1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Sejarah dan List Pesawat Tempur Experimental AS

Discussion in 'History and Culture' started by onefineday, Jul 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,117 / -0
    XF-85 Goblin
    The McDonnell XF-85 Goblin dirancang atas permintaan USAF untuk subuah pesawat 'parasit' berawak tunggal yang mampu membawa bom berdaya ledak besar. Pengembangan dua prototip dari pesawat ini dimulai pada Maret 1947. Desain yang dihasilkan haruslah memenuhi syarat yaitu, pesawat ini harus bisa muat/masuk kedalam konteiner bom pesawat B-36. B-36 yang bertindak sebagi induk, diharapkan bisa membawa/memuat 3 pesawat ini dalam konteinernya.
    Fisik pesawat ini, kecil, pendek dan dilengkapi dengan sayap yang dapat dilipat. Didukung oleh 3.000 lb (1.400 kgf) Westinghouse J34-WE-7 turbojet. Tidak ada roda pendaratan kecuali untuk meluncur darurat. Selesai melakukan tugas, pesawat ini balik kembali pada induknya (B-36) dan masuk kembali ke dalam pesawat dengan pengait khusus.
    Prototip XF-85 yang pertama mengalami kerusakan pada saat pengetesan di wind-tunnel di Moffet Field, California. Sedangkan prototip yang kedua pertama kali test terbang pada 23 Agustus 1947. Pada pertengahan 1948 program pesawat ini ditutup disebabkan karena kurangnya dana, tidak mencapai syarat docking pada pesawat induk, dan karena keterbatasannya, ia bukan tandingan pesawat-pesawat musuh saat itu untuk mengawal induknya.
    [​IMG]
    Hughes H-4 Hercules "Spruce Goose"
    Spruce Goose adalah pesawat amfibi terbesar yang pernah dibangun dan mungkin proyek penerbangan yang paling luar biasa sepanjang masa. Dikembangkan pada Perang Dunia II untuk menyediakan sarana angkutan bagi tentara dan pasokan logistik bagi kapal-kapal selam di Samudra Atlantik.
    Ide pesawat ini pertama kali diutarakan oleh Henry Kaiser, di desain dengan kode HK-1 (Hughes / Kaiser). Tapi setelah Henry Kaiser menarik diri dari proyek tersebut, tinggal Hughes yang tersisa. Proyek ini kemudian dilanjutkan dengan kode H-4 Hercules. Pesawat ini sendiri selesai tepat saat perang sudah berakhir. Pada tanggal 2 November 1947 melakukan test pertamanya. The Flying Boat terbang setinggi 70 feet, jarak 1 mile ditempuh dengan waktu kurang dari 1 menit, pada kecepatan 80 mil/jam, sebelum akhirnya mendarat dengan sempurna. Pesawat ini tidak di kembangkan lanjut dan tidak memasuki fase produksi karena perang sudah berakhir. sudah tidak Karena tidak lagi dibutuhkan, saat ini berada di Evergreen Aviation Museum di Oregon.
    [​IMG]
    Northrop XB-49 Flying Wing
    XB-49 mungkin adalah salah satu pesawat yang paling tidak biasa yang pernah dibuat. Meskipun tidak diadopsi oleh Angkatan Udara, desain dasarnya kemudian dimunculkan kembali dan diproduksi sebagai B-2 Stealth Bomber.
    Kisah unik pesawat ini terjadi pada tanggal 30 September 1942, ketika AU meminta 13 unit pesawat test YB-35 yang kemudian dikuti dengan kontrak produksi untuk 200 pesawat, tapi segera dibatalkan karena banyaknya masalah dan penundaan. Dengan munculnya mesin Jet, baling-baling/propeler yang digunakan sebagai penggerak utama pada YB-35 terlihat usang USAF (angkatan udara AS) kemudian memutuskan untuk mengizinkan memodifikasi dua pesawat YB-35S dengan menginstal delapan mesin jet, kedua pesawat ini di re-desain dengan kode YB-49. YB yang lainnya, 35A diubah/modifikasi dengan enam mesin jet dan menjadi-YRB 49A.
    Program penerbangan dan pengujian YB-35 hanya berlangsung beberapa bulan pada pertengahan 1948 dan kemudian dihapuskan pada tahun 1949. Variasi dari YB lainnya, YRB-49A berlanjut sampai awal 1950-an dan akhirnya ditutup pada November 1953.
    [​IMG]
    Convair XFY 'Pogo'
    Convair XFY adalah pesawat experimental AS dengan kode nama : 'Pogo', yang mengadopsi VTOL (Vertical Take-Off and Landing), teknologi yang memungkinkan pesawat take-off dan landing secara vertikal. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah pesawat tempur berkinerja tinggi yang mampu beroperasi dari kapal perang kecil.
