1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Disease [Seri Doctorology] Mekanisme Terjadinya Serangan Jantung

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by fallofthe3rdreich, Oct 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    Kita semua pernah melihat suatu adegan sinetron dimana orang tua (biasanya) tiba memegangi dadanya dan berteriak kesakitan, sebelum akhirnya terjatuh dan mati. Memang kelihatannya masih mending mati dengan cara seperti itu daripada karena dibakar atau tabrakan. Jadi apa sebenarnya yg terjadi pada jantung saat terjadi serangan? Apa yg menyebabkan rasa sakit? apakah benar adegan itu mencerminkan kejadian sebenarnya?

    Secara garis besar jantung adalah pompa berisi empat rongga yang berfungsi memompa darah yang kaya akan oksigen keseluruh tubuh. Jantung dioperasikan oleh dua bagian kabel (sistem kelistrikan jantung) dan pompa (pembuluh darah). Kabel mensuplai listrik yang dihasilkan oleh elektrolit seperti sodium dan potassium. Listrik inilah yang kemudian menyebabkan jantung berkontraksi. Serangan jantung terjadi ketika terdapat gangguan pada pompa dan aliran darah menuju jantung mengalami gangguan.
    Otot jantung sendiri tidak mendapat suplai nutrisi dan oksigen dari dari darah yang terisi pada bilik maupun atrium jantung, mereka mendapatkannya dari arteri coroner. Tidak seperti pembuluh darah arteri yang mendapat suplai darah saat terjadi kontraksi jantung (systole) jantung mendapat suplai darah coroner pada saat terjadi fase relaksasi jantung (diastole). Apabila terjadi sumbatan pada arteri coroner atau bahkan sampai pecah, maka jantung akan kekurangan suplai darah.

    [​IMG]

    Ketika gumpalan darah (clot) atau biasa disebut emboli tersesat masuk kedalam arteri coroner, hal ini dapat menyebabkan sumbatan pada arteri coroner. Plaque kolesterol yang terdapat pada bagian dalam arteri dapat lepas dan membentuk emboli kemudian tersesat masuk arteri koroner dan menyebabkan penyumbatan. Pada beberapa kasus jarang kadang ada benda asing yang menjadi penyebab sumbatan pada arteri koroner.

    [​IMG]

    Gumpalan darah sendiri dapat berasal dari berbagai macam hal, beberapa kelainan kondisi jantung seperti fibrilasi atrial dan atrial flutter dapat menyebabkan terbentuknya gumpalan darah. Duduk dalam jangka waktu lama (misal dalam perjalanan pesawat) juga dapat menyebabkan gumpalan darah di kaki. Apapun penyebab terjadinya emboli hasilnya sama, bisa terjadi sumbatan arteri koroner.

    Hal lain yang dapat menyebabkan arteri berhenti mengalirkan darah adalah akibat ruptur atau pecah. Hal ini bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau kelainan seperti aneurisma.

    Arteri koroner juga dapat tiba2 mengalami spasme (kaku) mendadak. Hal ini dapat terjadi secara tidak terduga pada saat istirahat maupun saat beraktifitas dan pada orang yang tidak mengalami gejala penyakit jantung. Beberapa faktor resiko yang dikenal dapat menyebabkan spasme arteri koroner :
    • Perokok (satu lagi alasan untuk berhenti merokok)
    • Stress emosional
    • Penggunaan narkoba

    Setelah darah berhenti mengaliri arteri koroner, rasa sakit akibat proses iskemia (kematian jaringan akibat kekurangan oksigen) otot jantung akan mulai terjadi.
    [​IMG]
    Beberapa gejala saat terjadi serangan jantung adalah :
    • Nyeri dada
    • Adanya rasa berat pada dada (beberapa pasien merasakan seperti ditindih gajah)
    • Sesak nafas
    • Mual
    • Muntah
    • Keringat dingin

    Apabila kalian atau orang disekitar anda mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya segera dilarikan ke rumah sakit atau unit gawat darurat terdekat.

    sumber : fisiologi guyton, buku patologi klinik, dan interna ui
     
    Last edited: Oct 6, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    salah satu penyeb spasme arteri koroner adalah rokok...
    tapi kenapa masih banyak orang yg merokok.
    :suling:
     
  4. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    pertanyaan bagus..
    menyuruh perokok-holic untuk berhenti merokok sama seperti menyuruh member IDWS berhenti buka IDWS
    ada yang bisa ada yang tidak..

    tapi setidaknya dengan adanya artikel ini mungkin ada member yang tergugah dan berhenti merokok
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    @TS

    kak ini sumbernya dari catatan kuliah yah :bingung:
    atau ada referensi khusus gitukah :bingung:
     
  6. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    hehe..
    kebanyakan dari guyton ma buku patologi klinik jaman dulu itu
     
