1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Siapa pencinta Film, tau ga sejarahnya?

Discussion in 'History and Culture' started by justry, Nov 5, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    justry Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    460
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,510 / -0
    Siapa sih yang tidak suka film? Pasti rata-rata dari kita paling tidak pernah menonton film. Entah itu film-film dari ranah Hollywood, Bollywood, hingga kelas film horor murahan Indonesia. Bahkan berkat kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, kita orang awam pun mampu membuat film ala kadarnya hanya melalui handphone.

    Mungkin fakta-fakta berikut ini bisa dijadikan informasi yang menarik bagaimana sebuah produk film memiliki sejarah yang cukup unik untuk disimak:

    1. Sejarah film sebenarnya sama tuanya dengan penemuan perangkat fotografi. Namun tahukah kamu, sejarah gambar bergerak yang pertama muncul di dunia justru muncul bukan di Hollywood, namun lahir dari sebuah pertanyaan unik: Apakah keempat kaki kuda berada pada posisi melayang pada saat bersamaan ketika kuda berlari? Pertanyaan ini dijawab oleh Eadweard Muybridge dari Stanford University dengan membuat 16 gambar atau frame kuda yang sedang berlari. Kejadian ini terjadi pada tahun 1878. Dari ke-16 gambar kuda yang sedang berlari ini dirangkai dan digerakkan secara berurutan menghasilkan gambar bergerak pertama yang berhasil dibuat di dunia. Dari sinilah ide membuat sebuah film muncul. Karena pada saat itu teknologi kamera perekam belum ada, Muybridge menggunakan kamera foto biasa untuk menghasilkan gerakan lari kuda. Dengan kata lain, diperlukan pengambilan gambar beberapa kali agar memperoleh gerakan lari kuda yang sempurna saat difilmkan.
    2. Sepuluh tahun setelah penemuan gambar bergerak (1888), barulah muncul film (bukan sekedar gambar bergerak) pertama di dunia, ya paling tidak mendekati konsep film-film yang sudah ada saat ini. Film ini dikenal dengan nama Roundhay Garden Scene yang di'sutradarai' oleh Louis Le Prince yang berasal dari Prancis. Film berdurasi sekitar 2 detik ini menggambarkan sejumlah anggota keluarga Le Prince sedang berjalan-jalan menikmati hari di taman. Setahun kemudian(1889), Amerika Serikat barulah memproduksi film pertamanya yang berjudul Monkeyshines No. 1. Seperti apa film Monkeyshines No.1? Gambar orang yang 'blur' dengan latar hitam yang sedang melakukan gerakan-gerakan tangan dalam beberapa detik.
    3. Memproduksi sebuah film yang spektakuler (seperti yang dilakukan oleh kalangan sineas Hollywood) tentu saja membutuhkan biaya yang sangat besar. Contohnya, film Titanic yang harus membangun tiruan kapal Titanic itu sendiri. Film Titanic itu sendiri menghabiskan dana sebesar 200 juta dollar atau kalau kita rupiahkan bisa mencapai angka 2,5 triliun rupiah! Tapi itu masih belum seberapa lo...coba bandingkan dengan biaya pembuatan film Pirates of the Caribbean: At World's End yang mencapai angka 300 juta dollar atau sekitar hampir 4 triliun rupiah! Luar biasa... Namun, tahukah kamu, ada satu film yang bisa dianggap sebagai salah satu film termahal di dunia yang pernah diproduksi, dan film ini diproduksi pada tahun 1963. Itulah film Cleopatra yang diproduksi oleh 20th Century Fox . Awalnya film ini hanya diberi anggaran 2 Juta Dollar, namun entah mengapa membengkak hingga 44 juta dollar. Kondisi ini tentunya sangat memberatkan 20th Century Fox sehingga hampir membuatnya gulung tikar. Perlu diketahui bahwa angka 44 juta dolar ini adalah angka di tahun 1963, bila dikonversikan dengan tahun sekarang plus hitung-hitungan inflasi, angka tersebut sama dengan nilai 295 juta dollar di tahun 2007, dengan kata lain di tahun 2009 bisa menembus angka 300 juta dollar!
    4. Tapi siapakah sebenarnya pemegang rekor film termahal di dunia? Ternyata film termahal yang pernah dibuat adalah film yang merupakan adaptasi dari novel dari Rusia, War and Peace yang ditulis oleh penulis terkenal Rusia Leo Tolstoy. Film yang dibuat pada tahun 1961 dan diproduseri oleh Mosfilm Studios milik USSR ini menghabiskan dana sebesar 100 juta dollar atau kalau dikonversi dengan inflasi dan segala macam, film ini berharga 700 juta dollar! Luar biasa...! Lalu apa yang membikin film ini menjadi sangat mahal? Ternyata ada sebuah adegan film perang yang harus mengerahkan pasukan sebanyak 120.000 tentara, dan itu adalah scene atau adegan perang terbesar yang pernah dibuat!

