1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  3. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Zona MTV membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Zona MTV (West Series, Asian Drama, Tokusatsu).
    Dismiss Notice
  4. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice
  5. Ingin menjadi bagian dari Zona Music IDWS, Mari bergabung menjadi Moderator Zona Music (Indonesia, Asia, & West) Open Recruitment Moderator Zona Music Indonesia Asia West
    Dismiss Notice

Sebutan Kota-kota d Papua

Discussion in 'Papua' started by khuma_putry, Oct 21, 2011.

  1. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,094
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +112,080 / -6
    1. Manokwari = Kota Injil atau Kota Buah
    Manokwari sebagai ibu kota provinsi papua barat mempunyai julukan sebagai kota injil dan kota buah.
    sebagai kota injil karena injil pertama kali singgah di manokwari lebih tepatnya di Pulau Mansinam.

    sebagai kota buah karena kota manokwari mempunyai beragam dan jenis buah, walaupun hampir keseluruhan di papua buah sama tapi di manokwari merupakan daerah yang penghasil buah terbesar di papua, dan jika sudah saatnya musim buah, maka di jalan2, emperan toko ataupun pasar pasti banyak di jumpai buah2 segar.
    adapaun penghasil buah terbesar manokwari adalah : Durian (berbagai jenis), Rambutan, Langsat, Mangga, Alpukat, Matoa dll.

    dan Manokwari mempunyai keunikan tersendiri dengan nama2 daerahnya. dan mungkin cuma ada di manokwari saja. daerah2 di manokwari kebanyakan dan hampir 95% menggunakan huruh i untuk huruf terakhirnya.

    contoh daerah : Rendani, Kwawi, Wosi, Ransiki, Bintuni (sebelum memisahkan menjadi Kab. sendiri), Arfai, Prafi, Sidey, Masni Anggresi,Nuni, mandopi dll

    2. Sorong Kota : Kota Minyak/Kota Bersama
    Kota Sorong dikenal dengan istilah Kota Minyak sejak masuknya para surveyor minyak bumi dari Belanda pada tahun 1908. Kota Sorong terkenal sebagai salah satu kota dengan Atribut peninggalan sejarah Heritage Nederlands Neuw Guinea Maschcapeij (NNGPM) atau kota yang penuh dengan sisa-sisa peninggalan sejarah bekas perusahaan minyak milik Belanda.

    walaupun baru beberapa hari di sorong saya mempunyai kesimpulan dengan nama Kota bersma, karena Sorong merupakan Pintu masuk pertama dari luar papua. dan karena sebagai pintu masuk papua, berbagai ras/etnis dari luar papua pertama kali menginjakkan d sorong maka di sebut sebagai Kota Bersama.

    Sorong sekarang sudah terpecah menjadi beberapa Kab. yaitu. Sorong Kota, Sorong Selatan dan Raja Ampat.

    3. Jayapura = Kota Beriman/Kota Pelajar
    Jayapura adalah Ibu kota Papua (Irian jaya) sebelum d mekarkan menjadi 2 provinsi. pusat pemerintahan Papua ada di Jayapura.

    Adapun nama Beriman di ambil dari Bersih, Rindang dan Nyaman.
    kenapa saia mengatakan begitu, karena hampir di seluruh kota di jayapura pasti ada tulisan BERIMAN dan langsung dengan kepanjangannya.

    Kota pelajar
    Sesuai dengan Tapal batas antara Distrik Abepura dan Sentani lebih tepatnya di depan makam Pahlawan ada Gapura bertuliskan Kota Pelajar.
    hampir kebanyak Pelajar terutama Mahasiswa yang berada di jayapura di dominasi oleh Peljar2 dari luar jayapura. dan Universitas Pertama kali ada di papua yaitu di jayapura dengan nama Universitas Cenderawsih (Uncen)

    4. Fak-Fak=Kota pala
    Fak-fak terkenal sebagai penghasil pala terbesar di papua, maka kebanyakan masyarat menyebutnya sebagai kota pala.

    5. Wasior=Teluk Wondama
    Kurang tau pasti kenapa bisa di sebut sebagai teluk wondama. coba cari referensi tapi belom dapat yang pasti. bisa jadi di sebut sebagai teluk wondama karena wasior berada di teluk.

    6. Nabire=Kota Salak
    tidak tau pasti Nabire sebagai kota apa. tapi dari sumber2 yang dapat di percaya, kebanyakan orang mengatakan Nabire merupakan Kota salak.
    Buah salak yang di hasilkan oleh Nabire di jamin dengan rasanya yang manis. dan nabire merupak produksi buah salak dan jeruk manis terbesar di papua. untuk kwalitas rasa 2 buah tersebut tidak usah di ragukan lagi akan kemanisannya.

    7. Serui=Kota kembang
    Banyak orang mengatakan Serui sebagai kota kembang. dikarenakan banyak wanita2 serui yang manis2 dan cantik2. dan dari seluruh papua membenarkan hal itu.

