1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Siapkah Jakarta untuk Gubernur Berketurunan Tionghoa?

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by vincentrevival, Jul 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Namanya Basuki Tjahaja Purnama, seorang anggota DPR Komisi II. Banyak orang mengernyitkan dahi atas langkah-langkahnya karena dianggap tidak lazim. Di saat anggota DPR lainnya curi-curi waktu dan uang jalan, dia melaporkan perincian keuangannya. Di saat rekan DPRnya malu karena didapati tidak mengetahui e-mail formal Komisi V, ia bukan saja aktif berkomunikasi lewat facebook, dan websitenya, tapi juga tidak segan memberikan nomor telpon pribadinya. Di wawancaranya bersama Kick Andy, dia menyamakan dirinya dengan ikan salmon, ikan mahal yang mengembara melawan arus.

    Gaya bicaranya blak-blakan, tidak seperti politisi yang sering kita temui yang jauh lebih sopan. Maklum, latar belakang pendidikannya bukan politik atau publik affairs, melainkan teknik geologi. Banyak yang merasa cara dia menjawab terlalu kasar, dengan memakai bahasa yang tidak difilter sehingga dipandang kurang cocok untuk menjadi pemimpin di pemerintahan yang harus bertutur kata baik. Dulunya ia menjabat sebagai bupati Bangka Belitung. Sekarang ia duduk di DPR. Dan baru-baru ini sedang menggalang dukungan untuk mencalonkan diri secara independen sebagai gubernur Jakarta. Banyak yang mempertanyakan pendidikannya, mampukah dia naik kelas untuk mengurus hal-hal yang lebih besar? Atau ada yang bertanya apakah pengalamannya sudah cukup untuk mengatur Jakarta dengan segala keruwetannya? Apakah ia cukup karismatik untuk memimpin? Semua itu pertanyaan yang wajib kita tanyakan atas semua calon gubernur.

    Kemudian mari kita bahas bisik-bisik di belakang: Pak Basuki, lebih sering dipanggil Ahok adalah seorang ketuturan Cina. Sehingga kali ini, selain kewajiban untuk meninterogasi calon pemimpin Jakarta, ada kewajiban untuk bertanya pada warga Jakarta: Siapkah jika dipimpin oleh gubernur berketurunan Cina? Sejarah warga keturunan di Jakarta tidak akan pernah lepas dari peristiwa Mei 1998, di mana ratusan rumah dibakar dan banyak gadis-gadis diperkosa, tidak diam-diam di dalam tapi di jalanan, agar semua orang tau bahwa terlahir Cina adalah dosa. Sudah 13 tahun waktu itu berlalu dan terlepas dari masalah siapa otak di balik kejadian itu, kita tahu bahwa masih ada tembok dan percikan perbedaan bernama ras di tengah masyarakat kita. Adakah yang berfikir, jika benar Ahok memimpin Jakarta akankah ada balas dendam bagi sesama Cinanya yang dulu hilang? Atau akan kah dia berpihak pada bisnis-bisnis orang Cina?

    Mungkin ini lah ujian bagi bangsa Indonesia khususnya warga Jakarta untuk naik kelas. Di pelajaran moral PMP, PPKN, atau apalah itu namanya, kita selalu diajarkan untuk bersahabat dengan siapapun tidak memandang bulu. Dan tentang ras: Bhinneka Tunggal Ika, katanya. Tentang agama: Satu, ketuhanan yang maha Esa. Kini ketika dihadapkan pada kenyataan, dapatkah kita mempraktikkan apa yang dipelajari secara tertulis bertahun-tahun. Untuk naik kelas, kita harus menelaah pemimpin-pemimpin kita: mampu kah dia, jujur kah, terbuka kah, palsu kah janji-janjinya? Berulang-ulang kita dibohongi dan berulang-ulang kita rela. Sudah saatnya kita memilih dengan pikiran.

    Kalau dipikir, sebenarnya Indonesia cukup liberal. Jika kita bandingkan dengan Amerika, dari 44 presidennya, tidak ada satu pun yang wanita, kita punya Megawati. Dan juga tidak ada satupun yang penyandang cacat jenis apa pun, kita memiliki Gus Dur (alm.). Dan baru di presiden ke 44, mereka memiliki pemimpin berkulit hitam, berambut keriting (itu pun 50% hitam). Sedangkan kita baru punya 6 presiden. Dari fakta ini, saya kira kita sangat rindu untuk perubahan, sehingga kita tidak melihat apa dia wanita atau dia buta. Kita hanya ingin yang lebih baik, melihat kemampuannya, tidak fisiknya.