    http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=13256

    Ini gan artikel tentang Film pertama di dunia:

    Film pertama di dunia dirilis pada tahun 1903. Film tersebut diambil dari kisah nyata mengenai perampokan kereta besar-besaran yang terjadi di Amerika Serikat.

    Film 'The Great Train Robbery' dibuat berdasarkan kisah perampokan kereta api pengangkut emas di tahun 1896. jalan ceritanya ini ditulis oleh Thomas A. Edison. dan diproduseri oleh Edwin S. Porter.

    Dalam pencatatan sejarah perfilman, film ini adalah film bergerak pertama yang dibuat. Walaupun masih hitam putih dan dibuat tanpa suara (film bisu. red), namun film berdurasi 12 menit ini bisa menjadi inspirasi bagi pembuatan film-film berikutnya

    [​IMG]



    sorry gan kalo repost ^^:piss::piss::piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    dibu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +99 / -0
    wehhh kirain titanic ma spiderman yang ke 3 tuh pilem dengan budget terbesar?ternyata...ada yang lebih besar lagi yah...
     
  4. Offline

    CarbuncLe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +251 / -0
    buyset sampai 700 juta dollar (dollar saat ini) ya ternyata pembuatannya.. iya kalau harga segitu jaman dulu itu gara2nya belum ada spesial efek kaya komputer jaman sekarang yang bisa membuat prajurit seperti berlipat2 kali yang aslinya di layar kaca. itulah gunanya juga teknologi yang makin canggih bisa membuat cost semakin menurun dan efisien :top:
     
  5. Offline

    bibibi Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2008
    Messages:
    2,403
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,123 / -0
    ternyata film dolo budget yg dipake lebih besar daripada skrg :kaget:

    pantes skrg film2 lebih menggunakan efek 3D, ternyata untuk meringankan biaya produksi jg :piss:
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    swarna_IDWS Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    gilaa... gede banget biayanya... klu indonesia pilih aman2 aj deh... gk perlu biaya segede itu... hehe..
     
  7. Offline

    EdasNaheyDJ Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    402
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    haduh, film jadul kok mahal bgt...
    mendng film skrg dah, lbh murah
    jauh lbh bagus visual + audio effectnya,,,
    ky film2 ttg bencana, mcm2nya the day after tomorrow ato armageddon
     
  8. Offline

    EdasNaheyDJ Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    402
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    haduh, film jadul kok mahal bgt...
    mendng film skrg dah, lbh murah
    jauh lbh bagus visual + audio effectnya,,,
    ky film2 ttg bencana, mcm2nya the day after tomorrow ato armageddon
     
  9. Offline

    ngilerman Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,313 / -2
    titanic mang bakal jadi film legendaris..
    tahun sgitu bisa bikin film sperti itu memang sudah luar biasa

    jadi pengen nonton film termahal itu 700juta dollar waw (gede amat :death:)
     
  10. Offline

    kucinglangit Members

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    indonesia juga nanti akan buat film termahal juga kok

    tunggu ajah

    entah kapan

    mungkin film horror dan 'sejenis' nya kali dah
    seperti yg sekarang ada
     
  11. Offline

    shoulang Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wow..
    bru tw nih,,
    tp 700 juta dollar,, bnyak bgt...
    gila tuh film
     
  12. Offline

    cozy_pc Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +398 / -0
    baru tau juga nih...

    ternyata film dulu bisa lebih mahal biayanya dibanding film modern, mungkin juga dikarenakan keterbatasan teknolagi pada jamannya...
     
  13. Offline

    AlexRoddick Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    wah baru tahu saya...
    700juta dollar gede banget !!!
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.