1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other "Segitiga Kehidupan " dan 10 tips saat terjadi Gempa Bumi

Discussion in 'Science and Technology' started by ayamgoreng, Sep 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    maap kalau repost kalau repost delet ajah


    ‘Segitiga Kehidupan’, Tips Aman Saat Terjadi Gempa Bumi


    Doug Copp, Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana dari American Rescue Team International (ARTI), tim penyelamat paling berpengalaman di dunia. Informasi dalam artikel ini mungkin dapat menyelamatkan nyawa anda dari gempa bumi.

    [​IMG]

    Ia telah merangkak di bawah 875 reruntuhan bangunan, bekerja sama dengan tim penyelamat dari 60 negara, dan mendirikan tim penyelamat di beberapa negara, serta salah satu dari ahli PBB untuk menginvestigasi bencana selama 2 tahun. Ia telah bekerja di seluruh bencana besar di dunia, sejak tahun 1985.

    Pada tahun 1996, Doug bersama timnya membuat film yang membuktikan keakuratan metode bertahan hidup yang ia buat. Mereka meruntuhkan sebuah sekolah dan rumah dengan 20 boneka di dalamnya.

    10 boneka menunduk dan berlindung dan 10 lainnya menggunakan metode bertahan hidup segitiga kehidupan. Setelah simulasi gempa, kami merangkak ke dalam puing-puing dan masuk ke dalam bangunan untuk membuat dukumentasi film mengenai hasilnya.

    Film itu menunjukkan bahwa mereka yang menunduk dan berlindung tidak dapat bertahan hidup dan mereka yang menggunakan metode saya, yakni segitiga kehidupan, mempunyai peluang yang jauh lebih besar untuk bisa bertahan hidup, bahkan hingga 100%.

    [​IMG]

    Film ini telah dilihat oleh jutaan orang melalui televisi di Turki dan sebagian Eropa, dan disaksikan pada program televisi di USA, Canada dan Amerika Latin.

    Bangunan pertama yang ia masuki adalah sebuah sekolah di Mexico City, pada gempa bumi tahun 1985. Semua anak berlindung di bawah meja masing-masing. Semua anak remuk sampai ke tulang mereka. Mereka mungkin dapat selamat jika berbaring di samping meja masing-masing di lorong.

    Pada saat itu, murid-murid diajarkan untuk berlindung di bawah sesuatu. Secara sederhana, saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furnitur, sehingga menghancurkan benda-benda ini, menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Ruangan kosong ini lah yang saya sebut segitiga kehidupan.

    Semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk. Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka.

    Suatu saat, anda melihat bangunan runtuh di televisi, hitunglah segitiga kehidupan yang anda temui. Segitiga ini ada di mana-mana dan merupakan bentuk yang umum.

    [​IMG]

    1. Hampir semua orang yang hanya menunduk dan berlindung pada saat bangunan runtuh, meninggal karena tertimpa runtuhan. Orang-orang yang berlindung di bawah suatu benda akan remuk badannya.

    2. Kucing, anjing dan bayi biasanya mengambil posisi meringkuk secara alami. Itu juga yang harus kita lakukan pada saat gempa. Ini adalah insting alami untuk menyelamatkan diri.

    Kita dapat bertahan hidup dalam ruangan yang sempit. Ambil posisi di samping suatu benda, di samping sofa, di samping benda besar yang akan remuk sedikit, tapi menyisakan ruangan kosong di sebelahnya.

    3. Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk.

    Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.

    4. Jika kita berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, berguling lah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur. Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dengan hanya menempelkan peringatan di belakang pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.

    5. Jika terjadi gempa dan kita tidak dapat keluar melalui jendela atau pintu, maka berbaring lah meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar.

    6. Hampir semua orang yang berada di belakang pintu pada saat bangunan runtuh akan meninggal. Mengapa? Jika kita berdiri di belakang pintu dan pintu tersebut rubuh ke depan atau ke belakang kita akan tertimpa langit-langit di atasnya. Jika pintu tersebut rubuh ke samping, kita akan tertimpa dan terbelah dua olehnya. Dalam kedua kasus tersebut, kemungkinan untuk selamat sangat mustahil!

    7. Jangan pernah lari melalui tangga. Tangga memiliki “momen frekuensi” yang berbeda (tangga akan berayun terpisah dari bangunan utama). Tangga dan bagian lain dari bangunan akan terus-menerus berbenturan satu sama lain sampai terjadi kerusakan struktur dari tangga tersebut. Orang-orang yang lari ke tangga sebelum tangga itu rubuh akan terpotong-potong olehnya.

    Bahkan, jika bangunan tidak runtuh, jauhilah tangga. Tangga akan menjadi bagian bangunan yang paling mungkin untuk rusak. Bahkan jika gempa tidak meruntuhkan tangga, tangga tersebut akan runtuh juga pada saat orang-orang berlarian menyelamatkan diri. Tangga tetap harus diperiksa walaupun bagian lain dari bangunan tidak rusak.

    [​IMG]

    8. Berdirilah di dekat dinding paling luar dari bangunan atau di sebelah luarnya jika memungkinkan. Akan lebih aman untuk berada di sebelah luar bangunan daripada di dalamnya. Semakin jauh kita dari bagian luar bangunan, maka akan semakin besar kemungkinan jalur menyelamatkan diri tertutup.

