1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Satria Fu

Discussion in 'Otomotif' started by _GoDLiKe_, Oct 3, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    _GoDLiKe_ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 21, 2011
    Messages:
    617
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,295 / -0
    CDI yang bagus untuk Fu apaan ya??
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    wirangga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    594
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +28 / -0
    macam2 gan...tergantung ama uang ente.

    kalo nyaranin gak usah CDI nya diganti gan...


    cukup piston diganti yang berbentuk lonjong dikit di bagian kepala....

    udah selesai...
     
  4. Offline

    _GoDLiKe_ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 21, 2011
    Messages:
    617
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,295 / -0
    ngomong2 habis brpa ya gan??
    tpi klo gnti CDI unlimiter juga enak kok gan..
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    MizoRe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    1,200
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +782 / -0
    dulu sih gw pernah ganti CDI XP, powernya top abis itu :top:
    cuma harganya rada mahal .
    tapi yang jenis apa gw uda rada lupa, uda lama banget sih soalnya :lol:
     
  6. Offline

    _GoDLiKe_ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 21, 2011
    Messages:
    617
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,295 / -0
    Dpet artikel tentang tes CDI nih...
    Source tabloid otomotif edisi 08:XVIII

    Di pasaran banyak CDI pendongkrak performa Suzuki Satria FU-150. Namun di semua merek yang ada, belum tentu berpihak pada akselerasi yang mumpuni. Tentu hal in juga dipengaruhi racikan yang pastinya bereda satu sama lain.

    Untuk membuktikan hal itu, pengetesan dilakukan untuk menghitung akselerasi dan maksimalitas konsumsi BBM. Tapi sebelum dites, sebaiknya kenalan dulu dengan ketiga sosok CDI racing yang bakal dites, yakni BRT hyperbrand, XP 202 dan shan speed berikut ulasannya.

    BRT Hyperbrand [​IMG]

    Bikinan PT Trimentari Niaga ini bekerja dengan range gelombang yang luas dari puritan rpm rendah ke putaran tinggi. Dengan mengandalkan chip mikroprosesor Philips-Belanda, peranti pengapian ini diklaim bisa memangkas akselerasi, meningkatkan horse power hingga 20% dan menghemat BBM.

    XP 202 [​IMG]

    Modul pengapian from ciomas mengedepankan teknologi LCCM ( Low Current Consumption Module Technology) sehingga arus listrik yang dibutuhkan lebih kecil, alhasil temperature CDI enggal terlalu panas dan stabil di kitiran rpm tinggi.

    Shan Speed

    Ini bikinan lokal juga. Namun dari pengalaman empiris 7 rekan, semua mengatakan CDI ini punya setingan kurva yang pas. Inl itu mereka rasakan lewat tarikan atas-bawah dan holangnya suara nembak-nembak saat deselarasi . makanya alat ini diikutkan dalam tes kali ini.
    Untuk mengetahui hasil akselerasi, kami lakukakn tes jalan pakai vericom VC2000. Pengetesan dilakukan dengan menempuh distance atau jarak 201 meter yang dibejek maksimal hingga didapat waktu tempuh untuk jarak tersebut.

    Dari hasi tes CDI standar mencatat waktu lebih baik dari ketiga produk rujukan untuk satria FU-150. Hal ini disebabkan rasio kompresi yang tergolong tinggi 10,2:1, sehingga bensin yang ditenggak seharusnya beroktan di atas 88.

    Nah, dalam pengetesan, bensin yang dipakai sengaja dipilih premium. Asumsinya, kami tak perlu seting sana-sini. Alhasil performa dari ketiga CDI racing itu menurun dibandingkan minum pertamax. Sebab jika timing pengapian yang umumnya diseting lebih advance (maju, red) dibandingkan standar, membuat detonasi di puritan atas makin jadi. Pembakaran di ruang bakar pun kurang maksimal. Performa mesin bukannya makin baik malah drop.

    Sehingga hasil tes ketiga cdi racing kurang merepresentasikan kemampuan maksimalnya. Untuk kondisi ini, modul pengapian standar lebih yahud. Naming jika penggantian CDI dibarengi penyesuaian spek hasilnya tentu kebalikannya

    Tipe CDI waktu tempuh jarak 201 meter

    Standar 10,26 detik

    BRT 10,77 detik

    XP 202 11,01 detik

    Shan speed 11,05 detik



    Berikutnya tinggal menyinggung maksimalitas konsumsi BBM. Dalam tes ini, premium 200 ml diinfus langsung menuju karburator dan tunggangan diajak muter hingga mati karena kehabisan bensin. Perilaku pengetesan pun dibuat seragam dengan mematok kitiran mesin di 5.000 rpm dan dengan kecepatan 19-20 km/jam.

    Dengan pertimbangan kompresi tinggi di Satria FU-150 dan kualitas oktan yang kurang representative, maka pembakaran jadi terlampau kering dan berindikasi ngelitik. Hal itu dialami Mr. Testo, yang bilang tunggangan terasa ndut-ndutan saat deselerasi.

    Selain itu, atas pertimbangan setingan kurva pengapian yang berbeda dari kondisi standar, maka sumber pengapian akan lebih besar dan pembakaran jadi lebih sempurna. Makanya, ketiga modul pengapian menjadi jawara irit disbanding CDI bawaan standar.

    Hasil tes konsumsi BBM per 200 ml

    Tipe CDI Harga Jarak Tempuh

    Standar - 4,8 Km

    BRT 350 ribu 4,9 Km

    XP 202 350 ribu 4,7 Km

    Shan speed 500 ribu 5,8 Km
     
    Last edited: Oct 5, 2011
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.