1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Spirit of Majapahit, Replika Kapal Abad Ke-13 Buatan Perajin Madura

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by shinminho, Jul 6, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    [​IMG]


    Disadur dari Relief Candi, Dibuat tanpa Paku Besi

    Setelah kapal Pinisi Nusantara, satu lagi kapal legendaris berhasil diciptakan putra-putra Indonesia. Namanya Spirit of Majapahit. Replika kapal abad ke-13 itu dibuat berdasar relief Candi Borobudur. Minggu (4/7), kapal kayu tersebut dilepas dalam ekspedisi perdana melintasi delapan negara.

    ZULHAM MUBARAK, Jakarta

    ---

    DERMAGA Marina Batavia, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Minggu lalu sangat ramai dipenuhi orang. Mereka mengerumuni sebuah kapal kayu yang ''parkir'' di antara belasan kapal ikan modern yang berlalu lalang di kawasan pelabuhan tersebut.

    Kapal berbobot mati 20 ton itu didesain seperti kapal nelayan tradisional. Kerangka dan bodinya dibiarkan orisinal berwarna cokelat tua tanpa cat. Kondisi itu mungkin dimaksudkan agar kapal tersebut mirip aslinya yang dibuat pada abad ke-13.

    Itulah kapal Spirit of Majapahit yang hari itu akan berlayar menuju Jepang dan tujuh negara lainnya. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik yang memimpin pelepasan pelayaran perdana kapal tersebut tak berhenti berdecak kagum. Dia bersama para pejabat lalu menaiki geladak dan mengamati seluruh bagian kapal tradisional-modern itu.

    ''Ini merupakan masterpiece. Keberhasilan kapal ini mengarungi samudera akan menjadi momen untuk mempertegas bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut yang hebat,'' ujar Jero.

    Spirit of Majapahit tercipta atas kerja sama antara pemerintah Indonesia dan kelompok akademisi dari Jepang. Kapal tersebut merupakan hasil rekonstruksi kapal dagang pada zaman Majapahit yang disadur dari relief di Candi Borobudur.

    Rekonstruksi kapal abad ke-13 Masehi itu berawal dari rekomendasi seminar bertema Mencari Bentuk Kapal Majapahit yang diadakan komunitas Japan Majapahit Association (JPA). Kelompok pengusaha Jepang yang peduli terhadap sejarah dan kebudayaan Kerajaan Majapahit itu awalnya mencetuskan ide di Tokyo pada Maret 2009 yang dimatangkan dalam lokakarya di Jakarta pada Juni 2009.

    ''Komunitas JPA merupakan wadah untuk mengembangkan kerja sama penelitian dan penggalian sejarah Majapahit yang dikagumi bangsa Indonesia maupun masyarakat internasional,'' terang Ketua Ekspedisi Spirit of Majapahit Yoshiyuki Yamamoto.

    Dia kemudian menjelaskan proses pembuatan kapal itu kepada rombongan Menbudpar. Spirit of Majapahit benar-benar kapal buatan Indonesia karena pengerjaannya dilakukan warga lokal bernama Supardi bersama 15 perajin di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura. Kapal itu sangat khas karena berbentuk oval dengan dua ujung lancip untuk memecah ombak setinggi lima meter.

    Yamamoto menyatakan, Spirit of Majapahit bisa dibilang sebagai kapal tradisional terbesar di Indonesia. Kapal itu memiliki panjang 20 meter; lebar 4,5 meter; dan tinggi 2 meter. Untuk pembuatannya, kapal itu membutuhkan 28,63 kubik kayu jati tua dan kering yang khusus didatangkan dari Kabupaten Tuban, Jatim, dan Rembang, Jateng. Sementara itu, bambu petung dan kayu pereng berasal dari Sumenep, Madura.

    ''Tenaga pembuatnya juga istimewa, yakni 15 perajin kapal dari Madura,'' ungkapnya.

    Yamamoto menambahkan, Spirit of Majapahit dibuat dengan metode yang juga tradisional karena tidak ada satu pun besi atau paku yang digunakan. Untuk menyambung bodi, perajin menggunakan model paku tradisional dari kayu (pasak).

