1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tanya Setting Klep Motor

Discussion in 'Otomotif' started by engboh, Apr 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    engboh Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,554 / -0
    :hi: buat mekanik yg nongkrong di idws

    mo tanya nih :piss:
    1.Seberapa penting setting klep pada motor :???:
    2.Apa bener kerapatan seting klep pada motor pengaruh pada kecepatan :???:
    3.Berapa standar jarak klep depan dan klep blakang pada GL Neo Tech :???:
    4.Benarkah semakin kendor setelan klep, tenaga motor jadi maknyuss :???:

    :maaf: maaf banyak nanya
     
    • Like Like x 10
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Ri0t Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 25, 2008
    Messages:
    1,354
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,456 / -0
    bantu jawab~ :nikmat:

    A 1. & 2. :
    sangat penting.
    setting klep berhubungan langsung dengan kompresssi dan waktu pengapian.
    klep harus disetting dengan tepat agar waktu buka-tutup klep tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat.
    sehingga peforma & effisiensi mesin tetap prima dan terjaga.

    A 3. :
    wa kurang tau berapa standart klep GL, silahkan konsultasi ke bengkel terdekat.

    A 4 :
    Tidak.
    mungkin lebih tepat klo wa bilang tidak selalu dan tidak semudah itu,
    terlalu kendor settingan klep justru menyebabkan mesin tidak bekerja optimal.
    tergantung mesin itu sendiri. karena hubungannya dengan kompresi dan waktu pengapian,
    tuk mesin hasil modif mungkin perlu memakai settingan klep yg berbeda dari standar.
    kalau lebih rapat lebih baik maka pakai setting lebih rapat, jangan membuat kendur/renggang.
    intinya penyetelan katup harus di sesuaikan dengan efisiensi mesin.

    CMIIW :piss:

    edit : mengendurkan setelan klep membuat klep terlambat membuka dan lebih cepat menutup.
     
    Last edited: May 23, 2010
  4. Offline

    the4th Silent Reader Members

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    1. Penting, untuk mencegah bocornya kompresi atau kejadian konyol lainnya kek piston nabrak klep saat TMA (titik mati atas) atau top kompresi dan sebagainya.
    2. Setingan klep sebenarnya hampir tidak berpengaruh untuk kecepatan, lebih cocoknya disebut berpengaruh pada ketepatan waktu pembakaran. Analoginya, karena buka tutupnya klep tepat waktu dan tidak telat atau telambat, ruang bakar akan selalu dalam kondisi optimal, baik saat terjadi top kompresi atau top buang. Jadi lebih pada kenyamanan motor saat dikendarai....enggak brebet, nyentak-nyentak, ngebul (untuk 4 tak) atau bunyi (bunyi kek besi sama besi beradu)

    PS: Kalau ada motor balap yang mengubah bentuk noken as dan mengubah setingan klep, itu tak lebih agar buka tutup klep lebih cepat dari pada motor normal. Efeknya kalau diterapkan pada motor biasanya motor akan ngibrit di RPM tinggi tapi loyo di RPM rendah (masih bisa diakali dengan penggantian pilot dan main serta papas head dsbg)...tapi tetep aja enggak pas buat motor harian....

    3. kalau rocker arm dan noken as dalam kondisi baru, jarak optimal bisa dicari dari buka manual perbaikan/Service Book (kalau punya). Kalau noken dan rocker arm dalam kondisi pakai (lebih dari 6 bulan) harus main trial and error...soalnya udah enggak standard....tapi kalau menurut instruktur gue..biasanya motor cowok itu bukaannya sadis2 gedenya...bisa sampe 1mm ++

    4. Salah, kalau klep kendor ada kemungkinan bensin yang nerobos masuk ke combasting chamber jadi lebih sedikit dari pada biasanya....salah-salah malah bensin kurus sehingga motor batuk-batuk karena under power....
     
