1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Spontaneous Human Combusition ( Manusia terbakar sendiri dengan tiba - tiba )

Discussion in 'Science and Technology' started by hayasegawa, Feb 6, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    hayasegawa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,207 / -0
    Spontaneous Human Combustion (Manusia Terbakar Tiba-Tiba)

    [​IMG]
    Salah satu fenomena paling aneh di dunia adalah spontaneous human combustion (biasa disingkat SHC). Apa itu SHC? SHC yg secara harfiah bisa diartikan "terbakarnya manusia secara tiba-tiba" merupakan peristiwa di mana tubuh seseorang tiba-tiba terbakar sementara di sekitarnya tidak ada sesutu semisal api atau sebangsanya yg memicu kebakaran. Yg lebih janggal, seringkali tubuh korban bisa hangus hingga begitu parah, tapi benda-benda di sekitarnya yg letaknya bahkan begitu dekat tidak mengalami kerusakan seolah-olah tidak tersentuh api sama sekali. Fenomena SHC menurut catatan bisa terjadi di mana saja & kapan saja, entah di tengah keramaian ataupun saat korbannya sedang sendiri.

    Studi mengenai SHC pertama kali dianggap dipublikasikan oleh Jonas Dupont pada tahun 1763 dalam buku berjudul "De Incendiis Corporis Humani Spontaneis" yg isinya mengenai kumpulan kasus SHC di masa itu. Para ilmuwan lainnya kemudian mulai melakukan kajian secara serius mengenai SHC & mengumpulkan berbagai macam kasus SHC yg pernah terjadi untuk diteliti lebih lanjut serta dicari penyebabnya. Cukup mengejutkan karena ternyata fenomena SHC yg pernah relatif banyak & itu belum termasuk kasus-kasus SHC yg tidak diketahui publik maupun yg terjadi di luar jangkauan mereka (pengumpulan data mereka umumnya sebatas di wilayah barat, terutama AS)

    Berikut adalah sebagian kecil dari daftar fenomena SHC yg diketahui (kebanyakan berlokasi di Barat karena dari sanalah mereka berasal...) :

    - Tahun 1731, seorang wanita yg diketahui sebagai Countess Cornelia di Bandi dari Cesena, Italia, ditemukan meninggal karena terbakar di lantai kamar tidurnya. Hanya kakinya yg masih memakai stoking & sebagian kepalanya yg tersisa. Kasus itu dianggap membingungkan karena normalnya, dalam kasus kebakaran rumah, anggota tubuh terbakar lebih dulu barulah batang tubuhnya ikut terkena api, namun dalam kasus ini justru tubuh korban hangus hingga menjadi abu namun kaki & kepalanya masih tersisa.

    - Tanggal 27 Agustus 1938, Phyllis Newcombe & pria tunangannya Madge Knight baru saja meninggalkan pesta dansa pada tengah malam di Chelmsford. Tiba-tiba gaun yg dipakai Phyllis - yg terbuat dari bahan crinoline - menyala hebat & ia terpaksa diangkut ke rumah sakit setelah sempat berhasil menanggalkan gaunnya. Sayang, ia meninggal beberapa jam kemudian. Dugaan awal, peristiwa itu disebabkanoleh puntung rokok, namun nyatanya gaun dari bahan yg sama tidak terbakar sama sekali sekalipun disundut dengan puntung rokok yg menyala. Keanehan lainnya, api seharusnya tidak menyala sebesar itu kecuali ada bensin atau minyak yg disiramkan pada saat itu

    - Akhir tahun 1950-an di London, seorang wanita sedang berdansa dengan pasangannya di diskotik. Tiba-tiba tubuh wanita tersebut diselimuti api & ia meninggal sebelum api berhasil dipadamkan. Penyebab terbakarnya wanita itu masih misteri karena berdasarkan penuturan para saksi, tidak ada yg merokok dalam diskotik pada waktu itu & tidak ada benda-benda mengandung api semisal lilin di atas meja.

    - Oktober 1963, Olga Woth meninggal karena terbakar hidup-hidup di dalam mobil. Tidak ada bau benda mudah terbakar seperti minyak yg tercium & mobilnya sendiri sama sekali tidak terbakar.

    - Tanggal 19 November 1963 di Sussex, Madge Knight meninggal akibat terbakar ketika sedang tidur sendirian di kamarnya. Hal yg membingungkan, tidak tercium bahan-bahan mudah terbakar di lokasi & alas ranjangnya sama sekali tidak terbakar.

    - Bulan Desember 1966, Dr. John Irving Bentley ditemukan terbakar di dalam kamr mandi. Hanya kakinya yg tersisa, sementara barang-barang di kamar mandinya banyak yg tidak tersentuh api. Ini adalah salah satu kasus SHC yg paling terkenal.

