1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Medicine Stem Cell Therapy

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by Nawainruk, May 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Nawainruk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,084 / -0
    Seperti yang kita ketahui bahwa HIV akan berujung pada kematian, namun dengan ditemukannya pengobatan baru ini pengidap HIV/AIDS memiliki harapan hidup labih panjang. Stem Cell therapy atau disebut juga pengobatan Sel Punca telah terbukti bisa membangkitkan sistem imunitas yang rusak karena infeksi virus HIV.

    Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh para ilmuwan di City of Hope Medical Centre, Duarte, California, disimpulkan bahwa terapi sel puna dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang rusak karena HIV menjadi baik kembali.

    Tekhnik yang telah ditemukan mengarah ke modifikasi genetika dari sebagian kecil dari sel punca (stem cell) pasien dengan gen yang menargetkan virus HIV yang memungkinkan untuk mendapatkan kekebalan dalam sel dan mempercepat replikasi sel-sel imunitas.

    Percobaan yang dilakukan pada lima pasien HIV tersebut menunjukkan peningkatan kondisi pasien, dimana sel-sel punca dapat tumbuh dan menghasilkan sel darah putih baru untuk melawan HIV. Namun demikian, metode ini pun masih dalam proses penelitian yang lebih lanjut.

    Sel Punca (Stem Cell) diambil dari tubuh pasien dan disuntikkan kambali agar bisa mengganti dan memulihkan sel jantung, hati, ginjal, atau pankreas yang agar menjadi lebih baik. Sel yang digunakan disebut CD 34 sel. Sel ini dapat mengubah dirinya menjadi bentuk sel matang. Stem Cell dapat diambil dari tubuh pasien sendiri (auto transplant), atau diambil dari manusia lain (alo-tranplant) maupun dari jenis mamalia lain (xenotranplant) untuk kemudian diperbanyak dan disuntikkan kembali ke tubuh penderita.

    Sel Punca (Stem Cell) adalah jenis sel manusi/mamalia yang masih memiliki kemampuan untuk membelah diri yang berguna untuk memelihara fungsi jaringan di tubuh, misal otot jantung, jaringan hati, sel ginjal, bahkan sel-sel otak, dan lain-lain.

    Keuntungan adult stem cell:

    * Dapat diambil dari sel pasien sendiri sehingga menghindari penolakan imun.
    * Sudah terspesialisasi sehingga induksi menjadi lebih sederhana.
    * Secara etis tidak ada masalah.

    Kerugian adult stem cell:

    * Jumlahnya sedikit, sangat jarang ditemukan pada jaringan matur sehingga sulit mendapatkan adult stem cell dalam jumlah banyak.
    * Masa hidupnya tidak selama embryonic stem cell.
    * Bersifat multipoten, sehingga diferensiasi tidak seluas embryonic stem cell yang bersifat pluripoten
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    gildaditya Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    harapan baru ya.
    tapi masih dalam penelitian.

    semoga bisa jadi manfaat nantinya deh
     
  4. Offline

    gerry1990 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    tapi bukannya kalo steam cell diambil dari tubuhnya sendiri berarti ada virus HIV nya donk??
    kalo aku liat di film the island,,ntar steam cell itu diambilnya saat kita baru lahir,,ntar sel tersebut akan di inkubasi dan dirawat terus sampai kita tua,dan jika nanti kita sakit begitu,dipakai deh steam cell itu,,
    mungkin di masa depan nanti bakal ada beneran yang kayak gitu,,
    :hmm::hmm:
     
  5. Offline

    renandzz Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    yoi dan bagi pmilik stem cell yg imun pnyakit bakal kaya mendadak (ato diculik org jht wkwk...)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.