    Pada bulan Mei 1951, Lockheed dan Convair diberikan kontrak dalam upaya untuk merancang, membangun, dan menguji pesawat dengan teknologi VTOL, Lockheed menghasilkan XFV, dan Convair memproduksi XFY itu, yang dijuluki "Pogo". Test take-off secara vertikal pertamakali dilakukan pada Agustus 1954 dengan ketinggian 45,7 m. Mendaratkan XFY-1 adalah yang paling sulit dilakukan, sebab pilot harus menoleh kebelakang sambil mengontrol untuk menjaga kestabilan pesawatnya. Test terbang secara horizontal sendiri, dilakukan pada bulan november ditahun yang sama. Pada Mei 1955 kembali diadakan uji terbang namun hasilnya tidak memuaskan untuk pesawat sekelas pesawat tempur, sampai akhirnya pada Agustus 1955 program ini secara resmi ditutup. Penerbangan terakhir Pogo terjadi pada bulan November 1956
    [​IMG]
    North American XB-70 Valkyrie
    The XB-70, adalah salah satu pesawat yang eksotis di dunia, yang awalnya diumumkan oleh Komando Strategis Udara (Strategic Air command) pada 1950-an sebagai pesawat pembom yang bisa terbang tiga kali kecepatan suara (Mach 3). Karena keterbatasan dana, hanya dua yang dibangun dan bukan sebagai pembom, tapi sebagai pesawat penelitian untuk studi lanjutan dari aerodinamika, propulsi, dan mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pesawat supersonik besar. Ia dirancang untuk memanfaatkan fenomena yang disebut "compression lift," yang bisa dicapai saat gelombang kejut yang dihasilkan oleh pesawat terbang pada kecepatan supersonik menopang bagian dari berat pesawat. Untuk memperbaiki kestabilan pada kecepatan supersonik, sayap Valkyrie bisa menekuk wingtips-nya hingga 65 derajat.
    [​IMG]
    Northrop YF-23 Advanced Tactical Fighter (ATF)
    Advanced Tactical Fighter (ATF) adalah proyek yang disusun pada tahun-tahun awal pemerintahan Reagan. Direncanakan sebagai pesawat yang akan menggantikan McDonnell Douglas F-15 Eagle USAF. Tujuh produsen menanggapi dan menawarkan proposal. Pada tanggal 31 Oktober 1986, Lockheed dan Northrop diumumkan sebagai pemenang dan diberikan kontrak untuk lanjut ke fase program Validasi dan Demonstrasi. Masing-masing diminta untuk membuat dua prototipe yang bisa terbang, Tim Lockheed dengan YF-22A nya dan Tim Northrop dengan YF-23A nya.
    Pesawat YF-23A yang pertama, dikirim ke Edwards AFB di California pada tahun 1989. Progres test/uji penerbangan berlangsung sangat cepat. Pada tanggal 23 April 1991, Angkatan Udara mengumumkan bahwa Lockheed sebagai pemenang, meskipun spesifikasinya masih rahasia tapi konsensus umum menyatakan bahwa YF-23A adalah yang tercepat namum YF-22A lebih unggul. Meskipun perbandingan rinci antara YF-22A dan YF-23A masih sangat rahasia, namun menurut konsensus umum YF-23A adalah yang tercepat, sedangkan YF-23A memiliki keunggulan manuver, stealth mode yang lebih baik dan resiko yang lebih kecil. Saingan YF-23A ini, Lockhead YF-22A sekarang diproduksi dan di kenal dengan nama F-22A Raptor
    [​IMG]
    Grumann X-29A FSW
    X-29 dibangun untuk mengeksplorasi teknologi state-of-the-art dalam desain pesawat. Yang paling mudah diidentifikasi adalah dari sayapnya, mengadopsi bentuk FSW (Forward Swept Wing) mirip dengan konsep SU-47 rusia dengan kode Berkut. Konsep sayap ini sebenarnya sudah mulai masuk tahap experiment oleh AS dan Jerman pada Perang Dunia II, namun terbentur dengan teknologi material.
    Grumman mulai membuat satu dari dua X-29As pada tahun 1982. Program ini dikelola oleh Angkatan Udara AS dan didanai bersama oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), National Aeronautics Space Administration (NASA).
    X-29A yang pertama melakukan penerbangan perdana pada tanggal 14 Desember 1984 di Edwards AFB, California (yang kedua-29A melakukan penerbangan pertama pada 23 Mei 1989) Pada penerbangan ke-26 tanggal 13 Desember 1985, pesawat ini menjadi pesawat FSW pertama di dunia yang bisa melebihi kecepatan suara. Setelah berhasil menyelesaikan program tes, X-29A dipensiunkan dan disimpan di Museum Angkatan Udara di akhir 1994.
    [​IMG]
     
