1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Seberapa Aman Lingkungan Sekitar Anda

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by boku, Jun 4, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    boku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,865 / -0
    YANG BERBAHAYA DI LINGKUNGAN KITA


    [B]1. BEKAS BOTOL AQUA[/B]
    [​IMG]

    Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai dan memakai ulang botol plastik (Aqua, VIT, etc) dan menaruhnya di mobil atau di kantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastic botol (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat2 karsinogen (atau DEHA). Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber-ulang2, jangan memakai botol plastik.


    2 . PENGGEMAR SATE
    [​IMG]

    Kalau Anda makan sate, jangan lupa makan timun setelahnya. Karena ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate me mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.


    3. UDANG DAN VITAMIN C
    [​IMG]

    Jangan makan udang setelah Anda makan Vitamin C. Karena ini akan menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.

    4. MI INSTAN
    [​IMG]

    Untuk para penggemar mi instan, pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3 (tiga) hari setelah Anda mengkonsumsi mi instan, jika Anda akan mengkonsumsinya lagi, dari informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mi instan.. Itu sebabnya mengapa mi instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker. Seseorang, karena begitu sibuknya dalam berkarir tidak punya waktu lagi untuk memasak, sehingga diputuskannya untuk mengkonsumsi mi instan setiap hari. Akhirnya dia menderita kanker. Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam mi instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut.


    5. BAHAYA DIBALIK KEMASAN MAKANAN
    [​IMG]

    Kemasan makanan merupakan bagian dari makanan yang sehari-hari kita konsumsi. Bagi sebagian besar orang, kemasan makanan hanya sekadar bungkus makanan dan cenderung dian ggap sebagai 'pelindung' makanan. Sebetulnya tidak tepat begitu, tergantung jenis bahan kemasan. Sebaiknya mulai sekarang Anda cermat memilik kemasan makanan. Kemasan pada makanan me mpu nyai fungsi kesehatan, pengawetan, kemudahan, penyeragaman, promosi, dan informasi. Ada begitu banyak bahan yang digunakan sebagai pengemas primer pada makanan, yaitu kemasan yang bersentuhan langsung dengan makanan Tetapi tidak semua bahan ini aman bagi makanan yang dikemasnya.

    Inilah ranking teratas bahan kemasan makanan yang perlu Anda waspadai :

    A. Kertas
    [​IMG]

    Beberapa kertas kemasan dan non-kemasan (kertas koran dan majalah) yang sering digunakan untuk membungkus makanan, terdeteksi mengandung timbal (Pb) melebihi batas yang ditentukan. Di dalam tubuh manusia , timbal masuk melalui saluran pernapasan atau ngan kita. pencernaan menuju sistem peredaran darah dan kemu dian menyebar ke berbagai jaringan lain, seperti: ginjal, hati, otak, saraf dan tulang. Keracunan timbal pada orang dewasa ditandai dengan gejala 3 P, yaitu pallor (pucat), pain (sakit) & paralysis (kelu mpu han) . Keracunan yang terjadipun bisa bersifat kronis dan akut. Untuk terhindar dari makanan yang terkontaminasi logam berat timbal, memang susah-susah gampang. Banyak makanan jajanan seperti pisang goreng, tahu goreng dan tempe goreng yang dibungkus dengan Koran karena pengetahuan yang kurang dari si penjual, padahal bahan yang panas dan berlemak mempermudah berpindahnya timbale makanan tsb. Sebagai usaha pencegahan , taruhlah makanan jajanan tersebut di atas piring.



    B . Styrofoam

    [​IMG]

    Bahan pengemas styrofoam atau polystyrene telah menjadi salah satu pilihan yang paling populer dalam bisnis pangan. Tetapi, riset terkini membuktikan bahwa styrofoam diragukan keamanannya. Styrofoam yang dibuat dari kopolimer styren ini menjadi pilihan bisnis pangan karena ma mpu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Selain itu, bahan tersebut juga ma mpu mempertahankan panas dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas, biaya murah, lebih aman, serta ringan. Pada Juli 2001, Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang mengungkapkan bahwa residu styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC), yaitu suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada system endokrinologi dan reproduksi manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan.

