tentang penyakit ini, karena penyakit keturunan jadinya mesti berpikir kalo mau punya anak, kasian juga ya kalo anaknya kena Talasemia hidupnya bakalan tergantung sama obat2an dong
     
  7. Offline

    yoreizei Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    726
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,572 / -0
    Pernah denger penyakit ini, dulu perna dikasi tau dari dokter gt..

    Tapi koq pengertian gw rada beda ma artikel diatas y, yang gw tangkep:

    Jadi ada thalassemia minor ma major, kalo orang ngidap minor ga bermasalah, tapi kalo ada cowo & cewe sama-sama ngidap thalasemia minor merid, anaknya kemungkinan besar ngidap thalassemia major..

    Nah thalassemia major ini yang bermasalah banget, orang yang kena penyakit ini ga bisa ngasilin sel darah merah sendiri, jadi tiap bulan butuh tambah darah..

    Itu yang gw tangkep pengertiannya..

    Maap bahasanya kaco, sekarang lagi download pdf artikel nya biar ngerti yang bener
    :panik:
     
  8. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,161 / -0
    sebenernya talasemia minor ada gejala, tapi nggak sampe mengganggu.
    anak dengan talasemia minor biasanya Hbnya sekitar 8-10 doang (yg cewe plg2 8-9). tapi cuma itu, umumnya tidak ada gejala lain yg terlihat. paling jelas cm bahwa anak itu tidak boleh kecapean dan sejenisnya.

    anak talasemia major sering berasal dari keturunan talasemia minor.
    mereka tetap bisa ngasilin sel darah merah sendiri, tapi hemoglobin (sebagai salah satu protein penyusun sel darah merah) nggak bagus kualitasnya, cepat rusak, jadi tetap saja terjadi penghancuran sel darah merah yg berlebihan.
     
  9. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    Kalau berhubungan dengan gen sih mau dihindari seperti apa pun sepertinya percuma :sigh:

    Pemerintah kok kayanya kurang "lantang" ya bersuara untuk mengampanyekan peduli talasemia. Saya dulu justru tahunya dari salah satu laboratorium penyedia layanan medical checkup.
     
  10. Offline

    plypoin Beginner Members

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +569 / -0
    ane pernah denger, katanya kalo gak mau kelebihan zat besi pada penderita penyakit tsb harus sering sering donor darah.
    bener apa nggak ?
     
  11. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,161 / -0
    Ini maksudnya di orang normal atau di orang talasemia?
    Kalo di talasemia, ga mungkin itu benar. Darah yg ada kelainan mana bisa didonorkan.
     
  12. Offline

    triana_nges Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 3, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    gan apa bedanya klo dengan anemia hemolitik autoimun?
     
  13. Offline

    Aurora_110347 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 16, 2012
    Messages:
    524
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +197 / -0
    btw, penyakit talasemia ini bisa disembuhkan ga ya?.

    karena kata nya org yg udah kena penyakit turunan ini, suka sering pucat, letih bhkan smpe sesak nafas.
    dan membutuhkan pasokan transfusi darah rutin secara terus menerus..

    klo liat kyk gini, miirip sm org yg kena gagal ginjal yg se-umur hidup harus filtering darah segar..

    asli deh ngeri ini, karena ada ttga sya jg yg kena gagal ginjal, tp skrg udh mninggal..
    ngeliatnya saya gak tega.. :sedih:
     
  14. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,161 / -0
    @triana
    Anemia hemolitik autoimun dan thalasemia beda di gambaran sel darah merahnya.

    @aurora
    Tidak bisa. Karena ini penyakit genetik.

    Not bad for a number two Tapatalk!
     
  15. Offline

    GFA Beginner Members

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,296 / -0
    Pendeteksian kasus talasemia alfa sejak janin dapat dengan pengambilan jaringan janin untuk analisis kromosomal, DNA, Hb elektroforesa, dan analisis golongan darah. Dari contoh jaringan didapatkan jenis mutasi dan manifestasi klinis dikenali.

    Deteksi bisa juga melihat tanda anemia pada janin, misalnya pembesaran plasenta, pembesaran pada hati dan limpa, penumpukan cairan, pertumbuhan janin terhambat, perubahan jumlah cairan ketuban, perubahan kecepatan arus darah pada pembuluh darah janin, dan perubahan pola denyut jantung. Hal itu tak lepas dari upaya tubuh mencukupi kebutuhan oksigen bagi janin akibat hemoglobin tidak berfungsi normal.

    Penanganan talasemia alfa pada masa kehamilan dan persalinan antara lain optimalisasi kadar hemoglobin, optimalisasi nutrisi (seperti asam folat, asam amino, dan kalsium), optimalisasi distribusi darah melalui aktivitas ibu, deteksi dini untuk komplikasi maternal, transfusi intrauteri, yakni sel darah merah donor ditransfusikan ke janin, hingga pembatalan kehamilan.
     
  16. Offline

    plypoin Beginner Members

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +569 / -0
    maap
    salah
    kalau yg harus sering donor darah itu thalasemia bukan talasemia
     
  17. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    Thalasemia dan Talasemia ini kan sama saja? Menurut bahasa Indonesia EYD, yang digunakan adalah talasemia.
     
  18. Offline

    plypoin Beginner Members

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +569 / -0
  19. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    • Like Like x 1
  20. Offline

    cathz Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    mungkin kurang tepat kalau donor darah..
    mereka malah membutuhkan darah.. pengobatan yang tepat untuk mencegah berlebihnya kadar zat besi pada pasien thalasemia (hemosiderosis) adalah dengan pemberian preparat pemecah besi (iron chelating agent).. Namun kendalanya harganya yg masih mahal..
     
  21. Offline

    ducklover Silent Reader Members

    Joined:
    May 19, 2009
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    belom lama kakek saya kena thalasemia minor..
    tiap 1-2 bulan harus tambah darah.. tapi kalo bisa hidup sehat, makan teratur, cukup istirahat, harusnya bisa lebih baik..
    sekarang ini uda lebih dari 2 bulan ga tambah darah lagi..

    btw kalo saya baca2,
    anak2 yang mengidap thalasemia cenderung cepet cape, dll.. kok saya banget ya? jaman sekolah ga bisa olahraga berat2... :ogbloon:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.