1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Sejarah Kaum Hippies

Discussion in 'History and Culture' started by scorpion182, Oct 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    scorpion182 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +747 / -0
    Pada akhir dasawarsa tahun 1960-an, Di Amerika Barat khususnya di kota San Francisco di negara bagian California, terjadi protes besar-besaran anak-anak muda melawan semua bentuk yang terorganisir dan mengharapkan terjadinya perubahan sosial dan politik. Gerakan protes ini antara lain membuahkan generasi Hippies yang terkenal itu.

    [​IMG]

    Gerakan tahun 1960-an yang timbul di pantai Barat Amerika Serikat itu terkenal dengan berbagai bentuk protes seperti a.l.: Beatnik & Gerakan Protes Sosial. Sebenarnya cikal-bakal gerakan protes itu dimulai dikalangan para seniman Bohemia yang tinggal dalam commune (komunitas) di San Francisco (north beach), Los Angeles, Venice West, & Greenwich di New York. Gerakan ini berciri gerakan sosial dan sastra yang terbatas pada dasawarsa 1950-an, dan mengaku sebagai ‘generasi beat’ yang kemudian dikenal sebagai ‘beatniks.’

    [​IMG]

    Beatniks semula tidak bersifat politik dan hanya ingin membedakan diri dengan masyarakat umum dengan cara mengundurkan diri dari kehidupan masyarakat umum. Mereka mempraktekkan kehidupan bebas dengan berpakaian seenaknya dan berusaha membebaskan diri dari kemelut dunia melalui saluran musik, seni, makanan vegetaris, dan pengalaman psychedelic dengan eksperimen meditasi Zen Buddhisme dan obat-obat bius.

    [​IMG]

    Gerakan yang dipelopori generasi muda itu kemudian di tahun 1960-an meluas keluar lingkungan mereka dan mereka menyampaikan protest sosial secara massal, mencakup antara lain gerakan untuk pembaharuan politik termasuk sebagai gerakan anti-perang Vietnam yang saat itu lagi ramai, hak-hak azasi manusia, gerakan mahasiswa, gerakan perempuan, gerakan hak kaum homoseksual, dan gerakan pelestarian lingkungan hidup.

    [​IMG]

    Dari gerakan protes tahun 1960-an itu tumbuhlah kelompok kaum Hippies yang memiliki ciri-ciri, a.l.: mempopulerkan gerakan damai, sadar akan lingkungan, dan penolakan akan materialisme Barat. Gerakan yang tumbuh di kota San Francisco ini dinamakan juga sebagai ‘Flower Power’ dan ‘Flower Generation’ karena dalam demo-demo yang mereka lakukan mereka biasa membawa bunga warna-warni sebagai lambang cinta dan damai. Mereka bersikap kontra-budaya (counter-culture) yang berusaha mengubah budaya yang mapan di masyarakat materialistik di sekitar mereka dengan budaya longgar yang mereka inginkan sebagai sikap reaksi.

    [​IMG]

    Hippies memiliki ciri-ciri lahiriah yang khas berbeda dengan umum, mereka memakai pakaian warna warni yang diilhami halusinasi yang dilihat bila mengisap narkoba jenis Marijuana & LSD. Disamping ungkapan dalam pakaian mereka, terlihat juga dalam karya seni dan musik yang mereka hasilkan. Biasanya mereka hidup menurut kategori umum sebagai ‘urakan’ yaitu berpakaian seenaknya, rambut dibiarkan panjang tak dicukur, laki-lakinya memelihara jenggot, sedangkan yang perempuan berpakaian kuno yang panjang sampai ketumit.

    [​IMG]

    Hippies cenderung hidup menyendiri dalam kehidupan bersama dan berusaha keluar dari kehidupan formal, baik dari sistem kekeluargaan tradisional, pekerjaan, pendidikan, maupun kehidupan bermasyarakat dan bernegara pada umumnya. Mereka biasa makan secara vegetarian dan memakan makanan yang tidak diolah dan mempraktekkan pengobatan alternatif. Semboyannya: “kembali kepada kehidupan alam bebas.”

