1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Susahnya Belajar Ilmu Ikhlas..

Discussion in 'CurHat' started by rocker21, Feb 7, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    rocker21 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +17 / -0
    Apalagi masalah penentuan masa depan hidup kita sendiri berkaitan dengan keinginan diri sendiri dan keinginan keluarga...di sayu sisi kita mempunyai hak untuk menentukan masa depan sendiri di sisi lain kita juga tak bisa menolak keinginan keluarga yang mempunyai jasa yang tidak sedikit atas hidup kita...benar - benar sebuah pilihan yang menyesakkan...

    dan akhirnya sayapun memilih untuk menjalani kehidupan yang diinginkan oleh keluarga sebagai balas jasa dan tidak mengecewakan mereka terkhusus orang tua (karena mereka sudah tua dan sering sakit - sakitan)...tapi yang jadi masalah adalah seringkali dalam diri saya susah mengontrol perasaan yang awalnya bisa merelakan keinginan keluarga tiba - tiba tak pernah ridho untuk menjalaninya...apalagi ....dalam prosesnya sangat banyak sekali rintangan dan halangan yang harus saya lewatin untuk mencapai kesuksesan...saya sadar itu semua dikarenakan kehidupan saya di masa lalu terlalu banyak enaknya dibandingkan pahitnya alaias saya selalu hidup enak...sekalinya saya dihadapkan dengan kehidupan yang harus kerja keras...saya pun dibuat tak berdaya dan merasa sangat takut!!!sebenarnya saya iri melihat orang - orang yang dalam hal ini sudah terbiasa dengan hidup kerja keras...tapi apa daya dari kecil saya udah dididik sangat manja..sehingga pas dihadapkan dengan keadaan yang harus mandiri saya pun merasa takut...tapi senua ini sudah terlanjur dan saya harus tetap menjalaninya...yang saya ingin share dengan teman - teman disini adalah....bagaimana saya mengikhlaskan ini semua sehingga sayapun bisa menjalani hidup saya dengan tenang dan tidak terbebani:em0400::em0400::em0400:????
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    dawerzzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,515
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,133 / -0
    tunjukkan dirimu klo bisa kerja keras. ubahlah sifat dirimu untuk menjadi lebih baik..pada akhir nya saat indah akan bersaamu tuhan akan menguji kesabaran mu. karena tuhan takkan menguji manusia sampai batas kemampuan umat nya sendiri

    PERTAMAX DAH
     
  4. Offline

    rocker21 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +17 / -0
    @dawerzzzz: thank's atas sarannya...tapi proses itu yang susah dijalanai karna saya sudah melihat sisi negatifnya dulu...sehingga mental saya nya pun sudah down duluan..saya sangat ingin berubah mas...:em0400::em0400::em0400:
     
  5. Offline

    rdpdpdpdp Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 20, 2009
    Messages:
    2,681
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +18,082 / -0
    Jalan apapun yg anda pilih pasti ada cobaan dan tantangannya, sekalipun jalan yg anda anggap paling mudah mungkin berakhir bencana untuk anda.
    Pilihan anda sudah tepat, ikuti kemauan orang tua, sesungguhnya itulah jalan yg terbaik untuk anda. Mungkin terasa berat, tp sy yakin klo anda sungguh2, akan mendapatkan berkah yg luar biasa di akhir nanti.
     
    • Like Like x 4
  6. Offline

    Zeroone Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    Intinya ortu udah banyak ngorbanin semuanya buat elu kan?
    and akhirnya kamu terlena dan terbawa semua "kebaikan" dari ortu bukan?

    sekarang gini yah gw bukan kaya Smart Ass or something yang pokoknya kaya sok gitu. Semua orang pernah ngalemin situasi kaya gitu. Ortu selalu memberi anaknya yang "terbaik"( Yang enak-enak), tetapi tidak memperhatikan dampak negatifnya buat anak itu sendiri. Memang memberi yang "terbaik" buat anak itu sah-sah aja, tetapi juga diseimbagi juga dengan moral disiplin dan mao membuka diri terhadap dunia luar.

    Kesalahan ortu yang fatal adalah: " Terlalu CUEK dan terlalu memanjakan atau paling lebih parahnya membiarkan itu terjadi " itulah alesannya. Anak jadi nga tahu apa-apa. Seolah-olah biarin ortu yang nyelesain kamu tuh tinggal diem aja.