    9. Orang-orang yang berada di dalam kendaraan akan tertimpa jika jalanan di atasnya runtuh dan meremukkan kendaraan; ini yang ternyata terjadi pada lantai-lantai jalan tol Nimitz. Korban dari gempa bumi San Fransisco semuanya bertahan di dalam kendaraan mereka dan meninggal.

    Mereka mungkin dapat selamat seandainya keluar dari kendaraan dan berbaring di sebelah kendaraan mereka. Semua kendaraan yang hancur, memiliki ruangan kosong yang aman setinggi 1 meter di sampingnya, kecuali kendaraan yang tertimpa langsung oleh kolom jalan tol.

    10. Saya menemukan, pada saat merangkak di bawah kantor perusahaan koran dan kantor lain yang menyimpan banyak kertas bahwa kertas tidak memadat. Ruangan kosong yang besar ditemukan di sekitar tumpukan kertas-kertas.

    (Artikel Doug Copp mengenai Segitiga Kehidupan, Diedit untuk briefing Komite Keselamatan MAA) (kp/bun)

    sumber=kapan lagi .com

    kalau berguna klik thks yah ^^
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    WizemakerS Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +325 / -0
    Mangstab gan info nya!

    Jadi tau apa yang harus dilakukan kalo ada gempa besar.
     
  4. Offline

    SE7EN Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    2,380
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +886 / -0
    kayaknya ini harus di-print dan disebarkan ke seluruh Indonesia, jangan ada kematian yang sia2 lagi akibat ketidaktahuan
     
  5. Offline

    boku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,870 / -0
    walaupun udh baca, berharap ilmu ini ga pernah harus dipake sama sekali :onion-69:
     
  6. Offline

    Nagaki Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +8 / -0
    Nice info bro :top: bisa digunkan nih klau di tmpatku ada gempa
     
  7. Offline

    v3rt3x Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,390 / -0
    yg ini baru bener, berlindung di samping benda, bukan dibawahnya :top:
    musti diinget terus nih :haha:
     
  8. Offline

    calcium Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +247 / -0
    lebih bagus tumpukin banyak2 kertas disekeliling trus tidur di sampingnya, sesuai poin 10 nya.
     
  9. Offline

    scorpion182 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +747 / -0
    bagus infonya, di indonesia klo ada gempa, prosedur penyelamatannya, prosedur penyelamatan kebakaran, klo lagi di dalam bangunan ada gempa disuruh lari :muntah:, harusnya berlindung dulu, nunggu kondisi aman :ngupil:
     
  10. Offline

    85e Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +68 / -0
    Nais inpoh... Buat kalo2 ntar ada gempa bumi lagi...

    Yang jadi masalah itu ikonnya kok... kayak penggambaran penyembahan yang ada di piramid mesir yah...
     
  11. Offline

    nicander Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    2,017
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,139 / -0
    nice artikel nih gan, bisa jadi persiapan kalo ada gempa :top:
     
  12. Offline

    demmit Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +10 / -0
    broer tumpukan kertas klo kebanyakan malahan bahaya... kertas juga berat lhu...
     
  13. Offline

    purwanto1988 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    340
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    memang secara hukum gravitasi klo berlindung di bwah meja memang kelihatan lebih survive tapi klo ada tembok rubuh pasti tuh meja udah remuk juga termasuk orang dibawahnya hehehehe,.. mantap gan,... segitiga ini adalah ruang aman yang tercipta
     
  14. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    daerah2 yg sering di timpa gempa nyoo ~~!!! tiruh ajah nyoo ~~!!!
    kalau perlu di sebarkan ajah nyoo ~!!!
     
  15. Offline

    bayujun Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +3 / -0
    nice info gan.. sngt bermanfaat bwt kita yg sering dtimpa gempa..
     
  16. Offline

    WizemakerS Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    235
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +325 / -0
    Kalo buat yang di lantai 2,3,4,5 apa masih berlaku ya? kan lantainya bisa ambles juga... wkwkwk
     
  17. Offline

    mblack Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    dengan mengetik keyword "Triangle of Life" pada google anda akan mendapatkan banyak pertentangan terhadap teori ini.

    secara logika, teknik menyimpulkan teori Doug salah karena berdasarkan suatu uji coba 'merubuhkan' bangunan, bukan berdasarkan keadaan gempa yg sebenarnya.

    tentang American Rescue Team International (ARTI), kredibilitas Doug sendiri silakan anda gali lebih lanjut.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Triangle_of_Life
     
  18. Offline

    Mitsuyama Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +130 / -0
    :niceinfo: broo..
    tapi moga" gag ke pake lah seumur idup..
    :lol:
     
  19. Offline

    jaacoozee Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,477
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,657 / -0
    wow first post printed.. :top:

    thx infonya bro.. langsung gw print tiu post pertama trus gw tempelin d beberapa tembok d rmh gw :haha:
     
  20. Offline

    h4rry_undersun5 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    445
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +49 / -0
    nice info :top: tp kbnykn org indo tuh msh pd bnyk org yg lari k tangga waktu mo gempa,,pdhl ntu kan daerah paling rawan..jd gw mesti berbaring di dkt kursi gede gt biar ga runtuh langsung toh....namanya segitiga aman y...nice one :D
     
  21. Offline

    h4rry_undersun5 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    445
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +49 / -0
    wow:panik: trus gmn dunk kl pengen berlindung dr gempa??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.