1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Sejarah Rentetan Gempa Di indonesia Dan Efek positif dan negatip yg di timbulkannya

Discussion in 'History and Culture' started by ayamgoreng, Oct 8, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,297 / -0
    Maap kalau repots dan salah tempat ( kalau masuk education pindahin ajah tp kalau msk sejarah ya wes ) nyoo ~~!! closed ajah jgn tanggung2

    Indonesia merupakan salah satu tempat yg amad strategis , karena di hapit oleh 2 benua besar dan 2 samudera besar . Oleh karena itu Indonesia memiiki daerah yg ter amad rawan oleh kejadian gempa . Karena bila bisa di kategorikan indonesia merupakan tempat lewatnya wilayah vulkanis aktip dan pergerakan lempeng tektonik teraktip di dunia . Maka Nya jgn heran kalau indonesia sering terjadi gempa besar bahkan melebihi jepang . Ini bisa dilihat peta seismic . Bahkan Kini indonsia sudah memiliki julukan sebagai " negara Gempa "

    [​IMG]

    [​IMG]


    Sejarah Gempa Di indonesia sudah dimulai dr jutaan thn yg lalu dan sampai sekarang masih terjadi sekarang , efek yg di timbulkan sungguh luar biasa , tp bener kata pepatah " di balik musibah pasti terselip Hikmah " .

    1. Gempa Runtuhan / Gempa vulkanis yg terjadi di Sumatera utara bagian toba , Kejadian ini terjadi kira2 450.000 thn yg lalu . Kekuatan gempa ini sekitar 7-9 MSR . gempa yg menyebabkan terjadinya danau toba masih di perdebatkan , karena ada yg mengatakan kalau danau toba terjadi akibat letusan gunung api purba yg meledak dan menghasilkan Gempa Vulkanis raksasa dan menyebabkan gempa runtuhan setelahnya .

    Efek Negatip = Membuat Bumi penuh debu selama 2 bulan ( ini di ambil menurut bebrapa ilmuwan yg menyatakan kalau danau toba terbentuk akibat letusan gunung api ) , Membuat sumatera menjadi cincin tektonik yg amad aktip di seluruh dunia ( menurut penelitian pd thn 2005 di NY ) .

    Efek positip = Menjadikan Sumatera bagian Toba dgn keindahan danau nya .

    [​IMG]

    2. Gempa Vulkanik . Gempa dgn kekuatan sekitar 6 - 6,8 SR ini terjadi akibat letusan gunung Sumeru di bromo yg terjadi sekitar thn 1770 silam ( angka thn pasti tak tetap karena menurut sejarah gunung sumeru dan bromo terus menerus meletus ) .

    efek negatip = Menjadikan Gunung SUmeru - bromo menjadi gunung paling aktip di seluruh dunia hingga sekarang , dan menelan korban sekitar kurang lebih 6000 orang dan menimbulkan hujan debu di seluruh dataran jawa tngah hingga timur selama 4 hari bahkan hujan debu tsb terasa di wilayah banten dan jayakarta ( jakarta jmn dahulu )

    efek positip = menjadikan gunung ini sebagai tempat wisata karena lautan pasir nya yg terkenal , dan mejadikan objek penelitian para ilmuwan di seluruh dunia karena ke atipan gunung purba yg hingga sekarang masih aktip
    [​IMG]

    3.
    Gempa Vulkanis pada tahun 1883 - 1888 . Gempa ini berkekuatan antara 9,3 - 9,5 SR merupakan gempa vulkanis terkuad selama 200 thn terakhir .

    Efek negatip = Menimbulkan Tsunami yg meluluhlantakan dataran banten dan lampung sehingga sekitar tak kurang dr 30000 orang meninggal akibat peristiwa ini , dan akibat ledakan ini juga gempa terasa hingga hingga ke jepang dan skitarnya , Hujan debu di seluruh dataran banten dan lampung , membuat matahari tak terlihat di kawasan dataran asia tenggara selama 4 hari .

    Efek positip = Mejadikan selat sunda ( selata dimana gunung krakatau berada ) sebagai selat yg plg kaya akan eko sistemnya . dimana kekayaan laut melimpah ruah disana akibat letusan gungu krakatau yg hingga sekarang masih di nobatkan sebagai selat terkaya di asia tenggara .

    [​IMG]

    4.
    6 Februari 2004, gempa berkekuatan 6,9 SR dan gempa berkekuatan 7,1 SR pada 7 Februari 2004 mengguncang Nabire papua

    efek negatip = sekitar 70 orang meninggal , dan ratusan banggunan rusak
    efek positip = Pemerintah indonesia memperhatikan wilayah nabire setelah sekian lama daerah ini tak di perhatikan


    5. 26 November 2004, Gempa 6,4 SR mengguncang Nabire, Papua. 30 orang tewas.
    efek negatip = 30 orang tewas
    efek positip = pemerintah akhirnya menetap kan wilayah nabire sebagai wilayah terpadu setelah puluhan thn nabire di " anak tirikan "


    6. Gempa Sumatera pd thn 2004 , merupakan gempa terkuad yg di alami indonesia yg terjadi di zaman modern . Gempa tektonik ini terjadi di antara samudera indonesia dan samudera pasifik ( samudera hindia). Gempa yg berkekuatan sekitar 9,1 SR ini meluluhlantakan aceh dan negara2 lainnya .

    Efek Negatip = Menimbulkan Tsunami yg menelan korban sekitar 210000 manusia , meluluhlantakan aceh , membuat aceh terisolasi dgn daerah sekitarnya , membuat aceh lumpuh total selama 2 thn .