    Last edited: Jul 15, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,117 / -0
    Boeing X-36 Prototype Fighter
    X-36 adalah pesawat tempur masa depan yang dihasilkan oleh gabungan kerjasama antara perusahaan Boeing dan National Aeronautics and Space Administration (NASA). Originalnya dikembangkan oleh McDonnel Douglas, namun sejak diakusisi oleh Boeing, program pesawat ini berpindah tangan. Pesawat ini tidak memiliki ekor vertikal atau horizontal, namun diharapkan bisa lebih mudah dikendalikan dan lebih tangkas dari pesawat-pesawat tempur masa kini. Dalam beberapa test X-36 menunjukan kelayakan terbang dengan menggunakan teknologi kontrol baru untuk meningkatkan kemampuat manuver dan ketahanan (survivability) dari pesawat tempur generasi berikut.
    X-36 yang sekarang dibangun dengan skala 28% dari ukuran sebenarnya nanti, dan dikendalikan oleh seorang pilot dari kokpit virtual dengan tampilan yang disediakan oleh kamera video yang dipasang pada hidung pesawat.
    Pertama kali terbang pada 17 Mei 1997, telah mencapai 31 penerbangan yang sukses sejak itu dan dikabarkan telah memenuhi semua standart pengujian.
    [​IMG]
    General characteristics

    * Length: 18 ft 2.5 in (5.55 m)
    * Wingspan: 10 ft 4 in (3.15 m)
    * Height: 3 ft 1.5 in (0.95 m)
    * Max takeoff weight: 1,250 lb (560 kg)
    * Powerplant: × Williams International F112 turbofan , 700 lbf (3.1 kN) each

    Performance

    * Maximum speed: 234 mph (375 km/h)
    * Service ceiling: 20,500 ft (6,100 m)
    * Thrust/weight: 0.56
     
  4. Offline

    roxxast Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +230 / -0
    North American XB-70 Valkyrie
    3x kcepatan suara:shock:
    untung kaga dipake buat perang
     
  5. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,117 / -0
    Birds of Prey

    Birds of Prey adalah pesawat 'black project', yang dimaksudkan untuk mendemonstrasikan teknologi stealth yang paling mutakhir. Pesawat ini mulai dikembangkan tahun 1990-an oleh McDonnell Douglas dan Boeing dengan dana sekitar 67 juta US Dollar, termasuk rendah dibandingkan dengan banyak program lain dengan skala yang sama. Pengembangan teknologi dan materialnya kemudian digunakan juga pada X-45, pesawat tempur tanpa awak yang sedang dikembangkan Boeing. Belum ada rencana untuk mengembangkan lebih lanjut pesawat ini ke fase produksi.

