1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Sejarah Internet Masuk Indonesia (bukan Dunia)

Discussion in 'History and Culture' started by Broke_Excalibur, Jul 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Broke_Excalibur Members

    Joined:
    Jun 15, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +33 / -0
    RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia yang mungkin kurang banyak dikenal oleh khalayak Internet Indonesia di tahun 2008 ini. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia. Pada waktu itu di awal tahun 1990-an jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network. Semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia hari ini yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

    Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat di lihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul “jaringan komputer biaya murah menggunakan radio” di akhir tahun 1990 / awal 1991-an. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahsiswa Elektro ITB di tahun 1989-an.

    Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datangnya dari kegiatannya di amatir radio khususnya rekan-rekan di Amatir Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986-an. Bermodal pesawat Rig HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama YC1HCE dengan komputer Apple II milik YC1DAV sekitar belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama YC1HCE, J. Tjandra Pramudito YB3NR (sekarang dosen di UNPAR), Suryono Adisoemarta N5SNN (sekarang dosen di Texas,US) bersama Onno W. Purbo YC1DAV mereka berguru pada para senior amatir radio seperti Robby Soebiakto YB1BG, Achmad Zaini YB1HR, Yos YB2SV, YB0TD di band 40m. Mas Robby Soebiakto YB1BG merupakan suhu diantara para amatir radio di Indonesia khususnya untuk komunikasi data packet radio yang kemudian di dorong ke arah TCP/IP, teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian di adopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, & ITB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet di tahun 1992-1994-an. Mas Robby Soebiakto YB1BG adalah koordinator IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Saat ini AMPR-net Indonesia di koordinir oleh penulis YC1DAV. Koordinasi dan aktifitas-nya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list YBNET-L@ITB.ac.id.

    Di tahun 1986-1987-an awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia Mas Robby YB1BG juga merupakan pionir dikalangan teman-teman amatir radio Indonesia yang mengkaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail store and forward yang mengkaitkan banyak “server” BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990-an komunikasi antara Onno W. Purbo yang waktu itu berada di Canada dengan panggilan YC1DAV/VE3 rekan-rekan amatir radio di Indonesia dilakukan melalui jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2 meteran, komunikasi antara Indonesia-Canada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan amatir radio. Mas Robby YB1BG ternyata berhasil membangun gateway amatir satelit di rumahnya di Cinere melalui satelit-satelit OSCAR milik amatir radio kemudian melakukan komunikasi lebih lanjut yang lebih cepat antara Indonesia-Canada. Pengetahuan secara perlahan di transfer melalui jaringan amatir radio ini.

    RMS Ibrahim (biasa dipanggil Ibam) motor dibalik operasional-nya Internet di UI. Ibam pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke Internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan universitas di Indonesia UNINET. Protokol UUCP yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan terutama digunakan untuk mentransfer e-mail & newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai IDNIC (http://www.idnic.net.id).

    Muhammad Ihsan adalah staff peneliti di LAPAN Ranca Bungur tidak jauh dari Bogor yang di awal tahun 1990-an di dukung oleh kepala-nya Bu Adrianti dalam kerjasama dengan DLR (NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi packet radio pada band 70cm & 2m. Jaringan tersebut dikenal sebagai JASIPAKTA dengan dukungan DLR Jerman. Protokol TCP/IP di operasikan di atas protokol AX.25 pada infrastruktur packet radio. Pak Ihsan ini yang mengoperasikan relay penghubung antara ITB di Bandung dengan gateway Internet yang ada di BPPT.

    Pak Firman Siregar merupakan salah seorang motor di BPPT yang mengoperasikan gateway packet radio bekerja pada band 70cm. PC 386 sederhana menjalankan program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP. IPTEKNET masih berada di tahapan sangat awal perkembangannya saluran komunikasi ke internet masih menggunakan X.25 melalui jaringan SKDP terkait pada gateway di DLR Jerman.

    Putu sebuah nama yang melekat dengan perkembangan PUSDATA DEPRIN waktu masa kepemimpinan Pak Tungki Ariwibowo menjalankan BBS pusdata.dprin.go.id yang hingga saat ini masih beroperasi. Di masa awal perkembangannya BBS Pak Putu sangat berjasa dalam membangun pengguna e-mail khususnya di jakarta Pak Putu sangat beruntung mempunyai menteri Pak Tungki yang “maniac†IT dan yang mengesankan dari Pak Tungki beliau akan menjawab e-mail sendiri. Barangkali Pak Tungki adalah menteri pertama di Indonesia yang menjawab e-mail sendiri.