    Last edited: May 19, 2010
  5. Offline

    engboh Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,554 / -0
    jawabannya :top:
    sayang buku manualnya udah ga ada :hehe:
    berarti banyak pengaruhnya kalo setingannya kendor, sperti ke peforma dll.
    kalo kejadiannya sampe nabrak piston, apa karna terlalu kendor :???:
    brebet apakah pengaruh dari setingan klep juga :???:
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    benedwahyu Beginner Members

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +47 / -0
    wah kalau masalah settingan klep, aku pernah punya pengalaman motor baru service ke bengkel mungkin stting klepnya terlalu rapet eh motor buat pergi jau malah mogok di tengan jalan mana jauh ngak ada bengkel distater ngk dapet di dorong ngk dapet maunya di tuntun mesin sebab mesin ngk mau nyala sama sekali capek dech, kadang kesel juga ama tukang service yg kemarin ngejain nih motor
     
  7. Offline

    hendrawan8 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    Penting banget, smakin kecil setingan.Semakin besar pasokan bahan bakar dan udara yang masuk,biasanya setingan in valve lebih kecil angka fuler gauge nya, dari pada out valve,punya tigi sekitar 0.1mm...ga jauh2 deh ma neo tech
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    dEricT Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    998
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +17,065 / -0
    Om gak ada bukunya ato gimana gitu???...
    Klo tulisan doank sulit juga mbayanginnya...:XD:
     
  9. Offline

    k6666rz Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 16, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    cari aja manualnya di google gan,valve clearance disaranin diukur persis seperti rekomendasi pabrik gan,krn klo ngebukanya terlalu singkat,mesin bakal panas soalnya pembakarannyya minim bensin dan udara,tapi klo klep ngebuka terlalu lama bensin dan udara terlalu banyak ,ujingny kerak di ruang bakar menumpuk n so pasti bikin motor agan boros tapi lelet

    CMIIW,Nobody is perfect
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    kz_rider_0274 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 7, 2009
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +325 / -0
    ane coba jawab bro....
    setelan klep emank harus pas, sebab :
    -kalo klep hisap kebesaran buka, bisa kebanyakan bbm yang masuk dan kompresi bisa gembos...
    -kalo buka nya kekecilan, jelas bbm yang masuk dikit and ga maksimal....

    -kalo klep buangnya yang kebesaran / kecepetan, bisa2 belum kebakar semua bbm nya tu klep buang ida mbuka...alhasil ga terjadi pembakaran...
    -nah kalo kekecilan, bisa2 sisa pembakaran sebelumnya ga sempet keluar tapi uda disusul ama bbm yang masuk dari putaran berikutnya....

    yang jelaas emang bisa kemungkinan itu klep nabrak silinder...bisa klep head ato silindernya yang remuk, ato stang klepnya bengkok bro....
     
  11. Offline

    kidd2 Members

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    1.Seberapa penting setting klep pada motor
    Penting banget bos, kalo ga tar headnya bisa ancur. Kalo ga pas, bisa juga mesin ngelitik ato no power

    2.Apa bener kerapatan seting klep pada motor pengaruh pada kecepatan
    Iya lah bos,, sampai saat ini stau gue blm ada yang menemukan setingan low dan high rpm sama2 kuat
    biasanya disalah satunya aja sih tergantung pemakaian


    3.Berapa standar jarak klep depan dan klep blakang pada GL Neo Tech
    gatau bos :D

    4.Benarkah semakin kendor setelan klep, tenaga motor jadi maknyuss
    mungkin maksudnya setingannya digedein yah,,bisa maknyus bos tapi kalo diseting ngasal juga bisa bahaya,, tar gatau dia main diputaran apa
    tapi kalo semua itu udah diperhitungkan,, bisa maknyus sih karna campuran BB nya bisa masuk banyak dan dibakar banyak,,tapi jadi boros
     
  12. Offline

    icalbrown Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kalo menurut gw sih, yaa.... pentinglah,
    buat apa orang2 suka gedein payung klep ?
    dan nyeting klep itu ngga bisa terlalu rapat, dan tidak boleh terlalu longgar,
    ya... yg sedang-sedang ajalah :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. jika klep kendor harus si apakan

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.