  7. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    hm, kalo gitu cantumin ya kak sumbernya di post 1, biar jelas :peace:
    sesuai peraturan di sini :peace:

    oh patklin? afaik dulu dosen gw ngajarin serangan jantung pake buku interna yg hitem dari F**I, yg ada 3 jilid :top:
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    ok, maaf kk zz...
    iya, dari situ juga.. kalo dari pat lebih enak dibaca
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    Kite Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    589
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +516 / -0
    nambahin aja...
    kadang serangan jantung munculnya tidak spesifik seperti yg disebutkan diatas
    bahkan yg semula dikira dispepsia (perut kembung, sendawa)
    bisa merupakan tanda serangan jantung
    :peace:
     
  10. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    gw pernah tuh nemu orang yg keluhannya kayak gini...
    ngeluh dispepsia udah berminggu2.
    eh pas di-EKG, buset deh :swt:
    udah ada ST elevasi :swt:
     
  11. Offline

    rumahmakanpadang Beginner Members

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    iya. betul
    kadang kadang dokter sukak miss utk kasus seperti ini
    ohya, tata laksana cepatnya: MONA: morfin, nitrat, oksigen, aspirin
     
  12. Offline

    masykur8d Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 24, 2011
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +7,097 / -0
    ini menjadi satu bukti lagi kalo merokok itu gak bagus :yareyare:
    semoga perokok membaca artikel ini :top:
     
  13. Offline

    gnagdleifna Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 22, 2011
    Messages:
    1,350
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,371 / -0
    banyak para perokok sebenernya udah tau bahaya dari merokok ... gacuma resiko sakit jantung ... masih banyak penyakit lain yang disebabkan oleh merokok ... tapi sayang karena udah kecanduan tingkat akut ... susah buat stop ... rokok punya kandungan zat yang bisa menyebabkan ketagihan (ane lupa zatnya) ... yang menyebabkan perasaan ga enak buat perokok jika tidak merokok... mungkin sama rasanya kaya pecandu waktu lagi ga "make" ... jadi jangan pernah merokok ... stopnya susah

    btw ane pernah denger klo engga (jarang) ereksi pagi2 (bangun tidur) itu berarti ada masalah dengann jantung .... bener ga ya
    hahaa
     
    Last edited: Jan 20, 2012
  14. Offline

    vct Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 21, 2012
    Messages:
    569
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +16 / -0
    peyumbatan memang paling bahaya kalau di jantung kena serangan jantung, kalau diotak kena struk, kalau di paru-paru kena pulmonary embolism :takuts
     
  15. Offline

    bastomi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2012
    Messages:
    793
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,023 / -0
    resep dari mbah Surip, "kurangin tidur, banyakin ngopi"
    apa itu juga memacu/penyebab serangan jantung??
    jadi semacam memaksa kinerja jantung..
     
  16. Offline

    Sunday_KNIGHT Rockstar Super Moderator

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    40,177
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +752,667 / -3
    intinya sih, darah emang tidak sampai ke tujuan,
    sehingga energi yang dibutukah oleh suatu sel tak ada, jadilah kematian sel,
    kalo stroke itu, umumnya terjadi penyumbatan di arteri dekat jantung juga,
    cuma yang arahnya ke otak, CMIIW

    kita bermain logika saja ya :
    misalkan selang itu pembuluh darah,
    ketika ada pengotor dalam selang tersebut dan kita ingin membersihkan,
    maka kita berikan tekanan yang kuat sehingga kotoran tersebut (dalam selang) akan terbawa juga,

    mungkin hal ini juga terjadi kalo minum kopi dan sering begadang,
    dimana jantung akan memompa darah lebih cepat dari biasanya,
    sehingga plague2 yang ada dalam pembuluh darah juga terbawa dan bersih kembali,

    masalahnya, kadang dengan cepatnya pompaan darah,
    malah bisa menyebabkan pembuluh darah luka karena gesekan,
    sehingga mengundang darah putih, makrofak ke wilayah tersebut,
    dan secara tidak langsung hal ini juga menyebakan penyumbatan pembuluh darah,

    [​IMG]
     
  17. Offline

    bastomi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2012
    Messages:
    793
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,023 / -0
    wah terimakasih pak penjelasannya..
    lalu apakah ada perbedaan/pengaruh antara tidur siang hari dengan tidur malam hari kaitannya dengan kerja jantung?
    soalnya saya pernah waktu mau donor darah ditanyain dulu sama dokternya, "tadi malem begadang gak? kalo begadang gak boleh donor ini..."
     
  18. Offline

    Sunday_KNIGHT Rockstar Super Moderator

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    40,177
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +752,667 / -3
    Kalo begadang proses seperti di jelaskan di atas terjadi,
    selain itu begadang juga banyak dampat negatif-nya
    misalkan bisa menurunkan jumlah hemogoblin darah,
    sehingga orang-orang yang begadang, haid, hamil, interval donor belum 3 bulan, dkk
    tidak boleh melakukan donor darah, karena akan membahayakan diri pendonor,
     
    Last edited: Nov 18, 2012
  19. Offline

    GFA Beginner Members

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,296 / -0
    Tips menghindari serangan jantung

    1. Olahragalah setiap hari. Anda tidak perlu olahraga yang berat untuk menurunkan risiko ini. Anda tidak perlu marathon 2 jam setiap harinya, olahraga yang moderat saja dapat menurunkan risiko serangan jantung 30-50%. Olahraga aerobik, seperti jalan cepat, jogging selama 30 menit yang Anda lakukan paling tidak 5 kali dalam seminggu sudah cukup. Sayang, kebanyakan kita sangat sulit memulainya dan menjaganya. Padahal, kontinuitas itu penting. Kalau Anda marathon 2 jam, atau main tenis hanya sekali dalam seminggu, sementara Anda sudah cukup berumur, malah dapat memacu serangan jantung.

