1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Spontaneous Human Combustion (SHC)

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by lyneard, Aug 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    lyneard Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +459 / -0
    SHC! Apaan sich?

    SHC atau Spontaneous Human Combustion adalah sesuatu yang berkenaan dengan sebuah keyakinan bahwa tubuh manusia dapat terbakar dengan begitu saja tanpa pemicu dari luar. Begitu banyak spekulasi dan kontroversi yang ditimbulkan SHC yang tidak pernah terbukti sebagai peristiwa alamiah. Teori dan hipotesa yang ada hanya sebatas bagaimana SHC bisa terjadi.

    Apa Kata Para Ilmuan?

    Para Ilmuan yang selalu mengesampingkan sisi mistik dari segala sesuatu memiliki sebuah hipotesa yang disebut dengan "The Wick Effect". Dimana pakaian sang korban basah oleh keringatnya sendiri yang mengandung lemak dan berubah menjadi sumbu yang bersifat seperti lilin. Kemungkinan lainnya, para korban SHC terbakar akibat listrik statik. Tapi kemungkinan terakhir ini memerlukan kejadian yang sangat ekstrem yang hampir tidak mungkin terjadi tanpa bantuan alat. Dan kedua kemungkinan di atas semakin tidak masuk akal karena beberapa sebab: 1. Jauh dari benda-benda atau zat-zat yang mudah terbakar, 2. Tersedianya banyak air, 3. Oksigen dalam tubuh manusia sangat tidak memungkinkan untuk menciptakan api sekecil apapun. Bahkan dalam film fantasy sekalipun, Pyro (X-Men) hanya bisa memanbipulasi api, tidak menciptakannya.

    Misteri SHC tersebut tidak terpecahkan sampai sekarang dan diputuskan untuk dimasukkan kedalam kategori kejadian supranatural yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan.

    Korbannya Siapa Aja?
    [​IMG]
    Ini adalah sisa dari tubuh Dr. John Bentley (Gambar di kiri) yang meninggal akbitan SHC di Penssylvania pada tahun 1966. Titik di mana tubuhnya terbaring memang ikut terbakar, tetapi ruangan di sekitarnya sama sekali tidak terbakar dan bahkan tidak ditemukan jejak hitam atau hangus sama sekali. Para ahli menyatakan bahwa dari bukti-bukti yang ada menunjukan bahwa tubuh korban terbakar dengan begitu hebat dan hancur dalam beberapa detik saja. Dimana untuk menghancurkan tubuh seperti itu diperlukan panas api dengan kekuatan yang besar yang tentunya akan membakar tidak hanya ruangan tempat korban berbaring tapi keseluruhan rumah korban pun seharusny ikut terbakar. Hanya dari kakinya yang tersisa sajalah, sang korban dapat di kenal.

    Gambar di sebelah kanan adalah sisa dari jenasah Nyonya Mary Hardy Reeser (dikenal dengan sebutan "Wanita Bara") dari Florida pada bulan July tahun 1951. Sisa mayatnya yang dapat ditemukan hanyalah tengkoraknya yang telah menciut dengan begitu hebat sampai hanya sebesar buah jeruk. Hal ini menambahkan misteri baru pada SHC, entah mengapa tengkorak korban bisa menciut sedemikian rupa.
    [​IMG]

    Korban lainnya yang meninggal diantaranya Robert Francis Bailey, George I. Mott, Jeannie Saffin, Helen Conway dan Henry Thomas. Sedangkan korban SHC yang selamat Jack Angel dan Wilfred Gowthorpe. Dan juga tentunga Profesor H (yang tidak mau disebutkan namanya) yang bajunya secara tiba-tiba dan tanpa pemicu apapun terbakar didepan mahasiswa ketika sedang memberikan kuliah. Dan tentunya masih banyak lagi korbannya yang kemungkinan besar -- tapi belum dapat di pastikan - korban SHC.
    [​IMG]
    Helen Conway

    beberapa kesamaan situasi pada korban-korban SHC

    1. 80 persen dari korban SHC adalah wanita.
    2. Kebanyakan dari korban adalah alkoholik (peminum) dan penderita obesitas (kegemukan).
    3. Tubuhnya terbakar hebat, tetapi keadaan ruangan disekitar tubuh yang terbakar tersebut baik-baik saja.
    4. Dalam beberapa kasus, walaupun tubuhnya hancur, pakaiannya tetap dalam keadaan baik.
    5. Korban biasanya penyendiri.
    =================================
    maaf klk repost...del aja langsung om mod klk repost..
    selamt berdiskusi
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zhenzhaa Silent Reader Members

    Joined:
    May 24, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    wahh.. mantap nih...

    juga tentunga Profesor H (yang tidak mau disebutkan namanya) yang bajunya secara tiba-tiba dan tanpa pemicu apapun terbakar didepan mahasiswa ketika sedang memberikan kuliah

    lagi asik ngajar tiba kebakaran :haha:
     
  4. Offline

    level99 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    1,363
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +139 / -0
    kl g salah d'cina jg ad orang ky gni..
    dy jd ngedeketin kandang hewan trus kandangny kebakar jg..
    kl bs kebakar gt jg inget fantastic 4:hihi:
    nice info gan:top:
     
  5. Offline

    level99 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    1,363
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +139 / -0
    --sorry double post--
     
  6. Offline

    valr1st Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +181 / -0
    wah bisa bgitu tapi kan emang kalo kita sehabis makan kan kita pas ada pembakaran kalor dari makanan tersebut dan itu menghasilkan panas

    dalam situasi lain kalo sakit panas badan kita aja bisa melebihi 37 derajat celcius kan ... ga kemungkinan bisa lebih
     
  7. Offline

    Dinis Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    933
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +140 / -0
    kok bisa yach..kebakar tp pakaian y gpp????????:onion-78:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.