1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Trivia Seluk-Beluk Teh dan Proses Produksinya

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by omeoo, Oct 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    omeoo Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +28 / -0
    Sumber dari Sini nih

    [​IMG]
    Salah satu kekeliruan yang paling umum seputar fakta minuman teh adalah mitos bahwa jenis teh yang berbeda dihasilkan dari jenis tanaman yang berbeda pula. Nyatanya, semua tipe teh – hitam, putih, hijau dan oolong – diproduksi dari satu jenis tanaman yang sama (Camellia sinensis), dan segala perbedaan yang dimiliki masing-masing varian minuman asal Cina ini merupakan hasil dari proses produksi yang berbeda.

    Prosedur produksi teh secara umum terdiri dari fase pemetikan, pengeringan dan penggulungan. Pemetikan daun teh hingga saat ini masih dilakukan dengan cara manual untuk menjamin hanya daun-daun teh yang terbaiklah yang dipilih.

    Fase pengeringan adalah tahap dimana kadar embun dalam daun teh dikurangi secara signifikan sehingga daun menjadi lebih kuat dan awet. Proses produksi teh hitam dan teh hijau sama-sama melibatkan dua tahap pengeringan, sebelum dan setelah fase penggulungan. Bedanya, pada kronologi pembuatan teh hitam, daun teh yang telah digulung melewati proses fermentasi terlebih dahulu sebelum dikeringkan untuk kedua kalinya. Proses fermentasi inilah yang membuat warna daun teh menjadi kehitaman, dan proses ini pulalah yang menghasilkan rasa serta aroma khas teh hitam. Teh hijau yang tidak melewati proses fermentasi mempertahankan warna hijau alami serta rasa lembutnya.

    Proses produksi teh oolong identik dengan teh hitam, namun proses fermentasi yang dilakukan lebih singkat. Hal ini mempengaruhi karakter rasa teh oolong yang tidak sekuat teh hitam.

    Berbeda dengan ketiga jenis teh tadi, teh putih diproduksi dengan menggunakan pucuk-pucuk daun teh sebagai bahan bakunya. Produksi teh jenis ini juga tidak melibatkan proses penggulungan dan fermentasi. Bahkan bisa dibilang pucuk-pucuk daun teh ini tidak terlalu banyak diolah, sehingga keaslian rasa yang dihasilkan serta kesegarannya lebih terjaga.

    Karena bahan baku yang jumlahnya lebih terbatas, teh putih biasanya hanya diproduksi dalam jumlah sedikit. Namun kini teh jenis ini tidak lagi sulit diperoleh. Seperti halnya jenis-jenis teh lainnya, saat ini teh putih telah hadir dalam bentuk kemasan botol, yaitu Teh Pucuk Harum. Kualitas rasa teh putih dalam kemasan ini pun tetap terjamin karena hanya menggunakan pucuk-pucuk daun teh pilihan pada proses produksinya.

    (Sumber gambar: http://kaleidoscope.cultural-china.com)​
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    adnanunique Superstar Veteran

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,131
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,195 / -0
    setelah baca, malah jadi bingung

    apa manfaat teh putih?
    selama ini ane taunya teh hijau ( katanya sih lebih baik dari teh biasa)
     
  4. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    eh, ini bukannya salah kamar yah??? kan ga ada dikitpun yang nyerempet masalah kesehatan :needmod:
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,122
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,171 / -0
    Moved to Education: kita perlu tau/belajar juga tentang cara produksi teh kan :hehe:
     
  6. Offline

    Di4m0nD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    minuman teh yg beda2 itu ternyata asal nya dari daun teh yg sama gt:bloon:
    gw kira dulu daun teh nya emang daun teh yg jenis nya beda
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.