    - Tahun 1980 di Chesire, Inggris, Susan Motteshead yg sedang memasak di dapur & memakai piyama tahan api. Tiba-tiba muncul kobaran api beberapa detik dari punggungnya, namun tubuh & rambutnya tidak terbakar sama sekali. Saat piyama yg dipakainya itu dicoba untuk dibakar oleh petugas pemadam kebakaran yg kemudian datang, piyama itu juga tidak bisa terbakar. Susan sendiri selamat & tidak terluka sama sekali(!).

    - (Kasus ini bukan soal SHC, namun masih berhubungan soal fenomena "api yg misterius') Dalam buku"Phenomena" yg ditulis Jonny Michell & Robert Rickard, diceritakan bahwa di akhir abad ke-19 ada seorang wanita bernama Jennie Morgan dari Missouri yg memiliki kemampuan khusus. Percikan bunga api muncul dari wanita itu ke barang-barang di sekitarnya. Ia juga diketahui bisa membuat orang lain pingsan ketika berjabat tangan dengannya (jadi inget Rogue di X-Men...)


    Ada beberapa hipotesis mengenai penyebab SHC. Salah satu hipotesis yg paling populer adalah yg dikenal sebagai "efek sumbu" (wick effect). Inti dari hipotesis itu adalah bahwa korban tiba-tiba tak sadarkan diri entah karena serangan jantung atau terlalu banyak minum alkohol. Sumber api di dekatnya, misalnya dari rokok, lalu mulai membakar tubuh korbannya dengan memakai lemak & alkohol sebagai bahan bakarnya. Teori ini sendiri memiliki kelemahan seperti fakta bahwa banyak korban sedang melakukan aktivitas secara aktif saat SHC terjadi & fakta bahwa sumber api kecil semisal rokok nyatanya sulit membakar tubuh manusia karena kalaupun kulit korbannya berhasil terbakar, sumber apinya sendiri sudah padam. Apalagi dengan teori ini, api akan menjalar pelan-pelan, sementara dalam kasus SHC api muncul secara mendadak & seketika.

    Hipotesis lainnya adalah mengenai fenomena bahwa korban meninggal akibat adanya "penyimpangan" medan magentik bumi. Hipotesis itu menyatakan bahwa beberapa manusia memiliki kemampuan untuk "mengumpulkan" gelombang magnetik sehingga tubuhnya tiba-tiba terbakar ketika gelombang yg terkumpul cukup tinggi untuk membentuk api - yg juga merupakan salah satu bentuk gelombang. Ibaratnya kuranglebih seperti kaca pembesar yg mengumpulkan cahaya & perlahan mulai membakar benda di titik fokusnya. Hal ini didukung oleh fakta bahwa terjadi kenaikan intensitas medan magnet pada beberapa fenomena SHC (lihat diagram). Namun, gagasan mengenai manusia yg bisa memfokuskan gelombang magnetis sendiri masih dipertanyakan.

    [​IMG]

    Masih ada hipotesis lain seperti yg mengaitkan fenomena SHC dengan kondisi kejiwaan seseorang. Dikatakan bahwa saat seseorang mengalami guncangan jiwa, oksigen & hidrogen dalam tubuhnya akan mengalami reaksi berantai yg lebih lanjut menyebabkan ledakan dari dalam sel. Sebagian orang bahkan percaya bahwa SHC adalah fenomena supranatural yg berasal dari "sesuatu yang tidak terlihat & tidak bisa dirasakan manusia". Satu hal yg pasti, sekalipun ada banyak hipotesis mengenai sebab fenomena SHC, belum ada penjelasan yg bisa menjelaskan fenomena SHC secara gamblang.
    sumber
    gugel, wikipedia, ama national graphic
    maap kalo :repost: semoga enggak :boong::boong:
    :piss::piss::piss:
    :belajar: ijo2 :mimisan:
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    yo5h1 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    137
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +4,409 / -0
    Di kamar mandi bs kebakar??? Tinggal nyebur ke bak mandi pdhl :hahai:

    Menarik nih infonya, tp kejadiannya ud lama semua y? Setelah abad 19 ud ga ad lg.. aneh..
     