    Mas Suryono Adisoemarta N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh anggota Amatir Radio Club ARC ITB seperti Basuki Suhardiman (sekarang di AI3 ITB), Aulia K. Arief (sekarang di WAHID), Arman Hazairin (sekarang di Telkomsel) di dukung oleh Adi Indrayanto untuk mencoba mengembangkan gateway packet radio di ITB. Berawal semangat & bermodalkan PC 286 bekas barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah di jaringan PaguyubanNet. Rekan lainnya seperti UI, BPPT, LAPAN, PUSDATA DEPRIN merupakan lembaga yang lebih dahulu terkait ke jaringan di tahun 1990-an mereka mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada ITB. Di ITB modem packet radio berupa Terminal Node Controller TNC merupakan peralatan pinjaman dari Muhammad Ihsan dari LAPAN.

    Berawal dari teknologi packet radio 1200bps di atas, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan yang lain. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3) sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting dalam jaringan pendidikan di Indonesia yang menamakan dirinya AI3 Indonesia yang mengkaitkan 25+ lembaga pendidikan di Indonesia.

    Jaringan pendidikan ini bukan hanya monopoly ITB saja, jaringan pendidikan lain yang lebih besar lagi adalah jaringan SMK yang dibawahi DIKMENJUR (dikmenjur@egroups.com) yang saat ini telah mengkaitkan 270+ SMK di seluruh Indonesia. Saat ini ada 4000 SMK yang mempunyai potensi yang sangat besar jika berhasil dikaitkan. Belum lagi kalau bisa mengkaitkan 10.000 SMU ke Internet pasti tidak kalah serunya dengan mengkaitkan 1300 PTN / PTS (saat ini baru ~200 PTS/PTN yang terkait) di seluruh Indonesia ke Internet.

    Di tahun 1989-1990-an, teman-teman mahasiswa Indonesia di luar negeri mulai membangun tempat diskusi di Internet, salah satu tempat diskusi Indonesia di Internet yang pertama berada di indonesians@janus.berkeley.edu. Berawal dari mailing list pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola mailing list ini ternyata terus berkembang dari sebuah mailing list legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali mailing list Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Mailing list ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.

    Di tahun 1994-an mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekad barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Seperti kita ketahui bahwa perkembangan usaha bisnis Internet di Indonesia semakin marak dengan 60-an ISP yang memperoleh lisensi dari pemerintah. Asosiasi ISP (APJII) terbentuk di motori oleh Sanjaya cs di tahun 1998-an. Effisiensi sambungan antar ISP terus dilakukan dengan membangun beberapa Internet Exchange (IX) di Indosat, Telkom, APJII (IIX) & beberapa ISP lainnya yang saling exchange. APJII bahkan mulai melakukan manouver untuk memperbesar pangsa pasar Internet di Indonesia dengan melakukan program SMU2000 yang kemudian berkembang menjadi Sekolah2000.


    kalau suka mohon di ******

    jangan lupa dicendolyah hhohoho maksa
    Budayakan kebiasaan 3D
    Dibaca
    Dikomen
    Dirate
    :idws:
    :piss:



    and don`t forget to follow me di indotwit.com -> @Broke_Excalibur
     
    • Like Like x 7
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    putuebo Members

    Joined:
    May 25, 2010
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    Info yang bagus, jadi merenung ke masa lalu ketika pertama mengenal internet taon 95-an. Btw Roy Suryo ada sumbangsih apa ya pada era ini.. dia kan pakar tele--- tele-- entahlah telematematika kali ya....
     
  4. Offline

    EsTelite Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 15, 2010
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +694 / -0
    baru tau neh sejarah internet ke indonesia.... :panda:
    ternyata waktu itu menggunakan radio yah :sembah:
    kira" IndoNet masih ada gak yah :???:
     
  5. Offline

    terongsquad Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +21,992 / -0
    Terima kasih info-nya brader. Kalo gw pertama kali pake internet kelas 2 smp. Pertama kali gw punya email juga.. waktu itu dah tahun 2000..

    senangnya ada internet sekarang. Kita bisa sharing di :idws: tercinta.