    Gw sebenernya juga sama seperti lu alemin...tapi gw juga nga diem begitu aja. Gw pun harus mao cari usaha yang memang buat masa depan gw. Sampe sekarang pun gw berusaha nyari jati diri gw ama rencana buat masa depan gw (biar kata gw pun masih bodoh, gw pun harus banyak belajar).

    Orang yang bekerja keras, hidupnya selalu penuh dengan tantangan dan bisa terselesaikan dengan baik apabila berani salah, tekun, ulet.

    Here's my advice:

    1. Coba cari potensi lu bisa apa? Kalo suka motret cari kerjaan yang berhubungan dengan motret. Kalo suka kimia, cari kerjaan berhubungan kimia. Geluti profesi itu.

    2. Beban pikiran nga boleh dipikirin terlalu sampai stress. Bawa aja itu beban, tapi serius tapi santai

    3. Cari waktu kalo senggang ngobrol ama temen atau ortu(paling engga GUru sekolah lu). Share atau tanya2 gimana mereka bisa sukses. ambil +nya jangan -nya.

    4. Ubah You punya gaya hidup. Sifat males dibuang Jangan dipiara.

    5. Biasakan untuk tahu dunia luar. Baca koran kalo pagi hari atau buka situs-situs yang berhubungan dengan dunia kerja atau ekonomi(jangan biasakan baca komik abedut yang inti-intinya nga mendidik).

    6. Belajarlah merendah diri di depan orang lain. Pandai pandai bawa diri jangan sampai kepengaruh pergaulan jelek. Dengan merendah diri, orangpun senantiasa membantu elu dengan senang hati.

    7. Temen-temen yang ngasi feedback negatif buat kita jangan digaulin. Ngapain kita gaulin orang yang cuma ngerugiin buat kita. Ke laut aja tuh orang!

    8. Nikmatilah apa yang ada. Gunakan yang ada itu secara baik-baik untuk masa depan lu.


    OH YA YANG PERLU ELU INGET YAITU:

    DTA alias Don't Trust Anyone! . Karena banyak orang-orang yang kurang tahu temen akhirnya dijeblosin ama rekan kerja, temen sepergaulan. INI LU MUSTI INGET SAMPAI TUA! SANGAT BERBAHAYA KALAU LU SAMPAI DIGUNAIN AMA ORANG LAIN APALAGI LU DARI KELUARGA YANG MAMPU.

    Orang baik susah dicari, orang jahat gampang dicari. Remember! Ada peribahasanya " Cerdik seperti ular, tulus seperti merpati ". Lu musti pegang itu peribahasa. Sampai hari penantian tuh peribahasa nga bisa mati sampe ke anak cucu lu.
     
    Last edited: Feb 7, 2010
  7. Offline

    rocker21 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +17 / -0


    naaahhh...gua sangat tahu pribahasa itu om...itu juga yang buat beban dalam hati gua karna selama ini gua dalam bergaul sebisa mungkin gua sangat menghindari orang - orang seperti itu...tapi!!!sekarang gua udah masuk dalam dunia kerja yang didalamnya setelah gua amatin terlalu banyak orang yang ambisius yang menghalalkan segala cara dan mereka itu tak pernah bisa menerima orang yang baru dengan baik malah mereka saling melihat kejelkannya,walaupun memang sech tidak semua orang..tapi gua udah keder duluan..dikarenakan memang tuntutan dari gelar dan posisi gua yang sangat besar...sehingga menjadi sorotan orang banyak!!!gua sangat tidak terbiasa menahan beban ini sendirian om...biasanya gua share ma sobat gua ato cewek gua tapi mereka sudah pada jauh dan mulai sibuk dengan kerjaannya masing - masing...jujur gua itu tak pernah bisa mandiri ampe sekarang dalam ngadepin berbagai masalah...sekalinya g ada orang yg bisa ajak gua share...langsung kayak orang linglung dan gak tahu apa yang harus gua lakuin buat ngatasin masalah itu sendiri...gua sangat mengerti gua harus bisa berubah menjadi laki - laki yang mandiri dan berani menghadapi sesuatu..tapi perubahannya itu yang sangat terlalu singkat hingga ngebuat gua tidak punya banyak waktu untuk merubah semuanya!!!merubah manjanya gua, egoisnya gua, suka nyuruh2 orang,dan masih banyak sifat - sifat buruk yang gua punya!!!itu semua butuh waktu dan gua dituntut mau gak mau harus merubah semuanya itu.....arghrgrhrgrhrgrh...:sebel::sebel::sebel:
     