    Dalam satu acara Ahok bercerita bahwa ketika ia berkunjung ke suatu daerah, dia disapa oleh pemimpin daerah tersebut: Syalom! Dan ia pun bingung serta bertanya, daerah ini kan majoritas Muslim, kok Bapak bisa sapa dengan Syalom? Sang pemimpin pun berkata, kalau saya bertemu yang Muslim saya akan Assalamualaikum, jika Kristen saya sapa dengan Syalom, jika Hindu saya katakan Om Swasyastu. Dan Ahok pun berkata bahwa ini dia mindset yang harus diubah, bahwa salam berdasar agama, tinggalkan lah di tempat beribadah dan sesama penganut. Di pemerintahan “agama” kita hanya: ketuhanan yang maha Esa. Selebihnya hanya menimbulkan perbedaan secara negatif.

    Butuh 400.000 tanda tangan dan KTP Jakarta untuk pencalonan diri sebagai Gubernur secara independen dan itulah yang Ahok sedang lakukan. Saya berharap akan ada calon-calon lainnya tidak perduli keriting, hitam, Buddha, dan lain sebagainya untuk membawa ide-ide baru serta persaingan sehat untuk Jakarta. Lagipula Jakarta adalah mini Indonesia, orang datang dari mana-mana.

    Siap tidak siap perubahan harus terjadi, banjir harus berhenti, macet harus dilancarkan. Bukankah hanya itu yang kita maui?

    sumber : http://politik.kompasiana.com/2011/07/27/siapkah-jakarta-untuk-gubernur-berketurunan-cina/
     
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    g orang pertama yg akan kasih suara pastinya :top:
     
  4. Offline

    Einnor Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +12 / -0
    mantaffff..... bener sekali di jaman yang semakin global seperti sekarang ini seharusnya kita tidak lagi terlalu memperhatikan SARA tapi lebih ke apa yang dilakukan secara individu, jaman semakin modern dan manusia semakin hari semakin mudah berkomunikasi dan berhubungan, tidak seperti 100-200 tahun lalu sekarang sudah bertebaran penduduk2 yang campuran dari mulai dalam negeri (peranakan jawa sumatra misalnya) sampai dgn luar negeri (indo eropa, indo aussie,dsb) semua pasti ada apalagi di jkt.
    itu merupakan bukti bahwa kita manusia sdh semakin membaur dan sikap fanatic terhadap ras,suku dan agama tertentu sudah sepatutnya mulai dipertanyakan.

    setiap hari yang ditayangkan di tv rata2 adalah masalah dan masalah, mulai dari korupsi, koruptor yang ngga ketangkep2, TKI dianiaya, kebakaran dan banjir(terutama di Ibukota @.@) sekolah2 yang dalam kondisi menyedihkan dsb, Indonesia butuh orang yang bisa menjawab masalah2 ini tidak perduli akan latar belakang SARA nya,( tapi tentunya msh hrs orang indo dong ^^ , jgn KTP amric jadi presiden sini hahaha).

    Jakarta sebagai ibukota sudah tentu menjadi pusat perhatian dan contoh dari seluruh indonesia, semoga Bang Ahok bisa menjadi contoh yang pertama utk hal ini.Kita liat aja sepak terjang nya apakah benar2 bisa menjawab semua tantangan di jkt atau serupa dgn banyak sekali pejabat2 di pemerintahan yang janji doank.

    Peace ^^
     
  5. Offline

    Tanzmania Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    964
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,483 / -0
    Same opinion with me
    Ga peduli dy org mana, asalkan dia bisa membawa perubahan di jakarta, g bakal dukung tuc orang.
    Semoga jakarta bisa berubah lebih baik..

    Sent from my Journey android using Tapatalk
     
  6. Offline

    tienming Beginner Members

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    kalo dia bener2 pantas sbg bupati, gw akan dukung kalo perlu sbg presiden jadi negara kita lebih maju seperti waktu kepemimpinan gus dur dulu, blak blak an tapi to the point, drpd cuma banyak omong tapi ga ada hasilnya.
     
  7. Offline

    yamikage Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2008
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +115 / -0
    gus dur sendiri pernah menyuarakan klo dia setuju klo si ahok jadi gubernur
    sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Basuki_Tjahaya_Purnama
    dan memang terbuka orang nya bisa di lihat dari website nya lengkap jadwal kegiatan sama keuangan nya
    http://ahok.org/
    sementara orang lain klo nyari suara mesan tempat buat dia pidato, bagi2 baju, duit
    si ahok nyari suara bisa pergi ke warung kopi ato warteg makan bareng rakyat dan ngobrol2 soal politik dan segala macem nya ato sekedar mendengarkan masalah apa yang sedang dihadapi rakyat, klo ada yg minta no pribadi nya dia kasi.