    8. Merauke=Kota Rusa
    Menurut saia, kenapa di bilang sebagai kota rusa, karena Merauke merupakan Tempatnya Hewan Rusa. Banyak Hasil buruan rusa yang di dapat. dan sebagian ada yang di konsumsi sendiri ataupun di perjual belikan, dalam bentuk Dendeng Rusa (manis dan Asin).
     
    Last edited: Oct 25, 2011
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.



  3. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,094
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +112,080 / -6
    9. Wamena = Lembah Baliem

    Wamena terkenal dengan sebutan Lembah Baliem dimana Suku Dani mendiami hampir seluruh kawasan ini. Beberapa diantara mereka masih menggunakan pakaian jaman dulu alias telanjang, dengan hanya menggunakan koteka atau sali untuk menutupi alat kelamin mereka. Hal ini menjadi obyek wisata tersendiri.

    10. Biak
    Banyak yang bilang kalau biak itu Karang Panas, kurang tau pasti kenapa anak2 pada bilang begitu.

    11. Mamberamo
    Bisa disebut sebagai Kota Buaya, karena di seluruh Papua Hanya Mamberamolah Paling Banyajk Buaya.

    12. Raja Ampat
    Menurut Pengamatan yang saia lakukan Raja Ampat Bisa di Bilang Kota Parawisata.

    karena Keindahan Lautnya menjadi Objek Wisata, dan keindahannya tidak kalah dengan pantai Bali.

    12. Sarmi

    ______________________________

    Untuk Kota-kota Yang Laen Jika ada masukan dari kalian yang pernah ataupun yang ada di wilayah papua silahkan diberitahukan.

    maaf jika sebutan nama-nama kota yang ada di atas ada kesalahan.

    trid ini di buat untuk saling berbagi kepada semua dan hanya dari pengalaman pribadi mengunjungi kota2 tersebut dan informasi dari sumber/orang yang dapat dipercaya.

    dan sewaktu-waktu jika ada kesalahan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

    :xiexie:
     
    Last edited: Dec 4, 2011
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    FAJRATSYAH Beginner Members

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    380
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +5,196 / -0
    Wanita Serui manis dan cantik karena mereka adalah PERANCIS,
    alias Peranakan Cina Serui.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,094
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +112,080 / -6
    Yup bnr banget bro. Dan serui bnyk wnt2 manis dan cntkx.Wlpn ane cm mampir d srui sbntr2,tp msyrkt d papua membnrkn hal itu.

    ~via hp jadul~
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    ah .. yang B di Serui ada salak kah .. :bloon: baru dia pe bentuk itu macam apa kah :peace:
     
  7. Offline

    FAJRATSYAH Beginner Members

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    380
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +5,196 / -0
    Sarmi = biasa dijuluki "KOTA OMBAK"
    Mungkin karena ombak laut diperairan Sarmi yg cukup besar.
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    Viking1897 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +906 / -0
    mudah2an ttp terjaga keasriannya, coz di pulau lain di Indo udah banyak yang rusak :sedih:
     
  9. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    mudah mudahan :sigh: soalnya perusahan sawit mulai bertebaran di mana2 mengantikan hijaunya hutan hujan yang beragam dengan satu jenis palem sawit :kecewa: burung enggak mau hinggap di pohon sawit terbang menjauh lebih dalam entah kemana :sedih:
     
  10. Offline

    Viking1897 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +906 / -0
    wah ekosistemnya dan habitatnya bakalan rusak gan :sigh:
    makannya burung gak mau disitu :tega:
     
  11. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    tergantung niat dan usahanya saja :rokok: saran saya bawa bekal yang cukup lebih tepatnya yang banyak :lol:
     
  12. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    Iya begitu lah bunyinya, udah gak kaya dulu lagi :kecewa: banyak rusa di jumpai di ladang sekarang sudah tidak ada lagi :sedih:
     
  13. Offline

    Viking1897 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +906 / -0
    Parah bener dah, Kalimantan hutannya juga udah banyak yang jadi kebun kelapa sawit kayaknya :iii:
     
  14. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    Iya sumatra, kalimatan dan sekarang papua, kasiah kasian kasiah... banjir mulai melanda di mana2 :sigh:
     
  15. Offline

    Viking1897 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +906 / -0
    Banjir bandang gara2 hutannya ditebangi :sigh:
     
  16. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    Iya seperti sungai masuk kampung :takut: tapi gak lama langsung kering lagi airnya :hehe:
     
  17. Offline

    Viking1897 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +906 / -0
    wah bakalan rusak tuh alamnya :sigh:
    Papua mudah2an gak separah di pulau2 indo yg lain :doa:
     
  18. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    semoga saja :doa: dan berharap ada aparat kehutanan yang benar2 tulus hatinya :doa:
     
  19. Offline

    Viking1897 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +906 / -0
    Peran semua komponen sebenernya gan, dari pemerintah, aparat dan warga sekitar :sigh:
     
  20. Offline

    pez_yek Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    Iya seharusnya begitu :sigh: kalau pas agan di lokasi sono tidak sesuai kenyataan memang sulit :kecewa:
     
  21. Offline

    Viking1897 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2011
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +906 / -0
    sulitnya gimana kk' :???:
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. huta adalah sebutan kota apa

    ,
  2. nama sebutan lain untuk manokwari

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.