    Source : mmatmajaya2008
    :fd_7:Sorry
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    dawerzzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,515
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,133 / -0
    [​IMG][​IMG] nice info gan.. kabr yang sangat baik [​IMG][​IMG]
     
  4. Offline

    budikikiw Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    1,005
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,168 / -0
    paling aman kan peke daun pisang kalo buat bungkus makanan...
     
  5. Offline

    gr33n5unday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    569
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +462 / -0
    ih ga gitu juga, kalo semua manusia pke daun pisang kan kasian pohon pisang bisa gundul duannya. lagi pula kayanya populasi pohon pisang dah dikit. gara2 kebon2 pada jadi rumah atawa kontrakan.
    yg paling aman c ikutin saran diatas. khusus wat udang m vitamin C: zat arsenik yg ada didalam udang itu berasal dari habitat udang yg telah tercemar dengan zat arsenik yg berasal dr limbah pabrik atau rumah tangga. kalo udangnya hidup di habitat air yg bersih dan bebas dr polusi ga akan ada yg namanya arsenik di dalam udang. tp susah juga y biar tw di udang yg kita makan ada arseniknya apa ga.
    untuk sate, kenapa cuma mesti makan timun?? kan banyak juga tuh buah dan sayur yg anti kanker. mungkin maksudnya timun dr acar yg juga dikasih pas kita beli sate skalian dimakan gitu y?
    untuk styrofoam, nih bahaya bgt. biasanya kan kalo kita beli makanan jadi dikemas pake styrofoam y. sebetulnya ga masalah kalo makanannya dalam keadaan dingin. yg bahaya kan klo panas. mending bawa tempat makan sendiri dah. gw kalo makan mie instan yg diseduh, pasti gw mienya gw seduh digelas.
     
  6. Offline

    andi msc Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,443
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,796 / -2
    yah padahal gw demen ama namanya sate....

    tapi klo gak keseringan kagak apa kan.........
     
  7. Offline

    Foreza Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 17, 2008
    Messages:
    461
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,911 / -0
    huhuhu untung setiap gw makan sate slalu ada timun hehehe
    tp aman kan walaupun abis makan sate trs mkn timun
    ngeri aja klo kena..
     
  8. Offline

    nitnot Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    1,151
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +662 / -0
    wahh nic post.. bagus tuh,,,nambah ilmu,,,

    btw,,yg sate bikin ane jadi khawatir nih,,,jujur nih penggemar sate ayam n kambing,,,,tapii klo makan pake nasi ma sate jaa,,gag pake timunn,,gimana nih,,udah sering,,,:onion-07:

    okeh!:onion-76:sekarang harus da timun bis makan sate...:hihi:
     
  9. Offline

    oranggila Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +464 / -0
    Buat yg N0.3 gw udh pernah nyoba tuh !
    tapi g napa2.. gw makan udang abis itu makan VC !
    skrg masih bisa Replay Post :haha:

    Nah klo yg NO.2 baru tau gw..
    jadi ngeri makan sate klo ngak ada TIMUN... :onion-57:
     
  10. Offline

    v3rt3x Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,390 / -0
    kalo keseringan makan sate emang bisa bikin kanker = kantong kering :haha:

    soal styrofoam itu kl masih blom ada alternatif penggantinya yg lebih murah ato minimal sama ekonomisnya, jangan harap ada pengurangan penggunaan styrofoam :onion-50:
     
  11. Offline

    Vuuga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2009
    Messages:
    1,199
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +701 / -0
    Makanan Enak Emang Nikmat,Tapi Dianjurkan Jangan Tiap Hari........Jadi Waspadalah!!!!
    Btw,Tuh Botol Bekas Mending Di Sumbangkan Ke Tsu Zi Aja,Amal Loh ^_^
     
  12. Offline

    ark_beetle Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,189
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    ini wa baru tau, ternyata makan sate banyak2 penyebab penyakit juga

    setau wa ini Hoax, pernah di posting di forum ini sebelumnya
     
  13. Offline

    chotto Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    357
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +704 / -0
    Sate kan makanan favorit aku tuh :haha:
     
  14. Offline

    Rein_Heartnet Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    Klo sate na g di bakar gmn??
    :haha::haha::haha:
     
  15. Offline

    Winoko21 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2008
    Messages:
    2,822
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +211,200 / -0
    UDANG DAN VITAMIN C itu cuman H.O.A.X bro....
    gw pernah baca sumbernya, tapi gw lupa.....
    yg jelas gak mungkin qta keracunan arsenik gara" ini...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.