1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Studi: Vasektomi Cegah Kanker Prostat

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Oct 9, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Peran pria dalam program Keluarga Berencana (KB) masih sangat minim. Menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), peran pria hanya 1,5 persen.

    Selain penggunaan kondom, pria bisa menggunakan kontrasepsi permanen dengan vasektomi atau pemotongan saluran sperma.

    Banyak pria lebih memilih kondom, karena menganggap vasektomi sebagai hal menakutkan yang merampas hak asasi. Apalagi, rumor yang berkembang menyebut bahwa vasektomi lebih berisiko memicu perkembangan kanker prostat.

    Benarkah vasektomi picu kanker prostat? "Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai itu, karena tanpa divasektomi pun, pria yang aktif ejakulasi berisiko mengembangkan kanker prostat," ujar Dr Yusro Hadi Maksum, pemimpin penelitian Vasektomi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

    Terlepas kekhawatiran itu, Dr Yusro justru meyakini bahwa vasektomi justru menjadi metode yang dapat mengurangi risiko kanker prostat. "Pada metode sebelumnya, vasektomi digunakan untuk penyembuhan kelenjar prostat."

    Pada orang-orang yang sudah lanjut, berusia sekitar 40 atau 50 tahun, produksi hormon testosteron akan berkurang atau dapat disebut sebagai menopause pada pria. Hal inilah yang mengakibatkan adanya pembengkakkan pada kelenjar prostat.

    Kelenjar prostat merupakan cairan yang mengimbangi keluarnya sperma. Jika ejakulasi terus terjadi, maka kerja kelenjar prostat akan semakin berat, dan akan membengkak.

    "Agar tidak membebani tubuh, dilakukanlah operasi pengangkatan prostat. Dengan vasektomi, harapannya, hormon testosteron akan tetap ada sehingga tidak berpengaruh," ujar Dr. Yusro.

    Lagipula, produksi sperma yang masih terus dilakukan walaupun saluran sperma tersumbat. Karena, sel sperma yang tidak dikeluarkan dalam waktu 3x24 jam, akan dihancurkan oleh tubuh.

    Zat-zat yang bermanfaat akan diserap kembali oleh tubuh, sedangkan yang tidak bermanfaat akan dihancurkan. Sehingga, nutrisi pada sperma tidak dibuang percuma dan dapat dimanfaatkan kembali oleh tubuh. Hal itu juga tidak menimbulkan masalah pada kondisi tubuh dan kehidupan seksual pria.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/233959-vasektomi-kurangi-risiko-kanker-prostat
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    ada yg bisa jelasin, vasektomi itu diapain yah? :???:
     
  4. Offline

    reisher Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    488
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +74 / -0
    Tapi kalau di-vaksetomi, ngga bakalan bisa punya anak lagi ya? Berarti tidak disarankan untuk yang masih muda dong.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.