    Tapi, di sisi lain, untuk memenuhi standar navigasi di perairan internasional, tim melengkapi dengan peralatan modern. Misalnya, fasilitas navigasi seperti GPS, Nav-Tex, dan Marine Radar. ''Itu untuk memudahkan kami menentukan arah dan mengurangi risiko ketika berada di laut lepas,'' jelasnya.

    Dalam ekspedisi perdana itu, Spirit of Majapahit dinakhodai dua perwira Angkatan Laut (AL), yakni Mayor (Laut) Eko Deni Hartono dan Risky Prayudi, serta tiga kru warga Jepang. Ada pula beberapa wakil mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu serta lima awak buah kapal (ABK) dari Suku Bajo di Pulau Sapeken, Sumenep.

    ''ABK lokal itu kami pilih berdasar pengalaman dan kemampuan melaut dengan kapal tradisional. Jadi, total ada 14 ABK yang ikut dalam ekspedisi ini. Tapi, di Vietnam dan Jepang, mungkin akan ada yang ikut,'' tutur Yamamoto.

    Detail bentuk Spirit of Majapahit memang sangat unik. Kapal itu memiliki dua kemudi dari kayu di buritan dan cadik pada kedua sisi yang berfungsi sebagai penyeimbang. Layar dipasangkan pada tiang-tiang yang membentuk segi tiga sama sisi dan buritan atau belakang kapal lebih tinggi dari haluan depan.

    Ketua Tim Teknisi Spirit of Majapahit Supardi menjelaskan, tenaga pendorong kapal tetap menggunakan cara tradisional dengan layar yang mengandalkan kekuatan angin. Namun, disiapkan pula baling-baling yang digerakkan mesin sebagai penggerak cadangan. ''Mesin memang tetap ada. Namun, prinsip kerjanya tetap tradisional dan kemudinya menggunakan pancer,'' terang pria 52 tahun itu.

    Pancer adalah kemudi tradisional yang lazim digunakan perahu nelayan. Bentuknya berupa balok yang didesain khusus dan ditempatkan di bagian belakang. Biasanya, pada perahu tradisional, pancer ditempatkan tak jauh dari baling-baling dan ditempelkan di bodi perahu.

    Supardi mengungkapkan, kayu untuk pembuatan Spirit of Majapahit merupakan kayu-kayu berkualitas terbaik. Total kayu jati yang digunakan mencapai 40 kubik. Dana untuk membeli kayu sebanyak itu mencapai Rp 600 juta. Pembuatan kapal tersebut menelan dana lebih dari Rp 1 miliar.

    Sementara itu, Jero Wacik menuturkan, kapal tersebut akan berlayar menuju delapan negara untuk misi kebudayaan dan lawatan perdamaian. Yakni, Brunei Darussalam, Filipina, Jepang, Vietnam, Tiongkok, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

    Rencananya, kata Jero, kapal tersebut berlayar sejauh 9 ribu kilometer selama tujuh bulan sebelum kembali lagi ke Jakarta pada Januari 2011. ''Setelah kembali ke Jakarta, kapal akan disimpan di museum sebagai replika benda sejarah,'' terang Jero.

    Pelayaran itu dimaksudkan untuk mendapatkan bantuan finansial dan teknis untuk mengangkat reruntuhan Majapahit di situs Trowulan, Mojokerto. Sejumlah pelabuhan di negara-negara Asia telah dihubungi sebagai tempat pendaratan kapal.

    Untuk menghormati bantuan pemerintah Jepang, di Negeri Sakura itu, Spirit of Majapahit akan melakukan tur dan menyinggahi lima kota. Yakni, Okinawa, Kagoshima, Tokyo, Osaka, dan Fukuoka, kemudian baru melanjutkan perjalanan ke Shanghai (Tiongkok), Vietnam, Bangkok (Thailand), serta Singapura.