    [​IMG]

    Hippies mempopulerkan kehidupan damai dan cinta, anti-perang dengan semboyan mereka yang terkenal, yang berbunyi: “Make Love, Not War.” Mereka juga dijuluki sebagai ‘Flower Children’ (anak-anak bunga). Hippies menganjurkan keterbukaan dan toleransi yang berlawanan dengan sebaliknya yang umum terjadi dalam masyarakat formal yang penuh kompetisi. Mereka secara terbuka mempraktekkan *** bebas, hidup dalam bentuk-bentuk kekeluargaan yang nontradisional seperti dalam commune (komunitas kehidupan bersama dalam kelompok).

    [​IMG]

    Dan salah satu sikap protes mereka adalah protes terhadap agama Amerika yang kala itu didominasikan oleh gereja Kristen yang sudah menjadi gereja kelas menengah. Protes ini dinyatakan dengan membuka diri kepada ajaran-ajaran mistik Timur terutama Buddhisme, mempercayai astrologi, praktek perdukunan lainnya, sampai gereja Setan. Semua ini dikenal sebagai ‘Masa Aquarius’ sebagai lambang datangnya ‘New Age’ (zaman baru).


    Gerakan Zaman Baru (New Age Movement) berkembang dari sini sebagai sikap protes terhadap budaya mapan graeco-romawi-western termasuk tradisi Kristen dan modernisme, dan merindukan kembalinya budaya pramodern dengan kekayaan kunonya (terutama mistik timur) yang kemudian dikenal sebagai budaya posmo (post modernism).

    [​IMG]

    Musik Rakyat dan Rock menjadi bagian dari kehidupan generasi bunga ini. Grup band yang terkenal masa itu adalah ‘The Beatles’ dan ‘Rolling Stone.’ Pada tahun 1967, Grup musik Pop ‘The Beatles’ terpengaruh ajaran Buddhisme dan berguru pada Mahareshi Mahesy Yogi dari India dan ikut mempopulerkan budaya Hippies melalui penampilan mereka, termasuk pada tahun itu mereka mengelurkan album ‘Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band’ yang menandakan perubahan mereka dari musik Pop ke Rock, dan secara simbolis mengidentifikasikan The Beatles dengan budaya Hippies. Adapun musisi terkenal lainnya seperti Led Zeppelin, The Doors, Janis Joplin dan Jimi Hendrix.

    [​IMG]

    Puncak gerakan Hippies terjadi di tahun 1967-1969 yang mengkulminasi pada festival musik Woodstock di New York (1969) yang diperkirakan dihadiri oleh setengah juta orang. Budaya Hippies memasuki dunia hiburan teater maupun film dan salah satu film Hippies yang melecehkan kepercayaan Kristen adalah film ‘Jesus Christ Superstar’ karya lirik ‘Tim Rice’ dan musik ‘Andrew Lord Weber.’

    [​IMG]

    Pada tahun 1970-an gerakan Hippies sebagai kelompok protes memudar, namun pengaruhnya sebagai budaya kontra meluas ke dalam banyak bidang dan menimbulkan gelombang revolusi *** tahun 1970-an di kalangan generasi muda Amerika maupun Eropah, dan juga mempengaruhi timbulnya gerakan lingkungan hidup dan demokrasi secara umum di Amerika Serikat. Era tahun 1970-an di USA ditandai kebangkitan ‘Rock Superstars’. Pada tahun 1980-an generasi Hiipies digantikan generasi baru yang kembali ingin mencari karier mereka dalam dunia bisnis, pendidikan, maupun politik.

    Sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2009/07/kaum-hippies-story.html

    Mudah-mudahan tidak :repost:
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,272 / -0
    Ini mantap sekali infonya..

    apalagi bwt yg lagi ngambil mata kuliah pengantar kbudayaan amerika..

    :matabelo:
     
  4. Offline

    scorpion182 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +747 / -0
    tau Led Zeppelin, The Doors, Janis Joplin dan Jimi Hendrix?
     
  5. Offline

    dmanska Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    400
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +113 / -0
    mirip2 sama gerakan yang dijalankan sama bob marley ya bos
    bebas dalam menjalankan hidup dan cinta damai
     
  6. Offline

    ayssid Beginner Gatotkaca

    Joined:
    Dec 18, 2007
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,420 / -0
    Temanya sih keren. Tapi kok ada obat bius, *** bebas dan homoseksual, yang gw demen cuman peace not war.
     