  4. Offline

    Shouenga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2008
    Messages:
    1,662
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,772 / -0
    kayak kyo kusanagi dong :haha:

    banyak nih cerita Spontaneous Human Combusition :piss:

    nice info
     
  5. Offline

    Mutsume Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    878
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +240 / -0
    jadi inget game Parasite Eve 1 yg bahas ini Spontaneous Human Combustion
     
  6. Offline

    Greifi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,423 / -0
    kenapa bisa gitu ya:???:

    di santet kali ya:???:

    btw :niceinfo:
     
  7. Offline

    ich4n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +814 / -0
    Jadi inget pelem sherlock holmes yg si blackwoodnya 'ngebakar' salah satu anggota organisasi yg nentang dia jadi pemimpin. Ternyata itu adalah trick, mungkin kejadiannya mirip kayak gini jg kali yah :lol:


    hipotestis ini menunjukkan bahwa manusia g cuman dimensi fisik aja yah? ad dimensi spiritual :doa:. Cukup masuk akal walo terlihat sulit dipercaya. Kalo menurutku seperti ini: Kalo di fisika dikatakan setiap benda itu terdiri atom, itu berarti manusia juga terdiri atom. Atom ini terus bergerak. Kalo di fisika juga dikatakan atom itu sendiri 'membentuk' energi. Makanya bisa dikatakan orang" psikolog atau parapsikolog manusia g lain dan d bukan adalah kumpulan energi dunia ini juga begitu sebenernya. Nah, dalam hal SHC ini, singkatnya terjadi ledakan energi yg di luar batasan yg semestinya, begitu :boong:
     
  8. Offline

    zevenpeaz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    408
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,024 / -0
    Banyak dosanya kali yah tuh orang :lol:

    Tapi knapa kejadian yang aneh2 slalu di AS?? :lol:
     
  9. Offline

    Anon Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +79 / -0
    Eh... Madge Knight di tahun 1938 dan Madge Knight di tahun 1963 itu orang yang sama yah? :doa:

    Jangan-jangan pembunuhan berencana oleh orang berkekuatan phsychic lagi, hahaha *kebanyakan nonton film*
     
  10. Offline

    allucalt Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    1,075
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,645 / -0
    banyak cerita detektif yang pake teori ini nih..
    tapi akhirnya semuanya terbukti ga bener..
    nice info :top:
     
    • Like Like x 9
  11. Offline

    hantupudel Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 15, 2009
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +649 / -1
    Human combusition ma phyrokinesis sama gak sih ?

    klo liat dari artikel di atas.. bener juga ya masuk jaman sekarang dah gak ada lagi. ato emang tidak tercover media massa ya ?

    ngeri juga klo kek gitu. lagi enak2 tidur, tiba tiba badan kebakar. huft..
     
  12. Offline

    hayasegawa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2009
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,207 / -0
    TS juga msih bertanya2... rata2 kejadian ini pada masa dulu.... skrg msh ada ga ya?? ato malah dirahasiakan untuk intelejen:panda::panda:................. :panik::panik:
     
  13. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,054 / -7
    wah gw msh penasaran sama fakta nya....cuz teori nya msh blm ada yg jelas...:???:
     
  14. Offline

    Kerrigan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 12, 2008
    Messages:
    1,276
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +938 / -0
    mungkin ini salah satu fenomena santet di luar negeri ya :???:

    di indo katanya juga pernah ada kejadian kyk gitu, tapi ga dipublikasiin
     
  15. Offline

    yosuacuber Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    emang aneh ni kjadian.. prnah dibahas d QED volume awal"..
    di national geographic jga prnah nonton, ktanya brhubungan sma lemak gtu
     
  16. Offline

    WaxRain Beginner Members

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +61 / -0
    :niceinfo: kk. Baru taw ada yang gini. Pas di Kuroshitsuji EP3 jg ada yg mirip gini. :haha:
     
  17. Offline

    HarvestMoon Beginner Members

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +1,743 / -0
    gila
    gak perlu kompor laghi dha
    awkkawkwa
    ehh gan
    ini udah terjadhi di indonesia belum?
     
  18. Offline

    audrian Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    2,050
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,370 / -0
    Udah ajalnya mungkin...cuman kok serem amat ya sampe kebakar begitu... :niceinfo:
     
  19. Offline

    AngelOfAvalon Beginner Members

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +67 / -0
    nice info gan! ane udah pernah baca nih. seperti yang agan tulis :

    kebanyakan korbannya katanya pemabuk. emang belom bisa dipastiin sih kalo penyebabnya alkohol, tapi kalo menurut ane sih, potensi alkoholik mengalami SHC lebih besar. ibaratnya tuh alkohol itu bahan bakarnya.....parah ya gan
     
  20. Offline

    saepoden Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Na'udzubillah Min Dzaliq..

    :takut:
     
  21. Offline

    zetsudousougi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    413
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +78 / -0
    jangan2 beatrice ngebakar kinzo juga karena SHC ini:lol:
    misteri umineko terpecahkan!!
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.