    2. Turunkan berat badan Anda. Obesitas dengan segala akibatnya merupakan faktor risiko penting serangan jantung. Bila Anda overweght atau obes, bisa diketahui dari BMI Anda, atau walaupun berat badan Anda normal tetapi perut Anda buncit, Anda harus menguranginya. Menurunkan berat badan hanya 5-10% saja dari berat badan Anda sekarang dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan gula darah Anda.

    3. Perhatikan piring Anda. Isi sebagian besar piring Anda dengan sayuran, buah-buahan, makanan yang banyak mengandung serat. Perbanyak sumber protein dari kacang-kacangan, ikan, dan kurangi daging merah. Apabila Anda suka makan daging, pilihlah yang tidak mengandung lemak. Memilih makanan yang sehat saja dapat menurunkan risiko serangan jantung 24 %. Diet mediteranian yang menunya banyak mengandung sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan terbukti dapat menurunkan risiko serangan jantung.

    4. Berhentilah merokok. Rokok masih dianggap sebagai faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Risiko Anda meningkat 2-4 kali menderita penyakit jantung koroner dibandingkan bukan perokok. Di Amerika setiap tahun 46.000 orang meninggal akibat serangan jantung hanya karena jadi perokok pasif. 443.000 kematian karena serangan jantung akibat langsung dari merokok. Jadi, berhenti merokok adalah salah satu kiat penting bagi Anda untuk mengurangi risiko ini.

    5. Bila Anda mengkonsumsi obat jantung, jangan tinggalkan. Obat jantung yang diberikan oleh dokter Anda, dokter yang berkompeten harus tetap Anda makan. Penelitian menunjukkan 130.000 orang setiap tahun meninggal di Amerika karena serangan jantung akibat tidak makan obat jantung yang diberikan.

    6. Makanlah sedikit coklat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menkonsumsi coklat beberapa kali dalam seminggu menurunkan risiko penyakit jantung 40 %, diabetes dan stroke 30 %. Namun belum ada kepastian jumlah yang aman bagi Anda mengkonsumsi coklat ini. Karena itu sesuai dengan prinsip, walaupun itu baik, jumlah yang berlebihan belum tentu baik juga. Jadi, untuk mendapatkan suatu keuntungan tanpa ada risikonya, konsumsilah dengan jumlah yang moderat, tidak berlebihan.

    7. Alkohol. Bagi Anda yang minum alkohol, sedikit alkohol juga dapat menurunkan risiko serangan jantung. Tapi karena alkohol itu adiktif, mempertahan jumlah yang aman, sedikit itu sulit sekali. Sementara apabila Anda minum alkohol yang berlebihan malah menaikan risiko Anda.

    8. Jagalah kesehatan gigi Anda. Gigi yang bersih, sehat menurunkan risiko Anda mengalami serangan jantung. Gigi juga dapat menjadi fokal infeksi yang bisa menyebar ke Jantung. Gigi yang sehat dapat mencerminkan jantung yang sehat. Periksakan keadaan gigi Anda secara periodik ke dokter gigi.

    9. Jangan makan berlebihan. Tidak hanya memilih makanan yang sehat itu penting untuk jantung anda. Makan berlebihan dapat memacu serangan jantung. Serangan jantung sering terjadi 2 jam setelahh Anda makan berlebiham (big meal). Lebih baik Anda makanm sedikit, kemudian diulangi lagi. Nabi besar Muhammad Saw menganjurkan, isilah sepertiga perutmu dengan makanan, sepertiganya air, dan sepertiga yang lain kosongkanlah.

    10. Sabarlah. Sabar dalam menghadapi stress kehidupn sekarang sangat penting. Karena pemacu stress itu selalu ada di depan mata Anda. Banyak kasus serangan jantung dipacu oleh sikap Anda menghadapi stress ini. Marah, sebagai sikap yang tidk sabar sering mendahului serangan jantung.

    11. Senyumlah. Hiasilah selalu wajah Anda dengan senyum. Senyum itu obat, senyum yang Anda sebarkan kepada siapapun juga akan kembali kepada Anda sendiri. Senyum membuatAnda lega, senang, puas, bahagia, jantung Anda pun akan berdebar lebih tenang dan teratur. Dengan senyum emosi Anda lebih mudah dikontrol.

    12. Kenali gejala jantung dengan baik. Bila Anda memahami gejala serangan jantung dengan baik, risiko kematian Anda akibat serangan jantung juga menurun. Dengan mengenal gejala-gejala itu, tentu Anda akan leibih cepat mencari pertolongan. Mendapat pertolongan yang cepat, dan tepat sangat menentukan hasil terapi yang diberikan.

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Dec 21, 2012
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.