  8. Offline

    deJeer Watching You Administrator

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    16,088
    Trophy Points:
    222
    Ratings:
    +30,163 / -2
    wakkaka...jadi inget pilm ksd....ilmu ikhlas :lol:
    pelajari ilmu quad ikhlas
    :top:
    hem....
    ya memang sih kita yg menentukan apa yang kita inginkan dan lakukan...
    tapi memenuhi keinginan orang tua itu juga sangatlah perlu...
    Ingat bahwa segala ridho/ berkat Tuhan itu terbesar adalah dari doa orang tua...
    penuhi semua keinginan mereka selama itu benar...sebelum kau menyesal di kemudian hari karena nyawa manusia ada batasnya
    hidup bisa dijalani tanpa paksaan selama kita rela menerima itu semua dan Tuhan pasti akan meridhoi, meberkati kita semua..cepat ataupun lambat...tergantung sejauh mana Tuhan ingin menguji kita
    :tkp1:
     
  9. Offline

    n0ruma Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +16 / -0
    kalau ingin berubah...IMO, janganlah mengeluh......

    gw jg berada di posisi TS skrg...n sekarang sedang berjuang keras untuk menghadapi apa yang udah terjadi daripada mengeluh dan menyesali semuanya....
     
  10. Offline

    BoyGanjen Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 23, 2009
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    Hmmm .. satu poin bagus yang anda sudah punya, yaitu anda sudah sadar jalan mana yang harus ditempuh .. meskipun jalan itu susah untuk dilewati.
    Jangan berkecil hati bro .. siapa sih yang masa kecilnya gak pernah dimanja ?? Ada sih tapi banyak juga kok yg dimanja. Dulu kita dikasih makan sama ortu kita, itu juga termasuk manja kan .. sekarang harus cari makan sendiri, sudah tahu sulitnya cari uang .. kita baru sadar kok kita dulu buang2 uang enak bener yah.

    Intinya hampir semua orang mengalami moment seperti anda, itu normal .. saya juga mengalami. Ini moment yang menentukan masa depan anda .. wanna be winner or loser ?? Tantangan hidup ini memang berat tapi harus dijalani.

    Tips saya :
    - jangan kebanyakan mikir bro, jalani dan syukuri yang udah anda punya
    - hanyut oleh perasaan sih masih ok, asal jangan tenggelam oleh perasaan ... use your mind bro !!
    - do your best, let God do the rest
    - hidup seperti air yg mengalir .. buang segala idealisme anda, hidup se-fleksibel mungkin
    - in the end you'll realise : uang itu bukan ukuran kekayaan .. orang yg bener2 kaya adalah orang yg bisa menikmati apa yang ia dapatkan semasa hidupnya.
    - gud luck .. dan tetap semangat
    - easy to say .. so hard to do .. but that's life right ??
     
  11. Offline

    blitzy_3rd Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,407 / -0
    jangan selalu lihat ke atas bro.
    emang banyak orang yg sudah sukses dan kaya raya dengan profesi yg dia emang sukain.

    liat juga ke bwah bro. lebih banyak lagi orang di dunia ini yang harus kerja keras untuk pekerjaan yang tidak disukain seorang pun di dunia ini.

    siapa sih yang mau jadi buruh. siapa sih yg mau jadi tukang sapu. siapa sih yg mau jadi pelacur. mereka smua tu ga mau kerja bgituan, tapi ga punya pilihan lain selain ngejalaninya.
    trus knapa orang2 yg kerjanya kayak gitu bisa bertahan??
    jawabannya simple bro. mereka tu punya orang yang mereka sayangi yang harus merka lindungin segenap tenaga.
    entah itu istri, anak, orang tua, dsb. cinta mereka sama orang2 itu jadi tenaga bagi mereka buat bertahan.
    kalo kata orang, "Love makes me strong" ...
     
  12. Offline

    Wolfkid Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +57 / -0
    Point bagusnya bro uda tau kejelekan bro dan tinggal usaha untuk memperbaikinya lagi, pertama memang susah tapi asal ada niat pasti bisa. Keep trying ok.