    Seandainya ga ada internet.. hidup terasa hampa juga ya. :XD:

    Papa gw juga anggota amatir radio.. call sign-nya YC0IEM.. suatu hari nanti gw juga pengen jadi amatir radio juga..

    beberapa nama call sign di atas papa gw kenal katanya.. gw liat2 di QRZ.com beberapa ada tuh database-nya.. cuma karena gw bukan amatir radio, gw ga bisa login.. karena belum terdaftar jadi ga bisa liat profile lengkap-nya.

    paling cuma bisa liat alamat sama gambar-nya aj, ni beberapa yg gw cek..

    YB2SV
    [​IMG]

    YC0MLC ex: YC1DAV
    [​IMG]
     
    Last edited: Jul 2, 2010
  6. Offline

    Kazesimi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +526 / -0
    ^^^

    awas kena petir !!! apalagi udah mendung :lol:


    btw kalo di laen ada penangkal petir untuk inet kagak yach???
     
  7. Offline

    rewolf Silent Reader Members

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    benar gan orang yang satu ini cuma merusak nama - nama yang diatas gan.
     
  8. Offline

    Broke_Excalibur Members

    Joined:
    Jun 15, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +33 / -0
    Kalo roy Sukro mah ane nokomen dah bukan pakar telematika tapi Pornomatika , mengapa yang dia bahas selalu Pornografi terus kaya ga ada kerjaan lain aja hehehe
     
  9. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,390
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,064 / -8
    wah ternyata indonesia mempunyai sejarah internet sendiri.

    ane kira indonesia ngikut pake internet..

    perkembangan baru buat indonesia.
     
  10. Offline

    ahmad_k Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    427
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +12,911 / -4
    Oh Indonet itu ISP pertama di Indo rupanya tak kirain Speedy punyanya telkom....:listen::listen:
     
  11. Offline

    Binet Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 20, 2010
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +117 / -0
    wah nice info sob...

    setelah kesana kemari nyari sejarah internet di Indonesia akhirnya nemu juga
     
  12. Offline

    zetsudousougi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    414
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +78 / -0
    nice info bro
    tapi kok ga dilanjutin sampai perkembangan internet tahun 2000an sih?
     
  13. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,690
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,768 / -1
    krain ngikut2 ternyata hasil inovasi sendiri LANJUTKAN!!!:onfire:
     
  14. Offline

    greenteanovi211 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    baru tau neh sejarah internet ke indonesia....
     
  15. Offline

    fahrysyndrome Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +256 / -0
  16. Offline

    wil_ly Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    Gw ga bayangin kalo ga da Inet di Indonesia :panda:

    bisa bisa gw :stress:,:pusing: dan :dead: muda gara gara ga da inet

    :niceinfo: gw jadi tau siapa yang berjasa ngembangin inet di indonesia

    untuk oom oom yang berjasa dalam perkembangan inet di indonesia saya mengucapkan:xiexie::xiexie::xiexie: yang sebanyak banyaknya

    kalo ga da inet ga ada :idws: tercinta
     
    Last edited: Aug 26, 2010
  17. Offline

    Yuzaku Beginner Members

    Joined:
    Aug 10, 2010
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    Salut atas perjuangan keras para perintis2 internet di negeri ini.. Suatu saat juga pengen bisa radio amatir yg sekarang jadi standar komunikasi darurat. :)
     
  18. Offline

    x29a Silent Reader Members

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    171
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +33 / -0
    :top: nice inpoh gan .. tp knp inet disini lemot yah
     
  19. Offline

    roanroan Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    si om yang satu itu cuma kebanyakan minum es teler gan jadinya tele tele tele...
    tele mi (teleat mikiiirrr) kali ya?
    :hahai:
     
  20. Offline

    nameless4 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 13, 2010
    Messages:
    163
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    oh iya bro bener...
    gw pernah baca di koran..ternyata dulu make radio ya buat internetan...(itu sih yg gua tangkep)
     
  21. Offline

    rianucul Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 10, 2011
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +42 / -0
    gile proses nya mask internet ke indo ribet juga.....:hot:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.