    [​IMG]

    Nama pesawat ini diambil dari nama kapal tempur Klingon, Bird of Prey dalam serian TV Star Trek.

    Telah 39 kali melakukan test/uji terbang sampai dengan tahun 1999, sejak ia pertama kali terbang tahun 1996. Birds of Prey dirancang untuk mencegah / meminimalisasi bayangan dan diyakini telah digunakan untuk menguji kamuflase aktif (active camouflage), yaitu perubahan warna kulit pesawat (surfaces) atau luminositas untuk disesuaikan dengan lingkungan dimana ia berada.
    [​IMG]
    Bentuknya cukup stabil dan aerodinamis untuk diterbangkan tanpa koreksi/bantuan komputer. Kestabilan aerodinamisnya disebabkan karena penggunaan canard seperti pada VariEze (canard aircraft yang di desain Burt Rutan), daya angkat biasanya dihasilkan oleh canards yang disediakan oleh chines (yang karenanya membuat hidung pesawat tidak menukik). Konfigurasi ini, tetap bisa mencapai kestabilan meskipun tanpa ekor horizontal dan vertikal, seperti yang ditemui pada pesawat-pesawat moderen tanpa awak X-45 dan X-47.

    [​IMG]

    Pesawat ini secara umum dipublikasikan pada tanggal 18 Oktober 2002 dan selanjutnya dipajang di Museum Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat.

    General characteristics

    * Crew: 1
    * Length: approximately 47 ft (14.30 m)
    * Wingspan: approximately 23 ft (7.00 m)
    * Height: 6 ft (1.83 m)
    * Max takeoff weight: 7,380 lb (3,350 kg)
    * Powerplant: 1× Pratt & Whitney Canada JT15D-5C , 2,900 lbf (12.9 kN)

    Performance

    * Maximum speed: 260 knots (482 km/h)
    * Service ceiling: 20,000 ft (6,100 m)
     
  6. Offline

    nakamura197 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +499 / -0
    :top: abis bro.... tahun segitu aja dah bisa bikin pesawat kayak gitu ya
     
  7. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,117 / -0
    Grumman Fire Scout MQ-8

    Northrop Grumman salah satu produsen persenjataan US sudah menguji coba Helikopter Serang UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang diberi nama Fire Scout. Helikopter ini sudah mampu secara mandiri lepas landas, mendarat, dan terbang; dan tentu saja sebagai UAV, dapat dikendalikan dari jarak jauh.
    [​IMG]
    Fire Storm ini nantinya akan dipersenjatai dengan Metal Storm, round-per-second gun terbaru yang pada demonstrasinya bisa menembak dengan kecepatan 1 juta putaran per menit. MQ-8B juga bisa dilengkapi dengan sayap extension, yang bisa dijejali dengan beberapa persenjataan seperti rudal Hellfire dan laser-guided 70 milimeter folding-fin rocket atau persenjataan lainnya sesuai keperluan. Oleh angkatan darat AS diharapkan Fire Scout ini juga bisa membawa hingga 90 kg bantuan darurat (emergency supply) pada tentara dilapangan.

    'Bad Boy' ini (Fire Scout) selain menjadi perhatian serius dari Angkatan Darat AS, juga telah menarik perhatian Angkatan Laut AS, dan telah dibuat prototipe nya untuk keperluan NAVY.

    Helikopter ini direncanakan untuk digunakan pada level brigade, dan dipersiapkan sebagai salah satu peralatan yang menunjang program Future Combat System, yaitu program sistem persenjataan 'network-centric' angkatan bersenjata AS.

