1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Suhu Dingin Kentalkan Darah

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Aug 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    PERUBAHAN cuaca dan risiko serangan jantung. Meski tampaknya aneh, dua hal itu saling berkaitan. Menurut penelitian yang diterbitkan British Medical Journal pada 10 Agustus lalu, penurunan temperatur udara meningkatkan risiko serangan jantung.

    Penelitian tersebut merupakan hasil analisis lebih dari 84 ribu pasien rawat inap. Mereka pengidap serangan jantung selama tiga tahun, 2003-2006, di Inggris dan Wales. Penurunan suhu satu derajat Celsius saja dalam sehari bisa meningkatkan dua persen kumulatif risiko serangan jantung pada minggu-minggu selanjutnya.

    "Dua persen terdengar sedikit," kata Krishnan Bhaskaran, anggota tim peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine. Namun, semua orang mengalami perubahan cuaca tersebut, tak hanya penderita jantung. "Jadi, angka dua persen tersebut diartikan ada tambahan penderita, sekitar 200 orang, setiap suhu turun satu derajat Celsius selama 28 hari di Inggris," lanjut dia. Kalangan lanjut usia dan yang memiliki masalah jantung paling rentan akan efek penurunan temperatur udara ini.

    Bhaskaran menegaskan, peneliti sebelumnya menyebut najwa penurunan suhu udara akan meningkatkan tekanan darah sehingga darah makin kental. Kondisi tersebut akan memperberat kerja jantung. Dampaknya, risiko serangan jantung meningkat.

    Hubungan antara peningkatan angka kematian dan rendahnya suhu udara merupakan fenomena global. Dia menyarankan, tiap individu mulai menurunkan risiko sakit kardiovaskular.

    "Kami tak bisa mengontrol cuaca, tapi bisa mengontrol respons agar bisa mengantisipasinya," kata Bhaskaran. Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko saat cuaca dingin. "Yakni, kenakan pakaian hangat, tetap di rumah yang terjaga suhunya, dan batasi waktu bepergian ketika cuaca dingin," ujarnya sebagaimana dilansir HealthDay News. Bila rutin minum obat seperti aspirin, pastikan obat tersebut selalu tersedia.

    Dokter Gregg C. Fonarow, pakar jantung dari Universitas California, menerangkan, temuan tersebut jangan keluar dari konteks. Penelitian itu kelanjutan dari temuan sebelumnya yang menghubungkan turunnya suhu dan peningkatan kematian. Yakni, mengukur penurunan suhu udara dan kemungkinan serangan jantung.

    "Perlu ditekankan bahwa risiko serangan jantung yang dihubungkan dengan penurunan suhu udara sangat kecil," jelasnya. Hal ini terjadi bila dibandingkan risiko serangan jantung yang berkaitan dengan kebiasaan merokok, obesitas, kurang aktivitas fisik, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. (ai/c8/nda)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    miqz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    785
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,664 / -0
    wh nice info nh :top:...tapi gak mesti dr suhu dingin jg y..betul kata ts nya..cuman suhu dingin bisa memicu sakit jantung..apalagi klo yg ada faktor keturunan
     
  4. Offline

    shin_raidra Beginner Members

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +83 / -0
    Well sebenarnya secara medis ada satu penyakit yang disebut cryoglobulinemia..penyakit ini unik banget, bagi yang pernah nonton House M.D pernah ada satu episode khusus tentang ini..en emang itu benar..karena pengaruh suhu terdapat zat aneh dalam darah px tersebut yang memacu..pembekuan..sehingga aliran darah ke organ jadi berkurang..
    well, tapi info ini baru bagi saya..let see apakah ada yang punya literatur lain yang bisa mendukung temuan ini...:belajar:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.