1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Suara tertua di Dunia yang pernah di rekam

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by hayasegawa, Feb 1, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    hayasegawa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    939
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,206 / -0
    Siapa yang gak tahu Thomas Alva Edison? Ya, penemu ini adalah salah satu penemu terbaik di dunia karena telah mematenkan sekitar 1.094 penemuan dalam sejarah, salah satunya adalah fonograf, itu lho, perekam suara.

    [​IMG]
    Penemu nya gan..
    [​IMG]

    Namun di samping itu ternyata seorang Prancis bernama Edouard Leon Scott de Martinville telah membuat sebuah alat bernama Phonautogram 17 tahun sebelum Edison! Alat ini sebenarnya dibuat pada tahun 1860 dan dipakai untuk meneliti suara, yaitu dengan menyimpannya pada sebuah kertas, namun Scott tidak pernah mengetahui bahwa alat ini juga dapat menyimpan suara. Namun pada tahun 2008 beberapa orang dari Lawrence Berkeley National Laboratory di Amerika berhasil mengubah "cakaran" di kertas menjadi suara.

    Sementara itu beberapa orang dari universitas yang sama sedang bertulang di Prancis mencari beberapa barang tua untuk dimainkan, seperti silinder fonograf. Namun apa daya mereka hanya mendapatkan kertas hitam dengan cakaran di kertas tersebut :hammer:. Mereka pulang dengan sangat kecewa, namun ketika kertas ini diputar, mereka mendengar suara yang indah keluar dari kertas itu. Pada awalnya mereka mengira suara itu adalah suara seorang perempuan, namun suara itu adalah suara Scott!!

    Pada rekaman tersebut, suara Scott dapat diperdengarkan sedang mendendangkan lagu Au clair de la Lune. Rekaman berhenti ketika ia menyanyikan bagian "mon ami, Pierrot repondit". Rekaman ini dianggap sebagai rekaman terpenting dalam sejarah manusia :rolleyes:. Namun tidak hanya itu, para ilmuwan juga menemukan rekaman lain, seperti ketika Scott sedang membacakan puisi Aminta, dan ketika ia sedang melakukan tes terhadap alat tersebut.

    Suara ini akhirnya mendapatkan predikat sebagai Suara Tertua Di Dunia, dan mendahului Experimental Talking Clock oleh Frank Lambert yang dibuat pada tahun 1878, dan rekaman lagu gereja Israel in Egypt. Kemungkinan mendapatkan suara lain yang lebih tua sekarang menjadi sedikit mustahil, namun bisa saja.

    [​IMG]
    [​IMG]

    [​IMG]

    Info suara: suara yang didengarkan adalah suara asli, tepatnya belum diedit dan baru pertama kali dimainkan (tepatnya pada Maret 2008). Suara yang didengarkan adalah suara penemu namun dimainkan terlalu cepat.

    Peringatan: untuk beberapa alasan suara yang dimainkan agak seram, sehingga disarankan untuk seseorang menemani atau dimainkan pada siang hari.

    [Youtube]RexXDDA8RoI[/Youtube]


    [Youtube]7Vqvq-f-UtU[/Youtube]

    Ini dia situs suara2 lainnya: http://www.firstsounds.org/

    Agak serem kan? ::panik::panik:

    Suara tertua kedua di dunia
    Experimental Talking Clock adalah suara yang direkam oleh Frank Lambert sekitar tahun 1868. Rekaman ini dianggap sebagai suara tertua di dunia sampai Edouard Leon Scott de Martinville pada tahun 1857 ditemukan. Suara yang dimainkan adalah suara Lambert yang memberi tahu waktu dan beberapa suara bel pada media timah. Beberapa suara terekam secara terbalik, sehingga mungkin Lambert sempat beberapa kali memutar fonograf secara terbalik :hammer:.
    Penemu nya gan..
    [​IMG]
    [Youtube]KmutzU58dXs[/Youtube]​

    Suara tertua dalam media fongraf yang masih bertahan
    Selama beberapa abad, rekaman lagu gereja Israel in Egypt yang direkam di Crystal Palace, London, Inggris pada sebuah konser tahun 1888 dianggap sebagai rekaman tertua yang masih bertahan (walaupun sudah ada rekaman yang lebih tua, namun kebanyakan sudah rusak dimakan waktu). Rekaman ini dibuat oleh Kolonel George Gouraud. Namun sayangnya, suara yang berjumlah ribuan, jarak penyanyi dari perekam, dan keterbatasan teknologi pada saat itu membuat suara yang dimainkan tidak terlalu jelas.

    Yang menyedihkan terhadap rekaman ini, tempat rekaman, yaitu Crystal Palace, sudah hangus dilalap api pada tahun 1936 :(. Sehingga rekaman ini dinggap sangat bersejarah.

    Foto Crystal Palace
    [​IMG]
    [Youtube]-qDwz3JdD1c[/Youtube]​

    Semoga menambah pengetahuan agan2 dan berharap tidak :repost:

    Sangat menginginkan ijo2 :hahai::hahai: semoga ga salah tempat :maaf:
     
    Last edited: Feb 1, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    antipasat /人 ◕‿‿ ◕人\~☆ Most Valuable Users

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    1,089
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,060 / -0
    Gak jelas ah rekaman suaranya. :haha: Emang agak serem juga sih dengernya. :keringat: Btw, bentuk fonograf-nya kok mirip seismograf (alat pencatat gempa) yak. :hihi: Mungkin karena cara kerjanya mirip, ponograf mencatat getaran suara, seismograf mencatat getaran gempa. IMO & CMIIW.
     
  4. Offline

    bHell Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,893 / -0
    :lol: mayan serem juga,, tp lebih mirip suara Tawon berdengung :hihi:
     
  5. Offline

    AlexRoddick Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    suaranya agak susah didengar... agak berdengung...
    alatnya masih jadul abis jg
     
  6. Offline

    whylalatcanfly Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    886
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +206 / -0
    rekamanya dak jelas banyak keresek2 nya
     
  7. Offline

    MobyC Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    518
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Kok suaranya mirip ma terompet piala dunia di afrika selatan ya ?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.