1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tajuk rencana sebagai identitas diri

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ichreza, Aug 2, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ichreza Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,765 / -0
    Setiap media massa baik dalam bentuk cetak maupun elektronik, tentulah memiliki ideologi-ideologi atau nilai-nilai yang hendak diusung melalui medianya. Dalam media cetak baik surat kabar, tabloid maupun majalah, biasanya dapat terlihat dalam rubrik Tajuk Rencana yang ada. Tajuk Rencana merupakan salah satu rubrik yang selalu ada di setiap media. Biasanya hadir dengan nama yang berbeda-beda, seperti Jati Diri dalam Jawa Pos, Tajuk Rencana dalam Suara Merdeka, Jambi Ekspres, Kompas dan Editorial dalam Media Indonesia.
    Tajuk Rencana berisikan opini yang dibuat oleh dewan redaksi mengenai suatu persoalan tertentu yang sedang menjadi sorotan dalam pemberitaan di tengah masyarakat. Opini yang dibangun biasanya mengenai sikap institusi media apakah mendukung atau menentang terhadap suatu persoalan yang sedang disorot. Tajuk Rencana disampaikan dengan argumentasi-argumentasi guna mendukung kebijakan redaksional yang hendak diusung. Tajuk Rencana umumnya digabung dalam halaman Opini dari pembaca, Surat Pembaca, dan Anekdot dari redaksi.
    Dengan adanya Tajuk Rencana, sejatinya pembaca dapat mengetahui ideologi atau nilai yang senantiasa diusung oleh media yang bersangkutan. Karena apa yang tertuang dalam Tajuk Rencana dapat dikatakan juga sebagai cerminan apa sesungguhnya yang ada dibalik media. Identitas suatu media massa senantiasa tertuang dalam Tajuk Rencana. Dengan sifatnya yang demikian seringkali Tajuk Rencana dijadikan sebagai sarana penelitian untuk mengetahui kecenderungan sikap media massa terhadap suatu persoalan tertentu.
    Bagi redaksi sendiri, biasanya benar-benar memanfaatkan Tajuk Rencana untuk menggiring opini yang berkembang di tengah masyarakat. Namun, di tengah euforia kebebasan untuk menyebarluaskan informasi yang disertai dengan semakin menjamurnya media massa, ternyata masih terdapat media yang belum ’sadar’ akan peranannya. Terbukti masih ada media yang hanya sekedar mengejar keuntungan finansial belaka dan mengesampingkan fungsi-fungsi pers yang disandangnya. bahkan masih ada media yang tidak memiliki Tajuk Rencana. Lantas apa yang diusung oleh media tersebut? Semuanya berbalik pada pembacanya. *
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Ilham_A7X Silent Reader Members

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +51 / -0
    kirain apaan rupanya cerita tentang kuli tinta yah
    ngak nyangka ane pertamax :boong:
     
  4. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,690
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,801 / -1
    dan skrg lgi bnyk ditunjukkan dlm media televisi kok :ngacir:
     
  5. Offline

    ichreza Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,765 / -0
    yang paling seru tuh acara JLC di tvone, Jakarta Lawyer Club
     
  6. Offline

    Renzonokuken Senpai Veteran

    Joined:
    Nov 18, 2007
    Messages:
    5,163
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +35,870 / -0
    Bro, silahkan cantumkan Sumber yang jelas, lebih bagus lagi ada Review dari bro

    Kalo bikin thread kayak gini kesannya jadi cuman copy+paste - dan biasanya tambah link :swt:

    PM mod sini ato gw untuk buka thread
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.