    Masalah kerja, di mana mana kerja sama saja bro. Banyak yg iri apalagi bro dapat posisi bagus, siapa sih yg tidak ingin duduk di posisi bagus ? ( Di tempat gw jg begitu, banyak yg ngiri sama gw tapi ya biarin aja ). Yang penting bro pandai membawa diri dan bersiasat, baik lha pada semua orang, tutuplah telinga terhadap yg negatif, tunjukkan performa yg baik, buat yg iri makin iri saja. ^ ^.

    Buat orang tua, gw ngerti perasaan bro. ( casenya jg sama dengan aku ). Ngerjain pekerjaan yg sama sekali gak kusuka tapi ya kalo untuk orang tua apa salahnya wong gaji jg lumayan ^ ^.

    PS: Kalo perlu singkirkan mereka yg menganggu bila bro mempunyai wewenang. ( prinsip gw sih begitu, pertahankan yg bisa dipertahankan, dan yg berseberangan dengan gw terutama untuk alasan yg gak jelas, gw singkirkan pelan pelan. ) Terdengar jahat sih tapi inilha realitas dalam dunia kerja. Kalo kita gak menyingkirkan orang lain yg gak suka dengan kita, kita lha yg disingkirkan oleh mereka. Baik dengan jalan terpuji maupun tidak terpuji. ( you know what i mean )
     
  13. Offline

    rocker21 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +17 / -0
    sebelumnya...gua ucapin banyak terima kasih atas saran, pendapat dan kritikan - kritikan atas persoalan yang saya hadapi ini...setelah saya renungi dalam - dalam, saya sedikit demi sedikit mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dalam hidup saya..tapi...baru aja nginjek ke dalam tahap awal dari keikhlasan tersebut...udah banyak sekali cobaannya...dimulai dari teman kerja yang selalu jelekin saya, hingga terakhir...minggu kemarin di kerjaan saya ada tes untuk mengukur kepandaian karyawan baru...dan hasilnya????tanpa disangka... nilai saya ancur dibandingkan yang lain..bahkan golongan yang dibawah sayapun bisa lebih bagus...saya tak tahu apa yang terjadi dan saya merasa yang saya jawab itu 90% benar tapi kenyataannya peringkat saya jauh dibawah...tapi yang jelas...saya mengerjakan dengan hasil kerja saya sendiri tanpa melihat yang orang laen..dan untuk sebagian orang saya lihat mereka saling tukar jawaban masing - masing... dan kebetulan memang pada saat itu pengawasannya sangatlah tidak terlalu ketat, jadi sangat bebas mau berbuat apapun....hingga hasilnya pun diumumkan...dan... seketika saya-pun menjadi bulan - bulanan kala itu..saya maluuu sekalii..ingin rasanya mati sementara saat itu...mata dan senyum mereka yang nampak puas sekali diikuti tatapan matanya yang seolah olah meremehkan kemampuan saya!!!berat sekali teman - teman..beraaatt...
     
  14. Offline

    jouleputra Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +307 / -0
    hampir sama dgn Pengalaman gw nih.....

    gw juga skarang harus hidup dalam kerja keras, Baru tamat SMA di tahun 2009, dan skarang Kuliah di Fakultas Pertanian di Universitas gw, Bulan 6 tahun 2009 kmaren gw ikut tes Penerimaan karyawan Outsourcing di Bandara, dan gw Lulus di antara 1500 orang yg di seleksi... yg di terima keseluruhan hanya 125 orang...:malu2:

    nah, skarang gw harus menjalani kehidupan ganda sebagai seorang Mahasiswa dan Pekerja kantoran... di satu sisi mmg menyenangkan... sambil Kuliah bekerja, tiap akhir bulan dapat gaji... cuma setelah 4 bulan menjalani kehidupan ganda seperti ini... banyak hal yg telah berubah dlm diri gw... lingkungan sekitar gw... pergaulan gw.. dll.. gw ngk merasa sbagai seorang mahasiswa... padahal gw baru aja tamat SMA... gw pengen keluar bareng temen-temen tiap hari minggu... belajar bareng di rumah mereka.. tapi apalah daya?? Bandara menerapkan sistem kerja setengah hari hari minggu juga gw harus masuk... rasa-rasanya ngk pernah ada waktu libur buat gw...:onion-07:

    namun setelah gw fikir2 apa gw harus menyerah dgn smua ini???? Bokap & nyokap gw dulu cari uang susahnya minta ampun... skarang gw ada kemudahan ya knapa ngk gw manfaatkan, amun yg paling penting dalam diri gw yaitu... Kuliah is NO 1... dan gw akan Berusaha untuk menjalani ini smua dgn sebaik-baiknya... :awas:
     
