1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Origin Sejarah Internet

Discussion in 'History and Culture' started by jaacoozee, Jul 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    jaacoozee Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,477
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,656 / -0
    Sebelum nya maaf kalo repost coy

    Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

    Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

    Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

    Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

    Kejadian-Kejadian Penting

    1957

    Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

    1958

    Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

    1962

    J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.

    Awal 1960-an

    Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

    Pertengahan 1960-an

    ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

    1965

    Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

    1968

    Jaringan Tymnet dibuat.

    1971

    Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.

    1972

    Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"

    1972-1974

    Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

    1973

    ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

    1974

    Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

    1974

    Bolt, Beranet & Newman (BBN), perusahaan kontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.

    1977

    Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.

    1978

    Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).

    1979

    Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

    1980

    Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
    Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
    Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).


    CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

    1982

    Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.

    Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
    Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    little_one Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 16, 2008
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +503 / -0
    Anu ... , kalo baca Novel Dan Brown "Angels and Demon" yang nyiptain internet justru CERN lho :D , bingung mana yang bener :D
     
  4. Offline

    nekoruru Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 14, 2008
    Messages:
    2,070
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,081 / -0
    ^
    Tim Berners-Lee dari CERN membuat World Wide Web yang berjalan di atas internet. sebelumnya internet baru digunakan untuk e-mail, ftp, nntp, irc...
     
  5. Offline

    swtmath Beginner Members

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    406
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +867 / -0
    iya banyak orang yang salah kaprah soal www dan internet. www itu aplikasinyang berjalan di atas internet. sehingga orang dapat berbagi data dengan mengunakan html.
     
  6. Offline

    evancode Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    2,065
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,087 / -0
    internet lebih luas daripada www.
    internet lebih merupakan istilah untuk infrastruktur jaringan global, dan www itu istilah untuk website.
     
  7. Offline

    greenteanovi211 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    wah apapun thx buat penemu2 internet..
    hidup jauh lebih mudah..
     
  8. Offline

    bainks Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2008
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +3,858 / -0
    Gmn y smisal jaman skrang ga da internet.. Yg yg pasti ga bs posting dweh xixixi
     
  9. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,240 / -0
    lah...bagian OSI kq gk di singgung gan ?? :???:
    bukane OSI tu jg termasuk dalam sejarah internet...?? :???:
    CMIIW....
     
  10. Offline

    erha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,385
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +935 / -0
    salah satu manfaat dari perang (cold war) -=yg bermanfaat=- teknologi meningkat pesat
     
  11. Offline

    KyleSteward Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    1,294
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +82 / -0
    OSI ditemukan lebih ke depan lagi 1982++ klo ga salah. Lagipula memang internet tergolong pengetahuan baru koq. Bisa kita liad dari tahun tahunnya
     
  12. Offline

    Rush_Sykes Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,724 / -0
    nice info deh!!
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.