    Sebelum berlayar dari Jakarta, Jero sempat menitipkan rempah-rempah kepada tim ekspedisi untuk diserahkan ke negara-negara yang dilintasi ekspedisi itu. ''Ini (rempah-rempah, Red) sebagai bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berjaya pada masa lalu dan merajai samudera,'' tegasnya. (*/c5/ari)

    http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=143569

    ga keberatan klo :grp: or :thx: jg gpp
     
    Last edited: Jul 6, 2010
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    gdx38 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    1,987
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +157,178 / -0
    salut buat orang madura...
    jaman sekarang dah jarang yang penegn baut kapal kek gini.
    pakai kayu pulak...
     
    • Like Like x 1
  4. Offline

    echiikid Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +31 / -0
    ayo mana spiritnya!!kayak kata bang primus..:hahai:
     
  5. Offline

    H1p000 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    2,743
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +11,251 / -0
    tetap aja orang jepang juga yang buat gagasannya, kalau gx mana mungkin tuh kapal dibuat:sigh:
     
  6. Offline

    faythz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    4,936
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,562 / -0
    setidaknya masih ada niat bikin, biarpun gagasan bukan dari sndiri
    kalo orang ga baca sejarah na kan jg ga tau kalo gagasan dr jepang haha
     
  7. Offline

    joefrizz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    4,483
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +79,321 / -1
    busyeet deh ga pake paku sama sekali
    ga ada unsur besi sama sekali, satu2nya kapal yg aman dari serangan magneto :hahai:
     
    • Like Like x 1
  8. Offline

    myth73 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,371 / -0
    untuk kapal tradisional yang digunakan tuk mencari ikan di laut masih banyak yang pake kayu.
    Tapi kapal tradisional untuk mengarungi samudra, udah hampir2 gak ada...
     
  9. Offline

    Kisoka Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +33 / -0
    :swt: malah org jepang yg punya ide.. org sendiri cuma ngikut doank... payah...
     
  10. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,393
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,075 / -8
    memang yahud.... tuh kapal. apalahi replika dari kapal kerajaan majapahit.

    sayang untuk gambarnya cuma satu doank
     
  11. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,051 / -7
    knp kita gk malu ya...

    ini yg punya ide org Jepang...:swt:
     
  12. Offline

    yueyoong Beginner Members

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +6 / -0
    idenya orang jepang ternyata :swt:
     
  13. Offline

    g_kenz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    3,585
    Trophy Points:
    232
    Ratings:
    +342,936 / -0
    ntar mau dibawa berlayar selama 7 bulan... moga aja gak rusak... kan pengen ditaro di museum..
     
  14. Offline

    amado Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    7,723
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,014 / -0
    orang Jepang biasanya punya spirit of samurai ini malah spirit of majapahit:kaget: walaupun idenya dari orang Jepang yang bikin kapalnya orang Indonesia:top:
     
  15. Offline

    kadexlaah Silent Reader Members

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    hmmmm ikut menyimak...:onion-86:
     
  16. Offline

    milleghost Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    kalau kapal sekarang udah jarang banget yang dari kayu semua. kecuali kalo kita nonton di pelem2 kaya pirates carribean...
    itu pun juga gak jalan kapalnya.... dan lagi jika menggunakan kapal kayu, resiko jamurannya semakin gede...
    yah itu IMO sih...
     
  17. Offline

    marga Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +410 / -0
    ya gap apa2 lah gan!!! minimal tenaga pekerjanya bukan dari jepang!!!
     
  18. Offline

    Double_DecaKiva_DenBlades Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,524
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,648 / -0
    tapi kenapa yang punya ide orang jepang ya?:swt:
    orang indonesia sendiri malah nggak kepikir ngebuatnya:swt:
     
  19. Offline

    iodakon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    518
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +37 / -0
    aman dari serangan magneto tapi rawan dari serangan rayap:hahai:
     
  20. Offline

    moegila Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    1,263
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +950 / -0
    ini baru spirit :onfire:
    semoga sukses dalam perjalanan:peace:
     
  21. Offline

    mypsp Superstar Veteran

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    13,461
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,357 / -0
    kalo orang indo yang punya id gua kagum :top:
    tapi malah orang jepang, yang indo cuma ikutan :swt:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.