1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Sel tikus untuk atasi kemandulan manusia

Discussion in 'Science and Technology' started by ghombalz, Aug 7, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    [​IMG]

    Para peneliti di Jepang menggunakan sel-sel induk embrionik untuk mengembangkan sperma tikus sehat yang diharapkan di masa depan bisa membantu pengobatan kemandulan pada manusia.

    Temuan ini, yang dipublikasikan dalam jurnal Cell, menandai sebuah langkah maju penggunaan sel induk untuk pembuatan obat-obatan regeneratif.

    Sel induk adalah sel-sel utama tubuh dan merupakan sumber semua sel dan serat tubuh. Sel-sel ini dapat berkembang menjadi berbagai tipe sel dan terus berkembang biak.

    Para pakar berharap bisa memanfaatkan sel-sel induk ini untuk mengobati berbagai penyakit dan kelainan seperti kanker dan diabetes.

    para ilmuwan di Universitas Kyoto, Jepang memindahkan sel-sel induk ini dari embrio tikus dan berhasil mengubahnya menjadi tipe awal sel yang dikembangkan ke dalam indung telur atau sperma tikus.

    Para ilmuwan ini kemudian mentransplantasikan sel-sel ini ke dalam testis tikus mandul, yang kemudian bisa memproduksi sperma yang sehat.

    "Sperma ini kemudia dipindahkan dari testis dan disuburkan dengan indung telur (di atas piring laboratorium)," kata peneliti senior, Mitinori Saitou.

    "Setelah inseminasi, kami membuat dua set embrio dan kemudian ditransfer ke uterus (kandungan) induk tikus yang kemudian melahirkan anak-anak tikus yang sehat melalui reproduksi normal," kata Saitou, yang adalah pakar anatomi dan biologi sel.

    Digunakan untuk manusia

    Setelah berhasil diujicobakan terhadap tikus, apakah temuan ini bisa berguna untuk mengatasi masalah kemandulan manusia?

    Penelitian itu telah menunjukkan bahwa para ilmuwan bisa menggunakan sel-sel yang sudah disiapkan itu untuk berkembang di dalam sperma atau indung telur.

    "Sekarang kami memiliki banyak bahan untuk bekerja. Kami bisa mempercepat penelitian ini ke tahap mempelajari penyebab kemandulan manusia," kata Saitou.

    Tim ilmuwan pimpinan Saitou yakin sistem yang sama bisa dilakukan dengan menggunakan sel induk manusia untuk menghasilkan sperma manusia yang sehat.

    "Kami bisa menggunakan pengetahuan ini untuk penelitian sel manusia," katanya.

    Dia menambahkan masih banyak penelitian yang harus dilakukan karena adanya perbedaan besar antara meneliti hewan dan manusia.

    Saat ini, kata Saitou, tim peneliti mencoba untuk memproduksi indung telur tikus menggunakan sel induk.

    Sumber : [​IMG]
     
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2011
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ivonivon Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +191 / -0
    yang pasti bukan tikus2 ibukota yang gede2 itu kan..
    kan penyakitan itu..
     
  4. Offline

    GrinT Beginner Members

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    337
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +5,938 / -0
    lebih baik sih dikembangin dulu sampai udah tepat baru diuji coba pke manusia..daripada bkn bikin sperma sehat malah justru timbulin penyakit lain kan repot...:hoho:
    btw,,kok ga dicobainnya ke hewan2 yg lebih mendekati manusia ya..:bingung:,,apa jgn2 semua struktur sperma baik manusia atau manusia tuh sama ya?..:bingung:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.