    Sumber :
    Fire Scout MQ-8
    Metal Storm, Future Weapon - 1 Million round per minute
     
  8. Offline

    coolz23 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    waw, keren2 pesawatnya.........................
     
  9. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    waktu tu pernah lihat pesawat jet yang bisa terbang dari permukaan air, wa lupa namanya bentuknya mirip Mirage-2000
    pk delta wing, tau pesawatnya apa?
     
  10. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,117 / -0
    setahu saya pesawat jet (terbaru) yang bisa take-off dari permukaan air adalah Beriev A-40 Al'batros (Nato menyebutnya Mermaid) milik Rusia. Didesain sebagai pesawat anti kapal selam. Pesawat ini masih dalam tahap pengujian juga, dan nanti beroperasi tahun 2013. Pesawat ini ada 4 tipe, dilengkapi 2 turbofan dan 2 turbojoets sebagai booster.

    [​IMG]

    Tapi kayaknya sayap pesawat ini bukan berbentuk Delta yah, berarti bukan ini maksudnya. Nanti deh kalu dapat infonya saya bagi disini. :belajar:
     
  11. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,393
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,077 / -8
    wah :top:

    tapi sayang dari sekian banyak pesawat d atas... indonesia tidak punya salah satunya. coba kalau ada :???:

    :belajar:
     
  12. Offline

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,013 / -0
    pesawatnya keren abis:top:
    tapi kok yg ini....
    [​IMG]:lol:
    aneh bener bentuknya.....:lol:
     
  13. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,117 / -0
    Pesawat ini memang lain dari yang lain gan, ia dirancang dan direncanakan sebagai pengawal pesawat pembom B-36, yang bikin dia unik adalah kemampuannya untuk keluar dan take-off dari dalam perut induknya, B-36. sayang hanya sampai di prototipe, tidak dikembangkan lanjut... ini gambar-gambar lainnya :
    [​IMG]
    [​IMG]
     
    Last edited: Jul 18, 2010
  14. Offline

    andy46 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    menurut ane ya, Birds of Prey ditujukan hanya untuk kecepatan dengan arah lurus nih...
    karna dengan sayap yang begitu kecil, pendek, dan terlebih lagi di belakang, itu hanya dibuat sebagai penyeimbang doang...
    jadi kalau digunakan untuk manuver yang lumayan extrem, ane pikir ini bukan pesawat yang handal....

    F-35 kok gak masuk ya???
     
  15. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,117 / -0
    Bird of Prey, teknologi utama yang ingin di tampilkan sebenarnya adalah Teknologi Stealth... (dipercaya ia telah menerapkan teknologi Camouflage Active, seperti pada bunglon) kalu soal manuver kayaknya memang tidak sebaik pesawat2 experimental lainnya.
    Ada banyak bro pesawat experimental AS lainnya, kalo F-35 sudah tidak saya masukan soalnya ia sudah mulai masuk tahap produksi. kode experimental dari pesawat ini adalah XF-35
     
    Last edited: Aug 14, 2010
  16. Offline

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,241
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,346 / -0
    klo release pesawat punya indonesia ada gak ya
    mau coba liat bandingin
     
  17. Offline

    s3m4j Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 18, 2009
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Birds of Prey, burung besi pemangsa. Pake kamuflase aktif lagi, KEREN !
     
  18. Offline

    i_diavolorosso Beginner Members

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    264
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +42 / -0
    Gua pernah denger sebuah pesawat eksperimental yang bentuknya segitiga bro(banyak diyakini sebagai wujud asli dari "black triangle ufo")
    kalo ga salah namanya aurora ya??
     
  19. Offline

    cuber_boy Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,541 / -0
    baru tau ada pesawat yang diluncurkan secara vertikal selain roket antariksa.. sayang POGO gak dilanjutin proyeknya..
     
  20. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    Indonesia sih ga menghargai seorg Habibie...mknya skrg industri penerbangan Indonesia terpuruk..
     
  21. Offline

    ikarus07 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    520
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,620 / -0
    orang indonesia beli sukhoi aja dah rame..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.