1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Seberapa Jauh Orang Kuat Berjalan?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by kiefs, Dec 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    kiefs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    Kebiasaan berjalan kaki sudah banyak ditinggalkan orang karena kemudahan transportasi yang tersedia. Jika jarak kantor Anda ke rumah hanya 1 kilometer tak ada salahnya berjalan kaki karena jalan sepanjang itu tidak akan membuat Anda pingsan.

    Asal tahu saja, rata-rata kaki manusia kuat berjalan hingga 4 kilometer per hari atau sepanjang hidupnya manusia mampu berjalan hingga 24.000 km yang juga sama dengan mengelilingi dunia. Sedangkan jarak maksimal yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki adalah sejauh 12 mil (19,2 kilometer) setiap harinya.

    Ini apabila orang tersebut dalam keadaan sehat dan tidak memiliki keluhan penyakit apapun. Orang akan mampu berjalan sejauh itu jika setiap hari dirinya membiasakan diri untuk berjalan, misalkan menambah jarak 1 sampai 2 mil (1,6-3,2 km) setiap minggunya.

    Kaki seseorang sebenarnya terdiri dari 52 tulang, 214 ligamen (ikatan sendi), 38 otot dan 66 sendi yang semuanya bisa berkoordinasi baik dan cukup kuat untuk diajak berjalan 8.000 hingga 10.000 langkah per hari. Selain itu, 52 persen tulang yang terdapat di tubuh berada di kaki.

    Jika kaki tidak bisa berfungsi optimal 100 persen, maka hal ini bisa menghambat kegiatan berjalan dan mengganggu rantai kinetik yang meliputi bagian tubuh lain seperti pergelangan kaki, lutut, pingggul serta tulang belakang.

    Karena kaki selalu digunakan untuk berjalan sepanjang hari, maka ada kompensasi tersendiri yang diakibatkan oleh aktivitas otot tersebut. Ini karena kaki juga didukung oleh lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sehingga dapat menghasilkan rata-rata lebih dari 300 ml uap air selama sehari.

    Seperti dikutip dari Health24, Selasa 1/12/2009), semua uap air ini biasanya akan masuk ke sepatu yang digunakan sehingga bisa menjadi surga bagi pertumbuhan jamur di kaki. Karenanya banyak orang yang mengalami infeksi jamur di kaki akibat kurangnya sirkulasi udara di dalam sepatu.

    Penyakit kaki lain yang mungkin timbul jika kaki tidak dirawat dengan benar adalah bisul, kutil, kapalan dan pembengkakan ibu jari. Masalah kaki ini biasanya disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak sesuai. Usahakan menggunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki serta acara yang akan dikunjungi.

    Jika ingin membeli sepatu, sebaiknya dilakukan pada siang hari, karena kaki berada pada posisi yang paling besar atau mengalami pembengkakan. Selain itu gunakan kaus kaki saat pertama kali menggunakan sepatu baru, sehingga bisa terlindungi dari lecet (kulit terkelupas). Sepatu yang bagus adalah sepatu yang nyaman saat digunakan pertama kali.

    Jika Anda memperhatikan kesehatan kaki, tentu sang kaki pun akan mudah diajak berjalan jauh. Jadi jagalah kesehatan kaki Anda karena hampir sebagian besar tulang tubuh berada di kaki.
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    kun20 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    327
    Trophy Points:
    66
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +254 / -1
    kalo gw rekor pernah jalan kaki hampir sampe 20 km dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore cuma ga kerasa cape coz banyk istirahta, jalnnya pelan n rame-rame bareng tmen
     
  4. Offline

    moonlightwolfz Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    wah..
    mirip gerakan seribu langkah bersama an**ne..
    :hahai:
    jalan kaki kan sehat..
    btw :niceinfo:
     
  5. Offline

    ghusesup Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    waduh... klo ane nih... gak kuat jalan kaki, cepet pegel nih kaki...:tampan:
    nice inpo gan... :niceinfo:
     
  6. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,159 / -0
    tapi sayangnya masih banyak yg lebih mempertimbangkan bahwa berjalan kaki itu menghabiskan waktu, dan terutama yg cewe2: berjalan kaki bikin berkeringat dan kecapean sebelum mulai bekerja.

    jika memang demikian perbanyaklah berjalan di tempat kerja...
    jangan ngapa2in pake lift, ngapa2in pake email/kompie, berjalan langsung ke tempat yg dituju kan itung2 bisa membantu menggantikan porsi jalan kaki yang kita butuhkan :piss:
     
  7. Offline

    AlexRoddick Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    makin sering jalan kaki makin sehat deh
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.