  7. Offline

    moonlightwolfz Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    wakakkakaka...
    kelompok yang unix..
    btw, ada yang mau jadi salah satunya?
    :sembah:
     
  8. Offline

    zagayo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2007
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +25,794 / -0
    perna denger ni kelompoknya.. cuma sama kek sis ayysid.. no drugs.. no *** bebas ^^
     
  9. Offline

    kimiramaki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    1,313
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +11,791 / -0
    kaum hipies ney sdikit mirip dengan kaum rastafara,,,yang beda cuma di rambut aj y???
     
  10. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,272 / -0
    tapi itu faktanya.. ya jadi lebih baik kita ambil sisi bagusnya saja.. itu kan ciri khas kita sbg warga dari bangsa indonesia. :piss:
     
  11. Offline

    laut_lep4s Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +103 / -0
    iya itu betul skali :haha:

    udah kena 4 angka baru tau tuh :lol:
     
  12. Offline

    nojenorman Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 9, 2010
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    setuju soal perdamaian,cinta lingkungan hidup tapi ndak setuju soal drugs dan *** bebasnya
     
  13. Offline

    ikidyre Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    :niceinfo: gan
    kyk jimi hendrix y pakainya :???:
    hehehehehe
     
  14. Offline

    AngelOfAvalon Beginner Members

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +67 / -0
    wow! I love hippies gan! walaupun gaya hidupnya seperti free *** dan narkoba ane gak ngikutin, tapi demen aja sama gaya dan pemikiran mereka. ane juga demen sama musik2 kaya jimi Hendrix, Janis Joplin, apalagi Led Zeppelin!...mantap dah
     
  15. Offline

    gegege Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +419 / -0
    ide cinta damai & lingkungan sih boleh juga... tapi marijuana, *** bebas, mabok, homo??? bah... :yareyare:

    memudarnya budaya hippies sebagai gerakan kontra kultural itu membuktikan kedangkalan pemikiran mereka sendiri dan ketidakmampuan mereka tuk mengubah tatanan sosial dengan ide-ide mereka... nyatanya mereka (para mantan hippies itu) akhirnya takluk pada formalitas dan kemapanan....

    Yakin, hal yang bikin mayoritas mereka tertarik jadi hippies terutama karena *** bebas, atw kalo nggak drugs....

    intinya sih, jangan lari dari kenyataan, sampe kapanpun manusia butuh yang namanya formalitas dan kemapanan... masalahnya adalah formalitas dan kemapanan model gimana yang bener, supaya ga tambah ngerusak tatanan sosial yang emang udah rusak ini....
     
  16. Offline

    up_yer_ass Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +473 / -0
    hippies jama perang dunia dolo kasian juga ya
    jadi inceran para nazi....
    tp meski gt mereka merupakan bagian dari kultur amerika tuh skrg...hehe
     
  17. Offline

    LoveHeart Beginner Members

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    437
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +2,105 / -0
    jaman Hippies ngelahirin banyak banget musisi hebat, sapa sih yang ga kenal Janis Joplin, Led zeppelin, rolling stones, the doors. sebuah jaman yang hebat. Tapi ya itu tadi segala sesuatu ga ada yng sempurna, di balik kehebatan nya banyak juga kekurangan nya, semacem *** bebas, pemakaian obat2n, tapi yang mesti diambil ya hikmah yang baek na aja, Love, NOT WAR
     
  18. Offline

    AngelOfAvalon Beginner Members

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +67 / -0
    bener juga ya gan. manusia itu butuh formalitas. manusia gak bisa sepenuhnya bebas. dan permasalahannya, karena kebebasan mereka itu bersifat negatif, jadi tidak bisa berlangsung lama. ane setuju banget gan, jangan lari dari kenyataan
     
  19. Offline

    gegege Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +419 / -0
    @^ heuheu... seneng ni ada yang ngedukung... :hihi:

    vote gw ya :haha:
     
  20. Offline

    AngelOfAvalon Beginner Members

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +67 / -0
    hahaha, setuju gan!
     
  21. Offline

    saepoden Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    :sembah::sembah:

    Generasi Slenge'an...

    :sembah::sembah:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.