    Secara pribadi sih menurut g dia agak mirip Gus Dur yg orang biadab berani dia bilang biadab walo itu bakal digunakan sama [orang orang biadab] itu buat ngejelekin nama nya :lol:
     
  8. Offline

    Armageddon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    976
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +412 / -0
    walau bukan orang jakarta tapi klo pemimpinnya seperti ini saya yakin jakart bisa lebih maju lagi dan terbuka pada rakyatnya......
    pemimpin yang sekarang mah memajukan diri sendiri bukan rakyatnya :swt:
     
  9. Offline

    McCoffe Beginner Members

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo bang ahok beneran jadi gubernur Jakarta gantiin pimpinan kita skrg....mestiny jakarta akan jadi jauh lebih baik...
    semoga aj tingkah lakuny kek skrg ga berubah kalo seandainy dia jadi gubernur jakarta
     
  10. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    yg paling g salut, di saat warga2 DPR sono yg cuman tau jalan2 doang, mpe email aja ga ngerti, promosi / kampanye pake duit rakyat, si ahok promosi pake duit sendiri dan kampanye lewat internet, email, fesbuk dll. mengingatkan g pd sosok Obama
     
  11. Offline

    harunomasu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2010
    Messages:
    747
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +101 / -0
    Kalau dia adalah pemimpin yang baik yang bisa membawa Jakarta ke arah yang lebih baik, kenapa nda? Aku sendiri keturunan Cina, dan aku juga masih merasa berduka atas apa yang terjadi di Jakarta dahulu, bahkan saat ke Jakarta pun aku selalu takut. Tapi kalau dari kita sendiri tidak mau berubah, kalau kita hanya mencari balas dendam, semua ini tidak akan pernah berakhir. Sudah saatnya rakyat kita memilih orang yang benar-benar bisa memimpin dan membawa negara ini jauh lebih baik :)
     
  12. Offline

    ciscusss Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 14, 2010
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +215 / -0
    Ane vote buat dia jg...
    Moga tar jd Gubernur gak lupa sm janjinya...
    and
    Moga tar jd Gubernur Jakarta bs bnr" bawa perubahan yg lbh baik
     
  13. Offline

    xaveriuschristo Beginner Members

    Joined:
    Mar 11, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    trsrh gan mau orang afrika juga gpp yg pnting jakarta jd lebih maju
     
  14. Offline

    acehkhan12 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,317 / -1
    org pintar perlu tp lebih diperluka lg org yg jujur dan pny komitmen besar dlm membuat perubahan..Gusdur pun sndiri d sebut Bapak Pluralitas yg memandang sama dgn keanekaragaman nya..jgn lihat org nya, lihat aja hasilnya..:cerutu:
     
  15. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,279 / -0
    selama ini jakarta selalu dipegang oleh keturunan indonesia dan seperti itulah hasilnya

    kasih aja dia kesempatan, kalau ternyata perubahannya sangat drastis pasti bikin pemerintahan sebelumnya malu (itu juga kalau mereka masih punya malu :hihi:)
     
  16. Offline

    na3ngCut Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2010
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +44,245 / -0
    Kalo emang dia baik ...

    dan gak ada niat buat KORUPSI ,,,!!

    Kenapa engga?
     
  17. Offline

    vravae Beginner Members

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +17 / -0
    org darimana pun, kaya apapun, bakal gw dukung deh asal jakarta ga macet lg! -.-
     
  18. Offline

    LonelySoldier Demi CinTA Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 12, 2010
    Messages:
    1,607
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,892 / -0
    Revolusioner... :top:

    Selama orangnya emang kompeten, bisa diandalkan, dan konsisten antara omongan ama perbuatannya, berarti emang layak didukung...
     
  19. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    meski programnya bagus dan kinerjanya oke
    gw pesimis ini orang bakal naek
    soalnya masih banyak orang gak suka sama orang keturunan utk jadi pemimpin
     
  20. Offline

    cyborg009 Beginner Members

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +20 / -0
    gw jg cina, tapi gw ga gitu yakin atau agak ga setuju klo dia jadi gubernur jakarta
    krn org pribumi itu masih membenci cina, klo suatu saat dia ada bikin kesalahan gw rasa org" pribumi bakalan salahin semua org cina di indo
    gw ga mau klo terulang lagi kerusuhan mei/ganyang cina, yg semua ga ada hubungannya dgn ras tapi yg di salahin org cina

    negara dan penduduk ini masih belom siap
     
  21. Offline

    flint91 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2011
    Messages:
    1,473
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,102 / -1
    jika itu yg terbaik utk jakarta mengapa tidak..
    suku ato agama tidak alh penting...
    yg penting jakarta menjadi lebih baex..:top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.