  15. Offline

    bosscha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    909
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,297 / -0
    banyak2 sholat malam bro.

    ilmu ikhlas itu bukan ilmu yang ada panduannya dan bisa dipelajari dengan mudah.

    dengan kita banyak bersabar, bertawakal sedang sendirinya kita akan menguasai ilmu ikhlas.
     
  16. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,054 / -7
    gw setuju sama yg ini...

    sering bgt gw dapet pelajaran ini kalo ntn dorama" ato movie" yg bagus ceritanya...

    lo hrs percaya sm diri lo sndr..
    ada kalanya org barik sama kita, dan ada kalanya org jahat sama kita jg..
    kalo pun hrs percaya itu jg jgn 100%, kenapa??
    karena setiap org dapat berubah hanya dgn 1 malam..
    percaya atau tidak, tmn gw yg ud gw anggep sbg saudara sndr tiba" mengkhianati gw hanya karena uang dan itu terjadi hanya dalam waktu kurang dari 1 malam saja...
    n setelah kejadian itu, gw gk percaya lg sama org"...:dead:

    smoga bs bermanfaat pelajaran yg gw dapet ini...:sepi::sepi:
     
  17. Offline

    rocker21 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +17 / -0
    ouchchch.....:madesu::madesu::madesu:...kembali satu lagi rintangan yang sedang dihadapi untuk jalanin semua ini...dalam 5 tahun saya hubungan dengan cewek saya...baru kali ini kita bertengkar sangat hebat dan lebih dari 3 hari ini kita masih juga belum berdamai...astagfirullahal'adzimmm...entah harus kemana lagi saya mengadu???sepertinya masalah dalam pekerjaan saja sudah ngebuat hidup saya tidak nyaman, ini harus ditambah cobaan yang resikonya saya harus kehilangan orang yang berjasa di hidup saya selama 5 tahun ini!!!hachchch...ingin rasanya saya nyerahhh...saya ngerasa tidak mampu lewati semuanya klo hanya sendirian....Beri saya petunjuk-mu ya Rabb....
     
  18. Offline

    avidzqun Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    ya iya susah bos, klo org banyak ikhlas aman ni dunia, tapi ikhlas itu bukan ga peduli ya/males ah biarin aja,hehehe
     
  19. Offline

    The_Next Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +673 / -0
    Err kalau Ikhlas dengan hanya membiarkan sesuatuitu memang sulit...

    gini deh contohnya:
    kalau kamu diputus ma pacar lho sedih banget..
    Hal yang bisa kamu lakukan di saat2 sedih tersebut adalah dengan mencari hal positif apa saja yang kamu dapatkan dari diputus tadi...
    kek bisa makin dekat ma teman,, dekat ma ornag lain jadi lebih nyaman, G kepikiran dia terus dll


    itulah cara ikhlas yang paling mudah
     
  20. Offline

    bl4nc02000 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 18, 2008
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1,153 / -0
    keren bro,ada hikmah nya...
     
  21. Offline

    rocker21 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +17 / -0
    ikhlas dengan membiarkan keinginan hidup kita dikorbankan????itu ikhlas???ikhlas dengan memberikan masa depan diatur oleh orang - orang yang tidak tahu siapa diri "kita"???itu ikhlasss???ikhlas dengan membawa perasaan yang sakit setiap harii ketika menjalani kemauan orang lain???itu ikhlas??ikhlas ketika pada akhirnya kau tidak mempunyai siapa - siapa untuk dijadikan tempat peraduan ketika menjalani semua ini??itu ikhlas????...c'mon...beri saya jawaban yang jelas akan arti ikhlas dalam kehidupanku???sakiiiittt rasanyaaa....ketika kau menjalani sendiriann...ingin rasanya semua ini berakhirrr dalam sekejap!!!
     
    Last edited: Mar 18, 2010
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.