    Efek positip = Membuat Aceh damai akan peperangan yg telah terjadi selama 30 tahun antara pemerintah dgn GAM ( GErakan Aceh Merdeka ) , Aceh Mendapatkan Zona Daerah Ekslusif nya , membuat seluruh dunia bersatu untuk menolong aceh ( ini tak pernah terjadi di negara2 sebelumnya ) . Dan membuat seluruh Ilmuwan dr berbagai dunia berdatangan ke indonesia untuk mempelajari Indonesia

    [​IMG]



    7 . Gempa sumatera gempa Nias . Gempa dgn kekuatan sekitar 8 SR ini terjadi di pulau nias lepas pantai sumatera Utara . terjadi thn 2005

    Efek negatip = sekitar 900 orang meninggal akibat gempa ini sekitar ribuan bangunan rata dgn tanah .

    Efek positip = membuat para ilmuwan semakin berminat mempelajari ke adaan indonesia , dan membuat pulau ini menjauh dr pantai lepas SUMUT sejauh 3,4 Meter akibat pergeseran tanah yg di alaminya

    8. Gempa Yogyakarta pd tahun 2006 , gempa sekitar 6 SR . Gempa ini mengguncang Yogyakarta dan wilayah sekitarnya

    Efek negatip = Menimbulkan Korban sekitar 3000 korban sekitar ribuan banggunan rusak parah

    Efek positip = Membuat Yogyakarta menjadi lebih siap dr pd sebelumnya dlm menghadapi gempa


    9. Juli 2006, gempa 7,7 SR mengguncang Pengandaran dan pantai di Selatan Pulau Jawa, dan memicu terjadinya tsunami. 600 orang tewas dalam musibah itu.

    Efek negatip = sekitar 600 org tewas dan ribuan banggunan laiinya rusak

    Efek Positif = pantai [engandaran kini di nobatkan sebagai 1-1 nya pantai yg di blokade utk menahan tsunami .


    10. Januari 2007, gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang Sulawesi, empat tewas dan empat orang luka-luka.

    Efek negatip = mengahancurkan ribuan rumah
    Efek Positip = Membuat ilmuwan tercengang karena sulawasi merupakan dim luar " cincin aktip tektonik " dan beramai2 untuk mempelajari nya


    11. Maret 2007, gempa berkekuatan 6,3 SR mengguncang Pulau Sumatera, sebanyak 52 orang tewas dan 250 orang luka-luka. Dua jam kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 6,1 SR .

    Efek negatip = menghancurkan ribuan rumah
    Efek positip = munculnya dugaan kalau gempa akan berlanggsung di pulau sumatera dan akan jawa karena terlihatnya patahan tak stabil bila di tarik .
    dan ternyata dugaan itu tepat .

    12 . September 2007, gempa berkekuatan 7,8 SR terjadi di Pulau Sumatera, tak ada korban jiwa dilaporkan, gempa merusak sejumlah bangunan.

    Efek negatip = tak begitu parah
    Efek positip = Tak ada


    13. September 2009, gempa berkekuatan 7,3 SR terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebanyak 146 tewas dan korban luka lebih dari 100 orang.

    efek negatif = membuat ratusan bangguna rusak parah
    efek positip = Membuat pemerintah kini memperhatikan Tasikmalaya , setelah sebelumnya Tasik jarang di perhatikan sebagai kota madya .


    14 . Akhir September 2009 , gempa berkekuatan 7,6 SR terjadi di padang Sumbar . Sebanyak 1000 an orang di perkirakan tewas , dan ratusan korban hilang masih dlm thp pencarian . Ini membuktikan kalau dugaan para ilmuwan sebelumnya ternyata benar .

    Efek negatip = Membuat kota padang luluh lantak
    Efek positip = Indonesia masuk sebagai negara yg akan menerima banggunan anti gempa dr PBB ( kompas edisi kemarin ) .

    banyakk bgt gempa yg terjadi di indonesia maap kalau repost yagh

    sumber = wordpress .com

    apakah kita siap menerima gempa karena menurut ilmuwan kita akan terus di terjang gempa selama 1000 thn kedepan nyooo ~~!!!

    ternyata benar yaghh nyoo ~~!!! di balik musibah tersimpan hikmah

    kalau berguna klik thks yah ^^
     
    Last edited: Oct 8, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    kimiramaki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    1,313
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +11,786 / -0
    yah semoga ajah gag ad gempa yng lebih besar lagi...:takut:
     
  4. Offline

    Arnez Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +86 / -0
    seribu tahun nyoo ~~~~!!! :panda::panda::panda::panda:

    kapan bisa tenangnya :panik::panik::panik:

    :piss:
     
  5. Offline

    sosmall Senpai Veteran

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,296
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +73,993 / -0
    Sejarah Gempa Di indonesia sudah dimulai dr jutaan thn yg lalu dan sampai sekarang masih terjadi sekarang , efek yg di timbulkan sungguh luar biasa , tp bener kata pepatah " di balik musibah pasti terselip Hikmah " .

    Sedih juga mendengar klo Indonesia ternyata emank rawan bencana kek gempa :panik:

    Tp kalo dikatakan di balik musibah ada hikmahnya sih saia jadi rada kasihan dengan para korban musibah.. :madesu:
     
  6. Offline

    reita890 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 24, 2009
    Messages:
    325
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +77 / -0
    kalo begini kayaknya kita harus berlatih bagaimana menghadapi gempa
    kayak di jepang gitu

    btw untung gw tinggal di kalimantan jadi gak bakal ada gempa paling banjir iya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.